Tips Membuat Worksheet Pembelajaran 1 Halaman yang Menarik

edukasi Des 07, 2020

Worksheet atau yang biasa kita sebut sebagai Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Penggunaan worksheet atau LKS diharapkan mampu mengubah kondisi pembelajaran. Dengan adanya worksheet atau LKS, guru tidak hanya berperan untuk menentukan ‘apa yang dipelajari’ oleh siswa, tetapi ditingkatkan menjadi ‘bagaimana menyediakan dan memperkaya pengalaman belajar siswa’.

Worksheet atau LKS merupakan bentuk usaha guru untuk membimbing siswa secara terstruktur melalui cara pemberian materi yang mampu memberikan daya tarik kepada siswa untuk mempelajari materi pelajaran tertentu.

Walaupun istilah worksheet atau LKS sudah tidak asing, pada kenyataannya masih banyak guru yang kurang memahami bagaimana kriteria worksheet atau LKS yang baik untuk digunakan dalam membantu mencapai tujuan pembelajaran. Kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian worksheet atau LKS, bagaimana cara menyusunnya, dan contoh worksheet atau LKS yang baik sebagai panduan guru untuk membuat worksheet atau LKS.

Pengertian Worksheet atau LKS

Worksheet atau LKS merupakan jenis hand out yang bertujuan untuk membantu siswa belajar secara terarah (guided discovery activities). Itu artinya, siswa dapat melakukan aktivitis sekaligus memperoleh ringkasan dari materi yang menjadi dasar aktivitas tersebut dari pengerjaan worksheet atau LKS.

Worksheet atau LKS menyajikan berbagai alternatif tujuan pengemasan materi pembelajaran sesuai jenis / struktur materi yang ingin dituangkan dalam bahan ajar. Berdasarkan tujuannya, worksheet atau LKS dapat dikemas dalam berbagai macam bentuk antara lain: a) Worksheet atau LKS yang membantu siswa menemukan suatu konsep; b) Worksheet atau LKS yang membantu siswa menerapkan dan mengintegrasikan berbagai konsep yang telah ditemukan; c) Worksheet atau LKS yang berfungsi sebagai penuntun belajar; d) Worksheet atau LKS yang berfungsi sebagai penguatan; dan e) Worksheet atau LKS yang berfungsi sebagai petunjuk pratikum.

Syarat-syarat Membuat Worksheet atau LKS

Worksheet atau LKS memiliki syarat-syarat tertentu agar fungsinya tepat dan akurat. Setidaknya, ada tiga jenis syarat yang harus diterapkan dalam pembuatan worksheet atau LKS yaitu: 1) Syarat-syarat Didaktik, 2) Syarat-syarat Konstruksi, 3) Syarat-syarat Teknis. Ketiganya akan dijabarkan di bawah ini.

  1. Syarat-syarat Didaktik

Yang dimaksud persyaratan didaktik yaitu worksheet atau LKS harus mengikuti asas-asas belajar-mengajar yang efektif, yaitu: a) Memperhatikan adanya perbedaan individual, b) Tekanan pada proses untuk menemukan konsep-konsep, c) Memiliki variasi stimulus melalui berbagai media dan kegiatan siswa, d) Dapat mengembangkan kemampuan komunikasi sosial, emosional, moral, dan estetika pada diri siswa, e) Pengalaman belajarnya ditentukan oleh tujuan pengembangan pribadi siswa dan bukan ditentukan oleh materi bahan pelajaran.

2. Syarat-syarat Konstruksi

Syarat konstruksi ialah syarat-syarat yang berkenaan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kosa-kata, tingkat kesukaran, dan kejelasan yang pada hakikatnya harus tepat guna. Dalam artian, penggunaan bahasa dan susunannya dalam worksheet atau LKS dapat dimengerti oleh siswa.

Persyaratan konstruksi yang harus diterapkan yaitu: a) Menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat kedewasaan siswa, b) Menggunakan struktur kalimat yang jelas, c) Memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, d) Hindarkan pertanyaan yang terlalu terbuka, e) Tidak mengacu pada buku sumber yang di luar kemampuan keterbacaan siswa, f) Menyediakan ruangan yang cukup untuk memberi keleluasaan pada siswa untuk menuliskan jawaban atau menggambar pada worksheet atau LKS, g) Menggunakan kalimat yang sederhana dan pendek, h) Menggunakan lebih banyak ilustrasi daripada kata-kata, i) Dapat digunakan untuk semua siswa, baik yang lamban maupun yang cepat, j) Memiliki tujuan belajar yang jelas serta bermanfaat sebagai sumber motivasi, k) Mempunyai identitas untuk memudahkan administrasi-nya.

