Tips Agar Anak Bisa Fokus dan Tidak Cepat Bosan Saat KBM Online di Rumah

parenting Sep 22, 2020

Tidak fokus saat belajar adalah salah satu faktor siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Sulit kosentrasi dapat terjadi karena beberapa hal, baik berasal dari internal maupun eksternal. Apalagi di saat pandemi Covid-19 seperti ini, dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh tidak menutup kemungkinan bahwa siswa kerap kali mengalami hilang fokus saat belajar. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana tips agar anak bisa fokus saat melakukan KBM online di rumah.

Bukan hanya berusaha untuk fokus saja, tetapi orang tua pun harus mencari tahu bagaimana pembelajaran di rumah menjadi lebih menyenangkan sehingga anak tidak merasa bosan. Rasa bosan muncul akibat pembelajaran yang monoton. Apabila pembelajaran dilakukan di sekolah seperti biasa, guru akan mengganti model pembelajaran yang dapat melatih keaktifan siswa di dalam kelas. Sedangkan saat ini, pembelajaran jarak jauh membuat suasana belajar menjadi sangat monoton dan siswa sulit untuk terbiasa dalam kondisi seperti ini.

Oleh karena itu untuk menyukseskan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran berbasis online ini dibutuhkan orang tua yang aktif dan mau berkontribusi saat KBM online sedang berlangsung di rumah. Dalam hal ini, orang tua mengambil peran guru yang biasanya mendidik anak di dalam kelas. Namun, orang tua tidak bisa sepenuhnya memberikan perhatiannya kepada anak di rumah. Kebanyakan dari orang tua memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan di setiap harinya.

7 Tipe Guru Mengajar di Depan Kelas
Tentunya setiap guru memiliki karakternya masing-masing. Masing-masing tentu punya gaya mengajar tersendiri. Meski memiliki cara yang berbeda, para guru punya tujuan yang sama. Setiap guru tentunya ingin semua peserta didiknya mendapatkan pendidikan terbaik dan sukses di masa yang akan datang.

Faktor-faktor Penyebab Anak Menjadi Tidak Fokus Saat Belajar

1. Mengonsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Kerap kali anak sering mengabaikan peringatan orang tua untuk tidak jajan sembarangan saat di sekolah. Mereka mengabaikan peringatan itu karena makanan junk food atau siap saji memiliki cita rasa yang sangat lezat. Seringnya mengonsumsi makanan yang siap saji dapat mengakibatkan obesitas dan menyebabkan badan menjadi sulit bergerak dan kerja otak menjadi kurang maksimal yang mengakibatkan anak menjadi sulit untuk berkonsentrasi saat melakukan sesuatu.

2. Kurang Tidur

Tubuh yang sehat berasal dari stamina yang kita miliki. Di setiap harinya kita melakukan banyak aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran. Apalagi pada anak-anak, mereka mengeluarkan lebih banyak energi dibandingkan orang dewasa. Oleh karena itu mereka memerlukan istirahat yang cukup untuk memulai hari. Idealnya kita membutuhkan tidur selama 8 jam pada orang dewasa dan pada anak-anak ada baiknya untuk menyempatkan tidur siang di setiap harinya.

3. Kurang Olahraga

Pola hidup yang sehat dapat menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Kebanyakan dari kita yang menganggap bahwa olahraga tidak terlalu penting. Kerap kali kita menyepelekan olahraga dan memilih untuk tidur supaya stamina di dalam tubuh kembali terjaga. Namun, sayangnya pendapat itu salah. Ada baiknya Anda dan keluarga Anda menyediakan waktu satu atau dua kali dalam seminggu untuk olahraga. Olahraga sangat penting karena dapat membakar lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar yang dapat meningkatkan tingkat konsentrasi setiap orang.

Ketiga faktor di atas merupakan faktor yang sangat umum, tetapi sering diabaikan oleh setiap orang. Ada baiknya Anda memerhatikan pola hidup anak Anda di rumah, sehingga anak Anda dapat belajar dengan konsentrasi yang penuh dan maksimal.

