10 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kembali Mengajar di Kelas Tatap Muka Saat Pandemi

edukasi Agt 18, 2020

Mengajar adalah kegiatan seorang pendidik yang membelajarkan anak didiknya dengan secara dinamis. Dalam hal ini seorang pendidik atau guru berperan sebagai fasilisator sekaligus motivator untuk siswanya dalam belajar di sekolah. Persiapan sebelum mengajar oleh setiap guru harus dilakukan dengan teliti dan baik, apalagi setelah selama tiga bulan melakukan pembelajaran jarak jauh.

Oleh karena itu dalam situasi ini guru harus mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran dengan matang supaya kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas bisa menjadi lebih efektif dan efisien. Pada saat ini, yang dihadapi guru bukan hanya siswa dan kegiatan belajar di kelas, tetapi juga keselamatan para siswa yang rentan terserang virus COVID-19.

Pandemi COVID-19 bukan hanya mengguncang perekonomian negara, dunia pendidikan pun turut mengalami persoalan yang serius saat ini. Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pemerintah nyatanya tidak terlalu efektif untuk diterapkan saat pembelajaran. Kemampuan akademik siswa menjadi menurun dan banyaknya keluhan yang terjadi antar siswa. Banyak siswa yang mengeluh karena tugas yang diberikan sangat banyak dan juga mereka tidak memahami pembelajaran yang diberikan. Begitu juga dengan orang tua yang merasa kewalahan dan mengaku tidak bisa mengajar anaknya dengan baik selama pembelajaran jarak jauh diterapkan.

Beberapa masalah lainnya yang terjadi selama pembelajaran jarak jauh seperti tidak adanya sinyal yang kuat di daerah rumah karena tinggal di atas gunung atau di daerah pelosok. Beberapa belum memiliki fasilitas yang memadai karena kurang mampu untuk membeli keperluan yang digunakan untuk pembelajaran jarak jauh.

10 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kembali Mengajar di Kelas saat Pandemi

Pada bulan Juli 2020 ini, sekolah kembali dibuka dan siswa kembali belajar di kelas seperti biasanya. Namun, semua itu tidak terlepas dari ketatnya protokol kesehatan saat kegiatan belajar belum berlangsung atau sesudahnya. Oleh karena itu, sebelum memulai pembelajaran, sangatlah penting untuk setiap guru melengkapi persiapan sebelum mengajar, di antaranya yaitu seperti berikut.

1. Kesehatan

Di saat pandemi Covid-19 ini, sangatlah penting untuk memperhatikan kesehatan. Terutama untuk setiap guru yang akan kembali mengajar di kelas saat pandemi seperti ini. Saat Anda kembali mengajar tentunya Anda akan kembali berinteraksi dengan para siswa dan banyak orang lainnya. Dengan demikian kesehatan yang Anda miliki harus sangat baik dan perhatikan pola makan serta minum Anda supaya fisik yang Anda miliki kuat.

2. Mental yang Kuat

Beberapa orang mengalami gejala takut keluar rumah atau bisa disebut dengan parno saat bertemu dengan orang banyak. Hal itu dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih berkeliaran di sekeliling kita dan selalu membuat kita cemas. Oleh karena itu, sebelum Anda kembali mengajar di kelas ada baiknya Anda menyiapkan mental Anda terlebih dahulu supaya tidak cemas berlebihan saat di kelas nanti dan kegiatan pembelajaran akan lancar.

3. Menyiapkan Materi dan Bahan Ajar

Sebelum memulai pembelajaran, ada baiknya untuk menyiapkan materi dan bahan ajar yang tepat. Hal itu sangat berguna untuk membuat siswa menjadi lebih terarah saat pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini Anda harus tetap menerapkan social distancing, sesuai dengan protokol kesehatan.

4. Tentukan Tujuan Pembelajaran

Untuk melakukan suatu kegiatan, sudah seharusnya kita harus menentukan tujuan dari kegiatan tersebut. Hal itu juga berguna saat mengajar di kelas. Di saat pandemi seperti ini, guru bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa, tetapi guru juga harus menjaga dan mencegah terjadinya persebaran virus Covid-19 saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung di kelas.

