Tips Penting Agar Murid Bisa Patuh di Dalam Kelas

teaching 15 Mei 2021

Proses pembelajaran di kelas kadang-kadang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Penyebabnya justru berawal dari murid yang tidak mematuhi aturan belajar. Aba-aba dalam belajar berupa peringatan, suruhan dan larangan guru tidak dipedulikan oleh murid. Murid membuat suasana dalam kelas menjadi gaduh, sehingga mengganggu proses pembelajaran.

Pengelolaan kelas menjadi kunci utama keberhasilan proses pembelajaran. Murid maupun guru harus mematuhi aturan dan prosedur pembelajaran mulai dari awal sampai akhir. Namun ketidakpatuhan murid mengikuti aturan pembelajaran telah membuat suasana gaduh. Perilaku ini tentu saja mengganggu aktivitas belajar. Kadang-kadang guru merasa kesulitan dalam menguasai suasana belajar yang tidak kondusif.

Tips Penting Agar Murid Bisa Patuh di Dalam Kelas

Ini menjadi salah satu masalah yang cukup pelik dalam proses pembelajaran. Murid tidak patuh saat di dalam kelas. Tentu masalah ini harus segera diatasi. Kalau tidak proses pembelajaran akan terganggu dan ini membuat tujuan belajar menjadi tidak tercapai. Guru harus bisa menyelesaikan masalah ini. Siswa yang tidak patuh harus segera diatasi. Berikut beberapa tips penting yang bisa dilakukan agar murid bisa patuh di dalam kelas.

1. Buat kesepakatan belajar

Agar murid patuh saat di dalam kelas, Anda bisa membuat kesepakatan bersama. Pertemuan pertama, bisa diisi dengan membuat kesepakatan bersama dengan murid. Buat aturan dan sanksi bersama-sama. Ini akan membuat murid merasa memiliki peraturan yang ada di kelas, dengan begitu mereka akan segan jika melanggar. Langkah ini cukup efektif untuk membuat murid bersikap patuh saat ada di kelas..

2. Rencanakan beragam metode belajar

Setiap murid memiliki keunikan dan karakternya masing-masing, inilah yang membuat setiap murid tidak bisa ditangani dengan cara yang sama. Di sini, guru harus bisa mengantisipasi dengan berbagai metode belajar. Bisa saja di kelas A, muridnya lebih senang belajar dengan metode diskusi bersama. Sedangkan kelas B, lebih senang belajar dengan metode simulasi untuk lebih mengerti.

Jadi, sebelum mengajar, coba untuk persiapkan berbagai metode. Selain itu, dengan menggunakan metode belajar yang variatif tentu membuat kelas Anda lebih menyenangkan, murid pun senang saat di kelas dan patuh saat ada di kelas.

3. Peringatan secara non verbal

Saat mengajar kelas yang susah diatur, pasti selalu ada saja murid yang membuat gaduh. Kelas yang tadinya tenang, tiba-tiba langsung menjadi berisik seisi kelas. Mau menerangkan apapun di kelas juga tidak terdengar. Daripada berteriak di depan murid, lebih baik gunakan gestur nonverbal saja.  Misalnya, bisa dengan menaruh jari telunjuk di depan mulut untuk memberikan kode “jangan berisik”. Bisa juga saat ada yang berisik, tatap murid yang membuat keributan sampai akhirnya sadar kalau diperhatikan dan diam sendiri.

4. Hindari kata “jangan”

Saat menghadapi murid yang tidak bisa patuh, tidak jarang membuat guru habis kesabaran. Salah satu hal yang sering dilakukan adalah dengan memberikan peringatan kepada murid mengenai sikap murid yang kurang diterima tersebut. Saat hendak mengingatkan murid, gunakan ucapan yang berkonotasi positif daripada negatif.

Misalnya saja, saat Anda sedang menerangkan di depan kelas, mulai ada murid yang malah asik berbicara sendiri dan mengganggu murid yang lain. Apabila Anda hanya mengingatkan dengan berkata “jangan berisik!”, mungkin awalnya murid akan diam. Tapi lama-kelamaan pasti akan mengulanginya lagi, karena tidak ada alasan solutif dari ucapan tersebut.

Sebaiknya saat menegur, sambil memberikan alasan solutif mengapa perlu memperhatikan guru seperti “ayo perhatikan ke depan, kalian mau kan mendapat nilai bagus di ujian nanti ?”. Biasanya ini akan lebih ampuh, murid akan diam dan mulai memikirkan akibat yang mereka dapatkan. Akhirnya, murid pun menjadi patuh saat di dalam kelas.