Tips Agar Anak Bisa Fokus Saat Melakukan KBM Online dan Tidak Cepat Bosan

1. Belajarlah di Tempat yang Nyaman

Anda harus tahu bahwa suasana belajar dapat memengaruhi setiap orang, baik sedang belajar, bersantai maupun melakukan kegiatan yang lainnya. Suasana yang cocok untuk melakukan pembelajaran di rumah yaitu suasana yang nyaman, tenang dan jauh dari kebisingan. Tempat yang cocok untuk belajar yaitu di ruang tamu atau di ruang kumpul keluarga. Sebagian orang menjadikan kamar sebagai alternatif terbaik untuk belajar, tetapi tahukah Anda bahwa ketika anak Anda belajar di kamar rentan mudah terserang kantuk dan akhirnya menjadi tidak fokus ketika belajar. Selain itu, Anda sesekali dapat mengganti tempat belajar, bisa saja Anda mengajak anak Anda untuk belajar di taman belakangan rumah atau pekarangan di depan rumah Anda.

10 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kembali Mengajar di Kelas Tatap Muka Saat Pandemi
Pada bulan Juli 2020 ini, sekolah kembali dibuka dan siswa kembali belajar di kelas seperti biasanya. Namun sebelum memulai pembelajaran, sangatlah penting untuk setiap guru melengkapi persiapan sebelum mengajar

2. Iringi Dengan Musik

Apabila Anda melihat di beberapa tempat les tambahan, mereka sering kali memutar musik di saat jam istirahat sedang berlangsung. Dalam keadaan ini, musik yang diputar seperti lagu yang memotivasi dan membangunkan semangat anak-anak ketika sedang lelah. Pilihlah lagu yang familier dan sedang hits pada masanya. Beberapa orang juga meyakini bahwa lagu dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan meringankan beban setiap orang. Anda juga bisa memutarkan musik ketika kegiatan belajar online sedang berlangsung, tetapi tidak semua anak dapat merasa biasa saja dan terhibur dengan musik yang diputar. Oleh karena itu, Anda harus memahami dengan benar tipe seperti apakah anak Anda. Ada baiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada guru tentang kiat-kiatnya.

3. Usahakan untuk Sarapan Terlebih Dahulu

Pembelajaran jarak jauh membuat kebanyakan siswa menjadi lebih santai dan merasa malas-malasan ketika diminta untuk bangun pagi. Bahkan sebagian dari mereka ada saja yang belum melakukan ritual mandi dan sebagainya, padahal kegiatan belajar sudah dimulai. Apabila keadaan perut kosong dan tidak diberikan asupan makanan sebelum memulai aktivitas, kita bisa memastikan bahwa pekerjaan yang akan dilakukan tidak memberikan hasil yang maksimal. Maka dari itu, sangatlah penting untuk memastikan anak Anda untuk selalu sarapan. Hal ini juga berlaku ketika pandemi Covid-19 sudah berakhir, dan kegiatan belajar mengajar sudah kembali ke sedia kala.

4. Jagalah Kebersihan Tubuh

Percayakah Anda bahwa tubuh yang bersih akan memberikan energi yang bersih pula? Hal ini juga berlaku untuk melatih konsentrasi setiap orang. Bayangkan saja apabila Anda belum mandi dan keadaan bau tubuh Anda kurang sedap untuk dihirup. Apakah Anda akan merasa nyaman? Tentu saja tidak, ‘kan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu memastikan anak Anda untuk mandi di setiap pagi, supaya pikiran mereka menjadi lebih segar dan siap untuk belajar seperti biasa.

5. Berikan Reward dan Punishment Saat Kegiatan Belajar Mengajar Sudah Selesai

Selain itu, Anda juga dapat memberikan ketegasan kepada anak Anda di rumah sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Memberikan reward saat anak berhasil mengikuti pelajaran dengan baik, begitu juga dengan tugas yang dikerjakan memberikan hasil sangat bagus, sangatlah baik apabila Anda memberikan reward kecil-kecilan untuk si anak. Metode ini kerap kali diterapkan guru di dalam kelas dan cukup memberikan hasil yang diinginkan. Anak-anak akan lebih bersemangat ketika sedang ingin mendapatkan sebuah hadiah. Begitu juga dengan sebaliknya, apabila anak Anda terlihat bermain-main saat belajar dan tidak serius ketika mengerjakan tugas, Anda dapat memberikan peringatan dan sedikit punishment yang dapat menimbulkan efek jera. Dalam hal ini, Anda tidak memerlukan kekerasan untuk memberikan hukuman pada anak. Anda dapat melakukannya dengan membersihkan rumah atau memotong uang saku yang Anda berikan di setiap harinya.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah menemukan tips agar anak bisa fokus saat KBM online yang cocok untuk anak Anda di rumah? Anda tidak perlu bingung saat memilihnya, Anda bisa melakukan kelima tips di atas dengan sekaligus karena dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.