Tips Mempersiapkan Diri untuk Tes SNBT 2024

pendidikan 31 Jan 2024

Sama seperti sedang menghadapi ujian kenaikan kelas, persiapan untuk mengikuti tes SNBT perlu dipersiapkan dengan matang. Tingkat kesulitan soal yang lebih tinggi, daya saing yang ketat, dan kuota yang disediakan cukup terbatas. Oleh karena itu, penting bagi setiap siswa untuk melatih kesiapan diri dengan mengerjakan prediksi soal-soal SNBT 2024. Hal ini perlu dipersiapkan sedini mungkin, agar siswa dapat menghadapi tes tanpa rasa bingung dan kaget.

Pendaftaran SNBT 2024 akan dilakukan pada bulan Maret tahun ini, namun melakukan simulasi sejak awal dapat menjadi cara efektif untuk mengukur peluang Anda lolos dalam seleksi ini. Salah satu metode untuk menilai peluang tersebut adalah dengan rutin menjalani simulasi dan giat dalam melakukan latihan prediksi soal UNBT 2024.

Mengapa Simulasi Tes SNBT 2024 Penting?

sumber: https://www.pexels.com/

1. Familiarisasi dengan Format Ujian

Dengan adanya simulasi tes, calon mahasiswa dapat beradaptasi dengan format jenis tes yang akan mereka kerjakan, jenis pertanyaan yang disampaikan dan tata cara pelaksanaan SNBT. Bisa dikatakan bahwa simulasi ini dapat membantu calon mahasiswa untuk lebih stabil dan tidak cemas berlebihan karena tes yang akan dihadapi nanti. Selain itu, simulasi ini sangat penting untuk meningkatkan efisiensi mereka dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saat ujian.

2. Mengukur Kemampuan

Dengan mengikuti simulasi, calon mahasiswa dapat mengukur kemampuan yang mereka miliki dalam menjawab setiap bagian dan jenis pertanyaan yang akan dikerjakan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan simulasi ini akan membagikan hasil simulasi setiap calon mahasiswa, dengan adanya hasil simulasi tersebut calon mahasiswa dapat melihat indikator persiapan mereka dalam menghadapi tes. Selain itu, mereka juga dapat melihat bagian mana yang perlu ditingkatkan lagi.

3. Meningkatkan Waktu Manajemen

Dalam pelaksanaannya, SNBT menuntut setiap calon mahasiswa untuk mampu mengatur manajemen waktu dengan baik. Dengan adanya simulasi ini, calon mahasiswa dapat mengasah kemampuannya, sehingga mereka bisa menggunakan waktu dengan sebaik mungkin dan menyelesaikan setiap bagian ujian dengan tepat waktu.

4. Identifikasi Kelemahan dan Kekuatan

Dengan mengikuti simulasi, calon mahasiswa dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan yang mereka miliki. Oleh karena itu, mereka dapat fokus dalam membenahi bagian yang lemah dan meningkatkan kekuatan yang mereka miliki.

Tips Menjalani Simulasi Tes SNBT 2024 dengan Sukses

1. Mempersiapkan Materi dengan Baik

Sebelum mengikuti tes simulasi, baiknya calon mahasiswa memastikan bahwa mereka telah memahami dengan baik materi yang akan diujikan. Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa untuk mempelajari buku catatan, buku referensi, dan materi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman yang mereka miliki.

2. Gunakan Sumber Belajar yang Tepat

Selain mempelajari buku catatan maupun buku referensi, penting bagi calon mahasiswa untuk menggunakan sumber belajar khusus UTBK-SNBT. Jenis-jenis buku yang memuat materi simulasi dapat ditemukan dengan mudah, baik dari buku, aplikasi belajar, dan platform daring yang telah menyediakan latihan soal beserta pembahasannya.

Materi UTBK Soshum 2022 dan UTBK 2023
UTBK SBNPT 2023 hanya akan ada Tes Skolastik yang mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia dan literasi dalam Bahasa Inggris.

