Pentingnya Guru Menguasai Materi Pembelajaran

teaching 17 Sep 2021

Sebagai seorang pendidik, tentu saja Anda menginginkan proses kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Kunci utama untuk merealisasikan hal tersebut yaitu dengan menguasai materi pembelajaran. Oleh karena itu, pentingnya guru menguasai materi pembelajaran dan metode-metode belajar yang sesuai dengan kondisi belajar siswa.

Selain menguasai materi pembelajaran, seorang guru juga harus menguasai metode yang akan mereka gunakan dalam proses kegiatan belajar dan menyiapkan alat serta media pembelajaran dengan lengkap supaya proses kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Proses kegiatan pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas seperti seorang ibu yang sedang memasak di dapur. Jika mereka tidak benar-benar memahami apa yang ingin dimasak, alat dan bahan yang digunakan, dan cara memasaknya, maka hasil yang akan diberikan tidak maksimal. Begitu juga dengan seorang guru, mereka harus menguasai materi pembelajaran yang akan disampaikan, menyiapkan media pembelajaran dan metode belajar yang akan diterapkan di dalam kelas.

Manfaat Menguasai Materi Pembelajaran

Dengan menguasai materi pembelajaran, proses kegiatan pembelajaran di kelas bisa lebih produktif dan meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar. Selain menguasai materi pembelajaran, tentu saja guru juga harus membuat perencanaan kegiatan pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu menyiapkan materi pembelajaran, media belajar, dan metode belajar yang akan diterapkan dalam proses kegiatan pembelajaran. Berikut merupakan manfaat yang akan didapatkan guru ketika menguasai materi pembelajaran:

1. Guru Menjadi Lebih Mudah dalam Menyampaikan Materi Pembelajaran

Penyampaian materi pembelajaran dengan baik dan teratur bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait materi yang sedang diajarkan guru. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk menguasai materi pembelajaran.

2. Proses Kegiatan Pembelajaran dapat Berlangsung Sistematis

Dengan menguasai materi pembelajaran dan perencanaan kegiatan pembelajaran yang tepat, proses kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara sistematis. Dengan begitu, kegiatan pembelajaran menjadi lebih disenangi siswa. Pembelajaran yang dapat berlangsung secara sistematis bermanfaat untuk menstimulasi kecerdasan otak anak. Dengan begitu, kemampuan akademik anak bisa berkembang dengan baik.

3. Kegiatan Pembelajaran Menjadi Lebih Efektif

Proses kegiatan pembelajaran di kelas bisa lebih efektif dan lebih optimal. Selain itu, dengan menguasai materi pembelajaran, Anda tidak akan membuang waktu yang Anda miliki. Dalam hal ini Anda juga bisa menambahkan beberapa games yang berkaitan dengan materi pembelajaran, supaya dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

4. Guru Bisa Mengetahui Pola dalam Mengatur Tugas Pembelajaran

Hal lain yang bisa didapatkan guru jika menguasai materi pembelajaran yaitu guru bisa memahami dan mengetahui pola dalam mengatur tugas pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Pembagian tugas pembelajaran juga bisa Anda tambahkan ke dalam RPP supaya proses atau rancangan pembelajaran yang telah disiapkan bisa berjalan sesuai dengan rencana dan harapan. Dengan begitu, proses kegiatan pembelajaran yang Anda terapkan bisa memberikan hasil yang maksimal.

5. Dapat Menghemat Waktu

Selain membuat proses kegiatan menjadi lebih efektif, dengan menguasai materi pembelajaran Anda dapat menghemat waktu. Misalnya dalam pembelajaran olahraga, dalam pembelajaran ini guru meminta siswa untuk push up, pada kesempatan ini Anda sebagai seorang guru langsung menjelaskan apa itu push up. Dengan demikian, Anda akan lebih menghemat waktu dan menggunakan siswa waktu tersebut untuk menjelaskan materi pembelajaran yang lain.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dilihat bahwa pentingnya guru menguasai materi pembelajaran itu adalah mutlak. Dengan menguasai materi, proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan aktif, serta dapat meningkatkan kemampuan akademik siswa.

