Tips Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa selama PJJ

Tentang AKM 15 Agt 2021

Kemampuan literasi sangat penting dimiliki oleh setiap individu. Kemampuan dan keterampilan literasi mencakup dalam membaca, menulis berbicara, berhitung hingga memecahkan masalah dengan tingkat keahlian tertentu yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada abad ke-21 ini, keterampilan literasi sangat dibutuhkan dan cukup mendesak, khususnya bagi generasi muda atau generasi millenial untuk dapat bersaing secara global.

Dikutip dari panduan Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, keterampilan literasi dibagi menjadi 6 dasar, yaitu literasi baca tulis, literasi sains, literasi digital, literasi numerasi, literasi finansial, literasi budaya serta kewargaan.

Literasi numerasi didefinisikan sebagai kemampuan dalam mengakses, menggunakan, serta menafsirkan informasi yang berkaitan dengan konsep bilangan serta keterampilan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari. Numerasi juga bisa diartikan kemampuan matematika dengan efektif untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Kecakapan Literasi Numerasi

Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan pengetahuan dan kecakapan literasi numerasi, yaitu:

  • Kemampuan dalam menggunakan angka serta simbol-simbol yang berkaitan dengan matematika dasar guna memecahkan masalah praktis yang terjadi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  • Kemampuan dalam analisis informasi yang biasa ditampilkan dalam berbagai bentuk, baik tabel, grafik, bagan, dan sebagainya, lalu gunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk mengambil keputusan yang tepat.

Pentingnya Kemampuan Literasi Numerasi

Literasi numerasi sangat dibutuhkan dalam seluruh aspek kehidupan, baik dalam lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, pekerjaan, dan lainnya. Pengaplikasian numerasi  dalam kehidupan sehari-hari misalnya saat ingin berbelanja, meminjam uang dari bank, membangun rumah ataupun memulai usaha, tentu semuanya membutuhkan keterampilan numerasi.

Literasi numerasi penting untuk ditanamkan dan ditingkatkan sejak dini guna membentuk penalaran rasional serta teknik penalaran untuk kehidupan sehari-hari.

Menurut Andreas Schleicher dari Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), kemampuan numerasi yang baik dapat menjadi proteksi untuk menekan angka pengangguran, meningkatkan penghasilan, serta meningkatkan kesehatan lebih baik.

Kecakapan dan keterampilan literasi numerasi membantu individu mencapai kesuksesan hidup. Kemampuan ini bisa ditingkatkan melalui pendidikan untuk mencetak individu yang energik serta terinformasi dengan baik. Keterampilan literasi numerasi digunakan untuk mengakses kurikulum lebih luas.

Lebih dari itu, keterampilan merasa juga dibutuhkan dalam lingkungan kerja untuk jenis pekerjaan apa pun. Kurangnya kemampuan numerasi dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang dan menjadi hambatan untuk bekerja, mengingat ujian numerasi menjadi komponen reguler dari prosedur pekerjaan.

Berikut 7 Contoh Soal AKM Numerasi
AKM memiliki dua aspek, yaitu kemampuan bernalar dengan bahasa (literasi) dan kemampuan bernalar dengan matematika (numerasi). Berikut contoh soal AKM Numerasi.

Tips Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Selama PJJ

Kemampuan literasi numerasi sangat penting dimiliki siswa dan harus ditingkatkan, Apalagi sekolah juga akan menghadapi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang menggantikan UN mulai tahun 2021 ini. Soal-soal AKM sendiri terbagi atas soal literasi dan numerasi, di mana literasi terbagi atas beberapa level mulai dari penalaran konsep, memahami dan mencari informasi yang tepat dalam teks, serta literasi membaca. Sedangkan untuk numerasi terbagi atas level memahami konsep, pengaplikasian konsep serta penalaran konsep.

