Siswa Tak Minat dengan Pelajaran yang Anda Ajarkan? Begini Tips Mengatasinya

edukasi 25 Feb 2021

Sebagai guru, Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk peserta didik Anda dalam hal pembelajaran. Jika siswa bisa memahami pelajaran dengan baik dan bisa mencapai tujuan pembelajaran, Anda akan merasa bangga. Namun yang menjadi kendala adalah, beberapa siswa mungkin tidak suka atau tidak minat dengan mata pelajaran Anda, alhasil mereka akan sulit menerima materi yang Anda ajarkan dan tidak bisa mencapai kompetensi yang ditentukan.

Memang tidak mudah untuk membuat siswa suka dengan mata pelajaran Anda jika dari awal mereka tidak meminatinya. Namun, Anda tidak boleh putus asa dan membiarkannya, karena hal tersebut akan berdampak pada nilai mereka nantinya. Anggaplah hal ini menjadi tantangan yang harus Anda hadapi, agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan lebih optimal, membuat siswa merasa nyaman dan lebih mudah menerima materi yang Anda ajarkan.

Tips Membuat Siswa Minat dengan Pelajaran yang Anda Ajarkan

Tidak semua peserta didik menyukai mata pelajaran yang Anda ajarkan. Ada beberapa siswa yang mungkin memang tidak minat dengan materi tersebut, sehingga mereka mengikuti kegiatan belajar dengan terpaksa, alhasil mereka tidak akan menerima pengetahuan apapun. Tidak perlu khawatir, setidaknya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran Anda, sehingga ketika Anda mengajar, mereka tidak merasa bosan atau jenuh. Beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebagai berikut:

1. Pastikan Siswa Paham dengan Materi yang Anda Ajarkan

Ketika sedang mengajar, Anda perlu memastikan bahwa siswa paham dengan materi yang Anda ajarkan. Untuk itu, Anda harus bisa menerangkan materi pelajaran secara struktural dan bersikap kalem ketika menerangkan materi. Jangan terlalu cepat saat menerangkan pelajaran karena hal tersebut membuat siswa sulit memahami.

Jika mereka sulit menerima mata pelajaran yang Anda ajarkan, cobalah bertanya apa alasannya. bila perlu, Anda bisa mengulang kembali materi yang Anda ajarkan kepada peserta didik agar mereka semakin paham. Jangan terlalu menuntut siswa untuk memahami materi dengan cepat, karena hal tersebut membuat mereka frustasi atau terbebani.

2. Kaitan Materi Pelajaran dengan Kehidupan Nyata

Agar materi pelajaran yang Anda ajarkan lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa, Anda bisa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata sehari-hari. Hal tersebut juga bisa memotivasi siswa untuk minat dengan mata pelajaran tersebut, karena mereka berpikir jika mata pelajaran tersebut akan berguna di kehidupannya nanti.

3. Perhatikan Seluruh Siswa dengan Baik

Mengajar siswa tanpa memberikan kontak sedikit pun akan terasa membosankan, paling tidak Anda bisa memperhatikan seluruh siswa dengan baik. Perhatian harus tertuju pada semua siswa di kelas, baik ketika menyampaikan materi atau ketika siswa mengerjakan soal. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui apa yang dilakukan siswa ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung.

7 Tips Memberitahu Orangtua Mengenai Permasalahan Anaknya
Agenda paling menegangkan menjalani profesi guru adalah ketika harus berhadapan dengan wali murid yang bermasalah. Kondisinya akan unpredictable karena setiap orang tua memiliki sikap dan pandangan berbeda.

Agar semua siswa merasa diperhatikan Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Tidak membelakangi siswa ketika menulis di papan tulis, biasakan menulis sembari memperhatikan siswa, seperti menulis dengan gaya miring
  • Jangan menjelaskan materi pelajaran hanya dengan berdiri di satu tempat, karena hal tersebut terasa membosankan. Cobalah berkeliling mengitari sisi tempat duduk siswa ketika menerangkan materi.
  • Jangan memusatkan perhatian hanya pada satu siswa yang dianggap pintar, karena hal tersebut akan menimbulkan kecemburuan siswa yang lainnya. Sehingga siswa yang lainnya akan malas memperhatikan Anda, dan tidak minat dengan materi pelajaran yang Anda ajarkan.
  • Libatkan seluruh siswa ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, misalnya Anda bisa bertanya kepada siswa, menyuruh siswa untuk menulis di papan tulis, membuat kelompok dan lain sebagainya.