3. Jadwal Simulasi Rutin

Agar kemampuan yang dimiliki dapat meningkat dengan stabil, penting bagi calon mahasiswa untuk membuat jadwal rutin untuk melakukan simulasi tes. Untuk membangun kebiasaan belajar yang baik dan meningkatkan kemampuan secara bertahap, calon mahasiswa harus bisa konsisten terhadap apa yang sedang dikerjakan, yaitu belajar.

4. Pahami Petunjuk Ujian

Baiknya simulasi dilakukan sesuai dengan kondisi ujian yang sebenarnya. Dengan begitu, calon mahasiswa dapat dilatih dan beradaptasi dengan proses ujian tersebut nantinya. Penting bagi Anda untuk membaca dan memahami petunjuk ujian, termasuk aturan dan tata cara pelaksanaannya.

5. Evaluasi Hasil dengan Kritis

Setelah simulasi selesai dilaksanakan, calon mahasiswa akan berada di tahap evaluasi. Evaluasi hasil ini harus dilakukan dengan kritis. Penting bagi Anda untuk mengidentifikasi jawaban-jawaban yang salah, kemudian pahami kesahalan tersebut. Perbaikilah konsep yang belum dipahami dengan baik.

6. Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

Semua rasanya akan sia-sia jika kesehatan mental dan fisik tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, sempatkanlah waktu untuk beristirahat yang cukup, memakan makanan yang sehat, dan mengatur manajemen stres yang dapat mendukung performa Anda agar lebih optimal dalam mengerjakan soal ujian yang sebenarnya.

sumber: https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Materi tes dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (UTBK-SNMPMB) tahun 2024 akan terdiri dari dua komponen besar, yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi. Anda dapat melihat penjelasan yang lebih jelas lewat website berikut Framework SNPMB 2024.

Adapun soal-soal yang akan diuji terdiri dari Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan Kuantitatif, Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika.

Secara umum UTBK-SNBT 2024 terdiri dari jenis model soal seperti berikut, yaitu:

  • Soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban (A, B, C, D, E)
  • Soal pilihan majemuk kompleks yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan memuat dua pilihan jawaban
Jika Anda ingin mencoba soal latihan UTBK SNBT 2024 secara langsung, silakan akses linknya: https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id.

Berikut cara mengikuti simulasi UTBK, yaitu:

  1. Mengisi data diri di halaman awal. Pada kesempatan ini siswa akan diminta mengisi nama lengkap dan asal sekolah atau instansi terlebih dahulu.
  2. Pilih Sub Tes Tersedia di beberapa sub tes yang perlu Anda kerjakan. Terdapat mata ujian Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif.
  3. Perhatikanlah waktu ujian ketika tes sedang berlangsung. Pada website akan muncul waktu yang berjalan saat tes. Sehingga Anda dapat benar-benar merasakan bagaimana SNBT sedang berlangsung.
  4. Pembahasan Hasil Tes akan diberikan setelah simulasi telah selesai dilaksanakan. Kunci jawaban dan pembahasannya akan muncul setelah simulasi. Sehingga Anda dapat mengevaluasi simulasi yang telah dikerjakan. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui berapa skor yang didapat, jadi Anda dapat mengira-ngira peluang lolos di UTBK-SNBT 2024 kelak.
Pengertian SNBP dan SNBT serta Jadwal Pelaksanaannya
SNBP merupakan seleksi yang dilaksanakan secara nasional untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dirancang berdasarkan prestasi peserta didik

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa simulasi tes UTBK-SNBT 2024 adalah langkah penting yang harus dilalui calon mahasiswa dalam mempersiapkan dirinya menuju perguruan tinggi negeri. Dengan berfokus pada tujuan, mampu berkonsisten dengan proses dan bersikap disiplin, maka Anda dapat meningkatkan peluang untuk sukses dalam menghadapi ujian tersebut. Semoga sukses!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.