Pentingnya Peran Guru untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa, Bagaimana Caranya?

teaching 18 Mei 2022

Kurikulum merdeka belajar menjadi acuan pelaksanaan pendidikan di Indonesia selama dua tahun terakhir ini. Merdeka belajar sebenarnya adalah slogan yang dipinjam oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dari sebuah sekolah swasta di Jakarta.

Sesuai dengan namanya, kurikulum merdeka belajar ini memberikan kemerdekaan dan kebebasan belajar bagi setiap siswa. Merdeka belajar memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk bisa belajar sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing.

Guna mendukung pelaksanaan merdeka belajar ini, guru diwajibkan membuat RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran)) merdeka belajar. RPP merdeka belajar inilah yang selanjutnya menjadi landasan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

RPP merdeka belajar ini berbeda dengan RPPsebelumnya yang pernah dibuat oleh guru. RPP merdeka belajar ini cukup 1 halaman saja. Penyederhanaan RPP ini bertujuan agar guru bisa lebih fokus dalam melaksanakan tugasnya di kelas.

Ditambah lagi, pada kurikulum merdeka belajar ini guru tidak hanya sebagai pelaksanaan kurikulum semata. Tugas guru lebih dari itu. Pada kurikulum merdeka belajar ini, guru tak hanya berkewajiban memberikan pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi saya. Guru juga harus memfasilitasi minat dan bakat siswa. Merdeka belajar mewajibkan guru untuk ikut meningkatkan minat dan bakat siswa.

Artikel ini selanjutnya akan membahas pentingnya peran guru untuk meningkatkan minat dan bakat siswa. Juga bagaimana cara guru dalam meningkatkan minat dan bakat siswa.

Pentingnya Peran Guru untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa

Mengapa guru  punya peran penting untuk meningkatkan minat dan bakat siswa? Pertama, sebagaimana amanat kurikulum merdeka belajar. bahwa guru juga harus memiliki peran dalam meningkatkan minat dan bakat siswa. Agar siswa tak hanya menguasai mata pelajaran saja, tetapi juga bisa mengembangkan minat dan bakatnya.

Kedua, guru adalah orang tua kedua bagi siswa. Guru adalah orang tua kedua bagi siswa, saat di sekolah gurulah yang bertanggung jawab dalam mendidik siswa. Dalam mendidik ini tentunya guru juga harus mengembangkan minat dan bakat siswa. Layaknya orang tua yang ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang berbakat.

Ketiga, guru bertanggung jawab pada kesuksesan siswa di masa depan. Tentunya siswa yang sukses adalah siswa yang mampu berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya. Bakat dan minat inilah yang membantu siswa sukses menjalankan peran dalam kehidupannya di masa depan nanti. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk bisa membantu mengembangkan minat dan bakat siswa.

Cara yang Dilakukan Guru untuk Meningkatkan Minat dan Bakat Siswa

Setelah tahu betapa pentingnya peran guru dalam meningkatkan minat dan bakat siswa, kini bagaimana cara guru untuk meningkatkan minat dan bakat siswa? Apa yang bisa dilakukan oleh guru. Berikut adalah cara yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat dan bakat siswa.

1. Berikan perhatian pada siswa

Cara pertama yang dapat dilakukan oleh guru untuk bisa meningkatkan minat dan bakat siswanya adalah dengan memberikan perhatian kepada siswa. Perhatian disini maksudnya adalah guru mengamati siswa saat proses pembelajaran untuk mengetahui minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa.

2. Bantu siswa menemukan minat dan bakatnya

Terkadang, siswa belum tahu apa minat dan bakatnya. Tentu sebelum membantu meningkatkan minat dan bakat siswa, guru perlu membantu siswa untuk menemukan minat dan bakatnya.

3. Perbanyak aktivitas untuk menambah wawasan siswa

Perbanyak aktivitas untuk menambah wawasan siswa, agar siswa bisa mengenali bakat dan minatnya. Bagi yang sudah tahu bakat dan minatnya, aktivitas yang menambah wawasan bisa semakin meyakinkan siswa untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimilikinya.

4. Tumbuhkan konsep diri positif kepada siswa

Menumbuhkan konsep diri positif kepada siswa juga bisa menjadi cara guru untuk meningkatkan minat dan bakat siswa. Konsep diri positif ini contohnya adalah keyakinan bahwa setiap orang pasti punya minat dan bakat masing-masing.

Dengan begitu, siswa akan lebih semangat dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Siswa juga menjadi percaya diri dengan minat dan bakat yang dimilikinya.

5. Berikan fasilitas yang mendukung

Memberikan fasilitas yang mendukung adalah salah satu cara penting untuk meningkatkan minat dan bakat siswa. Tentunya, fasilitas pendukung ini adalah tanggung jawab sekolah.

Contoh fasilitas yang mendukung meningkatnya minat dan bakat siswa adalah beragamnya pilihan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa. Selain itu juga beberapa fasilitas pendukung misalnya, laboratorium, lapangan olahraga, perpustakaan dan lain sebagainya.

6. Berikan motivasi

Meningkatkan minat dan bakat siswa tak hanya dilakukan dengan berbagai aktivitas stimulasi saja. Guru juga perlu memberikan motivasi kepada siswa untuk tetap semangat mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing.

7. Berikan kesempatan siswa untuk mengembangkan bakatnya

Apapun minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa, tentunya yang bersifat positif wajib diberi kesempatan. Berikan kesempatan yang sama kepada siswa untuk bisa mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing.

Sebuah minat dan bakat tidak akan berkembang apalagi meningkat, jika tidak diberi kesempatan. Jadi, jangan lupa  memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing.

8. Dukung siswa untuk mengembangkan bakatnya

Dukung siswa untuk mengembangkan bakatnya. Dalam perjalanan, pasti wajar jika siswa menemui hambatan dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Dukungan guru menjadi hal yang sangat berarti bagi siswa.

Bantu siswa mengatasi hambatan yang ditemuinya saat mengembangkan minat dan bakatnya.

Agar bakat dan minat siswa bisa meningkat, jangan lupa untuk membantu siswa menyalurkan bakatnya. Misalnya dengan mengadakan acara panggung minat dan bakat di sekolah. Atau mengadakan pameran untuk setiap hasil karya dari minat dan bakat siswa.

Bisa juga dengan mendorong siswa mengikuti berbagai perlombaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Lomba menjadi saluran yang tepat bagi minat dan bakat anak.

9. Jalin kerjasama dengan orang tua

Dalam meningkatkan minat dan bakat anak, jangan lupa untuk menjalin kerjasama dengan orang tua. Libatkan orang tua untuk mendukung anak mengembangkan minat dan bakatnya.

Bagaimanapun, orang tua adalah partner guru dalam proses pendidikan anak-anak. termasuk dalam hal meningkatkan minat dan bakat ini.

10. Berikan apresiasi

Jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi terhadap setiap perkembangan minat dan bakatnya. Berikan pujian setiap siswa bisa menunjukkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Bila kondisi sebaliknya, jangan lupa untuk tetap mendukung dan memberikan semangat pada siswa. Agar tetap berusaha meningkatkan minat dan bakatnya.

Demikian artikel tentang pentingnya peran guru untuk meningkatkan minat dan bakat siswa dan cara yang dilakukan guru untuk bisa meningkatkan minat dan bakat siswa. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda dalam meningkatkan minat dan bakat siswa.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.