Tugas Administrasi Guru Terasa Berat. Bagaimana Solusinya?

edukasi 13 Des 2021

Menjadi guru memang bukanlah hal yang mudah, karena Anda akan memegang tanggung jawab yang besar dan tugas yang cukup banyak, mulai dari membimbing dan mendidik anak, menyiapkan materi pembelajaran, melakukan penilaian, evaluasi pembelajaran, menyiapkan materi pelajaran, dan berbagai tugas administratif lainnya. Ya, pasalnya guru memiliki tugas administrasi sebagai bukti nyata sudah melaksanakan kewajiban sebagai aparat negara serta abdi masyarakat dalam dunia pendidikan.

Tugas administrasi guru bukanlah hal yang mudah, guru harus bisa membagi waktu dengan baik untuk bisa melaksanakan tugas utamanya dalam mendidik dan membimbing anak serta memenuhi tugas administrasi. Bahkan tak sedikit waktu mereka habis terbuang untuk memikirkan tugas administrasi.

Melihat hal ini, menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim pun berupaya untuk bisa memangkas beban administrasi guru supaya kegiatan belajar mengajar lebih optimal, di mana guru bisa mengalokasikan waktunya untuk menyiapkan materi pembelajaran yang beragam dan inovatif. Karena tentu sangat memberatkan jika guru harus tetap berinovasi sementara mereka dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan administrasi yang cukup menguras tenaga dan pikiran

Misalnya pada tugas administrasi dalam membuat model maupun kerangka belajar yang sesuai kurikulum setelah merampungkan kelengkapan administrasi berkaitan tunjangan profesi. 2 tugas tersebut dirasa cukup besar dan dapat menguras tenaga dan pikiran. Apalagi bagian merancang model maupun kerangka belajar, di mana guru harus cermat dan sesuai dengan tujuan kurikulum agar siswa bisa mencapai kegiatan pembelajaran dan tidak kerepotan ketika ujian nasional.

7 Peran Guru Dalam Melaksanakan Asesmen
Assesmen atau penilaian sangat penting dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa.

Lalu ketika ada perubahan kurikulum guru juga harus beradaptasi dan sedikit terbebani dengan perubahan tersebut, karena harus tetap memenuhi tugas administrasi sesuai kurikulum agar tunjangan profesi bisa dicairkan.

Lantas apa saja tugas administrasi guru lainnya yang harus dikerjakan?

Tugas Administrasi Guru

Bagi Anda yang sudah menjadi guru pasti sudah tidak asing lagi dengan tugas administrasi yang biasa dikerjakan sebelum maupun sesudah pelaksanaan pembelajaran. Nah bagi Anda yang merupakan calon guru, Anda juga harus tahu tugas administrasi yang nanti akan dikerjakan. Apa saja? Simak ulasannya dalam berikut:

1. Menyusun Program Pembelajaran

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, sebelum kegiatan belajar mengajar, guru juga memiliki tugas untuk mulai menyusun atau merancang program pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum. Adapun susunan atau kerangka yang harus dibuat guru mulai dari kalender pendidikan, membuat rincian pekan efektif, menyusun program belajar tahunan atau program semester, silabus, dan menyusun RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Program pembelajaran ini disusun dan direncanakan dengan tujuan agar kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik sehingga mudah untuk mencapai tujuan pendidikan.

2. Melaksanakan Program Pembelajaran

Ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, tugas guru bukan hanya mendidik dan membimbing, menyampaikan materi pembelajaran, dan memastikan siswa paham materi saja, tetapi ada beberapa tugas administrasi lainnya yang harus dipenuhi. Tugas lainnya seperti mengecek daftar kehadiran siswa, menganalisis kehadiran siswa, melakukan jurnal kelas dan jurnal pembelajaran, serta melakukan catatan khusus selama proses pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk memudahkan guru melakukan penilaian atau evaluasi nanti.

3. Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran

Setelah pelaksanaan pembelajaran guru juga harus melakukan evaluasi pembelajaran. Evaluasi ini bertujuan untuk menilai apakah kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan berjalan dengan baik atau masih ada yang kurang dan perlu direvisi.

Dalam hal ini, tugas administrasi yang harus dipenuhi yaitu menyusun program pelaksanaan evaluasi, menyusun perangkat evaluasi, seperti naskah soal, kisi-kisi, pedoman penilaian, dan instrumen lainnya. Guru juga harus melaksanakan evaluasi sesuai dengan kompetensi yang disyaratkan.

Tak sampai di situ, dalam evaluasi pembelajaran guru juga harus merekap daftar nilai setiap siswa serta kompetensi, melaksanakan analisis hasil evaluasi, menyusun perangkat analisa evaluasi, serta melakukan analisa hasil evaluasi antara validitas dengan ketentuan belajar siswa.

7 Peran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah
Guru memiliki peran penting di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

4. Menyusun serta Melaksanakan Program Perbaikan / Pengayaan

Setelah melaksanakan dan didapatkan hasil evaluasi, guru juga masih dituntut untuk menyusun dan melaksanakan program perbaikan atau pengayaan. Dalam hal ini, tugas yang harus dilakukan guru yaitu melakukan perbaikan dengan remedial teaching atau remedial test, menyusun program perbaikan atau pengayaan, melakukan pengayaan untuk siswa yang memiliki kemampuan tinggi, merekap daftar nilai hasil perbaikan atau remedial dan pengayaan.

Selain tugas-tugas yang disebutkan di atas guru-guru juga masih mempunyai tugas-tugas lainnya, khususnya yang menjadi wakil kepala sekolah, wali kelas atau pembina akademik, guru piket, pembina ekstrakurikuler, tim tata tertib, panitia ujian dan panitia kegiatan sekolah, seperti kegiatan tour, agustusan, kegiatan keagamaan, dan lainnya.

Solusi Mengerjakan Tugas Administrasi Guru

Setelah menyimak kembali tugas-tugas administratif yang harus dikerjakan guru, kita jadi tahan betapa tidak mudah menjadi guru. Makanya tak heran jika guru merupakan profesi yang sangat mulia, patut dihargai, dan the real "pahlawan tanpa tanda jasa".

Dengan tugas administrasi yang begitu banyak, guru harus bisa tetap konsentrasi dalam mengembangkan dan mendidik siswa menjadi generasi cerdas berkarakter.

Oleh sebab itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berupaya untuk mengurangi beban administrasi guru, misalnya dalam pembuatan RPP yang kini menjadi RPP satu lembar saja, yang cukup terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan dan penilaian. Mengurangi beban administrasi ini diharapkan guru bisa fokus dan konsentrasi terhadap pengembangan belajar siswa.

Selain itu, guru juga harus pintar membagi waktu dalam mengerjakan tugas administrasi dan membimbing siswa. Ini menjadi solusi agar guru tidak merasa terbebani dengan tugas yang menumpuk.

Kejarcita.id Jadi Solusi

Untuk memudahkan pekerjaan tugas administrasi guru, kejarcita.id hadir dengan berbagai fitur menarik dan praktis, mulai dari perencanaan, kegiatan, hingga evaluasi pembelajaran semuanya tersedia dalam satu LMS kejarcita.id. Dengan begitu, guru tetap fokus dalam mendidik dan mengembangkan minat dan kemampuan siswa tanpa melalaikan tugas administratif yang harus dipenuhi.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai tugas administrasi guru. Semoga bapak/ibu guru Indonesia diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas-tugas dan hasil yang optimal. Gunakan kejarcita.id untuk memudahkan pekerjaan mulai dari merencanakan, melaksanakan dan evaluasi pembelajaran.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.