Tips Menghemat Kuota Internet Saat KBM Online

edukasi Okt 09, 2020

Selama 6 bulan terakhir ini, proses belajar mengajar dilakukan secara online. KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) online menjadi solusi terbaik saat ini. Pandemi Corona COVID -19 membuat semua aktivitas diperioritaskan dilakukan dari dalam rumah, termasuk sekolah. KBM online membuat pendidikan terus berjalan kendati saat pandemi. Pandemi tidak menghalangi anak-anak Indonesia kehilangan haknya dalam mengakses pendidikan.

KBM Online

KBM online didefiniskan sebagai proses pembelajaean yang dilakukan secara daring (dalam jaringan). Guru dan murid tidak bertatap muka secara langsung.

KBM online dalam pelaksanaannya memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dalam hal ini adalah gadget dan kuota internet. Semua materi belajar, kuis maupun evaluasi bisa diakses secara online.

Proses belajar dan mengajar yang dilakukan secara online ini memungkinkan proses pembelajaran bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Pencarian materi belajar pun menjadi lebih mudah dan bervariasi.

Keunggulan KBM Online

Selain sebagai upaya pemutus rantai penyebaran virus Corona COVID-19, KBM online memiliki banyak keunggulan dibandingkan metode pembelajaran lainnya.

Berikut adalah keunggulan dari KBM online :

1. Materi pembelajaran lebih  mudah diserap, karena menggunakan fasilitas multimedia seperti  gambar, teks, animasi, suara, video.

2. Jauh lebih efektif dalam biaya, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu minimum peserta.

3. Bisa dimana saja, bisa kapan saja.

4. Jauh lebih ringkas, langsung pada pokok bahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.

5. Memiliki waktu yang fleksibel, tersedia 24 jam/hari – 7 hari/minggu, artinya penguaasaan materi tergantung pada semangat dan daya serap murid.

6. Menjalin networking yang lebih luas.

7. Tersedia materi belajar yang lebih banyak dan bervariasi.

8. Materi belajar mudah diakses, cukup dengan memandaatkan gadget yang tersedia.

Kendala KBM

Meski begitu, proses berjalannya KBM tidak semudah yang dibayangkan. Masih ada beberapa kendala yang dihadapi saat KBM online.

Beberapa kendala yang dihadapi saat KBM online adalah :

1. Pembelajaran dengan metode KBM online membutuhkan peralatan tambahan yang lebih (seperti komputer, ponsel pintar, jaringan internet).

2. Kurangnya interaksi antara guru dan murid atau bahkan antar murid itu sendiri.

3. Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).

4. Murid bisa frustasi jika mereka tidak bisa mengakses grafik, gambar, dan video karena peralatan yang tidak memadai.

5. Murid dapat merasa terisolasi.

6. Membengkaknya biaya untuk pembelian kuota internet.

Penggunaan Kuota Internet Saat KBM Online

Kuota internet menjadi kebutuhan utama dalam proses KBM online. Internetlah yang menghubungan proses belajar mengajar antara guru dan murid saat KBM online.

Pembelian kuota internet menjadi permasalahan tersendiri bagi guru dan murid. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) dan FSGI (Federasi Serikat Guru Indonesia), 55,6% guru mengeluhkan adanya keterbatasan dalam akses terhadap internet. Guru tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membeli kuota internet selama pelaksanaan KBM Online.

Begitu juga dari sisi murid, masih berdasarkan survei yang sama, 43% murid juga memiliki keterbatasan dalam akses terhadap kuota internet. Mereka tidak mampu memenuhi kuota internet yang membengkak selama mengikuti KBM online.

Tentu permasalahan ini harus segera diatasi. Bagaimanapun juga, kuota internet termasuk kebutuhan primer saat berlangsungnya KBM online. Pemerintah juga sudah berjanji akan memberikan bantuan kuota internet bagi murid dan guru yang membutuhkan. Namun tentunya, juga perlu diadakan upaya penghematan penggunaan kuota internet saat KBM online. Dengan demikian KBM online bisa tetap berjalan lancar, anggaran kuota internet pun terpenuhi.

Tips Menghemat dan Mengatur Kuota Internet Saat KBM Online

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat dan mengatur kuota internet saat KBM online :

1. Batasi Penggunaan Data

Membatasi kuota internet yang akan digunakan adalah cara termudah untuk menghemat dan mengatur kuota internet saat KBM online.

Caranya, masuk ke fitur "Setelan" di ponsel Anda, kemudian ketuk "Penggunaan Data > Siklus Penagihan > Batas data dan siklus tagihan". Di bagian itu, Anda dapat mengatur penggunaan maksimum data yang akan digunakan dalam waktu-waktu tertentu

Selain itu, Anda juga dapat memutus koneksi internet jika batasan kuota tersebut sudah habis.

2. Batasi Background Apps.

Beberapa aplikasi di ponsel pintar dapat otomatis menyedot kuota internet, kendati ponsel tersebut tidak digunakan. Misalnya, aplikasi latar belakang layar seringkali menampilkan pembaharuan di ponsel.

