Perbedaan antara Psikolog Anak dan Guru BK

edukasi 2 Mar 2023

Psikolog Anak dan Guru BK sering kali dianggap tugasnya sama oleh masyarakat. Ini disebabkan fungsinya yang serupa tapi tak sama. Jika ada anak yang bermasalah, pasti akan diarahkan untuk menemui psikolog anak atau guru bimbingan konseling (BK). Lalu, ketika seorang anak sering terlihat murung, menyendiri, maupun sering menangis sendiri maka si anak membutuhkan bantuan psikolog anak.

Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang belum paham perbedaan ini. Mereka mengetahui bahwa profesi ini sama-sama tempat untuk konsultasi permasalahan psikis anak. Padahal, profesi psikolog anak dan guru bimbingan konseling merupakan profesi yang berbeda. Apa saja perbedaannya? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan dalam Hal Peran, Fokus, dan Kualifikasi Pendidikan

Psikolog Anak dan Guru Bimbingan Konseling memiliki perbedaan dalam hal peran, fokus, dan kualifikasi pendidikan, yaitu sebagai berikut:

1. Peran

  • Psikolog anak bertindak sebagai ahli yang berfokus pada evaluasi, diagnosis, dan pengobatan masalah psikologis pada anak. Mereka melakukan tes psikologis secara berkala dan memberikan terapi kepada anak sesuai diagnosis.
  • Guru Bimbingan Konseling bertindak sebagai mentor atau penasihat yang membantu anak dalam mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan akademik. Mereka bekerja sama dengan anak-anak dalam konteks pendidikan dan memberikan dukungan penuh dalam hal perkembangan akademik, kecemasan, dan masalah sosial yang dihadapi seorang anak.

2. Fokus

  • Psikolog anak berfokus pada masalah psikologis dan emosional yang mungkin memengaruhi anak dalam kehidupan sehari-hari, seperti depresi, kecemasan, dan trauma.
  • Guru bimbingan konseling berfokus pada perkembangan akademik dan sosial anak, seperti membantu anak dalam menetapkan tujuan akademik, merancang rencana studi ke depan, mengatasi stres dalam belajar, dan memberikan keterampilan sosial bagi anak.

3.  Kualifikasi Pendidikan

  • Psikolog anak membutuhkan gelar sarjana dalam bidang psikologi dan biasanya memerlukan gelar master atau doktor untuk lisensi praktik psikolog sehingga dapat diakui secara profesional.
  • Guru bimbingan konseling membutuhkan gelar sarjana dalam bidang pendidikan atau psikologi pendidikan, dan harus memiliki lisensi sebagai konselor sekolah.

Secara umum, perbedaan utama antara psikolog anak dan guru bimbingan konseling adalah tugas psikolog anak lebih berfokus pada pengobatan masalah psikologis yang mendasar dan serius pada anak, sedangkan guru bimbingan konseling lebih berfokus pada perkembangan akademik dan sosial secara umum dan memberikan bimbingan maupun konseling pendidikan.

Perbedaan Secara Pengertian

  1. Pengertian Psikolog Anak

Psikolog anak adalah seorang profesional di bidang psikologi yang memiliki keahlian khusus dalam memahami, mendiagnosis, dan memberikan intervensi atau layanan psikologis kepada anak-anak maupun remaja. Seorang psikolog anak biasanya memiliki pendidikan dan pelatihan khusus dalam mengatasi masalah yang berkaitan dengan kondisi psikis anak, seperti masalah emosional, perilaku, sosial, dan perkembangan diri.

Psikolog anak adalah tenaga ahli psikologi yang menangani permasalahan psikologis anak mulai usia 0-18 tahun. Seorang psikolog anak mampu memahami perubahan-perubahan yang ada dalam tahap pertumbuhan anak.

Psikolog anak dapat membantu anak-anak maupun remaja dalam mengatasi masalah seperti kesulitan dalam hubungan sosial, masalah emosi seperti kecemasan atau depresi, kesulitan belajar, masalah keluarga, serta masalah perilaku seperti kekerasan atau penggunaan NAPZA. Psikolog anak juga dapat membantu orang tua dan keluarga dalam memahami maupun mengatasi masalah yang dihadapi anak-anak mereka.

Untuk menjadi psikolog anak, seseorang harus menyelesaikan pendidikan sarjana dan gelar master di bidang psikologi, serta memiliki sertifikasi atau lisensi yang dikeluarkan oleh badan regulasi terkait di negara mereka. Selain itu, seorang psikolog anak juga perlu memiliki keterampilan dan pengalaman dalam melakukan intervensi psikologis yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak dan remaja.

