Tips Mengajar dengan Menggunakan Mind Mapping

edukasi 13 Nov 2023

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, mengembangkan teknik pembelajaran adalah solusi bijak untuk meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu teknik yang sudah mulai digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun di universitas yaitu mind mapping. Selain bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran, mind mapping juga bisa diterapkan di dunia pekerjaan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa tips mengajar dengan menggunakan mind mapping. Namun, sebelum membahas beberapa tips tersebut, ada baiknya kita mengulas lebih dalam tentang mind mapping.

Apa yang Dimaksud dengan Mind Mapping?

Mind mapping merupakan suatu proses memetakan pikiran (peta pikiran) dari suatu konsep ataupun ide ke dalam bentuk visual yang lebih mudah untuk dipahami. Hasil atau bentuk visual yang didapat dari peta pikiran tersebut akan disusun ke dalam bentuk mind map yang dapat membantu Anda dalam mengatur berbagai macam informasi yang telah diterima. Mind map berisi pengelompokkan beberapa informasi ke dalam beberapa bagian seperti ke dalam tema dan sub-tema.

Selain itu, mind mapping juga bisa didefinisikan sebagai suatu metode belajar yang dirancang dengan cara memetakan beberapa informasi ke dalam bentuk grafis. Mind mapping tersebut dapat dipetakan menggunakan garis percabangan, gambar, ataupun kata kunci yang saling berkaitan dengan konsep utama dari pikiran/informasi tersebut.

Pada kesempatan ini, metode mind mapping berfungsi untuk membantu seseorang dalam merancang, berkomunikasi, mengingat sesuatu, kreatif dalam menyelesaikan masalah, serta membantu siswa untuk mempelajari sesuatu dengan lebih cepat dan efesien.

Beberapa manfaat dari mind mapping antara lain ialah sebagai berikut.

Manfaat Mind Mapping

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari metode mind mapping yang harus Anda ketahui.

1. Melatih Seseorang untuk Memahami Informasi

sumber: https://www.pexels.com/

Salah satu manfaat dari menggunakan mind mapping dalam kegiatan belajar, yaitu dapat membuat siswa menjadi lebih terbiasa dalam mengorganisasikan dan mengelompokkan beberapa informasi yang penting secara otomatis. Beberapa informasi yang telah disusun siswa dapat membantu mereka dalam membuat rencana maupun membuat rancangan kerja dengan lebih efektif dan cepat.

2. Meningkatkan Ketelitian dalam Menyusun Informasi

Dengan menggunakan mind mapping, secara tidak langsung kemampuan siswa dalam mengatur informasi akan meningkat. Siswa menjadi lebih mandiri dalam menyusun informasi yang mereka dapat secara tertata.

3. Meningkatkan Kemampuan Seseorang dalam Memahami Suatu Informasi

sumber: https://www.pexels.com/

Selain itu, mind mapping juga berguna untuk meningkatkan kinerja otak. Apabila siswa telah terbiasa membuat mind mapping, secara otomatis mereka akan lebih cepat untuk memproses dan memahami materi pembelajaran yang sedang diajarkan guru. Oleh karena itu, jika guru sedang menjelaskan materi pembelajaran yang berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya,  siswa tersebut bisa memahami keterkaitan antara materi yang sedang dipelajari dan materi sebelumnya.

4. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat lain yang akan didapatkan siswa dari metode mind mapping, yaitu kreativitas siswa bisa lebih terangsang dan meningkat. Saat membuat mind mapping, siswa akan menggunakan bentuk-bentuk grafis yang berisi gambar, kata kunci, dan beberapa frasa penting.

5. Menghemat Waktu

Metode mind mapping dapat membantu siswa dalam menghemat waktu untuk memahami suatu materi pembelajaran. Lewat pembuatan peta pikiran, informasi yang diterima siswa akan dikelola ke dalam peta konsep yang dibuat secara rapi dan terstruktur. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah mempelajari ulang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Sintaks Problem Based Learning dan Contoh RPP Problem Based Learning
Pembelajaran problem based learning dapat mengasah kemampuan siswa bekerjasama, berdiskusi dan berkomunikasi, serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Tips Mengajar Menggunakan Mind Mapping

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa mind mapping memiliki pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan kemampuan siswa. Berikut merupakan beberapa tips mengajar dengan menggunakan mind mapping yang dapat Anda gunakan dalam proses kegiatan belajar.