Strategi Guru dalam Mengajar sesuai Kompetensi Siswa
Guru memiliki peran penting dalam pilar pendidikan untuk menciptakan generasi Indonesia. Guru harus bisa mengajar sesuai kompetensi siswa.

Tips Mengajar

Selain menguasai materi pembelajaran, penting bagi guru untuk mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik di dalam kelas. Dengan cara mengajar yang tepat, tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan guru bisa tercapai tepat waktu dan memberikan hasil yang maksimal. Berikut penjelasannya:

1. Bersikap Rileks. Jangan Berdiri Layaknya Patung di Depan Kelas.

Kerap kali kita akan merasa gugup ketika tampil di depan kelas, walaupun Anda juga sudah terbiasa mengajar. Maksud dari jangan berdiri layaknya patung di depan kelas yaitu Anda tidak hanya sekadar duduk di meja guru saat mengajar atau berdiri di depan kelas saat mengajar. Anda bisa menerapkan teknik mobile teaching yaitu di mana Anda mengajar secara lebih dekat dengan siswa Anda di kelas. Selain itu, Anda juga bisa mengajar sembari berkeliling di dalam kelas untuk mengetahui situasi kelas dan respon siswa terhadap proses kegiatan pembelajaran.

2. Interaktif

Untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa dan membuat suasana kelas lebih aktif, maka Anda harus menggunakan metode belajar yang interaktif. Dengan metode belajar yang tepat, maka Anda tidak hanya membantu siswa dalam menguasai materi pembelajaran saja, tetapi Anda juga membantu siswa dalam mengembangkan kemampuannya dalam berkomunikasi, bersosialisasi dan memecahkan permasalahan bersama teman sekelompok. Dengan begitu, mereka tidak akan tumbuh menjadi seseorang yang individualis.

3. Menggunakan Teknologi dalam Proses Kegiatan Belajar

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, Anda bisa menggunakan teknologi dalam proses kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Anda bisa menyertakan laptop sebagai media belajar dan infokus yang akan Anda gunakan sebagai alat dalam penyampaian materi pembelajaran. Selain  dapat memudahkan proses kegiatan belajar di kelas, teknologi juga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar di kelas.

4. Menyiapkan Materi Pembelajaran dengan Menggunakan Animasi

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat proses kegiatan menjadi lebih menarik yaitu dengan menyiapkan materi pembelajaran dengan menggunakan animasi. Dengan animasi tersebut, kegiatan pembelajaran menjadi tidak membosankan. Anda bisa menggunakan aplikasi PowerPoint dalam membuat materi pembelajaran yang beranimasi.

5. Memberikan Reward

Sebagai seorang guru, Anda tidak hanya berfungsi sebagai seorang pendidik dan pengajar saja, tetapi Anda juga orangtua mereka di sekolah dan bisa menjadi seorang teman dalam belajar. Untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, Anda bisa menggunakan reward jika siswa telah memberikan hasil yang maksimal. Dengan reward yang Anda berikan tersebut, mereka akan lebih semangat dan termotivasi dalam belajar dan memberikan hasil yang maksimal. Hal ini tidak salah, tetapi pastikan bahwa reward yang Anda berikan tidak membebankan Anda sendiri.

7 Cara Mencegah Burnout untuk Guru
Burnout adalah sindrom yang berhubungan dengan kesehatan seseorang akibat tekanan atau stress pekerjaan.

Selain kelima tips di atas, Anda juga tidak boleh melupakan teknik closing kegiatan belajar yang benar. Dengan teknik closing belajar, siswa tidak mudah melupakan poin-poin apa saja yang telah mereka pelajari hari ini. Anda bisa mengulang poin-poin apa saja yang sudah dipelajari serta memberikan review ketika pembelajaran telah selesai. Dengan review dan kesimpulan yang diberikan, siswa akan mengingat pembelajaran hari ini.

Menjadi seorang guru memang tidak mudah, Anda membutuhkan teknik yang benar, perencanaan yang tepat, dan kesabaran yang luas dalam mendidik anak. Walaupun sulit, Anda tidak boleh pantang menyerah, terutama dalam menguasai materi pembelajaran. Berdasarkan penjelasan mengenai pentingnya guru menguasai materi pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa penguasaan materi berdampak besar dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas dan perkembangan kemampuan siswa.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.