Jika Anda bermaksud menghemat kuota internet, Anda dapat membatasi penggunaan aplikasi tersebut. Caranya,  masuklah ke fitur "Setelan > Penggunaan Data", dan di sana, Anda dapat memonitor aplikasi mana saja yang sudah menggunakan kuota internet dan seberapa banyak data yang disedotnya.

Jika mengetahui bahwa aplikasi latar belakang layar tersebut menyedot kuota internet cukup siginifikan, Anda dapat mengatur aplikasi tersebut agar tidak aktif di ponsel. Ketuk "Batasi data aplikasi latar belakang" atau "Restrict app background data".

Pembatasan ini akan menjadikan aplikasi latar belakang hanya akan digunakan ketika aplikasi ini dibuka saja.

3. Kompresi data di Chrome

Chrome adalah salah satu aplikasi yang banyak dipakai saat KBM online. Chrome memiliki fitur bawaan untuk menurunkan atau mengkompres kuota internet secara signifikan.

Ketika kompresi data dihidupkan, pengiriman dan traffic data disalurkan melalui proksi dari Google. Kuota data Anda akan ditekan dan dioptimalisasi sebelum dikirimkan ke gawai. Hasilnya, kuota kian hemat dan kecepatan internet semakin kencang.

Cara menyetel kompresi data di Chrome adalah dengan masuk ke "Setelan" di aplikasi Google Chrome, lalu cari "Penyimpan Data" atau "Data Saver", kemudian hidupkan.

4. Update Hanya Melalui Wi-Fi

Salah satu cara paling efektif mengurangi penggunaan kuota internet saat KBM online adalah dengan mematikan pembaharuan aplikasi otomatis di Play Store. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengubah aturan menjadi 'pembaharuan hanya dilakukan saat ada jaringan Wi-Fi'.

Cara menyetelnya adalah dengan masuk ke aplikasi Play Store, pilih "Menu > Setelan > Update Aplikasi Secara Otomatis". Pastikan Anda memilih "Update aplikasi secara otomatis melalui Wi-Fi saja" atau Anda juga dapat memilih "Jangan update aplikasi secara otomatis".

5. Batasi Penggunaan Streaming

Streaming musik dan video menyedot kuota internet dalam porsi banyak. Usahakan untuk menghindari kegiatan ini ketika menggunakan kuota internet ponsel Anda.

Untuk menyiasati konten-konten yang ingin dinikmati, Anda dapat menyimpan dan mengunduh musik atau video yang diinginkan ketika gawai sedang terhubung dengan Wi-Fi.

Jika pun memang tetap ingin melakukan streaming, Anda dapat mengurangi kualitas streaming tersebut. Misalnya, YouTube membebankan banyak kuota internet, maka kurangilah kualitas video, hanya 240p, misalnya.

6. Settingan Download di WhatssApp

WhatssApp juga menjadi salah satu aplikasi pendukung pelaksanaan KBM online. Untuk menghemat kuota internet, anda bisa mematikan fitur download otomatis pada WhatssApp. Dengan demikian, anda hanya mendownload  hal yang memang anda butuhkan.

7. Hemat Saat Video Conference

Saat KBM online, penyampaian materi biasanya dilakukan dengan video conference, menggunakan aplikasi Zoom misalnya. Saat menggunakan Zoom pastikan anda mematikan kamera dan microphone bila tidak diperlukan. Ini akan menghemat pemakaian kuota internet.

8. Kombinasikan KBM Online

Mengkombinasikan metode belajar saat KBM online juga bisa menghemat kuota internet. Penyampaian materi belajar bisa dilakukan dengan menggunakan CD, sehingga guru tidak harus selalu menyampaikan materi belajar melalui video conference.

Betulkah Kendala Belajar Jarak Jauh Itu Bukan Internet, Tapi Pola Pikir?
Sesungguhnya penggunaan internet bukanlah suatu keharusan dalam pelaksanaan sistem pembelajaran jarak jauh. Pemerintah Daerah atau sekolah yang bersangkutan dapat berinovasi menemukan metode yang tepat untuk siswa dan guru.

Tugas yang diberikan bisa dalam bentuk worksheet paper. Yang diambil dan dikumpulkan berkelompok secara periodik. Tentu sebelumnya perlu dibentuk kelompok belajar. Dengan begitu guru bisa memberikan dan mengambil tugas di tempat masing-masing kelompok. Murid pun tidak hanya mengerjakan tugas-tugas secara online saja.

Tips Agar KBM Online Tetap Berjalan Dengan Minimnya Fasilitas
Fasilitas yang dibutuhkan yaitu gadget atau ponsel dan akses untuk melakukan internet. Sayangnya, tidak semua orang tua bisa menyediakan fasilitas tersebut dikarenakan keadaan ekonomi yang kurang.

Semoga tips diatas bisa membantu anda dalam menghemat kuota internet saat KBM online. Tetap semangat dan terus berdoa agar pandemi ini bisa segera berakhir.

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.