Tips dan Cara Efektif Mendidik Anak di Rumah Saat PJJ

parenting Sep 22, 2020

Sebagian orang tua merasa kelelahan dan tidak sanggup saat mendampingi anaknya ketika sedang belajar. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membuat orang tua memiliki andil yang begitu besar untuk membantu si anak ketika belajar di rumah. Banyak dari orang tua yang merasa tidak sanggup kemudian akhirnya semakin protes ketika guru memberikan tugas setiap hari. Dalam situasi yang seperti ini, sangatlah penting bagi setiap orang tua untuk mengetahui cara efektif mendidik anak saat pembelajaran jarak jauh sedang berlangsung.

Tidak heran ketika pemerintah memberikan solusi untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh orang tualah yang paling merasa kebingungan di rumah. Banyak dari orang tua yang sepenuhnya mengerti dan memahami teknologi yang akan digunakan saat kegiatan belajar mengajar. Bukan hanya itu saja, tetapi jaringan yang kurang memadai serta keadaan ekonomi yang kekurangan menyebabkan program pembelajaran jauh ini tidak sepenuhnya berjalan dengan baik.

Untuk mendidik seorang anak, orang tua harus menyiapkan beberapa metode untuk menghadapi sikap anaknya tersebut. Hal ini juga berlaku pada setiap guru di kelas. Setiap siswa memiliki sikap dan sifat yang berbeda-beda. Sikap dan sifat setiap anak itu menjadi tugas guru untuk menelaah dan memerhatikan jenis metode belajar apa yang cocok untuk diterapkan saat pembelajaran berlangsung di kemudian hari.

7 Media Belajar yang Dapat Dibuat dengan Mudah Oleh Guru
Guru memiliki tugas sebagai pendidik memerlukan bantuan media belajar. Media belajar yang tepat akan mendukung guru untuk mengajar dengan baik dan lancar.

Dalam melaksanakan metode belajar yang bagus dan efektif, guru harus menyiapkannya dengan cermat dan teliti. Hal-hal yang seperti ini jarang sekali para orang tua mengerti karena kurangnya pengalaman dalam mengajar. Dikarenakan kurangnya pengalaman dalam mengajar, para orang tua kerap kali merasakan kebingungan saat mendampingi anak belajar di rumah.

Tantangan yang dialami orang tua bukan hanya saat mendampingi anak saat belajar saja, tetapi juga bagaimana orang tua dapat membuat kegiatan belajarnya di rumah tidak bosan dan menyenangkan. Kurangnya kemampuan orang tua dalam menggantikan peran seorang guru yang biasanya anak mereka temui membuat anak-anak cenderung merasa malas dan tak nyaman, sehingga kebanyakan dari mereka menjadi sulit untuk berkonsentrasi saat pembelajaran sedang berlangsung.

Beberapa hal yang harus Anda para orang tua siapkan saat kegiatan pembelajaran jarak jauh berlangsung, yaitu:

1. Ruang Belajar

Ada baiknya Anda menyediakan tempat belajar yang nyaman dan bersih. Selain itu Anda juga perlu memerhatikan apakah ruangan tersebut jauh dari kebisingan atau tidak, karena anak-anak akan sulit berkonsentrasi saat pembelajaran sedang berlangsung, suasana ruangan dipenuhi dengan kebisingan. Selain itu, usahakan untuk sesekali mengganti tempat belajar anak supaya mereka bisa merasakan suasana baru dan mencegah terjadinya kebosanan.

2. Jaringan Internet

Dalam pembelajaran jarak jauh ini, internet merupakan alternatif yang harus dimiliki oleh siswa dan guru. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk setiap orang tua memerhatikan apakah rumah Anda tidak bermasalah dengan jaringan internet.

3. Pendamping Saat Pembelajaran Dilaksanakan

Pada situasi ini, orang tua mengambil alih fitur guru yang biasanya mendidik dan membimbing anak Anda di kelas. Sayangnya, tidak semua orang tua dapat mendampingi anaknya setiap hari dikarenakan pekerjaan yang mereka miliki. Oleh karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan pasangan Anda bagaimana pembagian waktu yang tepat untuk tetap bisa mendampingi anak Anda di setiap harinya.

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pembelajaran jarak jauh, kini Anda harus mengetahui cara efektif mendidik anak ketika sedang melakukan pembelajaran jarak jauh di rumah. Berikut merupakan penjelasannya.