4. Gunakan Media dan Metode Belajar yang Relevan

Media dan metode pembelajaran yang Anda gunakan saat mengajar juga mempengaruhi minat siswa dengan materi yang Anda ajarkan. Jika Anda menggunakan metode atau media belajar yang relevan, tepat dan sesuai kebutuhan dengan siswa, mereka bisa memahami materi pelajaran dengan mudah. Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar juga tidak terasa monoton dan membosankan.

5. Beri Motivasi

Jangan terlalu fokus memberikan materi pelajaran secara terus-menerus, karena hal tersebut hanya membuat anak merasa bosan atau jenuh. Anda biss memberi motivasi kepada mereka agar mereka semangat belajar dan minat dengan mata pelajaran yang Anda ajarkan. Beri motivasi kepada siswa, bahwa dengan belajar lebih giat, kita bisa mencapai cita-cita dan masa depan cemerlang.

Anda juga bisa memberitahu mereka bahwa mata pelajaran yang Anda ajarkan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, jika kita menyukai mata pelajaran tersebut, kita bisa mencapai mimpi lebih mudah. Sesekali ceritakan tokoh penting dan sukses yang berkaitan dengan materi pelajaran Anda.

6. Sisipkan Candaan atau Humor Ketika Belajar

Jika Anda menjelaskan materi pelajaran secara terus-menerus, tanpa disisipkan candaan atau humor, hal tersebut akan terasa monoton dan membosankan. Oleh sebab itu, Anda bisa bersikap humoris dan menyisipkan candaan atau humor yang dapat meringankan beban pikiran siswa ketika belajar di kelas. Namun, jangan jadikan siswa tertentu sebagai bahan candaan, karena hal tersebut tidak baik.

7. Jangan Memaksa Siswa untuk Dapat Menguasai Materi Pelajaran

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, memaksa siswa menguasai materi pelajaran Anda hanya menambah beban mereka. Karena sesuatu yang dipaksakan tidak baik.

Meskipun Anda sudah berusaha menyampaikan materi pelajaran semaksimal mungkin, namun ada beberapa siswa yang sulit memahami materi pelajaran dengan cepat. Anda bisa mengajar mereka secara perlahan namun pasti, dan berikan motivasi juga kepada mereka agar tetap semangat dan berusaha memahami materi pelajaran. Kalau perlu, Anda bisa memberi perhatian khusus kepada siswa yang sulit memahami materi pelajaran dengan cepat.

Seberapa Pentingkah Tugas? Bagaimana Jika Guru Tidak Memberi Tugas?
Pemberian tugas sekolah atau PR, bukan semata-mata untuk dikerjakan siswa, tetapi ada tujuan dan harapan tertentu dimana siswa bisa menambah waktu belajarnya.

8.Evaluasi Cara Mengajar Anda

Jika ada siswa yang tidak menyukai mata pelajaran tertentu, hal tersebut bukan sepenuhnya karena susahnya pelajaran tersebut, tetapi bisa saja cara mengajar Anda yang tidak cocok dengan mereka. Karena jika Anda sudah mengajar dengan baik, sesulit apapun materi tersebut akan bisa diterima oleh siswa.

Cobalah Anda mengevaluasi cara mengajar Anda sebelum mengevaluasi siswa, Apakah Anda sudah menerangkan materi secara struktual? Apakah siswa merasa nyaman dengan metode belajar yang Anda gunakan? Apakah media belajar yang Anda gunakan sudah relevan? Apakah Anda mengajar terlalu cepat atau tidak? Dan lainnya

Ketika sudah menemukan permasalahannya, Anda bisa mengatasinya dengan mudah dan menciptakan kegiatan belajar mengajar lebih optimal.

Itulah 8 tips yang bisa Anda lakukan agar siswa minat dengan pelajaran yang Anda ajarkan. Pasalnya minat siswa terhadap mata pelajaran tertentu bukan hanya dipengaruhi dari mudahnya materi, tetapi bagaimana cara guru tersebut menyampaikan materi dan mengambil hati siswa ketika mengajar.

Epin Supini

Penulis yang memiliki banyak mimpi

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.