Sintaks Pembelajaran Numerasi dan Contoh RPP Numerasi

teaching 27 Okt 2021

Kemampuan numerasi sangat penting bagi setiap individu untuk membentuk penalaran rasional dan teknik penalaran dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran numerasi menjadi salah satu cara efektif bagi guru untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan memerasi yang bermanfaat bagi masa depan dan kehidupan siswa. Apalagi dalam kebijakan kurikulum Merdeka belajar, yang mana di dalamnya Assessmen Nasional terdapat AKM, untuk mengukur kompetensi minimum siswa yaitu literasi dan numerasi.

Numerasi berarti kemampuan dalam menggunakan konsep matematika dengan percaya diri dan efektif untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pengertian numerasi adalah kecakapan fundamental atau kemampuan dalam menggunakan dan mengaplikasikan operasi hitung dan konsep bilangan untuk kehidupan sehari-hari, menginterpretasi informasi kuantitatif, dan memecahkan masalah.

Pasalnya, berdasarkan hasil program voting Programme for International Student Assessment (PISA) yang diselenggarakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tahun 2018, kemampuan anak Indonesia dalam membaca, matematika, dan sains masih rendah. Dengan pembelajaran literasi dan numerasi diharapkan kemampuan membaca, matematika, dan sains anak Indonesia meningkat.

Pembelajaran numerasi bukan hanya dilakukan pada kelas matematika saja, tetapi untuk semua mata pelajaran yang dihubungkan dengan konsep matematika atau bilangan. Ada banyak manfaat yang didapatkan siswa dengan pembelajaran numerasi seperti kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, logis, dan analitis serta dapat menciptakan inovasi baru.

Contoh Soal AKM Numerasi dan Literasi
Contoh soal AKM numerasi dan literasi yang bisa dijadikan acuan dalam mengajar dan mengukur kompetensi siswa.

Sintaks Pembelajaran Numerasi

Untuk melaksanakan pembelajaran numerasi, Anda harus mengetahui langkah-langkah atau sintaks pembelajaran numerasi terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang penting diperhatikan agar pembelajaran ini berjalan efektif dan lancar, serta siswa dapat mengikuti kelas dengan baik dan tidak merasa terbebani. Berikut ini merupakan sintaks pembelajaran numerasi.

1. Intuisi Bilangan

Intuisi bilangan atau number sense merupakan kemampuan berpikir dengan luas menggunakan bilangan yang di dalamnya terdapat besaran, komputasi mental, penilaian, estimasi, serta kewajaran hasil perhitungan. Melalui intuisi bilangan, siswa akan terbiasa menggunakan matematika dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari.

2. Konsep Matematika

Dalam hal ini, guru bisa menjelaskan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Langkah ini tidak dilakukan pada mata pelajaran matematika saja tetapi pada mata pelajaran apapun melalui dukungan gambar visual serta disampaikan secara interaktif sesuai konteks dari tema dan sub tema yang Anda ajarkan. Hal ini membuat siswa sadar betapa pentingnya dan dibutuhkannya konsep matematika pada kehidupan sehari-hari.

Tujuan adanya kegiatan ini yaitu agar siswa dapat memahami konsep utama matematika dan bagaimana cara mereka mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat. Ini juga meningkatkan kemampuan analisis, kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa.

3. Eksplorasi Matematika

Dalam model pembelajaran numerasi juga dibutuhkan keterlibatan siswa secara aktif. Eksplorasi matematika artinya peserta didik, guru dan orangtua melakukan kegiatan bersama yang mengandung unsur atau konsep matematika. Misalnya, Anda dapat memberikan tugas soal HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan mengetahui pemahaman siswa. Anda juga bisa memberikan tugas praktik secara individu maupun berkelompok terkait membangun konsep matematika serta penyelesaian masalah.

4. Latihan

Latihan dilakukan untuk memperlancar (mastery) konsep matematika yang sudah dieksplorasi oleh setiap siswa. Dalam hal ini, siswa bisa melakukannya secara individu melalui lembar kerja yang disediakan guru.

5. Refleksi

Refleksi dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dan melihat perkembangan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Melalui refleksi ini juga menjadi masukan bagi guru untuk mengetahui dukungan yang dibutuhkan siswa dalam proses belajar.

Sintaks Pembelajaran Literasi dan Contoh RPP Literasi
Literasi adalah kemampuan dalam memahami informasi dengan kritis agar setiap orang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan.

