Perlukah Memberikan Pelajaran Tambahan untuk AKM? Ini Website yang Cocok untuk Mengajar AKM

kurikulum merdeka 3 Jun 2024

Kemendikbud telah resmi mengganti Ujian Nasional (UN) dengan Asesmen Kemampuan Minimal (AKM). Lalu, bagaimana persiapan yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi AKM? Perlukah guru memberikan pelajaran tambahan untuk AKM ini? Guru juga bisa mencari referensi mengajar AKM dari berbagai website pendidikan. Salah satunya adalah kejarcita.

AKM

sumber: https://www.pexels.com

AKM ditujukan untuk menguji kemampuan dasar siswa. Ada dua bidang yang diujikan, yaitu literasi dan numerasi. AKM ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan kognitif siswa dalam memahami dan mengimplementasikan bacaan dan hitungan dalam kehidupan sehari-hari.

Meski hanya dua bidang saja yang diujikan, ini tidak membuat siswa mengesampingkan mata pelajaran lainnya. Justru dengan kemampuan dasar berupa bacaan dan hitungan ini, siswa semakin mudah untuk bisa memahami mata pelajaran lainnya.

AKM menjadi salah satu rangkaian dari AN (Asesmen Nasional) yang merupakan pengganti UN. Tak hanya kemampuan kognitif saja yang diujikan dalam asesmen nasional ini, tetapi juga karakter siswa. Ya, Survey Karakter juga menjadi rangkaian dalam asesmen nasional ini.

Survey karakter bertujuan mengetahui sejauh mana aspek sosial dan emosional para siswa. Harapannya bisa memiliki karakter layaknya karakter pelajar pancasila, di mana karakter pelajar Pancasila terdiri dari beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kebhinekaan global, kemandirian, gotong royong, bernalar kritis dan kreatifitas.

Jika AKM dan Survey Karakter ditujukan untuk siswa, maka komponen terakhir pada asesmen nasional yaitu Survey Lingkungan Belajar ditujukan kepada satuan pendidikan. Adapun kegunaan dari Survey Lingkungan Belajar ini yaitu untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah.

Tidak seperti UN, asesmen nasional ini tidak memiliki konsekuensi. Data hasil asesmen nasional hanya berfungsi sebagai pemetaan saja. Untuk melihat sejauh mana proses pendidikan sudah berlangsung.

Hasil pemetaan ini nantinya digunakan sebagai bahan evaluasi perbaikan untuk tahun berikutnya. Oleh sebab itu, asesmen nasional tidak ditujukan pada siswa tingkat akhir seperti ujian nasional. Siswa yang mengikuti asesmen nasional adalah siswa kelas 5 SD, 8 SMP dan 11 SMA. Dengan begitu, perbaikan bisa dilakukan di tingkat akhir pendidikan setiap jenjang.

Pelajaran Tambahan untuk AKM

Meski tingkat stres AKM lebih rendah dibandingkan saat ujian nasional, AKM tetap harus dipersiapkan. Tak ada salahnya bagi guru untuk memberikan pelajaran dalam AKM ini. Apalagi kemampuan dasar yang diujikan dalam AKM ini sangat penting dalam membantu siswa memahami mata pelajaran lainnya.

Kemampuan memahami bacaan dan hitungan juga sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Bacaan dan hitungan juga menjadi pratical skill yang wajib dikuasai.

Lalu bagaimana caranya guru dalam memberikan pelajaran tambahan untuk AKM ini? Guru bisa memanfaatkan beragam website pendidikan yang membantu dalam mengajar AKM ini.

Apalagi di era digital seperti ini. Banyak sekali website pendidikan yang bisa membantu guru dalam mengajar AKM.

Website untuk Mengajar AKM

sumber: https://www.pexels.com

Ada beberapa website pendidikan yang bisa dimanfaatkan guru untuk mengajar AKM. Berikut adalah website untuk mengajar AKM :

1. kejarcita

kejarcita adalah website pendidikan yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam mengajar AKM. Banyak fitur-fitur di kejarcita yang bisa membantu guru memberikan tambahan pelajaran untuk AKM.

kejarcita menyediakan ribuan soal dan pembahasan gratis yang bisa digunakan untuk belajar di rumah maupun di sekolah. Soal-soal yang ada juga tersedia dalam berbagai format. Mulai dari kuis online, tautan kuis, file, maupun cetakan.

kejarcita juga menyediakan bank soal HOTS dan try out online untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi. Agar siswa semakin siap dalam menghadapi AKM.

