Tidak Boleh Ketinggalan! Ini Pentingnya Literasi ICT untuk Guru

edukasi 18 Okt 2021

Di era digital seperti ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berkembang pesat. Hampir semua bidang kehidupan sangat mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ini, termasuk dalam bidang pendidikan. TIK atau yang juga disebut ICT (Information and Communication Technology) juga sangat diperlukan dalam mendukung proses pendidikan. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk memiliki literasi ICT ini.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT)

Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) adalah seluruh rangkaian teknis yang berkaitan dalam memproses dan menyampaikan informasi. ICT ini terdiri dari dua bagian teknologi, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

Teknologi informasi adalah teknologi yang berhubungan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi informasi adalah

ICT ini mulai muncul ketika teknologi komputer dipadukan dengan teknologi komunikasi pada abad 20. Perkembangan ICT ini semakin masif saat ditemukannya internet. Apalagi di era digitalisasi seperti ini dimana internet sangat melekat dalam berbagai bidang kehidupan, maka ICT pun juga semakin berkembang pesat.

Teknologi informasi dan komuniksi (ICT) ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah, mengasah kretivitas dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam berbagai bidang pekerjaan.

Banyak sekali fungsi dari teknologi informasi dan komunikasi (ICT) ini. Pertama, sebagai pengelolah informasi. Kedua, sebagai penghasil informasi, ketiga, penyimpan informasi. Keempat, menghasilkan kembali sebuah informasi. Kelima, sebagai transmisi.

Wujud teknologi informasi dan komunikasi (ICT) ini juga sangat beragam. Berikut adalah beberapa contoh bentuk teknologi dan informasi (ICT) :

1.      Telepon

2.      Televisi

3.      Internet

4.      Radio

5.      Koran, majalah dan tabloid

6.      Kamera digital

7.      Komputer/laptop

8.      Kalkulator

Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Bidang Pendidikan

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan memiliki banyak manfaat, diantaranya :

· Mempercepat akses informasi

· Membuat materi pelajaran bisa disajikan lebih menarik

· Pengelolaan administrasi pendidikan menjadi lebih mudah

Persiapan Guru Menjelang PTS agar Berjalan Lancar dan Efektif
Persiapan PTS cukup beragam mulai dari menyiapkan materi soal, membuat soal, melakukan penilaian, dan lainnya.

· Memperluas akses sumber belajar

· Mendukung pelaksanaan pembelajaran secara elektronik (e-learning)

· Memberikan kesepatan kepada siswa untuk belajar secara global

Penerapan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan tak hanya membuat pendidikan berjalan lebih efektif dan efisien, tetapi juga meningkatkan kemampuan dan keterampilan murid dan guru secara global. Berikut adalah beberapa contoh penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan :

1. Sebagai infrastruktur pembelajaran

Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan berfungsi sebagai infrastruktur pembelajaran. Adanya ICT membuat proses pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

2. Sebagai sumber bahan ajar

Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan berfungsi sebagai sumber bahan ajar. Adanya buku elektronik, perpustakaan digital dan internet membuat sumber belajar semakin banyak dan mudah diapatkan.

3. Sebagai fasilitas pembelajaran

Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan berfungsi sebagai fasilitas pembelajaran. Mulai dari penggunaan komputer dalam ruang kelas hingga digunakannya LMS (Learning Management System) dalam proses belajar mengajar.

4. Sebagai keterampilan/skill

Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan juga merupakan sebuah keteramplan/skill yang wajib dimiliki. Apalagi di era digitalilasi seperti ini, keterampilan ini sangat membantu dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

5. Sebagai sumber penelitian

Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan juga bisa digunakan sebagai sumber penelitian. Tak hanya dalam menapatkan referensi penelitian saja, tetapi juga bisa sebagai tempat dalam melakukan penelitian. Misalnya, dalam menggelar survey secara online.

6. Sebagai media belajar online

Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan digunakan sebagai media belajar online. Saat pandemi COVID-19 ini, ICT adalah media belajar online. Pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dengan bantuan gawai dan internet yang merupakan produk ICT.

7. Sebagai pengelola administrasi

Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan untuk mengelola administrasi pembelajaran. Mulai dari rekap absensi siswa hingga rapor online.

8. Sebagai sarana interaksi global

Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan digunakan sebagai sarana interaksi global. Adanya internet sebagai selah satu bentuk ICT, memungkinkan siswa dan guru bisa melakukan interaksi secara global dengan siswa dan guru dari beberapa negara.

Pentingnya Literasi ICT

Semakin masifnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam bidang pendidikan membuat semakin pentingnya literasi ICT. Literasi ICT adalah sebuah kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Menurut ahli, lterasi ICT didefinisikan sebagai literasi komputer yang berhubungan dengan literasi informasi, literasi moral, literasi media, dan keterampilan belajar dan mengajar.

Ada lima aspek terkait kememampuan literasi ICT ini (Wijaya: 31) yaitu:

· Access (akses): mengetahui tentang dan mengetahui bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi.

· Manage (mengelola): menerapkan skema klasifikasi atas informasi yang diperoleh

· Integrate (meng-integrasikan): meng-interpretasikan dan menggambarkan ulang informasi.

· Evaluate (meng-evaluasi): memutuskan tentang kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi.

· Create (menciptakan): menciptakan informasi baru dengan cara mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi.

Guru sebagai ujung tombak pembelajaran sangat penting dalam memiliki kemampuan literasi ICT ini. Mengapa guru wajib memiliki kemampuan literasi ICT ini?

Berikut adalah beberapa alsan mengapa guru wajib memiliki kemmapuan literasi ICT.

1. Saat ini proses pendidikan banyak menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

2. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) bisa membuat proses pendidikan berjalan secara efektif dan efisien.

3. Guru sebagai fasilitator pendidikan wajib memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) ini.

4. Dengan kemampuan literasi ICT yang baik, maka guru bisa secara tepat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam proses pembelajaran.

5. Guru bisa memilih teknologi informasi dan komunikasi (ICT) mana yang sesuai dengan pembelajaran.

6. Guru bisa memilah dan memilih beragam informasi yang didapatkan dari teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Pilih yang paling sesuai dan cocok untuk proses pembelajaran.

Pentingnya Guru Menguasai Materi Pembelajaran
Guru harus menguasai materi pelajaran dengan baik, agar siswa juga dapat memahami materi dengan jelas dan mudah mengerti.

7. Guru bisa mudah mengolah informasi yang di dapat dari teknologi informasi dan komunikasi (ICT) ini.

8. Guru tidak akan terjebak hoax dalam mencari dan menerima informasi yang didapatkan dari teknologi informasi dan komunikasi (ICT) ini.

9. Guru bisa mengembangkan kompetensi mengajarnya melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

10. Guru bisa melakukan interasksi global dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) ini.

11. Guru bisa menyelesaikan tugas-tugas administrasi pembelajarannya secara efisien menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

12. Guru bisa lebih muah membuat materi pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

13. Guru bisa melakukan evaluasi belajar secara efisien menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Dengan banyaknya kemudahan yang diterima dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam proses belajar mengajar ini, maka sudah selayaknya guru memiliki kemampuan literasi ICT ini. Kemampuan literasi ICT membuat guru bisa lebih efektif dan efisien dalam melakukan pembelajaran di era digital ini.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.