10 Contoh Tata Tertib yang Bisa Dilakukan di Kelas

edukasi 3 Apr 2024

Setiap sekolah pasti memiliki tata tertib atau sejumlah aturan yang harus dipatuhi dan ditaati oleh semua warga sekolah, baik guru, pegawai administrasi sekolah, dan siswa. Tata tertib ini diciptakan agar kegiatan belajar mengajar di sekolah berjalan dengan lancar dan efektif. Pembinaan tata tertib sendiri dilakukan oleh pimpinan sekolah.

Selain tata tertib disekolah, ada pula tata tertib yang berlaku di kelas yang harus dipatuhi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Tata tertib di kelas juga harus mengacu pada aturan serta regulasi yang berlaku di sekolah.

Adapun pembinaan tata tertib di kelas dilakukan oleh guru mata pelajaran atau wali kelas masing-masing. Tata tertib di kelas harus dipatuhi serta diikuti oleh semua siswa yang bersangkutan di kelas.

Alasan Perlu Mematuhi Tata Tertib

sumber: https://www.pexels.com/

Tak sedikit siswa yang bertanya-tanya mengapa mereka harus mengikuti tata tertib sekolah yang bahkan mungkin tata tertib itu sendiri tidak ada hubungannya dengan kegiatan belajar, misalnya wajib menggunakan seragam yang rapi, tidak boleh make up, harus menggunakan dasi dan topi ketika upacara hari Senin, tidak boleh menggunakan sepatu berwarna, tidak boleh menggunakan jaket di kelas, dan lainnya.

Meskipun secara sekilas itu tidak berhubungan dengan kegiatan belajar, namun itu dilakukan agar siswa rapi ke sekolah, sehingga kegiatan pembelajaran pun jadi lebih nyaman. Adapun berikut ini merupakan beberapa alasan perlu mematuhi tata tertib, yaitu:

Mendisiplinkan Siswa

Melalui tata tertib yang berlaku, siswa akan lebih disiplin dan bertanggung jawab untuk mematuhi tata tertib tersebut. Sehingga siswa juga akan lebih berhati-hati dalam bertindak agar tidak melanggar tata tertib. Siswa mengetahui mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Kegiatan Belajar Menjadi Lebih Lancar

Tata tertib sekolah sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana yang aman nyaman dan tertib di sekolah sehingga kegiatan belajar mengajar pun berjalan lancar dan optimal.

10  Contoh Tata Tertib yang Bisa Dilakukan di Kelas

sumber: https://www.pexels.com/

Sebagai guru, Anda bisa membuat peraturan kelas sendiri yang harus dipatuhi oleh siswa-siswi. Adapun berikut ini merupakan 10 contoh tata tertib yang bisa dilakukan di kelas, yaitu:

1. Siswa harus datang tepat waktu sebelum guru datang

Salah satu contoh yang paling mendasar dalam sebuah tata tertib sekolah adalah siswa harus datang tepat waktu. Biasanya ada waktu beberapa menit setelah bel masuk, sengaja diberi jeda untuk semua siswa masuk ke kelas. Waktu itu bisa digunakan untuk persiapan masuk kelas, menunggu guru datang.

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri, Begini Cara Orangtua Mengajarkannya!
Mencintai diri sendiri adalah hal penting yang harus diajarkan kepada anak, agar mereka dapat tumbuh menjadi orang yang percaya diri dan menghargai hidupnya

2. Berdoa dipimpin ketua kelas

Rutinitas wajib sebelum melakukan kegiatan, yakni berdoa. Berdoa biasanya dipimpin oleh ketua kelas, akan tetapi bisa juga digantikan oleh perangkat kelas lainnya. Biasanya berdoa dimulai saat guru mata pelajaran pertama sudah datang, semua siswa berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

3. Petugas piket harus datang sebelum kelas dimulai

Piket kelas biasanya sudah dibagi sebelum pembelajaran dimulai, petugas piket yang harus datang lebih awal karena harus membersihkan kelas. Tidak hanya membersihkan kelas, akan tetapi juga menyiapkan beberapa peralatan sebagai pelengkap pembelajaran seperti spidol, kapur, penghapus dan lain-lain.

