Peran Kepala Sekolah Menciptakan Kedisiplinan Lingkungan Sekolah

edukasi 8 Apr 2022

Sektor yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap negara ialah pendidikan. Mengapa dikatakan demikian? Lebih lanjut, perlu dipahami dulu mengenai pengertian dan tujuan dari adanya pendidikan berikut ini.

Pendidikan dalam Bahasa Inggris diartikan sebagai education. Sedangkan, dalam bahasa latin berarti educatum yang berasal dari kata E dan Duco, E berarti perkembangan dari luar dari dalam ataupun perkembangan dari sedikit menuju banyak, sedangkan Duco berarti sedang berkembang. Dengan begitu, pendidikan bisa juga disebut sebagai upaya dalam mengembangkan kemampuan diri. Kemudian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan.

Ki Hajar Dewantara, menyatakan bahwa pendidikan merupakan tuntunan tumbuh dan berkembangnya anak. Artinya, pendidikan merupakan upaya untuk menuntun kekuatan kodrat pada diri setiap anak agar mereka mampu tumbuh dan berkembang sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat yang bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan dalam hidup mereka.

Demikian pengertian pendidikan yang diartikan sebagai kebutuhan anak manusia melalui upaya pengajaran untuk mendewasakan, mendukungnya bertumbuh kembang menjadi lebih baik dan dapat hidup bermasyarakat. Pada akhirnya pendidikan ada untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Tanpa adanya sumber daya manusia yang berkualitas, kestabilan bangsa akan terganggu. Maka dari itu, dibutuhkan sistem pendidikan dalam lingkup nasional untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Sektor pendidikan membutuhkan sistem pendidikan dalam lingkup nasional agar berhasil menciptakan sumber daya manusia yang baik dan sesuai dengan kebutuhan zaman. Keberhasilan dalam mencetak peserta didik menjadi manusia berkualitas tergantung pada sistem pendidikan nasional yang ditetapkan oleh suatu negara. Sistem pendidikan nasional merupakan upaya terencana dalam mewujudukan proses dan suasana pembelajaran supaya pelajar aktif dalam mengembangkan potensi dirinya.

Dengan sistem pendidikan, diharapkan peserta didik memiliki kecerdasan, akhlak, pengendalian diri, maupun keterampilan yang berguna bagi diri sendiri, masyarakat, maupun negara.

Sebagaimana disebutkan dalam UU. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, bahwa tujuan pendidikan yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis juga bertanggung jawab.

Tips Pimpinan Sekolah Mengembangkan Budaya Literasi di Sekolah
‌Literasi merupakan sarana bagi setiap orang untuk bisa mengetahui, memahami serta mempraktikkan suatu ilmu.

Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan yang sesuai dengan sistem pendidikan nasional, perlu berbagai pihak untuk mengelola pelaksanaannya terutama di lembaga pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam lembaga pendidikan melalui 2 hal yakni pendidikan formal dan non-formal.

  1. Pendidikan formal ialah pendidikan yang bisa didapat dengan mengikuti kegiatan atau program pendidikan yang terstruktur serta terencana oleh badan pemerintahan misalnya melalui sekolah ataupun universitas.
  2. Pendidikan non-formal ialah pendidikan yang bisa didapat melalui aktivitas kehidupan sehari-hari yang tak terikat oleh lembaga bentukan pemerintahan, misalnya belajar melalui pengalaman, belajar sendiri melalui buku bacaan serta belajar melalui pengalaman orang lain.

Lembaga pendidikan ini baik formal atau non-formal kemudian disebut sebagai sekolah. Dalam menjalankan kegiatan pendidikan yang ada di sekolah, dibutuhkan pemimpin yang memiliki tugas seperti bertanggung jawab terhadap guru, staf/ karyawan, siswa, kemudian mengambil keputusan serta memiliki visi dan misi yang jelas untuk memimpin sekolahnya.

Pemimpin di sekolah biasa disebut kepala sekolah. Mereka tidak hanya menjadi pemimpin saja, kepala sekolah juga bertugas sebagai manager yang mengorganisasikan, menyusun dan mengatur berbagai kegiatan. Kepala sekolah juga harus bisa menjadi administrator, supervisor, inovator, edukator hingga motivator.