1. Tegaskan Tentang Tanggung Jawab dan Buatlah Tata Tertib Baru di Rumah

Dikarenakan merebaknya virus Corona di Indonesia yang tidak kunjung berhenti, menyebabkan banyak orang menjadi kewalahan dan rutinitas kesehariannya menjadi sedikit berantakan. Begitu juga dengan sebagian anak murid yang awalnya bisa bangun pagi karena harus bersekolah di setiap paginya, kini mereka menjadi malas-malasan untuk bangun pagi. Oleh karena itu, para orang tua harus menegaskan tentang pentingnya sebuah tanggung jawab seorang pelajar. Kemudian Anda juga bisa membuat beberapa peraturan yang harus dipatahui anak Anda di rumah. Berikanlah reward dan punishment kepada anak Anda apabila mereka berhasil menjalankan rutinitas yang sudah Anda persiapkan dengan baik.

2. Jalinlah Komuniasi yang Baik dengan Anak di Rumah

Terkadang orang tua menjadi sedikit kurang acuh ketika sudah lelah pulang kerja. Namun, saat ini tekanan yang dihadapi anak sedikit bertambah karena metode pembelajaran jarak jauh ini. Tidak jarang para anak membagikan keluh kesahnya ke sosial media karena tugas yang terlalu banyak dan pekerjaan rumah yang juga harus mereka kerjakan di setiap harinya. Oleh karena itu ada baiknya para orang tua juga menjalin komunikasi yang baik dengan anak-anak mereka di rumah. Dalam permasalahan seperti ini, yang dibutuhkan seorang anak yaitu seorang pendengar yang baik. Di saat anak Anda sudah menceritakan permasalahannya, Anda bisa menyelipkan beberapa kata nasihat kepada mereka.

3. Menjadi Contoh yang Baik

Pepatah mengatakan bahwa buah tidak akan jauh jatuh dari pohonnya. Begitu juga dengan anak Anda. Bagi seorang anak orang tua adalah seorang pahlawan dan seorang tokoh yang harus ditiru. Dengan pemahaman yang seperti itu, ada baiknya Anda menggunakannya dengan baik. Anda bisa memulainya dengan menceritakan tentang pengalaman Anda saat menjadi anak sekolah dulu. Tentu saja ketika anak Anda mendengar cerita bahwa orang tuanya saat bersekolah dulu adalah orang yang rajin dan pandai, mereka akan menirunya.

4. Berikan Motivasi

Selain itu, anak juga membutuhkan motivasi yang berguna untuk membangun semangat mereka yang semakin pudar. Dalam keadaan seperti ini, memang hanya dukungan yang dapat Anda berikan. Dengan adanya dukungan yang positif dari orang tua, anak cenderung lebih bersemangat dalam menggapai cita-citanya. Bukan hanya itu saja, ajarkan mereka bagaimana bentuk tanggung jawab sebuah pilihan yang nantinya mereka ambil.

Survei Karakter dan Lingkungan Belajar Dalam Program Merdeka Belajar
Lingkungan belajar dalam program merdeka belajar membawa perubahan bagi pendidikan Indonesia. Dimana dengan adanya program merdeka belajar, diharapkan lingkungan belajar menjadi lebih efektif, happy, menyenangkan, inovatif dan kreatif

5. Reward dan Punishment

Ketika anak Anda sudah mengerjakan pekerjaannya dengan tekun dan baik, Anda bisa memberikan mereka reward karena hasil perjuangannya. Apabila biasanya Anda dan keluarga Anda merayakannya dengan berjalan-jelan, Anda dapat menggantikannya dengan masakan-masakan rumah. Memang terlihat sederhana, tetapi cara tersebut dapat memotivasi anak untuk menjadi yang lebih baik lagi. Setiap anak akan merasa bahwa pekerjaan yang telah mereka lakukan ternyata dilihat dan dihargai oleh kedua orang tuanya. Selain itu Anda juga dapat memberikan punishment ketika anak Anda tidak melakukan pekerjaannya dengan baik. Pada permasalahan ini, yang dimaksud bukanlah hasilnya karena hasil bukanlah menandakan bahwa kelak anak Anda akan sukses atau tidak. Namun, yang harus para orang tua lihat adalah ketekunan mereka dalam belajar. Apakah mereka sungguh-sungguh atau tidak.

Setelah mengetahui 5 tips dan cara mendidik anak serta 3 hal yang harus Anda siapkan sebelum pembelajaran jarak jauh dimulai, kiranya Anda dapat memberikan yang terbaik untuk menyukseskan program belajar ini.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.