Kenal Lebih Dekat dengan Fitur Gratis kejarcita.id untuk Guru

edukasi 25 Sep 2020

Pembelajaran jarak jauh saat ini mulai banyak dipakai oleh para guru dan murid. Kehadiran pandemi Covid-19 juga menjadi faktor tingginya penerapan pembelajaran jarak jauh di seluruh Indonesia saat ini. Hal ini juga karena pemerintah sedang mengeluarkan surat edaran kepada seluruh instansi pendidikan untuk melaksanakan proses KBM dari rumah atau jarak jauh.

Hasilnya, saat ini semakin banyak bermunculan platform teknologi pendidikan yang menyediakan layanan dan program pembelajaran jarak jauh, agar bisa ikut berkontribusi memudahkan proses KBM para guru dan siswa. Selain itu juga banyaknya platfrom edutech ini memberikan lebih banyak pilihan media dan sumber belajar daring selain yang sudah disediakan gratis oleh Kemdikbud.

Salah satu platform teknologi pendidikan yang baru mulai berkembang adalah kejarcita.id. kejarcita.id lebih memfokuskan layanan dan fiturnya pada penyediaan bank soal sekolah dari jenjang SD sampai SMA. Selain itu fitur utama lainnya adalah akses materi video pembelajaran interaktif, rangkuman materi, worksheet, fitur tanya-jawab, presensi, pengumuman dan manajemen latihan soal dan ujian dengan sistem penilaian, performa dan rangking otomatis.

Bapak/Ibu guru bisa memanfaatkan layanan dan fitur yang disediakan kejarcita.id dengan penggunaan fitur dasar secara gratis dan jika ingin mendapatkan layanan dan fitur yang lebih lengkap bisa berlangganan paket premium dengan harga yang sangat terjangkau.

Harga yang murah dimaksudkan agar semua guru dan murid bisa mendapatkan akses layanan pembelajaran jarak jauh yang lengkap tanpa harus memikirkan biaya langganan yang mahal. Hal ini sejalan dengan visi kejarcita.id yaitu menyediakan kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia serta memiliki misi yaitu memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia.

Adapun dengan fitur dasar, Bapak/Ibu sudah bisa mendapatkan layanan yang cukup lengkap dan bisa membantu mengakomodasi dan memudahkan KBM jarak jauh yang sedang dijalankan.

Berikut daftar fitur gratis yang bisa langsung dipakai oleh Anda setelah melakukan pendaftaran dan membuat akun (Pendaftaran: https://kejarcita.id/users/sign_up).

1. Manajemen Latihan Soal (kuis) & Ujian Otomatis

Merupakan fitur unggulan yang disediakan oleh kejarcita.id. untuk penggunaan dasar Anda bisa langsung menggunakan fitur manajamen kuis dan ujian, seperti membuat soal kuis baik secara mandiri atau diambil dari bank soal yang dimiliki kejarcita. Kemudian Anda juga bisa menjadwalkan waktu latihan atau ujian tersebut, durasi, serta rincian mata pelajaran dan topik ujian.

Anda kemudian bisa membagikan link kuis yang sudah dibuat pada berbagai platform pembelajaran yang Anda gunakan seperti Google classroom, Whatsapp Group kelas Anda dengan mudah. (link Kuis online: kejarcita.id/quizzes).

Ketika murid selesai mengerjakan latihan soal atau ulangan yang sudah dibuat tadi, hasil skor seluruh murid akan keluar secara otomatis dan akan terlihat urutan (ranking) dari yang memperoleh nilai tertinggi sampai terendah. Selain itu juga ada pembahasan lengkap pada setiap jawaban baik benar maupun yang salah sehingga para murid bisa langsung belajar dan mengoreksi kekeliruannya.

Adapun jika ingin mengakses seluruh fitur bank soal premium yang saat ini sudah 30 ribu lebih soal termasuk soal LOTS dan HOTS, fitur presensi, pengumuman, dan layanan input soal dari tim kami, maka Bapak/Ibu bisa berlangganan paket premium dengan harga yang terjangkau. Untuk melihat fitur dan paket layanan kejarcita.id Anda bisa langsung lihat di sini : (cutt.ly/kejarcitalkbmonline).

2. Akses Materi Video Pembelajaran Interaktif

Fitur unggulan lain yang bisa diakses secara gratis adalah materi video pembelajaran interaktif. Materi yang dibuat oleh tim kejarcita.id sangat beragam mulai dari materi pelajaran SD-SMA, kemudian ada juga video dongeng asli Indonesia yang dikaitkan dengan materi pelajaran dan dikemas dengan pembahasan menarik.

Ada juga topik video ‘serba tahu’, yang membahas suatu tema dan materi secara mendalam dan lengkap namun dikemas dengan bahasa yang ringan dan tampilan animasi yang interaktif.

