Pelatihan-pelatihan untuk Mengembangkan Skill Mengajar

edukasi 7 Jan 2022

Menjadi guru juga merupakan sebuah proses pembelajaran tersendiri. Guru juga perlu belajar untuk bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajarnya. Ini sebabnya guru perlu ikut pelatihan. Pelatihan guru adalah sebuah pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar. Harapannya pelatihan ini bisa membuat guru menjadi seorang guru yang profesional sekaligus melakukan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Lalu, pelatihan-pelatihan apa sajakah yang bisa diikuti guru untuk mengembangkan skill mengajarnya? Artikel ini selanjutnya akan membahas pelatihan-pelatihan apa saja yang perlu dilakukan guru untuk mengembangkan skill mengajarnya.

Manfaat Guru Mengikuti Pelatihan

Sebelum membahas pelatihan-pelatihan apa saja yang perlu diikuti guru untuk mengembangkan skill mengajarnya, kita perlu membahas terlebih dahulu manfaat apa saja yang bisa guru dapatkan saat mengikuti sebuah pelatihan guru.

Pelatihan guru adalah sebuah proses pembelajaran yang tentunya bermanfaat. Jika guru mengikuti pelatihan, manfaatnya tidak hanya untuk guru itu sendiri. Guru yang ikut pelatihan bisa memberikan manfaat bagi siswa maupun sekolah di mana guru tersebut mengajar.

Kalau bagi siswa, jelas manfaatnya. Guru yang telah mengikuti pelatihan pasti akan lebih profesional lagi dalam menjalankan perannya. Ini membuat guru bisa lebih efektif dalam mengajar, sehingga siswa menjadi lebih mudah memahami materi pelajaran.

Sedangkan bagi sekolah, manfaat yang diterima saat guru mengikuti pelatihan adalah:

1. Meningkatkan produktivitas kerja di antara stakeholder sekolah.

2. Meningkatkan prestasi sekolah.

3. Mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru di sekolah.

4. Mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif di sekolah.

5. Meningkatkan etos kerja di antara stakeholder sekolah.

6. Memperbaiki budaya organisasi yang ada di sekolah.

7. Mengatasi beragam masalah fungsional yang ada di sekolah.

Lalu, apa manfaat pelatihan bagi guru itu sendiri? Selain untuk meningkatkan skill mengajar, ada banyak manfaat lainnya yang didapat saat guru mengikuti pelatihan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat oleh guru saat mengikuti sebuah pelatihan.

1. Mengembalikan semangat mengajar

Mengikuti pelatihan bisa mengembalikan semangat belajar. Bagi guru yang sudah lama mengajar, ikut pelatihan bisa memberikan suntikan semangat mengajar. Pelatihan-pelatihan guru biasanya tidak hanya tentang meningkatkan skill mengajar saja, tapi juga memberikan penyemangat bagi guru untuk terus menjalankan tugasnya dengan baik.

2. Refresh pengetahuan mengajar

Mengikuti pelatihan mengajar juga bisa memberikan pengetahuan mengajar baru bagi guru. Pelatihan menjadi cara guru untuk melakukan refresh pengetahuan mengajarnya. Akhirnya, guru akan bertambah pengetahuan mengajarnya.

3. Meningkatkan motivasi mengajar

Ikut pelatihan guru tak hanya bisa meningkatkan skill mengajar saja, tetapi juga bisa meningkatkan motivasi mengajar. Setiap pelatihan skill mengajar untuk guru, biasanya juga diisi dengan pemberian motivasi-motivasi mengajar. Sehingga setelah ikut pelatihan, motivasi mengajar guru pun meningkat.

4. Meningkatkan produktivitas

Mengikuti pelatihan guru bisa meningkatkan produktivitas. Guru bisa lebih produktif dalam mengajar, maupun mengerjakan tugas-tugas keguruan lainnya.

5. Meningkatkan kemampuan problem solving

Dengan mengikuti sebuah pelatihan, guru bisa mendapatkan banyak insight-insight yang bisa digunakan saat menghadapi kendala mengajar di kelas. Ilmu yang didapatkan dari pelatihan bisa membantu guru menyelesaikan beragam masalah yang didapat saat proses pembelajaran. Kemampuan problem solving guru pun meningkat.

6. Meningkatkan rasa percaya diri

Mengikuti pelatihan bisa membuat guru semakin percaya diri. Sebab, guru punya pengetahuan dan keterampilan yang bisa membantunya untuk lebih baik lagi dalam mengajar.