3. Syarat-syarat Teknis

Persyaratan teknis pada penyusunan worksheet atau LKS terdiri dari: 1) Menggunakan huruf cetak dan tidak menggunakan huruf Latin atau Romawi, 2) Gunakan huruf tebal yang agak besar untuk topik, bukan huruf biasa yang diberi garis bawah, 3) Gunakan tidak lebih dari 10 kata dalam satu baris, 4) Gunakan bingkai untuk membedakan kalimat perintah dengan jawaban siswa, 5) Usahakan perbandingan besarnya huruf dengan besarnya gambar serasi.

Tips Membuat Worksheet Pembelajaran 1 Halaman yang Menarik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin membuat worksheet atau LKS 1 halaman yang menarik untuk siswa. Diantaranya yaitu:

1.      Pilih gambar sesuai pesan yang ingin disampaikan

Gambar yang baik untuk worksheet atau LKS adalah gambar yang dapat menyampaikan pesan / isi dari gambar tersebut secara efektif kepada siswa. Gambar fotografi yang berkualitas tinggi belum tentu dapat dijadikan gambar worksheet atau LKS yang efektif. Oleh karena itu, hal terpenting dalam pemilihn gambar adalah kejelasan pesan / isi dari gambar itu secara keseluruhan.

2.      Perhatikan penampilan worksheet atau LKS

Penampilan adalah sangat penting dalam pembuatan worksheet atau LKS. Hal ini dikarenakan penampilan menjadi hal pertama yang dilihat siswa untuk memunculkan ketertarikannya. Siswa akan merasa jenuh dan tidak tertarik dengan materi pelajaran apabila suatu worksheet atau LKS ditampilkan dengan penuh kata-kata dan langsung diberondong oleh pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab. Tetapi worksheet atau LKS juga tidak mungkin Apabila ditampilkan dengan gambar saja. Hal ini dikarenakan pesan / isinya tidak akan sampai.

Oleh karena itu, worksheet atau LKS yang baik adalah yang memiliki kombinasi antara gambar dan tulisan seimbang dengan pesan yang ingin disampai guru dalam memberika materi pelajaran.

Prosedur Penyusunan Worksheet atau LKS Siswa

1.      Guru harus menentukan Kompetensi Dasar (KD), indikator dan tujuan pembelajaran untuk dimodifikasi ke bentuk pembelajaran dengan Students Worksheet

2.      Guru harus menentukan ketrampilan proses terhadap Kompetensi Dasar (KD) dan tujuan pembelajaran

3.      Guru harus menentukan kegiatan yang harus dilakukan siswa sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) indikator dan tujuan pembelajaran

4.      Guru harus menentukan alat, bahan dan sumber belajar

5.      Guru harus menemukan perolehan hasil sesuai tujuan pembelajaran

Contoh RPP 1 Halaman Untuk Jenjang SD Kelas 1-6
RPP dikembangkan untuk mencapai Kompetensi Dasar pada siswa, sehingga isinya berupa prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti.

Worksheet kejarcita.id: Solusi LKS yang praktis dengan tampilan menarik

Salah satu contoh worksheet atau LKS berkualitas yaitu milik kejarcita.id. kejarcita.id merupakan platform belajar online yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita sejak tahun 2017. kejarcita.id memberikan kumpulan materi yang berkualitas, baik secara orisinil dari tim kejarcita.id yang sangat berpengalaman maupun bekerjasama dengan pihak ketiga. Worksheet kejarcita.id dapat dilihat dengan meng-klik disini.

Hingga saat ini, kejarcita.id memiliki lebih dari dua puluh ribu soal HOTS untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari soal HOTS SD hingga SMA. Tak hanya worksheet yang dilengkapi soal HOTS saja, kejarcita.id juga memiliki berbagai fitur lainnya seperti pembelajaran interaktif, fitur tanya – jawab, presensi, performa, dan ranking otomatis.

Kenal Lebih Dekat dengan Fitur Gratis kejarcita.id untuk Guru
Salah satu platform teknologi pendidikan yang baru mulai berkembang adalah kejarcita.id. kejarcita.id lebih memfokuskan layanan dan fiturnya pada penyediaan bank soal sekolah dari jenjang SD sampai SMA.

Penyusunan worksheet atau LKS kejarcita.id berdasarkan materi kurikulum pendidikan terbaru dan juga berdasarkan standar internasional. Layanan worksheet kejarcita.id bisa menghemat waktu guru dalam memberikan tugas atau ulangan kepada murid. Hal ini dikarenakan desain worksheet yang minimalis serta kekinian, pengelompokkan soal sesuai Kompetensi Dasar (KD), dan worksheet pun mudah di – download atau di – print sehingga sangat praktis untuk digunakan.

Demikian artikel mengenai tips membuat worksheet pembelajaran 1 halaman yang menarik. Ikuti blog.kejarcita.id untuk mendapatkan kumpulan artikel seputar pendidikan jarak jauh, usaha sosial dan inovasi teknologi.

Anisa Cahyani

"Perempuan yang gemar merangkai kata menjadi tulisan dan juga pemburu matahari terbenam."

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.