Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa, Bagaimana Caranya?

edukasi 25 Apr 2022

Tahun 2020 lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kebijakan baru dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Merdeka belajar adalah konsep  yang dijadikan acuan pelaksanaan proses pendidikan di Indonesia. Merdeka belajar diartikan sebagai sebuah konsep pembelajaran yang memberikan kebebasan dan kemerdekaan belajar siswa. Pada konsep merdeka belajar ini, siswa bebas belajar sesuai dengan minat dan karakternya masing-masing.

Konsep merdeka belajar ini juga membuat peran guru tak hanya sebagai pelaksana kurikulum semata. Lebih dari itu, guru punya kewajiban untuk membimbing siswanya untuk mengembangkan bakatnya masing-masing.

Merdeka belajar ini memberikan ruang untuk setiap sisi unik siswa. Siswa bisa belajar sesuai dengan karakternya masing-masing. Siswa bebas memilih sumber belajar ataupun metode belajar yang paling sesuai baginya. Harapannya, siswa bisa lebih fokus belajar dan bisa mencapai hasil yang diinginkan. Merdeka belajar dianggap sebagai solusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Oleh karena itu, agar konsep merdeka belajar ini bisa berjalan lancar maka guru harus bisa memahami karakteristik masing-masing siswanya. Artikel ini selanjutnya akan membahas tentang pentingnya memahami karakteristik siswa dan bagaimana caranya guru untuk memahami karakteristik masing-masing siswanya.

Cara Mengajarkan Mengatur Emosi pada Murid
Emosi adalah suatu perasaan yang dimiliki setiap orang. Emosi berperan penting di dalam kehidupan seseorang.

Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa

Sebelum membahas mengapa sangat penting bagi guru untuk memahami karakteristik siswanya, ada baiknya membahas tentang apa itu karakteristik siswa. Apa saja yang menjadi bagian dari karakteristik siswa tersebut?

Karakteristik siswa ini tidak hanya sifat bawaan sejak lahir, melainkan juga terbentuk melalui sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam bukunya yang berjudul, “Memahami Karakteristik Anak” (2020) Lestari et al mendefinisikan karakteristik siswa sebagai kualitas moral yang menjadi ciri khusus.

Karakteristik siswa adalah kemauan, minat dan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa punya karakteristiknya masing-masing. Memahami karakteristik siswa adalah hal yang penting bagi guru. Sebab, hal ini sangat mempengaruhi proses pembelajaran di kelas.

Mengapa sangat penting bagi guru untuk memahami karakteristik siswa? Berikut alasannya.

1. Memudahkan guru dalam melakukan tugasnya di kelas

Alasan pertama mengapa guru sangat penting memahami karakteristik siswa adalah untuk memudahkan guru dalam melakukan tugasnya di kelas. Guru memiliki tugas memberikan pembelajaran di kelas. Tugas ini akan mudah jika guru bisa melakukan pembelajaran sesuai karakteristik siswanya masing-masing.

2. Menjadi pertimbangan dalam menentukan strategi pembelajaran

Karakteristik siswa bisa menjadi pertimbangan bagi guru dalam menentukan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran yang paling baik adalah yang paling sesuai dengan karakteristik siswa. Jika guru bisa memahami karakteristik siswanya, maka guru bisa menentukan strategi pembelajaran yang paling tepat.

3. Mengatasi hambatan selama proses pembelajaran

Kenyataannya, proses pembelajaran tidak selalu berjalan lancar. Terkadang, ada saja hambatan yang dihadapi, khususnya yang berkaitan dengan karakteristik siswa. Jika guru bisa memahami karakteristik siswanya, maka guru bisa mengatasi hambatan ini.

4. Sebagai acuan pembuatan rancangan pembelajaran

Karakteristik siswa diperlukan saat membuat rancangan pembelajaran. Apalagi di era merdeka belajar ini. Dimana RPP merdeka belajar disusun dengan mempertimbangkan setiap karakteristik siswa.

5.Bahan melakukan evaluasi belajar

Evaluasi belajar yang tepat adalah evaluasi belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Jadi, karakteristik siswa menjadi acuan guru dalam membuat evaluasi belajar.

6. Membantu siswa memahami pelajaran dengan baik

Jika guru sudah memahami karakteristik siswanya, maka guru bisa mengajar dengan baik. Sesuai dengan karakteristik masing-masing siswanya. Hal ini tentu akan membuat siswa bisa memahami pelajaran dengan baik.