1. Membentuk Kelompok Belajar

Untuk menggunakan mind mapping dalam proses kegiatan belajar siswa, terlebih dulu Anda bisa lebih dulu membentuk kelompok belajar siswa. Kelompok belajar yang dibentuk tersebut bersifat heterogen sehingga masing-masing siswa bisa saling bekerja sama untuk membuat mind mapping maupun menyelesaikan suatu permasalahan. Selain itu, pembentukan kelompok belajar dapat membantu Anda dalam menyampaikan materi pembelajaran agar KBM bisa menjadi lebih aktif, interaktif, dan juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi.

2. Memilih Model Pembelajaran yang Tepat

Selain itu, Anda juga harus memilih metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan metode mind mapping ini. Dengan model pembelajaran yang tepat, materi pembelajaran yang dijelaskan guru bisa lebih mudah untuk dipahami siswa.

3. Mengenalkan Aplikasi Digital untuk Membuat Mind Mapping

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan metode mind mapping dalam proses kegiatan belajar, Anda bisa mengenalkan beberapa cara untuk membuat mind mapping. Untuk membuat mind mapping, siswa membuatnya secaea manual maupun dengan menggunakan aplikasi digital. Berikut merupakan penjelasan lebih mengenai pembuatan mind mapping.

  • Pembuatan Secara Manual

Berikut adalah beberapa langkah untuk membuat mind mapping secara manual.

  1. Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat mind mapping, seperti kertas, pensil, spidol, dan lain sebagainya.
  2. Siswa menulis beberapa informasi yang akan dimasukkan ke dalam peta pikiran. Siswa bisa memulainya dari konsep yang paling umum hingga ke beberapa informasi yang lebih detail.
  3. Siswa membuat sketsa kasar dari peta pikiran, lalu menyusunnya ke dalam satu kesatuan.
  4. Siswa merapikan sketsa yang telah dibuat.
  5. Siswa menghias mind mapping yang telah selesai dibuat. Langkah ini bisa digunakan maupun tidak karena hiasan ini bisa dikatakan sebagai nilai tambahan untuk mempercantik peta pikiran yang telah dibuat. Dengan menghias peta pikiran, mind mapping yang dibuat akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.
  • Membuat Mind Mapping dengan Menggunakan Bantuan Digital

Perkembangan teknologi telah membantu kita dalam membuat apapun yang kita inginkan, salah satunya termasuk dalam pembuatan mind mapping. Dengan bantuan beberapa bantuan digital, kini Anda akan lebih mudah dalam membuat peta pikiran tersebut. Berikut merupakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam membuat mind mapping.

  1. Canva

Dengan menggunakan Canva, Anda akan lebih mudah dalam membuat ming mapping. Dengan mengetikkan “mind mapping” ke dalam kolom pencarian Canva, Anda akan menemukan banyak sekali template mapping menarik yang bisa Anda gunakan. Selain itu, Anda juga bisa membuat mind mapping sesuai dengan kreativitas Anda sendiri di halaman kosong yang sudah tersedia.

2.   Xmind

Xmind dapat membantu Anda dalam membuat mapping online. Website ini akan memberikan layanan gratis hingga layanan berbayar yang bisa Anda pilih.

7 Permainan Edukatif di Kelas yang Bisa Melatih Kepemimpinan Anak
Permainan adalah salah satu cara mudah yang dapat diterapkan guru untuk melatih kemampuan siswa. Dengan melakukan permainan, siswa menjadi tidak bosan dengan materi yang guru sampaikan.

3.   Lucidchart

Dengan menggunakan Lucidchart, Anda bisa memantau progres kerja setiap siswa Anda. Lucidchart merupakan suatu workspace online yang dapat membantu Anda dalam membuat mapping online berdasarkan kategori yang dibutuhkan, misalnya seperti project management, people management, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai mind mapping, manfaatnya, serta beberapa tips mengajar dengan menggunakan mind mapping. Dengan bantuan aplikasi digital maupun dengan cara manual, Anda bisa memanfaatkan metode mind mapping ini dalam proses kegiatan belajar siswa.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.