Soal HOTS SD Terlengkap di Indonesia

Jun 10, 2020

Soal HOTS SD menjadi salah satu soal yang paling sering dicari saat ini. Mengerjakan soal HOTS SD menjadi salah satu kewajiban bagi semua siswa SD saat ini. Sekarang mencari soal HOTS SD tidaklah sulit. Banyak buku-buku soal  HOTS SD yang terjual di toko buku. Atau dengan memanfaatkan media pembelajaran secara online. Belajar online menjadi pilihan terbaik saat ini. Pandemi Covid 19 membuat murid-murid terpaksa melakukan school from home (sfh). Tentunya diperlukan platform pembelajaran online terbaik, agar kegiatan belajar di rumah tetap berjalan dengan baik.

Apa Itu Soal HOTS

Buat anda yang bergelut di bidang pendidikan ataupun para orang tua murid, pasti tidak asing lagi dengan istilah HOTS.

Alice Thomas dan Glenda Thorne mendefinisikan istilah HOTS dalam yang bukunya berjudul How to Increase Higher Order Thinking (2009) sebagai cara berpikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal, atau menceritakan kembali sesuatu yang diceritakan orang lain.

Istilah HOTS pertama kali muncul dalam konsep Benjamin S Bloom dkk, dalam sebuah buku berjudul Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Education Goals (1956). Buku ini mengkategorikan beragam tingkat pemikiran Taksonomi Bloom, mulai dari yang terendah hingga tertinggi.

Konsep Taksonomi Bloom ini membagi tujuan pendidikan menjadi tiga ranah, yaitu Kognitif (keteramlilan mental seputar pengetahuan), Afektif (sisi emosi seputar sikap dan perasaan), dan Psikomotorik (kemampuan fisik seperti keterampilan). Konsep Taksonomi ini bertujuan untuk menentukan tujuan belajar. Harapannya setelah proses pembelajaran siswa dapat mengadopsi pengetahuan, keterampilan serta sikap yang baru.

Nah, HOTS sendiri adalah bagian dari ranah kognitif dari konsep Taksonomi Bloom ini. Tahun 2011, Lorin Anderson, David Kartbwohl, dkk melakukan revisi terhadap konsep Taksonomi Bloom. Hasil revisinta mengubah urutan menjadi 6, yaitu :

1. Mengingat (remembering)

2. Memahami (undestanding)

3. Mengaplikasikan (applying)

4. Menganalisis (analyzing)

5. Mengevaluasi (evaluating)

6. Mencipta (creating)

Tingkatan 1 hingga 3 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS), sedangkan tingkat 4 sampai 6 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Tujuan Soal HOTS

Lalu sebenarnya apa sih tujuan soal HOTS ini? Mengapa semua siswa harus mengerjakan soal HOTS? bahkan mulai dari tingkat sekolah dasar.

Banyak hal yang menjadi latarbelakang diterapkannya soal HOTS dalam pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah rendahnya hasil tes PISA Indonesia. Berdasarkan hasil studi internasional Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan prestasi literasi membaca (reading literacy), literasi matematika (mathematical literacy), dan literasi sains (scientific literacy) yang dicapai peserta didik Indonesia sangat rendah.

Pada umumnya kemampuan peserta didik Indonesia sangat rendah dalam: (1) memahami informasi yang kompleks; (2) teori, analisis, dan pemecahan masalah; (3) pemakaian alat, prosedur dan pemecahan masalah; dan (4) melakukan investigasi.

Penerapan soal HOTS dalam pendidikan di Indonesia menjadi salah satu upaya mengatasi prestasi buruk Indonesia dalam tes PISA ini. Soal HOTS menjadi salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas lulusan.

Selain itu penggunaan soal HOTS juga sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman saat ini. Soal HOTS membantu murid-murid memiliki karakteristik SDM (Sumber Daya Manusia) yang dibutuhkan pada abad 21 ini.

Dengan soal HOTS, setiap murid diharapkan memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovasi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama dan kepercayaan diri.

Bank Soal SD Terlengkap dan Terupdate di Indonesia
Bank soal SD merupakan media yang dibutuhkan oleh guru dan siswa SD, untuk melakukan evaluasi terhadap materi yang sudah dipelajari.

Karakteristik Soal HOTS

Soal HOTS memiliki karakteristik berbeda dengan soal lainnya. Pendidik perlu memahami benar-benar karakteristik soal HOTS. Pemahaman tersebut akan memudahkan pendidik membuat soal-soal HOTS bagi semua muridnya.

