Paham Teori Saja Tidak Cukup, Anak Juga Butuh Latihan Soal

edukasi Jun 15, 2020

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin memiliki anak yang cerdas dan berprestasi di sekolah, baik dalam kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler. Agar anak dapat mencapai prestasi-prestasi tersebut, tak jarang orang tua memilihkan sekolah terbaik dan melakukan upaya lainnya. Hal ini dimaksudkan agar anak bisa belajar dari pengajar terbaik sehingga dapat memahami mata pelajaran dengan baik pula. Namun meskipun demikian, nyatanya selain paham dengan teori, anak juga butuh latihan soal agar bisa mendapatkan nilai terbaik di sekolah.

Hubungan antara latihan soal dan prestasi anak di sekolah bukanlah sebuah teori semata.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar terbitan Universitas Negeri Surabaya melaporkan bahwa,

latihan soal dapat membantu meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar

Latihan soal tentu tidak hanya berlaku untuk siswa di sekolah dasar saja, melainkan juga dapat dipakai untuk siswa di jenjang lainnya. Nah, ketika anak sudah terbiasa belajar dengan mengerjakan latihan soal sejak SD, maka ia akan mudah melakukannya di jenjang setelah itu. Hanya saja, yang mungkin menjadi pertanyaan, bagaimana latihan soal bisa meningkatkan prestasi belajar siswa? Hal ini tak lepas dari berbagai manfaat latihan soal tersebut bagi anak atau siswa.

Manfaat Latihan Soal Bagi Anak

Kurikulum pendidikan yang terus diperbaharui dan berkembang menuntut siswa mempelajari banyak materi. Tentu jika dibandingkan dengan masa saat orang tua bersekolah dulu, materi anak sekolah zaman sekarang lebih berat dan lebih padat. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya buku pelajaran mereka, mulai dari buku teks hingga lembar kerja siswa. Di samping itu, berbagai teori menjejali pikiran anak, berikut dengan banyaknya ulangan harian dan ujian yang menyertainya.

Banyaknya dan beratnya materi yang ada menuntut siswa untuk tidak mencukupkan diri belajar di sekolah saja, melainkan harus menambah waktu belajar di rumah. Salah satu metode yang paling efektif untuk belajar di rumah adalah mengerjakan latihan soal. Berikut beberapa manfaat latihan soal bagi anak.

1. Mengetahui sejauh mana pemahaman materi

Mengerjakan latihan soal akan membuat anak dapat mengukur sejauh mana pemahamannya terhadap materi yang sudah diajarkan. Orang tua dapat menemani anak dalam mengerjakan latihan soal, agar dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan. Pendampingan oleh orang tua juga akan memberikan gambaran pada orang tua tentang kemampuan anak.

2. Membantu memahami materi dengan lebih baik

Manfaat lainnya dari latihan soal yang bisa didapatkan oleh anak adalah membuat mereka dapat memahami materi dengan lebih baik. Jika secara teori mereka sudah paham dan mengenal rumusnya, maka latihan soal akan membuat mereka mengerti tentang penerapan dari teori tersebut.

3. Menyiapkan diri untuk ujian

Tak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak latihan soal, anak akan lebih siap untuk menghadapi ujian. Faktanya, ujian yang diadakan di sekolah bukan hanya ujian tengah semester dan ujian akhir semester saja, namun juga ulangan harian dan kuis yang kualitas soalnya tak jarang sama sulitnya.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Mengerjakan latihan soal juga akan membuat kepercayaan diri anak meningkat. Kenapa bisa demikian? Itu karena mereka sudah membahas banyak soal pada materi tertentu sehingga mereka akan percaya diri jika menemukan soal yang sama baik di latihan, pekerjaan rumah bahkan ujian. Dengan demikian, anak memiliki sikap positif saat menghadapi evaluasi pembelajaran mereka.

