Yuk Berikan Pengetahuan Umum yang Menarik Berikut Ini sebagai Pembuka Sesi Belajar

edukasi 1 Jun 2024

Pembukaan sesi belajar menjadi kunci penting dalam proses pembelajaran selanjutnya. Pembukaan yang menarik akan membuat siswa semangat untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu memiliki keterampilan membuka kelas yang baik.

Salah satu cara yang baik dalam membuka kelas adalah dengan memberikan pengetahuan umum kepada siswa. Artikel ini selanjutnya akan membahas tentang bagaimana memberikan pengetahuan umum yang menarik sebagai pembuka sesi belajar.

Pembuka Sesi Belajar

sumber: https://www.pexels.com

Pada dasarnya sesi belajar terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Appersepsi (pembukaan), Kegiatan Inti (belajar) dan Refleksi (penutup). Ketiganya wajib ada dalam setiap proses belajar. Tujuannya agar pembelajaran bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan dan bermakna.

Kegiatan membuka sesi belajar adalah kegiatan pertama dan sangat menentukan. Pembukaan ini menjadi kunci, apakah siswa bisa tertarik dengan proses pembelajaran selanjutnya atau tidak.

Pembukaan yang menarik haruslah bermakna, berkesinambungan, menggunakan komunikasi efektif dan juga memperhatikan siswa. Pembuka sesi belajar yang menarik tidak hanya berupa salam, perkenalan diri dan intisari materi saja, lebih dari itu ada hal lain yang bisa dilakukan pada sesi pembuka belajar yang menarik.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa guru lakukan pada tahap appersepsi ini.

1.  Mengucapkan Salam

Mengucapkan salam adalah hal pertama yang guru lakukan dalam membuka kelas. Pastinya saat masuk kelas, guru harus mengucapkan salam. Mengucapkan salam ini menjadi penanda pada murid akan keberadaan guru di tengah-tengah mereka.

2. Menyapa Siswa

Setelah salam dan sapa, guru akan menyapa murid-muridnya. Saat menyapa, pastikan pandangan mata guru bisa menatap semua murid yang ada di kelas. Hal ini penting untuk dilakukan agar semua murid merasa diperhatikkan. Jangan lupa tersenyum saat menyapa.

3. Berdoa

Setelah menyapa semua murid-murid Anda, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah berdoa. Berdoalah setiap akan memulai pembelajaran. Doa sebelum belajar menjadi bagian dari pembuka sesi belajar yang tidak boleh dilewatkan.

4. Memberikan Motivasi

Saat membuka sesi belajar, jangan lupa untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswa Anda. Motivasi ini bisa meningkatkan semangat belajar siswa-siswa Anda. Berikan kalimat motivasi yang singkat namun membekas di hati.

5. Kilas Balik Materi Sebelumnya

Pembuka sesi belajar biasanya juga diisi dengan melakukan review atau kilas balik materi sebelumnya. Tanyakan pada siswa-siswa Anda tentang materi sebelumnya. Hal ini bisa menjadi cara bagi Anda untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa-siswa Anda terhadap pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya.

6. Memberikan Pengetahuan Umum

Salah satu kegiatan pembuka sesi belajar yang menarik adalah dengan memberikan pengetahuan umum yang menarik. Anda bisa memberikan pengetahuan umum ini dalam berbagi versi.

Mulai dari bercerita hingga bermain kuis tentang pengetahuan. Hal ini tidak hanya membuat sesi belajar lebih menarik, tapi juga bersifat edukatif. Siswa bisa semakin bertambah pengetahuan umumnya.

Pengetahuan Umum yang Menarik sebagai Pembuka Sesi Belajar

Sebelum membahas bagaimana memberikan pengetahuan umum yang menarik sebagai pembuka sesi belajar, ada baiknya membahas tentang apa itu pengetahuan umum. Pengetahuan umum adalah pengetahuan yang banyak diketahui oleh banyak orang.

Pengetahuan umum ini berisi informasi dari berbagai bidang. Mulai dari Sains, sejarah, hingga dunia hiburan. Selain itu, pengetahuan umum juga memberikan informasi seputar nama-nama tempat dan daerah.

Pengetahuan umum juga diartikan sebagai  informasi yang ditangkap sebagai informasi yang benar, seperti informasi yang telah banyak diketahui oleh anggota suatu komunitas.