Untuk menemui psikolog anak, Anda harus membuat janji di rumah sakit atau tempat-tempat psikolog anak mengadakan praktik. Jasa psikolog anak juga termasuk tidak murah, karena masih sangat sedikit psikolog yang membuka praktik di Indonesia. Kabar baiknya, Anda dapat menggunakan jasa psikolog anak di mana biayanya ditanggung oleh asuransi kesehatan, baik asuransi swasta maupun asuransi pemerintah.

2. Pengertian Guru Bimbingan Konseling (BK)

Guru BK adalah guru yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa di sekolah. "BK" merupakan singkatan dari "Bimbingan Konseling", di mana tugas utama guru BK adalah membantu siswa mengatasi masalah akademik, emosional, dan sosial yang mereka hadapi, serta memberikan dukungan tersebut untuk mencapai tujuan akademik dan pribadi mereka.

Selain itu, guru BK juga berperan penting dalam membantu siswa dalam menentukan karier yang tepat sesuai minat, bakat, dan potensi mereka. Guru BK berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan guru lainnya dalam upaya memberikan bimbingan dan konseling yang terbaik bagi siswa. Oleh karena itu, guru BK membutuhkan keterampilan komunikasi dan empati yang baik, serta pengetahuan yang luas tentang psikologi, perkembangan anak, dan masalah sosial.

Untuk menemui guru BK, anak-anak atau siswa lebih mudah menemuinya karena ada di sekolah saat jam aktif pembelajaran. Hampir di tiap sekolah sudah ada guru BK yang bertugas mendampingi dan membimbing anak-anak, agar menemukan dan mengasah bakat dan minatnya.

Cara Membangun Motivasi Belajar Anak
Salah satu cara membangun motivasi belajar anak yaitu dengan meningkatkan baca anak. Perlu orangtua ketahui bahwa membaca merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan anak untuk meningkatkan motivasi belajarnya.

Peranannya terhadap Anak

Peran psikolog anak cakupannya lebih luas, antara lain masalah kepribadian, fungsi mental, perilaku manusia, proses perkembangannya, serta self development-nya. Berbagai fenomena dalam hidup manusia juga dibahas oleh psikolog anak, seperti:

  • Saat berduka
  • Penyebab anak marah
  • Kedekatan anak dengan orang tua
  • Mengapa anak suka menyendiri?
  • Anak yang sering membuat ulah/masalah
  • Bagaimana supaya anak bisa tertawa?
  • Anak yang kesulitan bergaul dengan sesama
  • Rasa kehilangan saat ditinggal orang terdekat (orang tua, saudara, atau sahabat)
  • Rasa ketakutan yang berlebihan, dan sebagainya
Inilah Metode Pembelajaran Mandiri yang Bisa Digunakan Guru di Kelas
Metode pembelajaran mandiri merupakan strategi pembelajaran kesetaraan yang dilakukan secara individu maupun kelompok. Dalam penerapannya, metode ini harus dikelola dengan baik oleh guru, yang mana harus melalui proses perencanaan yang dilakukan secara matang

Peran guru BK lebih menekankan pada bidang pendidikan, yaitu berupaya menjadi pembimbing bagi anak atau siswa. Jadi, bimbingan konseling artinya upaya untuk membantu dan membimbing orang lain, seperti:

  • Guru BK membantu anak mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya secara optimal, agar bermanfaat bagi diri maupun lingkungan sekitarnya.
  • Setiap jenjang pendidikan, selalu ada guru BK yang berperan besar dalam mendampingi siswa menemukan minat dan bakatnya.
  • Mendampingi siswa agar bisa melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik di sekolah.
  • Bagi siswa jenjang pendidikan menengah atas, guru BK memberikan bimbingan terhadap jurusan atau program stuudi yang akan ditempuh saat kuliah nanti.
  • Siswa-siswa yang bermasalah di sekolah juga, harus rajin menghadap guru BK agar dapat menyelesaikan masalah yang dihadapinya.
  • Siswa yang menggunakan jasa guru BK di sekolah tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, berbeda dengan ketika menggunakan jasa psikolog anak. ¬†

Ternyata perbedaan psikolog anak dan guru BK cukup banyak ya. Mulai dari basic education-nya yang berbeda, fungsinya, dan lingkup tanggung jawabnya. Artinya peluang kariernya juga berbeda. Psikolog anak memiliki cakupan yang lebih luas, sedangkan guru BK lebih spesifik ke potensi anak saja.

Demikian ulasan mengenai "Perbedaan antara Psikolog Anak dan Guru BK". Semoga Anda tidak salah lagi ketika membutuhkan bantuan salah satu dari mereka. Ini juga bisa menjadi panduan bagi Anda dalam mengenali permasalahan psikis anak hingga potensi bakat yang dimiliki seorang anak.

Enni Kurniasih

"Penulis, blogger, pemerhati pendidikan dan parenting"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.