Setidaknya ada tiga karakteristik soal HOTS, yaitu :

1. Berbasis Kontekstual

Soal HOTS memiliki penilaian yang berbasis kontekatual. Penilaian soal HOTS didasarkan pada situasi nyata kehidupan sehari-hari. Harapannya peserta didik bisa mengaplikasikan konsep-konsep yang sudah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Mislanya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan.

2. Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan dimana terdapat proses menganalisa, merefleksi, berargumentasi dan juga mengaplikasikan konsep. Itulah mengapa jawaban soal-soal HOTS berupa stimulus, tidak tersurat secara eksplisit.

Tujuan dari soal HOTS ini adalah agar peserta didik bisa menjawab secara kreatif dan ahli mengambil keputusan. Selain itu soal HOTS juga membuat peserta didik terlatih memacahkan masalah dan pandai berargumentasi.

3. Bentuk Soal Beragam

Soal HOTS memiliki karakteristik yang beragam. Tujuannya adalah untuk bisa memberikan informasi terperinci dan menyeluruh terhadap kemampuan peserta tes. Ini akhirnya bisa membuat pendidik memberikan penilaian yang objektif. Penilaiannya juga terasa real, karena sesuai dengan konsep yang nyata.

Pembuatan soal HOTS bisa menggunakan beberapa alternatif. Mulai dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat, atau melengkapi jawaban pendek dan juga uraian. Skoring dilakukan sengan menggunakan pedoman penskoran. Skor diukur dari banyaknya langkah yang harus ditulis atau jumlah kata kunci yang benar.

Soal HOTS SD Terlengakap  di Indonesia Ada di Kejarcita.id.id

Kebutuhan soal HOTS sudah dimulai sejak sekolah SD. Murid SD juga dituntut mampu menyelesaikan soal HOTS. Di tengah pandemi seperti ini, pembelajaran dilakukan secara online. Termasuk dalam mencari soal HOTS SD.

Soal HOTS SD terlengkap di Indonesia bisa didapatkan di Kejarcita.id. Kejarcita.id.id adalah salah satu platform pembelajaran online terbaik di Indonesia. Kejarcita.id.id adalah solusi teknologi pendidikan yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita, sebuah badan usaha nasional yang didirikan pada tahun 2017. Kejarcita.id.id memiliki visi memberikan kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia.

Misi dari Kejarcita.id adalah memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia. Ini diwujudkan dengan cara memberikan kumpulan materi berkualitas baik yang orisinal maupun bekerjasama dengan pihak ketiga.

Soal HOTS SD terlengkap di Indonesia bisa didapat di Kejarcita.id. Di Kejarcita.id terdapat lebih dari lima belas ribu soal HOTS. Tak hanya untuk SD saja, bahkan untuk semua jenjang pendidikan.

Latihan Soal SD dengan Salah Satu Platform KBM Online Terbaik
Latihan soal SD maupun jenjang lainnya saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan medium. Salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan adalah dengan memanfaatkan layanan pembelajaran daring.

Semua soal acuan di Kejarcita.id disusun berdasarkan materi kurikulum pendidikan terbaru. Bahkan untuk soal HOTS yang ada di Kejarcita.id dibuat berdasarkan standar internasional.

Pembuatan soal di Kejarcita.id dibuat oleh ahlinya. Tim soal Kejarcita.id adalah orang yang sudah berpengalaman di bidang pendidikan dengan memperhatikan standar nasional dan internasional.

Selain itu ada beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh Kejarcita.id dibandingkan platform pembelajaran online lainnya.

1. Skoring dan Taksonomi Bloom

Soal HOTS SD bahkan semua soal yang ada di Kejarcita.id dibuat berdasarkan Taksonomi Bloom. Sistem skoring dalam setiap soal mencerminkan tingkat kesulitan dari materi belajar.

2. Tagar per materi

Di Kejarcita.id anda tidak akan kesulitan mendapatkan soal yang sesuai. Setiap materj belajar di Kejarcita.id, baik soal latihan, video maupun bahan bacaan diberi tagar identifikasi yang detail. Mulai dari kelas, topik, subtopik, jenis materi, tingkat kesulitan, LOTS/HOTS dan kompetensi dasar.

3. Desain tepat guna

Fitur dan materi Kejarcita.id didesain tepat guna dan terus dikembangkan berdasarkan masukan pengguna. Sehingga lebih optimal untuk digunakan.

4. Variasi desain soal

Kejarcita.id memiliki variasi desain soal yang lengkap. Tujuan desain tagar dan skoring adalah untuk menciptakan variasi desain soal yang fleksibel berdasarkan kriteria yang diinginkan.