Contoh RPP Numerasi

Ada 4 kebijakan baru dalam kurikulum Merdeka Belajar, salah satunya RPP Merdeka belajar atau RPP satu halaman. RPP ini merupakan susunan rencana pembelajaran yang dilakukan oleh guru sebelum pembelajaran berlangsung. Jika Anda ingin melaksanakan pembelajaran numerasi, Anda bisa membuat contoh RPP Numerasi. Berikut contohnya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SD Kejarcita

Kelas/Semester       : 1/2

Tema         : 4/Keluargaku

Sub Tema                   : 1/anggota keluarga ku

Muatan Terpadu      : Bahasa Indonesia PJOK, Matematika

Pembelajaran ke     : 1

Alokasi waktu          : 3 x 3 JP

A. Tujuan Pembelajaran :

  1. Dengan membaca teks keluarga Udin, siswa bisa menghitung anggota keluarganya dengan baik.
  2. Dengan mengamati, siswa bisa memperkirakan usia dan tinggi anggota keluarga serta mempresentasikannya dalam bilangan dengan benar.
  3. Dengan berdiskusi, siswa bisa mengetahui dan melakukan pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku dengan tepat.
  4. Dengan membaca teks bermain bersama, siswa bisa menceritakan aktivitas bermain dengan saudara

B. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

Pendahuluan

  1. Menyampaikan salam dan doa bersama

  2. Apersepsi

  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran 

Kegiatan Inti

1. Dengan bimbingan guru siswa bersama-sama membaca teks keluarga Udin

Pertemuan I 

Intuisi bilangan

2. Guru membimbing siswa berlatih mengenal keluarga iodin dengan menyebutkan nama namanya 

3. Siswa menyebutkan jumlah anggota keluarga Udin

4. Guru meminta siswa menyebutkan nama anggota keluarga siswa dan aktivitas yang biasa dilakukan

Pertemuan II 

Konsep Matematika

1. Siswa mengamati gambar anggota keluarga Udin dalam buku.

Eksplorasi Matematika

2. Guru mengajukan pertanyaan meminta siswa untuk memperkirakan usia dan tinggi tubuh anggota keluarga Udin.

3. Guru meminta siswa mendiskusikan pengukuran usia dan tinggi tubuh anggota keluarga Udin dengan satuan baku dan tidak baku.

Pertemuan III :

Latihan

1. Guru membagikan lembar kerja siswa

2. Siswa diminta menggambar dan mengidentifikasi semua anggota keluarganya sendiri

3. Siswa menghitung dan menuliskan jumlah anggota keluarganya pada lembar kerja

4. Siswa menuliskan perkiraan usia dan tinggi tubuh anggota keluarganya pada lembar kerja

Penutup

  1. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang materi yang belum dipahami (Refleksi)

  2. Guru menyimpulkan pembelajaran dan memberi penguatan materi

  3. Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama


C. Penilaian (Assessment)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Keterampilan

Observasi sikap dan perhatian siswa selama pembelajaran dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.

Kemampuan siswa dalam menghitung anggota keluarga dan memperkirakan usia dan tinggi tubuh anggota keluarga.

Kemampuan siswa dalam membaca menulis dan mengamati.


Kepala Sekolah                                 Guru Kelas

NIP. …………………………                                                 NIP…………………...............

Contoh RPP 1 Halaman “RPP Merdeka Belajar” Untuk Jenjang SD Kelas 1-6
RPP dikembangkan untuk mencapai Kompetensi Dasar pada siswa, sehingga isinya berupa prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti.

Itulah beberapa hal mengenai sintaks pembelajaran numerasi dan contoh RPP numerasi yang bisa Anda ketahui. Terapkanlah pembelajaran numerasi ini di kelas, agar pembelajaran lebih bermakna. Untuk mendapatkan RPP Merdeka belajar atau RPP satu halaman itu lebih inovatif kunjungi kejarcita.id. Kejarcita menjadi solusi belajar mengajar yang lebih efektif dan mudah, ada ribuan bank soal LOTS, HOTS, AKM dengan lengkap, materi pelajaran, rangkuman, lembar kerja siswa dan lainnya. Kunjungi kejarcita.id untuk tahu selengkapnya!

Anda juga bisa menonton webinar Tips dan Trik Membuat RPP 1 Lembar yang inovatif berikut ini:

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.