2. Skolla

Skolla adalah webiste pendidikan yang mengkolaborasikan antara educator profesional dan teknologi. Skolla memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan sesuai kondisi masa kini. Sisi keunikan setiap siswa juga difasilitasi.

Skolla memiliki beragam fitur yang membantu guru mengajar AKM yaitu di antaranya try out online, live class, konsultasi, latihan soal dan video pembelajaran. Semuanya bisa dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi siswa.

3. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah website pendidikan yang dikembangkan oleh Kemendikbud. Website ini bisa diakses secara gratis. Rumah Belajar menjadi website referensi pendidikan di setiap jenjang, mulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA.

Rumah Belajar adalah platform yang mendukung pembelajaran jarak jauh. Baru tersedia pada aplikasi android.

Beragam fitur bisa dimanfaatkan untuk belajar AKM. Mulai dari fitur Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya dan Bank Soal. Semua fitur ini akan membantu siswa dalam mengasah kemampuan bacaan dan hitungannya, sehingga siap dalam menghadapi AKM.

4. Kelas Pintar

Kelas Pintar adalah platform pendidikan yang bisa diakses melalui website maupun aplikasi. Kelas Pintar muncul sebagai solusi dari adanya pendidikan Jarak Jauh.

Kelas Pintar menghadirkan 3 metode pembelajaran, di antaranya:

  • Penjelasan materi menyeluruh dalam bentuk audio-visual, video animasi dan buku pelajaran elektronik (e-book)
  • Penguatan konsep melalui soal latihan yang bervariasi seperti HOTS (Higher Order Thinking Skills), Tanya Jawab serta VBQ (Value Based Question)
  • Evaluasi proses kegiatan belajar melalui soal tes yang bervariasi, yaitu seperti Tes Adaptif, Soal Pilihan Ganda (MCQ) dan Soal Uraian (Essay)

Kelas Pintar bertujuan memberikan kemudahan kepada semua pihak, mulai dari murid, guru hingga orangtua dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Melalui Kelas Pintar ini, murid bisa mengasah kemampuan literasi dan numerasinya dengan mengerjakan berbagai soal yang tersedia dalam bank soal di Kelas Pintar ini.

5. Quipper

Quipper adalah website pendidikan yang bisa membantu siswa dan guru dalam memahami materi pelajaran sekolah, termasuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.

Tips Meningkatkan Literasi Siswa selama PJJ
Kemampuan literasi siswa sangat penting sebagai modal utama dalam mewujudkan bangsa yang cerdas serta berbudaya.

Ada empat fitur yang menjadi keunggulan Quipper ini, yaitu Cara SUPER dari Super Teacher, Materi Lengkap dengan Kualitas Terbaik, Belajar Interaktif dengan Tutor & Coach Pribadi, dan Siap Hadapi Ujian.

6. Sekolahmu

Sekolahmu adalah website pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran kelas dan karir dengan berkolaborasi bersama ratusan sekolah dan organisasi. Pembelajaran daring yang diselenggarakan oleh Sekolahmu ini ditujukan kepada murid, guru dan orangtua.

Selain menjadi PKBM semua jenjang pendidikan, yaitu PAUD, SD, SMP dan SMA, Sekolahmu juga mengadakan beragam pelatihan dan kelas-kelas belajar lainnya. Salah satunya adalah paket belajar literasi dan numerasi. Tentu paket ini bisa dimanfaatkan untuk belajar persiapan AKM.

Apalagi, Sekolahmu ini menggunakan sistem belajar blended learning, yaitu menggabungkan metode online dan offline dalam proses pembelajaran. Tidak hanya itu saja, Sekolahmu juga memfasilitasi guru dan pihak sekolah untuk tetap mengajar sesuai dengan kurikulum yang dibutuhkan.

Guru, Ayo Latihan Fundamental Skills (Numerasi, Literasi, Sains)!
Fundamental skills adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki setiap individu, yaitu literasi, numerasi dan sains.

Demikian website yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam mengajar AKM. AKM tetap perlu dipersiapkan dengan baik agar memperoleh data pemetaan proses pendidikan yang baik. Dengan adanya AKM ini diharapkan setiap murid bisa memiliki kemampuan bacaan dan hitungan yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.