Untuk menghadapi AKM, maka sekolah dan guru harus mempersiapkannya dengan melatih kemampuan literasi dan numerasi siswa. Ini mungkin tidak mudah, apalagi saat ini pembelajaran juga masih dilakukan secara daring dan pembelajaran belum optimal. Meski begitu, Anda bisa mencoba beberapa tips meningkatkan literasi numerasi siswa selama PJJ berikut ini:

1. Berikan Pemahaman Pentingnya Literasi Numerasi

Untuk memotivasi siswa agar mau belajar dan meningkatkan kemampuan literasi numerasi, maka langkah pertama yaitu memberikan pemahaman terlebih dulu kepada siswa apa itu literasi numerasi dan pentingnya dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan kepada siswa cara penerapan numerasi dalam kehidupan, serta bantu siswa menghadapi berbagai tantangan dalam penerapannya.

Jika siswa sudah memahami konsep dan pentingnya literasi numerasi, maka mereka bisa mengikuti kegiatan numerasi selanjutnya, bahkan meningkatkan kemampuan numerasi secara mandiri.

2. Menghubungkan Konsep Pembelajaran

Ketika melaksanakan pembelajaran jarak jauh tak ada salahnya Anda menghubungkan konsep pembelajaran dengan penggunaan numerasi, bukan hanya untuk pelajaran matematika, tetapi bisa untuk setiap mata pelajaran. Dengan metode pengajaran seperti ini, siswa dapat mengetahui hubungan materi pembahasan yang mereka pelajari dengan kejadian sehari-hari.

Hal ini membantu siswa untuk meningkatkan berpikir kritis dan pentingnya koneksi khususnya dalam kemampuan literasi dan numerasi. Banyaknya pemahaman yang siswa miliki, memudahkan mereka dalam menyelesaikan permasalahan.

3. Biasakan Siswa Tepat Waktu

Selama melaksanakan pembelajaran jarak jauh, usahakan ajak siswa untuk masuk kelas online tepat waktu. Hal ini bukan hanya membiasakan siswa disiplin, tetapi meningkatkan pemahaman literasi numerasi siswa, mengingat numerasi juga berkaitan erat dengan waktu. Bilangan serta operasional hitung menjadi inti numerasi dan bagian dari konsep waktu. Siswa juga perlu diajarkan bahwa waktu adalah sumber daya yang harus dikelola dengan baik dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Siswa memerlukan keterampilan numerasi untuk mengelola waktu dengan baik, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga evaluasi terhadap produktivitas.

4. Sering Berlatih Soal

Siswa diharapkan bukan hanya mengetahui rumus-rumus matematika, penggunaan bilangan dan lainnya, tetapi juga harus mampu merealisasikan kemampuan numerasi untuk memecahkan masalah yang tepat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, siswa harus meningkatkan kemampuan numerasi, salah satunya dengan sering berlatih soal AKM numerasi. Semakin sering berlatih soal, semakin siap dan mampu siswa menghadapi AKM, serta kemampuan numerasinya meningkat. Tentunya soal yang dibuat harus sesuai AKM dan dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.

Sebagai guru, Anda harus mengetahui cara membuat soal AKM yang tepat. Kalau perlu, Anda bisa mengikuti pelatihan membuat soal AKM.

5. Menonton Video Kejarcita

Selama kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh ini pastinya Anda membutuhkan media pembelajaran mendukung seperti gambar, video ataupun bacaan di internet. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Mungkin anda sedikit kesulitan menemukan konten pembelajaran yang tepat untuk siswa. Namun tak perlu khawatir, karena di kejarita.id anda akan menemukan materi pembelajaran beserta pembahasannya dengan lengkap, bahkan ada pembelajaran dan pembahasan numerasi juga!

Sesekali, Anda bisa memberikan siswa video pembelajaran dan pembahasan terkait literasi numerasi agar mereka memahami konsep dan mampu memakai numerasi dalam kehidupan.

Itulah beberapa hal mengenai literasi numerasi beserta 5 cara meningkatkan kemampuan numerasi siswa selama PJJ. Dengan kegiatan pembelajaran yang menarik, siswa bisa menerima pengetahuan dengan baik dan optimal. Sebagai guru, tentunya Anda harus lebih kreatif dalam memberikan metode pembelajaran yang tepat pada siswa.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.