5. Data dan analisa

Desai soal yang ada di Kejarcita.id memiliki tujuan agar pengumpulan data yang detail dan analisa mendalam mengenai kekuatan dan kelemahan siswa secara individu maupun grup, misalnya per kelas ataupun level.

6. Quality control

Semua soal yang ada di Kejarcita.id termasuk soal HOTS SD tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Semua soal yang disediakan sudah melalui proses due dilligence sebagai bagian dari Standard Operation Produce (SOP) untuk quality controlnya.

7. Format Beragam

Soal yang ada di Kejarcita.id memiliki format yang beragam. Mulai dari PDF, PPT, DOC, MP4 dan JPG/PNG. Selain itu soal-soal yang ada juga mudah dibagikan dalam beberapa platform dan media sosial. Soal-soal di Kejarcita.id mudah diakses dengan cara membagikan link tautan ke WhatssApp, Google Classroom, Zoom dan platform lainnya.

8. Teruji Nyata

Soal-soal yang ada di Kejarcita.id sudah teruji nyata. Soal-soal di Kejarcita.id sudah diujicobakan dibeberapa sekolah binaan, antara lain SD Negeri 1 Tomang, MI Nurul Hidan dan SDN Percobaan 2 Yogyakarta. Proses ujicoba ini berlangsung selama 2 tahun.

Semua layanan di Kejarcita.id bisa dimanfaatkan dengan baik oleh guru maupun murid. Guru merasa terbantu dalam menyiapkan soal HOTS. Sebagaimana yang dialami oleh Ibu Indah Mardatilla, guru SDN Percobaan 2 Yogyakarta, "Bank soal dk Kejarcita.id mempermudah saya dalam menyiapkan kuis, khususnya pada soal HOTS."

Tak hanya guru yang merasa terbantu dengan layanan Kejarcita.id. Para murid juga sangat terbantu dengan layanan Kejarcita.id. Seperti yang diungkapkan oleh Salma Khairunnisa, murid SDN Tomang 1 Jakarta Barat, "Saya sangat terbantu dengan fitur kuis. Karena soalnya sering keluar saat pelajaran, pembahasannya lengkap dan mudah dipahami."

9. Fitur Tanya Jawab

Kejarcita.id menyediakan fitur tanya jawab yang bisa memudahkan para penggunanya. Bagi murid yang memiliki pertanyaan mengenai materi atau kuis, bisa langsung dapat mengajukan pertanyaan kepada guru atau fasilitatornya.

Fitur tanya jawab ini juga membantu murid dalam memecahkan masalah atau kesulitan yang dihadapi ketika menjawab soal kuis, atau berkaitan dengan materi tertentu yang belum dipahami sepenuhnya.

Sedangkan para guru bisa melakukan diskusi terkait materi dan membahas kuis atau latihan soal yang sudah dikerjakan melalui fitur tanya jawab ini.

10. Panduan Penggunaan

Kejarcita.id ingin selalu memastikan bahwa setiap penggunanya dapat dengan mudah dan lancar dalam menggunakan platform ini. Untuk itu Kejarcita.id menyediakan tim pendukung yang membantu segala kesulitan dan kendala teknis yang dihadapi para penggunanya ketika menggunakan layanan. Selain itu Kejarcita.id juga menyiapkan panduan penggunaan dalam bentuk PDF dan video untuk pengguna yang mengalami kesulitan.

Contoh Soal HOTS SD

Berikut adalah contoh beberapa soal HOTS SD yang tersedia di layanan kuis Kejarcita.id.

1. Data nilai ulangan Matematika siswa kelas VI sebagai berikut :

8, 5, 6, 6, 7, 9, 10, 5, 7, 9

8, 10, 5, 7, 5, 9, 5, 7, 6, 8

Rata-rata nilai siswa kelas VI adalah

A. 6,5

B. 7,1

C. 6,2

D. 7,5

2. Bunga yang memiliki benang sari dan putik sekaligus dalam satu bunga disebut sebagai...

A. Bunga tak sempurna

B. Bunga betina

C. Bunga sempurna

D. Bunga jantan

Kejarcita.id sangat membantu murid dalam mengakses beragam soal HOTS. Era digital semakin membuat proses pembelajaran berjalan lancar. Kejarcita.id menjadi salah satu platfrom terbaik dalam pembelajaran secara online. Soal HOTS SD terlengkap di Indonesia bisa didapat di Kejarcita.id.

Tak percaya? Silahkan dicoba!

Dian Kusumawardani

"Ibu rumah tangga yang suka menulis dan juga seorang konselor menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.