Menyambut Hari Guru, Ini Dia Inovasi yang Bisa Dilakukan Guru untuk Pembelajaran
Hari guru Nasional jatuh pada tanggal 25 November sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Misalnya seperti informasi pada tingkat temperatur yang tepat untuk membuat segelas air membeku ataupun mendidih. Untuk memutuskan apakah suatu informasi tersebut dianggap sebagai pengetahuan umum atau tidak, maka seseorang dapat bertanya kepada audiensnya, apakah informasi tersebut dapat mereka asumsikan sebagai berita yang biasa didengar atau malah informasi tersebut menimbulkan pertanyaan mengenai keabsahan informasinya.

Manfaat Belajar Pengetahuan Umum

Mempelajari pengetahuan umum memiliki banyak manfaat tersendiri bagi siswa. Berikut adalah manfaat belajar pengetahuan umum bagi siswa.

- Membantu Menaikkan Prestasi Akademis

Pengetahuan umum bisa membantu siswa memahami pelajaran sekaligus menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Sebagaimana kita tahu, pengetahuan umum itu banyak yang bersinggungan dengan mata pelajaran di sekolah.

Saat bisa menguasai pengetahuan umum, maka siswa juga bisa mengasai mata pelajaran sekolah.

- Bisa Membantu Orang Lain

Memiliki pengetahuan umum bisa membuat siswa membantu orang lain. Ketika ada orang yang bertanya tentang suatu hal, siswa bisa menjawabnya dengan pengetahuan umum yang dimilikinya.

- Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Menguasai pengetahuan umum bisa membuat siswa lebih percaya diri. Sebab bisa membantu orang lain saat bertanya tentang suatu hal.

- Membantu Mengatasi Permasalahan Sehari-hari

Pengetahuan umum yang dimiliki bisa membantu mengatasi permasalahan sehari-hari. Misalnya, pengetahuan tentang bagaimana mengatasi pertolongan pertama pada saat demam, akan sangat membantu jika siswa mengalami demam.

- Membantu untuk Mudah Bergaul dengan Orang Lain

Pengetahuan umum yang dimiliki bisa membantu siswa untuk mudah bergaul dengan orang lain. Pengetahuan umum yang dimiliki bisa menjadi bahan pembicaraan saat bergaul dengan orang lain.

Pengetahuan Umum yang Menarik Sebagai Pembuka Sesi Belajar

sumber: https://www.pexels.com

Pengetahuan umum sangat banyak, namun guru bisa memilih pengetahuan umum yang menarik untuk digunakan sebagai pembuka sesi belajar. Berikut adalah pengetahuan umum yang menarik untuk pembuka sesi belajar.

- Protokol Kesehatan

Pengetahuan umum tentang protokol kesehatan bisa digunakan sebagai pembuka sesi belajar. Tak hanya menarik, pengetahuan umum seputar protokol kesehatan ini juga sangat bermanfaat.

- Pemilahan Sampah

Berikan pengetahuan umum kepada siswa, bahwa saat ini tidak cukup hanya membuang sampah pada tempatnya saja. Tetapi harus memilah sampah. Berikan pengetahuan tentang jenis-jenis sampah yang harus dipilah. Dengan begitu siswa bisa berkontribusi untuk menjaga lingkungan di sekitarnya.

- Membuat Komposter Rumah Tangga

Saat ini pembuatan komposter rumah tangga banyak dilakukan. Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa untuk mengetahui bagaimana cara membuat komposter rumah tangga.

Dengan pengetahuan umum ini, siswa bisa praktik membuat komposter rumah tangga di rumah masing-masing. Siswa pun ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.

- Kondisi Alam

Pengetahuan umum tentang kondisi-kondisi alam tertentu juga menjadi hal yang menarik untuk dibahas saat pembuka sesi belajar. Misalnya tentang gunung tertinggi di dunia, sungai terpanjang di dunia, danau terbesar di dunia dan masih banyak lagi.

Upaya Guru dalam Memperbaiki dan Meningkatkan Kemampuan Siswa
Kemampuan siswa yang menurun seringkali menjadi permasalahan, sehingga guru harus berupaya meningkatkan kemampuan siswa.

- Sejarah Sebuah Tempat

Bercerita tentang sejarah suatu tempat menjadi pengetahuan umum yang menarik bagi siswa. Siswa jadi tahu banyak tentang sejarah suatu tempat. Misalnya sejarah gunung tangkuban perahu, sejarah Candi Borobudur dan lain-lain.

Pengetahuan umum adalah hal yang menarik dan bermanfaat untuk diberikan kepada siswa. Semoga artikel ini bisa membantu Anda membuka sesi belajar dengan pengetahuan umum yang menarik. Agar siswa lebih antusias dalam menjalani proses belajar.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.