Skill yang Harus Dimiliki Guru PAUD

edukasi 27 Mar 2023

Proses kegiatan belajar PAUD identik dengan metode pembelajaran yang menyenangkan dan juga bermakna. Dalam penerapannya, guru berperan penting dalam membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan, energik, dan membuat siswa menjadi lebih aktif dalam belajar sembari bermain.

Sayangnya tidak semua guru terlahir dengan kemampuan untuk bisa menciptakan suasana yang menyenangkan di kelas. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang apa saja skill yang harus dimiliki guru PAUD. Dengan mengetahui apa saja skill yang harus dimiliki, guru dapat melatih skill tersebut jika Anda ingin menjadi guru PAUD.

Penjelasan tentang Skill

Skill merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu yang berasal dari pengalaman dan latihan. Skill merupakan sesuatu yang dimiliki seseorang setelah melakukan berbagai macam jenis pelatihan dan banyaknya jam terbang yang mereka miliki untuk mengasah kemampuan dan skill tersebut. Selain itu, skill tidak hanya mencakup latihan dan pengalaman saja, tetapi skill juga mencakup pengetahuan, kompetensi, dan kemampuan untuk mengerjakan tugas-tugas operasional.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa skill dapat dikembangkan melalui kegiatan yang dilakukan dan juga berdasarkan pengalaman kerja atau berdasarkan apa yang telah dipelajari melalui pelatihan. Ada berbagai jenis skill yang dapat diakses oleh semua orang, misalnya seperti kemampuan fisik, keterampilan dan kecerdasan. Beberapa profesi membutuhkan keterampilan tertentu yang dapat meningkatkan produktivitas profesi tersebut, salah satunya yaitu profesi sebagai guru PAUD.

Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki oleh guru PAUD, antara lain yaitu:

5 Skill yang Harus Dimiliki Guru PAUD

Dalam mengajar, guru tidak hanya perlu lulus dari sekolah pendidikan dan cerdas secara akademik saja, tetapi guru juga harus memiliki skill yang dapat membantu mereka selama proses belajar sedang berlangsung. Adapun skill yang dimiliki oleh guru PAUD, SD, SMP, SMA, ataupun SMK tentu saja berbeda. Hal ini dikarenakan situasi, karakter dan kepribadian yang dimiliki siswa tentu saja berbeda.

Selain itu, materi dan mutu pendidikan yang akan diterima juga berbeda, sehingga guru harus paham skill apa yang harus mereka miliki jika ingin mengajar.

1. Memiliki Sifat Humor

Anak PAUD adalah siswa yang usianya masih tergolong sangat muda, bahkan bisa dikatakan masih balita. Untuk seorang anak balita, mereka belum mampu untuk diajar secara serius seperti guru SD yang sedang mengajarkan Matematika atau pelajaran Bahasa Indonesia, dan lain sebagainya. Untuk mengajar anak PAUD, guru harus memiliki sikap humoris.

Dengan sifat humoris tersebut, guru akan lebih mudah untuk dekat dengan anak-anak didiknya di kelas. Selain dapat mempermudah guru untuk dekat dengan siswa, sifat humoris guru juga mampu membuat kelas menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Jika diperhatikan secara seksama, bisa dikatakan bahwa kelas anak PAUD tidak jauh-jauh dari kelas yang penuh dengan canda tawa dan menyalurkan virus bahagia. Sehingga bisa dikatakan bahwa untuk mengajar di sekolah PAUD, guru harus memiliki sifat humoris supaya kelas bisa lebih menyenangkan.

Peran Sekolah Mendukung Pelaksanaan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Penguatan profil pelajar Pancasila merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka.

2. Cerdas secara Intelegensi dan Emosi

Mengajar siswa yang duduk di kelas PAUD tentu saja berbeda dengan mengajar siswa yang duduk di kelas SD, SMP bahkan SMA. Dalam penerapannya, seorang guru PAUD tidak hanya harus bermodalkan kecerdasan intelektual saja, tetapi guru PAUD juga harus memiliki kecerdasan emosi. Kecerdasan intelektual adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kecerdasan seseorang dalam menguasai materi. Sedangkan kecerdasan emosi adalah kecerdasan seseorang dalam mengelola dan menguasai emosi yang dimilikinya.