4. Jika tidak masuk sekolah harus mengirimkan surat ijin

Surat izin tidak hadir, adalah suatu barang bukti yang dapat menggantikan kehadiran. Dengan adanya surat izin, maka siswa yang bersangkutan sedang atau memang tidak bisa datang ke sekolah.

5. Jika ada keperluan di luar, baik itu ke toilet ataupun dipanggil teman harus ijin ke guru yang mengajar.

Sering terjadi saat pembelajaran, siswa atau siswi izin keluar kelas karena ada panggilan atau ingin pergi ke toilet. Sangat dianjurkan untuk izin ke guru yang sedang mengajar, salah satu cara menghargai guru yang sedang mengajar di kelas.

6. Siswa yang menjadi petugas piket wajib membersihkan kelas saat jam pulang sekolah

Jika petugas piket pagi berangkat lebih awal, maka petugas piket siang juga wajib membersihkan area kelas seperti menyimpang peralatan pelajaran seperti spidol, kapur, penghapus dan lain-lain. Petugas piket bisa merapikan kelas dengan menyapu, menata bangku dan meja hingga kelas kembali rapi saat ditinggal pulang.

7. Seluruh siswa wajib memperhatikan materi yang diberikan guru

Guru selalu memberikan materi yang dibutuhkan siswanya, terkadang karena kelelahan siswa tertidur di kelas. Hal ini sudah melanggar peraturan kelas, maka dari itu penting sekali menerapkan peraturan atau tata tertib yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota kelas.

Pembelajaran berjalan dengan lancar dan nyaman. Penting sekali membuat suasana kelas nyaman, karena siswa akan dengan mudah memahami materi jika suasana kelas nyaman.

8. Siswa yang terlambat wajib menunjukkan surat dari guru piket

Di beberapa sekolah menerapkan siapa saja siswa yang terlambat harus menemui guru piket, siswa harus meminta surat keterangan terlambat pada guru piket. Sebagai sanksi ataupun salah satu syarat masuk ke kelas.

Biasanya siswa akan diberi hukuman kecil, sesuai dengan kesalahannya. Hal ini dibuat dengan tujuan agar siswa lebih disiplin dan paham aturan kelas maupun sekolah.

9. Dilarang menggunakan ponsel saat pembelajaran berlangsung

Hampir semua sekolah menerapkan peraturan ini, namun hanya sebagian siswa yang mau mematuhi peraturan ini. Karena saat ini hampir semua siswa memiliki handphone, membuat peraturan ini sering dilanggar.

Karena siswa merasa dengan menggunakan handphone mereka akan bebas untuk mencari yang mereka tahu. Padahal dampak penggunaan handphone saat jam pelajaran, akan berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan guru.

Siswa akan lebih fokus pada handphone dan tidak memperhatikan guru yang memberi materi. Hingga muncul budaya mencontek, karena siswa tidak paham betul materi yang sudah diberikan oleh guru.

10. Seluruh siswa wajib menjaga kebersihan kelas

Selain ketertiban kelas, semua siswa wajib menjaga kebersihan kelas. Jadi, tidak hanya petugas piket. Akan tetapi semua siswa karena semakin kelas terjaga kebersihannya, kenyamanan saat pembelajaran juga akan menjadi idaman semua siswa.

Melatih Anak untuk Berdiskusi, ini Manfaat Diskusi dalam Kehidupan
diskusi merupakan pertukaran pikiran, gagasan atau pendapat yang melibatkan dua orang atau lebih untuk mendapatkan kesepakatan bersama

Semakin bersih kelas, akan semakin nyaman saat belajar di dalamnya. Akan lebih mudah bagi siswa dalam menerima materi, maupun guru akan lebih mudah dan nyaman saat menyampaikan materi.

Itulah 10 contoh tata tertib yang bisa Anda terapkan di kelas. Anda bisa menyepakati tata tertib ini dengan siswa sebelum memulai kegiatan pembelajaran, agar siswa bisa mematuhinya dengan baik.

Untuk mendisiplinkan siswa, Anda juga bisa memberikan sistem punishment atau reward untuk siswa yang ikut atau tidak mengikuti peraturan.








Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.