10 Ide Aktivitas dengan Anak Selama Masa Karantina

edukasi Mei 07, 2020

Pandemi Covid 19 yang sudah melanda Indonesia selama hampir 3 bulan ini, membuat pemerintah menjalankan program karantina diri bagi setiap masyarakat. Setiap orang dilarang keluar rumah bila tidak mendesak.

Akibatnya, banyak kegiatan yang harus dilakukan dari rumah. Mulai dari kerja di rumah sampai sekolah di rumah.

Kondisi ini juga membuat anak-anak harus diam dirumah. Mereka tak hanya libur ke sekolah, tetapi juga tidak bisa bermain di luar rumah.

Perlunya Membuat Ide Aktivitas Untuk Anak di Rumah

Tentu saat karantina diri ini bisa memicu rasa bosan mereka. Anak-anak sangat suka main di rumah. Saat harus diam di rumah apalagi dalam waktu yang lama, pasti membuat mereka bosan. Ujung-ujungnya, kalau rasa bosan ini tidak disiasati, bisa-bisa anak-anak menjadi lebih sering tantrum. Bahkan bisa jadi mereka akan stres. Dan tentunya hal-hal tersebut tidak boleh terjadi, agar imunitas anak tidak terganggu. Ya, saat pandemi seperti ini sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh.

Ada cara untuk menghilangkan rasa bosan anak-anak saat masa karantina. Caranya, dengan melakukan beragam aktivitas bersama.

Berikut 10 aktivitas dengan anak selama masa karantina.

1. Read Aloud

Read aloud atau membaca nyaring bisa menjadi aktivitas dengan anak yang menyenangkan. Orang Tua membacakan buku pada anak. Kegiatan read aloud ini bisa membantu anak untuk suka membaca.

Read aloud memberikan pengalaman yang menyenangkan pada anak. Selain itu juga akan meningkatkan kecerdasan literasi anak. Saat read aloud anak mempelajari banyak hal : anak sadar fonem, anak tahu abjad, sadar materi cetak, termotivasi dengan materi cetak dan memiliki keinginan untuk menceritakan kembali.

Memilih buku-buku menyenangkan saat read aloud akan membuat anak betah mendengarkan. Bebaskan anak memilih bukunya sendiri. Dengan begitu kegiatan read aloud akan menjadi menyenangkan.

2. Membuat Pohon Literasi

Masih berkaitan dengan read aloud. Agar read aloud terasa bermakna, jadikan sebagai proyek keluarga. Buat pohon literasi untuk mendukung kegiatan read aloud.

Membuat pohon literasi ini mudah. Cukup gambar sebuah pohon diatas kertas karton. Lalu bisa gunakan kertaspost itsebagai daun atau buah pohon.

Setiap selesai read aloud, tempel judul buku yang dibaca di pohon. Anak akan semangat menempelkan daun atau buah di pohonnya. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin rimbun pohon literasinya.

3. Cooking Class

Mengajak anak memasak juga bisa jadi aktivitas yang menyenangkan saat karantina. Memasak ini punya banyak manfaat bagi perkembangan anak. Banyak hal yang bisa dipelajari anak saat memasak. Salah satunya anak bisa belajar ketelitian dari kegiatan memasak.

Ajak anak memasak masakan kesukaannya. Atau juga bisa membuat kudapan favoritnya. Bisa juga kudapan yang biasa dibeli di luar rumah. Selain menyenangkan, tentu kegiatan ini bisa mengobati kerinduan anak untuk keluar rumah.

4. Berkebun

Mengajak anak berkebun di halaman rumah bisa menghilangkan kebosanan anak selama masa karantina. Sebagian besar anak suka main outdor dan kotor-kotoran. Jadi berkebun akan menjadi hal yang menyenangkan untuk mereka.

Bila tidak ada lahan di rumah, anda bisa mencoba mengajak si kecil berkebun hidroponik. Tentu ini akan semakin seru. Menambah wawasan anak tentang berkebun.

Ajak anak berkebun sayur-sayuran. Ini akan menumbuhkan kecintaannya untuk makan sehat. Saat anak menuang media tanam ke dalam pot, menabur benih dan menyiramkan air, kecerdasan motoriknya akan terasah.

Berkebun juga melatih anak untuk bertanggungjawab. Setiap hari anak akan menyiram dan memberi pupuk tanamannya, agar tanamannya tetap hidup. Anak bertanggung jawab dengan apa yang sudah dia tanam.