5. Kembali Meningkatkan Minat Siswa

Setelah tiga bulan lamanya menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh, sudah dapat dipastikan bahwa sebagian siswa merasa jenuh dan tidak minat dalam belajar. Hal itu dapat dilihat dari nilai akademik siswa yang menurun. Oleh karena itu, guru sangat berperan penting untuk kembali meningkatkan minat siswa dalam belajar. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memberikan motivasi dan semangat yang tinggi.

6. Menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan suatu rancangan pembelajaran yang akan dibuat oleh guru untuk menggambarkan langkah-langkah pembelajaran yang akan diterapkan di dalam kelas. Dalam hal ini setiap guru harus membuat satu RPP untuk setiap satu materi seperti biasanya. RPP sangatlah berguna untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik dan terstruktur. Selain memuat langkah-langkah pembelajaran, RPP juga memuat kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode belajar yang akan diterapkan, media pembelajaran yang akan digunakan serta intrumen penilaian yang akan diberikan.

7. Mempersiapkan Media Belajar

Media belajar yang akan Anda gunakan di dalam kelas berguna untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Media belajar yang akan Anda gunakan tidak harus terbaru dan canggih, tetapi untuk saat ini ada baiknya Anda menggunakan media belajar yang tidak melibatkan antar siswa di dalam kelas. Anda mungkin bisa menggunakan media belajar berupa video. Video pembelajaran berguna untuk melatih siswa dalam menyerap pengetahuan yang bersumber dan audio visual. Mereka akan sangat tertarik saat pembelajaran berlangsung nantinya.

8. Merancang Strategi Pembelajaran

Sebelum kembali mengajar, guru harus mempersiapkan strategi yang akan digunakan saat pembelajaran berlangsung. Strategi belajar berguna untuk membuat pembelajaran menjadi lebih asyik dan menaikkan motivasi belajar siswa. Ketika kegiatan belajar berlangsung, kerap kali terjadi sesuatu yang tidak diharapkan seperti siswa yang berujung bosan dan kelas menjadi tidak kondusif. Oleh karena itu sangat penting untuk mempersiapkan strategi sebelum guru kembali mengajar di dalam kelas.

5 Tips Agar Anak Tidak Bosan Belajar di Rumah
Anak pasti mengalami rasa bosan belajar di rumah. Permasalahan ini tentu menjadi tantangan bagi para orang tua untuk mempertahankan efektifitas belajar mereka.

9. Merancang Metode Pembelajaran

Saat melakukan kegiatan pembelajaran, Anda harus merancang metode pembelajaran yang bagaimana saat di kelas nanti. Apalagi di saat pandemi seperti ini, ada baiknya Anda untuk membatasi ruang gerak siswa di dalam kelas. Metode pembelajaran yang tepat untuk saat ini, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru atau teacher center. Dalam hal ini siswa memperhatikan Anda saat mengajar. Mereka tidak belajar secara berkelompok dan bersosialisasi di dalam kelas.

10.  Merancang Penilaian

Hal terakhir yang harus Anda persiapkan yaitu bagaimana cara Anda untuk melakukan penilaian dari kegiatan pembelajaran di kelas. Di saat seperti ini memang penilaian yang akan Anda lakukan terbatas oleh ruang gerak, oleh karena itu Anda harus membuat beberapa latihan soal untuk siswa supaya dapat melihat kemampuan mereka dalam pembelajaran tersebut.

Menjelaskan Makna Pandemi Virus Corona pada Anak
Anak-anak, terutama anak di usia dini, masih belum paham terkait kondisi yang sekarang menimpa Bumi ini. Mereka tidak mengerti tentang pandemi virus corona jika kita tidak memberikan pemahaman yang baik.

Persiapan sebelum mengajar sangatlah penting untuk setiap guru. Persiapan yang dilakukan guru berguna untuk menunjang pembelajaran supaya terlihat lebih efektif dan efisien nantinya. Apalagi di saat pandemi COVID-19 seperti ini, sangat penting bagi guru untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, tetapi dengan jangka waktu yang terbatas. Kegiatan belajar mengajar di kelas di saat pandemi seperti ini tidak berlangsung lama seperti biasanya, karena hal itu akan sangat berdampak untuk meningkatkan penyebaran virus COVID-19. Oleh karena itu, guru harus mempersiapkan pembelajaran sebaik mungkin.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.