Selain itu juga ada video ‘topik kece’ yang membahas seputar tips dan topik keseharian yang perlu diketahui dan dipahami oleh para murid maupun oleh guru. Seperti pengetahuan seputar virus corona, tips belajar produktif di rumah, makanan sehat, dan lainnya.

Adapun saat ini video yang tersedia sudah lebih dari 400 video yang akan terus bertambah kedepannya. Untuk mengakses video pembelajaran kejarcita, Anda bisa langsung masuk ke laman kejarcita.id kemudian masuk pada modul ‘Materi’, kemudian pada kolom filter pilih tipe materi ‘YouTube’. (Link Video Pembelajaran: kejarcita.id/materials).

Anda juga bisa langsung melihat daftar video pembelajaran tersebut dari platform YouTube kejarcita.id. Caranya setelah masuk ke channel kejarcita.id kemudian pilih ‘Playlist’ untuk mencari dan memilih topik dengan lebih mudah. Biar Anda terus mengetahui video terbaru dari kami jangan lupa untuk subscribe channel YouTubekejarcita.id. (link YouTube: cutt.ly/Xygn1hl).

3. Akses Rangkuman Materi & Worksheet

Fitur yang bisa dikases gratis lainnya adalah rangkuman materi dan worksheet satu lembar yang bisa digunakan sebagai bahan ajar untuk menyampaikan materi dan pegangan siswa untuk dibaca maupun sebagai bahan latihan yang praktis di rumah. Lembar rangkuman materi dan worksheet juga sudah disesuaikan dengan materi yang ada pada kurikulum dan dikemas dengan ringkas, rapi, dan menarik.

Anda juga bisa langsung megunduh bahkan mencetak lembar rangkuman dan worksheet ini apabila dibutuhkan untuk keperluan pembelajaran atau latihan siswa. Terdapat lebih dari 100 dokumen yang bisa diakses gratis dan akan terus bertambah. Apabila ingin mendapatkan lebih lengkap akses materi dan worksheet maka Anda bisa berlangganan fitur premium kejarcita.id dengan harga yang sangat terjangkau. (Link rangkuman materi & worksheet: kejarcita.id/materials).

Kedepannya tentu saja akan ada inovasi dan fitur baru yang juga akan dimunculkan kejarcita.id sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan tren pembelajaran masa kini. Salah satunya yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah dengan meluncurkan aplikasi kejarcita.id dalam versi mobile yang tentu saja akan lebih mudah dan fleksibel untuk diakses menggunakan smartphone di manapun dan kapanpun Anda dan para murid berada.

Bentuk Kontribusi Orang tua Untuk Membantu Guru Saat KBM Online
Untuk menyukseskan pembelajaran jarak jauh, harus ada kontribusi orang tua yang turut membantu guru ketika sedang melakukan kegiatan belajar di setiap harinya

Keunggulan kejarcita.id adalah menyediakan platform pembelajaran online yang mudah diakses dan sebagaian besar fiturnya dapat digunakan secara gratis. Meskipun kejarcita.id juga menyediakan fitur premium yang lebih lengkap.

Misalnya pada fitur premium, Anda bisa mengakses fitur pengumuman, tanya-jawab, presensi, dan layanan bantuan input soal dari tim kejarcita.id. Anda juga bisa melakukan konsultasi seputar cara penggunaan platform kejarcita.id maupun hal teknis lainnya, terutama yang berkaitan dengan KBM daring.

Percayalah dengan platfrom pembelajaran daring seperti kejarcita.id, proses KBM daring Anda dengan para murid akan semakin mudah, cepat, dan efektif. Ketika melaksanakan KBM daring dari rumah tentu saja waktu Anda akan banyak terpakai juga untuk hal lain selain mengurus pembelajaran. Apabila Anda masih menggunakan cara manual tentu saja akan menyulitkan Anda sebagai guru, apalagi jika murid Anda memiliki jumlah yang banyak.

Tips Agar Anak Bisa Fokus dan Tidak Cepat Bosan Saat KBM Online di Rumah
Tidak fokus saat belajar adalah salah satu faktor siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Sulit kosentrasi dapat terjadi karena beberapa hal, baik berasal dari internal maupun eksternal.

Jadi solusi yang paling ideal salah satunya adalah dengan menggunakan kejarcita.id. karena semua kebutuhan pembelajaran sudah tersedia dan siap dipakai. Apabila Anda ingin mendaftar atau bertanya seputar kejarcita.id bisa langsung menghubungi kontak layanan pelanggan dan program kami pada nomor: 0819 7388 8808 (Eka) atau lewat email: [email protected].

Afandi Madjid

Educational Technology & Content Developer

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.