5. Fokus pada sisi positif murid

Terkadang, guru terlalu fokus dengan keburukan saja dan lupa akan hal positif atau kebaikan yang dilakukan murid. Anda bisa mencoba untuk memulai memperperhatikan lebih seksama sikap murid yang tidak patuh. Bisa saja murid itu memang suka membuat gaduh saat di kelas, tetapi di sisi lain selalu rajin mengerjakan tugas atau bahkan sekedar rajin tunjuk tangan untuk bertanya. Sesekali, cobalah untuk memuji perilaku baik ini. Murid akan senang jika mendapat pujian, apalagi dari guru.

Ketika murid merasa dihargai sekecil apapun tindakan yang sudah diperbuat, mereka akan senang untuk terus berperilaku baik.

6. Pahami kondisi khusus murid

Mengingat setiap murid memiliki karakter yang berbeda, tidak menutup kemungkinan murid yang tidak patuh saat di dalam kelas memiliki kondisi khusus. Bisa jadi mereka yang tidak patuh itu merupakan anak yang hiperaktif! Bagi murid seperti ini, sulit sekali untuk bisa duduk, diam, dan memperhatikan guru di depan kelas. Mereka membutuhkan aktivitas yang bisa dilakukan agar energinya dapat tersalurkan. Berhubung di kelas hanya bisa duduk saja, akhirnya murid ini bosan dan akhirnya berbuat onar.

Cara menangani murid yang hiperaktif seperti ini adalah dengan memberikan metode belajar yang banyak melibatkan aktivitas. Bisa dengan mengadakan games, diskusi, atau seperti role playing. Dengan begitu, energi murid bisa tersalurkan secara positif dan tidak membuat kegaduhan lagi di dalam kelas.

7. Belajar mendengarkan murid

Anda bisa mencoba untuk sesekali mengajak bicara murid yang tidak patuh itu secara personal. Bisa saja, sebenarnya ia punya masalah internal seperti keluarga atau bahkan teman yang membuat dirinya susah fokus untuk di kelas dan jadinya malah mencari perhatian dengan sikap tidak patuhnya itu. Dengan mencoba mendengarkan cerita murid, Anda pun juga akan lebih mengerti kondisi murid.

Positifnya setelah berbagi cerita, murid akan merasa ada kedekatan dengan guru karena mau mendengarkan dan mengerti mereka. Murid pun akan jadi lebih menghormati guru dan akan lebih menjaga sikap untuk tidak terus-menerus membuat onar suasana kelas. Mereka akan bersikap patuh.

8. Beri hukuman positif

Jika dengan cara apapun tetap membuat murid susah diatur, kadang tidak ada salahnya juga untuk memberikan hukuman bagi murid yang tidak patuh. Tapi, buat hukuman yang sifatnya membangun dan positif.

7 Kalimat yang Baik Diucapkan untuk Memotivasi Siswa Saat KBM
Motivasi belajar siswa amatlah sangat penting bagi pencapaian prestasi belajar siswa serta menjadi kewajiban guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Lalu bagaimana ya peran yang bisa dilakukan guru untuk memotivasi siswa saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar)

Misalnya, Anda bisa menerapkan siapa pun yang tidak mengerjakan tugas harus membelikan permen untuk teman-teman sekelasnya. Tentu, murid tidak mau sampai uang jajannya terpotong karena tidak mengerjakan tugas kan?Tapi sebelumnya pastikan semua murid sudah setuju dengan peraturan ini. Pastikan juga untuk tetap mewajibkan murid untuk mengumpulkan tugas, agar hukuman ini tidak disalahgunakan.

9. Kerjasama dengan orang tua

Agar murid bisa patuh saat di dalam kelas, butuh adanya koordinasi dengan pihak orang tua. Anda bisa mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua sehingga mereka bisa mengetahui perkembangan yang terjadi pada anaknya. Mulai dari perilaku murid di rumah, lingkungan pertemanan, kebiasaan murid, dan sebagainya.

Alasan Pentingnya Menjaga Komunikasi antara Guru dan Orangtua
Adapun tujuan utama komunikasi antara guru dan orangtua siswa yaitu memastikan anak dapat belajar secara efektif serta memastikan kebutuhan belajarnya dipenuhi dengan baik.

10.  Tetap sabar

Meski lelah menghadapi murid yang tidak patuh saat di dalam kelas. Guru harus tetap harus sabar. Dengan bersabar, apapun kondisi yang dihadapi akan membuat Anda tetap tenang menangani berbagai sikap murid.

Inilah tips yang bisa dicoba untuk mengatasi murid yang tidak patuh di dalam kelas.  Semoga tips ini bisa membantu Anda untuk tetap tenang dalam menghadapi tingkah laku murid yang tidak patuh saat di dalam kelas.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.