Cerdas secara intelegensi dan emosi adalah salah satu skill yang harus dimiliki guru PAUD. Kedua kecerdasan ini begitu penting supaya guru bisa menjadi seorang teladan, baik jika dipandang dari aspek pengetahuan maupun perilaku. Selain itu, guru yang memiliki kecerdasan emosi biasanya memiliki perhatian dan kepedulian yang baik kepada anak-anak didiknya. Mereka akan terampil dalam mengatasi siswa dan bisa menjadi guru yang begitu dicintai anak-anak didiknya.

3. Mampu Memahami Kepribadian dan Karakter Siswa

Dikarenakan guru harus memiliki kecerdasan emosi yang baik, maka guru harus peka dalam memahami kepribadian dan karakter siswa. Untuk memiliki kemampuan tersebut guru harus dekat dengan siswa. Oleh karena itu, untuk menjadi dekat dengan siswa, guru tidak hanya bertugas dalam mengajar dan mendidik siswa saja selama proses kegiatan belajar sedang berlangsung, guru juga dapat meluangkan waktunya untuk menghabiskan waktunya bersama siswa, misalnya dengan membuat permainan sederhana ataupun mendengar cerita siswa di kala waktu belajar sudah selesai dilaksanakan.

Meluangkan waktu untuk bermain bersama siswa ataupun memiliki waktu untuk mengobrol dengan siswa adalah waktu yang tepat untuk lebih mengenal siswa. Hal ini dikarenakan biasanya siswa akan menjadi dirinya sendiri ketika sedang santai, hal itu juga sering terjadi oleh orang dewasa. Dengan memahami kepribadian dan karakter siswa guru akan lebih mudah dalam menentukan metode belajar yang tepat untuk siswa. Dengan begitu kegiatan pembelajaran akan lebih bermakna, tujuan belajar dapat tercapai dengan hasil belajar yang maksimal, dan kelas tetap menyenangkan.

4. Mampu Menyikapi Siswa yang Bermasalah atau Siswa yang Memiliki Kelemahan

Di dalam satu kelas tidak semua siswa memiliki kepribadian yang baik ataupun tidak memiliki masalah. Beberapa siswa memiliki karakter yang cenderung negatif. Walaupun mereka bermasalah atau memiliki karakter yang cenderung negatif, bukan berarti guru membiarkannya begitu saja atau bisa memperlakukan mereka dengan bentuk negatif. Alih-alih menjadi keras terhadap mereka, Anda dapat mengeluarkan sisi baik dalam diri Anda, seperti lebih memperhatikan mereka dengan seksama, memberikan pengertian, kasih sayang dan didikan yang tegas, bijaksana, dan hangat.

5 Tahap Membuat Kegiatan Pembelajaran di Kelas Jadi Lebih Seru
Inilah 5 tahap membuat kegiatan pembelajaran di kelas jadi lebih seru agar siswa bersemangat untuk belajar.

5. Mampu Mendisiplinkan Siswa

Selain dapat mengajar dengan baik dan membuat kelas menjadi lebih menyenangkan, seorang guru PAUD juga harus mampu mendisiplinkan anak-anak didiknya di kelas. Bisa dikatakan bahwa ilmu pengetahuan yang didapatkan anak-anak di sekolah PAUD menjadi dasar bagi mereka di masa yang akan datang. Misalnya seperti bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas rumah, karena siswa telah dididik untuk disiplin mengerjakan tugas rumah sedari kecil maka mereka akan terbiasa terhadap didikan tersebut.

Selain itu, kemampuan guru dalam mendisiplinkan siswa juga dapat mempengaruhi suasana belajar di kelas. Apabila siswa memiliki kedisiplinan yang baik, maka suasana kegiatan belajar menjadi lebih nyaman dan juga terarah.

Demikianlah penjelasan mengenai skill dan beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang guru PAUD. Selain kelima hal di atas, beberapa skill lain yang harus dimiliki guru yaitu seperti kemampuan dalam berkomunikasi. Dengan adanya kemampuan komunikasi yang baik, proses kegiatan belajar akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Selain memiliki kemampuan komunikasi yang baik, seorang guru PAUD juga harus memiliki kreativitas yang cukup bagus, dengan begitu anak-anak bisa mengasah dan melatih kreativitasnya sejak dini. Untuk memiliki skill tersebut, guru harus banyak berlatih dan memiliki kemauan untuk terus belajar. Semoga penjelasan tentang skill yang harus dimiliki guru PAUD ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.