5. Berkemah

Anak-anak sangat suka berkemah. Biasanya berkemah identik dengan kegiatan outdoor di alam bebas. Namun ternyata, berkemah di dalam rumah juga menyenangkan lho.

Ajak anak berkemah di rumah. Biarkan mereka menentukan lokasinya. Misalnya di ruang tamu, halaman rumah, atau mungkin di garasi. Kemudian persiapkan peralatannya. Bawa semua peralatannya seperti layaknya kemah sungguhan.

Jangan lupa membawa bekal makanan untuk berkemah. Bawa juga alat musik untuk hiburan saat berkemah.

Pasti anak-anak senang. Berkemah memberikan penyegaran suasana bagi anak-anak.

6. Olahraga Bersama

Meski sedang menjalani masa karantina, bukan berarti tidak bisa berolahraga. Ajak anak berolahraga bersama. Misalnya main bola dan bersepeda di halaman rumah. Atau bisa juga melakukan senam virtual yang viral pada akhir-akhir ini.

Olahraga bersama ini akan membuat tubuh anak tetap sehat. Pikirannya juga jadi segar, tidak ada lagi bad mood karena bosan di rumah saja.

7. Pentas Bakat

Membuat pentas bakat di rumah juga bisa menjadi aktivitas bersama anak saat masa karantina. Setting panggung di dalam rumah. Ajak semua anggota keluarga menunjukkan bakatnya masing-masing. Orangtua dan anak harus menunjukkan bakatnya.

Pentas bakat ini bisa membantu anak untuk lebih percaya diri. Berani tampil dengan setiap bakat yang dimilikinya. Selain itu, karena dilakukan secara bersama-sama kegiatan ini akan meningkatkan bonding antar anggota keluarga.

8. DIY Mainan

Ajak anak membuat mainannya sendiri. Anda bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah. Kardus, kertas, botol plastik dan kaleng bisa disulap menjadi mainan yang cantik.

Aktivitas ini sebagai pengisi waktu bermain anak saat masa karantina. Selain itu juga mengasah sisi kreativitas anak. Juga mengajarkan anak mendaur ulang barang-barang bekas.

9. Science Class

Melakukan percobaan sains sederhana juga asyik untuk dilakukan selama masa karantina. Ajak anak membuat percobaan sains. Misalnya membuat balon tanpa ditiup. Balon yang diisi dengan baking powder dan diletakkan diatas botol berisi air cuka, akan membuat balon mengembang sempurna meski tanpa ditiup. Ini akan jadi pengalaman yang menarik bagi anak. Setelah praktek sendiri dengan didampingi orang tua, selanjutnya orang tua mengajak untuk mencari teori terkait percobaan tersebut.

Orang tua bisa mencari saja di mesin pencari, akan tetapi hati-hati harus memilih website yang benar-benar tepat dan valid. Jika masih bingung, bisa bertanya ke komunitas sains atau grup guru pengajar sains dan IPA yang pasti mau juga menjawab pertanyaan. Science class ini juga membuat anak tetap belajar. Aspek kognitifnya tetap terasah meski masa karantina. Anak bisa belajar sambil bermain. Dan ini pasti akan menyenangkan bagi mereka.

10. Bermain Permainan Tradisional

Memainkan permainan tradisional saat masa karantina juga menjadi aktivitas yang seru. Ajak anak bermain permainan tradisional seperti bola bekel, congklak, ular tangga ataupun lompat tali.

Atau bisa juga mencoba permainan tradisional tanpa alat, main petak umpet misalnya. Semua anggota keluarga ikut bermain. Seisi rumah bisa menjadi tempat persembunyian. Nah, pasti seru kan?

Kenali 5 Ciri-ciri Anak Stress Selama Masa Karantina
Hari-hari sebelumnya yang biasanya mereka berkomunikasi dan melakukan banyak aktivitas di luar rumah bersama teman sebaya, guru, bahkan orang lain, kini menjadi hanya sebatas aktivitas bersama keluarga di rumah. Benarkah anak akan stress selama masa karantina?

Dengan melakukan sepuluh aktivitas tadi, dijamin anak tetap terhibur di masa karantina ini. Mereka bisa bermain banyak hal yang menyenangkan. Bermain bersama juga akan meningkatkan rasa cinta antar anggota keluarga.

Selamat mencoba ya.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.