Tugas dan tanggung jawab sebagai kepala sekolah yang besar perlu didukung dengan adanya kompetensi profesional yang memadai. Dengan begitu proses pendidikan yang dilaksanakan di sekolah dapat berjalan efektif dan efisien. Kompetensi yang perlu dimiliki seorang kepala sekolah yait :

  • Memfasilitasi pengembangan, penyebarluasan, dan pelaksanaan visi pembelajaran yang dikomunikasikan dengan baik dan didukung oleh komunitas sekolah.
  • Membantu, membina, dan mempertahankan lingkungan sekolah dan program pengajaran yang kondusif bagi proses belajar peserta didik dan pertumbuhan profesional para guru dan staf.
  • Menjamin bahwa manajemen organisasi dan pengoperasian sumber daya sekolah digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, sehat, efisien, dan efektif.
  • Bekerja sama dengan orang tua murid dan anggota masyarakat, menanggapi kepentingan dan kebutuhan komunitas yang beragam, dan memobilisasi sumber daya masyarakat.
  • Memberi contoh (teladan) tindakan berintegritas.
  • Memahami, menanggapi, dan mempengaruhi lingkungan politik, sosial, ekonomi, dan budaya yang lebih luas.

Salah satu kompetensi penting yang berkaitan erat dengan keberhasilan kepala sekolah dalam menjalankan semua tugasnya ialah memberi teladan tindakan berintegritas atau sikap disiplin. Sikap ini penting diterapkan untuk segenap kelompok di sekolah dari guru hingga siswa.

Secara umum sikap disiplin merupakan kebiasaan yang baik dalam pola hidup di masyarakat. Sikap disiplin juga dapat menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan seseorang dalam menuntut ilmu dan dalam hal-hal yang lain. Oleh karena itu, sikap disiplin perlu diciptakan dan diterapkan di lingkungan sekolah agar kegiatan pendidikan bisa berlangsung dengan baik, sekaligus kepala sekolah juga berhasil dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, salah satu pengertian disiplin adalah ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya). Penerapan disiplin mempunyai tujuan yang beragam. Salah satunya adalah mengembangkan pribadi yang dapat mengendalikan diri dengan baik.

Hal yang Mempengaruhi Kemajuan Pendidikan Indonesia
Melalui pendidikan berkualitas, diharapkan lahir generasi bangsa yang cerdas dan berkarakter yang mampu bersaing di era globalisasi.

Saat sesorang terikat dengan peraturan dan berusaha mematuhinya, hal ini dapat menghindarkannya dalam berlaku secara semena-mena dan diluar kendali. Hal ini juga dapat mengurangi resiko gesekan sosial yang mungkin terjadi dalam anggota masyarakat. Maka dari itu, disiplin juga bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang tertib dan damai.

Kedisiplinan dibagi menjadi dua jenis, yaitu disiplin dalam belajar dan disiplin dalam bekerja. Dalam lingkup sekolah, keduanya harus ada dan dipastikan dapat terlaksana melalui peran kepala sekolah. Lalu, bagaimana caranya kepala sekolah dapat berperan dalam menciptakan lingkungan yang disiplin di sekolah? Berikut ini peran kepala sekolah dalam membiasakan kedisiplinan:

  1. Sebagai pemimpin, kepala sekolah dapat berperan menjadi instruktur yang menjadi percontohan atau teladan utama pembiasaan sikap disiplin. Kepala sekolah harus memberi contoh yang baik, jujur, adil, serta sesuai kata dengan perbuatan. Dengan memberikan teladan yang baik, kedisiplinan guru, karyawan dan siswa pun akan ikut baik. Jika kepala sekolah memberikan contoh yang kurang baik (kurang berdisiplin), pihak yang ada dibawahnya pun akan kurang disiplin. Kepala sekolah tidak dapat mengharapkan kedisiplinan kelompok di bawahnya baik jika dirinya sendiri kurang disiplin. Kepala sekolah harus menyadari bahwa perilakunya akan dicontoh dan diteladani oleh seluruh warga sekolah.
  2. Kepala sekolah mengorganisasi, menyusun dan mengatur kegiatan untuk guru melaksanakan yang dapat membangun karakter/kepribadian. Membangun karakter/kepribadian dalam hal ini adalah dengan membangkitkan sikap percaya diri dalam diri seseorang agar lebih paham tentang dirinya sendiri. Selanjutnya, guru diberikan sosialisasi akan pentingnya mengembangkan pemahaman yang berkaitan dengan manfaat disiplin pada siswa. Kepala sekolah dapat mengarahkan guru untuk melakukan latihan pembiasaan disiplin melalui berbagai kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler di sekolah.

Insani Miftahul Janah

Trying. Learning. Then Doing.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.