7. Membantu mengembangkan minat dan bakat siswa

Dengan memahami karakteristik siswanya, guru bisa membantu mengembangkan minat dan bakatnya. Hal ini sesuai dengan tujuan merdeka belajar. Guru membantu mengembangkan minat dan bakat siswa sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.

Berdasarkan alasan-alasan di atas, bisa disimpulkan bahwa sangat penting bagi guru untuk memahami karakteristik siswanya masing-masing. Pemahaman guru akan karakteristik siswa ini sangat dibutuhkan agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tujuan pembelajaran pun akan mudah dicapai.

Cara Memahami Karakteristik Siswa

Setelah tahu betapa pentingnya guru memahami karakteristik siswa, maka sekarang yang perlu dibahas adalah bagaimana cara guru memahami karakteristik siswa. Berikut adalah beberapa cara yang bisa guru lakukan untuk memahami karakteristik siswa:

1. Mengenali temperamen siswa

Cara pertama yang bisa dilakukan guru untuk memahami karakteristik siswa adalah dengan cara mengenali temperamen siswa. Kenali temperamen siswa, maka guru bisa mengetahui karakteristik siswa. Temperamen menjadi salah satu bagian dari karakteristik siswa.

7 Karakter Siswa yang Menunjukkan Kecerdasan Emosional Tinggi
Siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik akan memiliki keterampilan sosial yang baik.

2. Observasi siswa saat proses pembelajaran

Agar bisa memahami karakteristik siswa, pastikan untuk mengobservasi siswa saat proses pembelajaran. Amati siswa setiap pembelajaran. Amati bagaimana sikap dan respon yang ditunjukkan siswa saat proses pembelajaran. Dengan mengamati, maka guru bisa mengetahui karakteristik siswanya.

3. Komunikasi efektif

Lakukan komunikasi efektif dengan siswa. Perbanyak melakukan komunikasi untuk bisa lebih dekat dan mengenali siswa. Komunikasi efektif akan memudahkan guru memahami karakteristik siswa-siswanya.

4. Menjadi sahabat siswa

Guru yang baik tak hanya bisa mengajar saja. Tetapi juga mampu menjadi sahabat siswanya. Jika guru bisa menjadi sahabat siswanya, maka guru bisa mengenali karakteristik masing-masing siswanya.

5. Mengenali lingkungan sosial siswa

Agar bisa memahami karakteristik siswa, guru perlu mengenali lingkungan sosial siswa. Lingkungan sosial siswa ini berarti kehidupan siswa di luar sekolah.

Lingkungan sosial ini meliputi kondisi keluarga, mulai dari status ekonomi hingga status sosialnya. Guru juga perlu mengenali lingkungan sosial dimana siswa tinggal.

Lingkungan sosial menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi karakteristik siswa. Dengan mengenali lingkungan sosial siswa, maka guru bisa memahami karakteristik siswanya.

Misalnya, siswa yang hidup dalam keluarga yang harmonis dan demokratis, akan memiliki karakteristik percaya diri dan komunikatif.

Sebaliknya, jika siswa tumbuh dalam lingkungan keluarga broken home, biasanya siswa akan menjadi lebih pendiam dan kurang percaya diri.

6. Berdiskusi dengan orang tua siswa

Agar lebih memahami karakteristik siswanya, guru bisa juga berdiskusi dengan orang tua siswa. Bagaimanapun, tentu orang tua yang lebih mengenal siswa. Sebab, orang tua yang lebih dulu melakukan sosialisasi kepada siswa.

Tidak ada salahnya bertanya dan berdiskusi dengan orang tua siswa untuk mengetahui karakteristik siswa.

7. Mengajak siswa mengikuti program pengenalan diri

Guru bisa juga mengajak siswa mengikuti program pengenalan diri agar bisa memahami karakteristik siswa. Siswa bisa mengikuti tes psikologi untuk mengenali karakteristiknya.

Banyak cara yang bisa guru lakukan untuk bisa memahami karakteristik siswa. Guru perlu berusaha dengan bersungguh-sungguh agar bisa memahami karakteristik siswanya. Sebab, hal tersebut sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran di kelas.

Demikian artikel tentang pentingnya memahami karakteristik siswa dan bagaimana cara untuk memahami karakteristik siswa. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memahami karakteristik siswa.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.