7. Memperluas networking

Mengikuti pelatihan juga bisa memberikan kesempatan pada guru untuk memperluas networking-nya. Saat pelatihan, guru bertemu banyak pihak yang bisa menjadi koneksi baru bagi dirinya.

Pelatihan untuk Mengembangkan Skill Mengajar

Lalu, apa saja pelatihan yang bisa guru ikuti untuk mengembangkan skill mengajarnya? Berikut adalah beberapa pelatihan yang bisa diikuti guru untuk mengembangkan skill mengajar.

1. Pelatihan membuat media belajar kreatif

Pelatihan membuat media belajar kreatif sangat dibutuhkan oleh guru. Dengan mengikuti pelatihan ini, guru bisa menciptakan media belajar yang kreatif. Mengajar dengan metode belajar yang kreatif tentu akan lebih menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan baik.

2. Pelatihan teknologi digital

Di era digitalisasi seperti ini, skill penguasaan teknologi digital adalah hal yang sangat dibutuhkan. Begitu juga oleh guru. Guru perlu menguasai teknologi digital, khususnya yang berhubungan dengan proses pembelajaran.

Misalnya, bagaimana menggunakan LMS (Learning Management System) saat pembelajaran blended learning. Atau bagaimana menggunakan platform belajar online yang bisa memudahkan guru dalam proses mengajar di kelas.

3. Pelatihan literasi

Guru juga perlu mengikuti pelatihan literasi. Pelatihan literasi ini tidak hanya untuk melatih guru agar bisa menulis saja, tetapi juga membuat guru semangat membaca. Dengan begitu, kemampuan literasi guru bisa menjadi lebih baik.

4. Pelatihan public speaking

Guru adalah aktor utama dalam proses pembelajaran di kelas. Guru bertugas menyampaikan materi pelajaran di kelas. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk bisa menyampaikan materi pelajaran dengan baik. Inilah mengapa guru perlu mengikuti pelatihan public speaking.

5. Pelatihan manajemen kelas kreatif

Guru yang baik tidak hanya bisa menyampaikan materi belajar saja, tetapi juga mampu mengatur kelasnya. Guru perlu memiliki kemampuan mengatur kelas. Oleh karena itu, sangat penting bagi guru untuk mengikuti pelatihan manajemen kelas kreatif agar guru bisa mengatur kelasnya secara kreatif.

6. Pelatihan ice breaking pembelajaran

Ice breaking saat pembelajaran itu penting, lho. Ice breaking ini bisa membuat kelas menjadi lebih menyenangkan. Siswa bisa rileks sejenak di tengah-tengah proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Trik Sulap Sederhana untuk Ice Breaking Online Learning
Saat online learning, guru harus lebih kreatif dalam menciptakan kegiatan pembelajaran agar tidak membosankan, misalnya dengan ice breaking.

Ice breaking bisa menyegarkan suasana belajar di kelas. Ini membuat siswa tidak bosan apalagi mengantuk saat guru menyampaikan materi pelajaran.

Dengan mengikuti pelatihan ice breaking pembelajaran, guru bisa membuat ice breaking saat mengajar. Kemampuan melakukan ice breaking pembelajaran bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi guru.

7. Pelatihan pengembangan kurikulum

Kurikulum adalah hal yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Kurikulum menjadi panduan bagi guru dalam menjalankan proses pembelajaran. oleh karena itu, penting bagi guru untuk bisa mengikuti pelatihan pengembangan kurikulum. Dengan demikian, guru bisa memiliki pengetahuan sekaligus keterampilan dalam mengembangkan kurikulum.

Peran dan Fungsi Kurikulum dalam Dunia Pendidikan
Kurikulum merupakan alat atau model yang digunakan oleh setiap institusi untuk mencapai tujuan pendidikan.

8. Pelatihan parenting

Guru adalah orang tua siswa saat di sekolah. Guru tidak hanya bertugas memberikan materi pelajaran saja. Guru juga berkewajiban untuk mendidik siswa-siswinya, layaknya orang tua mendidik anaknya. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk bisa mengikuti pelatihan parenting. Agar guru bisa menjalankan tugasnya sebagai orang tua siswa di sekolah dengan baik.

Demikian pelatihan-pelatihan yang bisa diikuti guru untuk meningkatkan skill mengajarnya. Guru bisa mengikuti pelatihan-pelatihan ini secara online maupun offline. Biasanya, pelatihan online digelar oleh platform pendidikan. Salah satu platform pendidikan yang memberikan program pelatihan bagi guru adalah Kejarcita. Di sana guru bisa mengikuti beragam pelatihan yang membantu meningkatkan skill mengajarnya.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.