5. Melatih manajemen waktu

Tak dapat dipungkiri, menambah waktu belajar dengan mengerjakan latihan soal juga akan membuat anak terlatih untuk melakukan manajemen waktu. Misalnya pada saat kapan anak harus mengerjakan soal saat di rumah, berapa lama waktu belajar dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan satu soal. Ilmu manajemen waktu yang didapatkan dari kegiatan belajar ini juga bisa diterapkan pada kegiatan lainnya di kehidupan mereka.

Tips dalam Belajar dengan Latihan Soal

Beberapa manfaat latihan soal yang sudah disebutkan di atas menjelaskan bahwa selain paham teori, anak juga butuh latihan soal. Namun, ada beberapa tips yang perlu dilakukan dalam mengerjakan aktivitas belajar dengan latihan soal tersebut. Tips tersebut akan membantu anak mendapatkan hasil optimal dari proses belajar mengerjakan latihan soalnya.

1. Mengerjakan ulang contoh soal

Sebelum mengerjakan soal yang ada di buku teks, ada baiknya anak mengerjakan ulang contoh soal terlebih dahulu. Pada tips ini, anak boleh melihat pembahasan soal ketika ia terlupa atau tidak tahu. Mengerjakan ulang contoh soal akan membuat anak memahami pola pengerjaan soal, yang melingkupi proses untuk mendapatkan solusi dari pertanyaan.

2. Memulai dengan soal yang lebih mudah

Penulis buku teks pelajaran atau lembar kerja siswa umumnya mengurut soal-soal dari yang mudah hingga sulit. Anak bisa mulai mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dan meningkatkan level soal saat ia sudah bisa menyelesaikan soal-soal yang lebih mudah. Sebagai contoh, awalnya anak dapat  mengerjakan soal standar atau soal LOTS (low order thinking skills) sebelum beranjak ke soal HOTS (high order thinking skills). Hal ini akan membantu anak memahami materi dengan perlahan dan terstruktur.

3. Kerjakan soal dengan tipe yang sama agar mahir

Selain beberapa tips di atas, usahakan anak tidak beranjak mengerjakan soal dengan tipe berbeda sebelum ia mahir dengan tipe yang sama. Sebagai contoh, anak atau siswa bisa diminta untuk mengerjakan kelompok soal perkalian terlebih dahulu sebelum pembagian atau operasi campuran. Namun bila ternyata mereka membutuhkan waktu yang lama, di saat itulah bantuan orang tua sangat dibutuhkan.

4. Evaluasi kegiatan belajar

Setelah melakukan latihan soal, dimulai dari mengerjakan ulang contoh soal hingga menjawab soal-soal yang ada di lembar latihan, evaluasi belajar perlu dilakukan. Evaluasi ini bisa dengan memeriksa jawaban yang didapatkan oleh anak dan mencocokkannya dengan kunci jawaban. Pada kegiatan evaluasi ini, orang tua bisa menemani anak dan menunjukkan pembahasan soal yang benar jika anak menjawab dengan salah.

Soal HOTS SD Terlengkap di Indonesia
Soal HOTS SD menjadi salah satu soal yang paling sering dicari saat ini. Mengerjakan soal HOTS SD menjadi salah satu kewajiban bagi semua siswa SD saat ini.

5. Lengkapi dengan latihan soal serta pembahasan di internet

Untuk memperkaya pemahaman anak dalam mengerjakan latihan soal, orang tua dan guru sangat disarankan untuk melengkapi proses belajar anak dengan mengerjakan soal dengan pembahasan di internet. Sebagai contoh, berbagai soal HOTS SD lengkap dengan pembahasannya bisa ditemukan di situs kerjarcita.id. Beberapa soal tersebut juga dilengkapi dengan video pembahasan yang menarik bagi siswa SD.

Adapun beberapa tips mengerjakan latihan soal di atas dapat dijalankan dengan baik jika orang tua dapat membersamai anak dalam belajar. Ketika Anda ikut serta dalam proses belajar anak, anak tidak hanya terbantu dalam menjawab soal-soal tersebut, tetapi hubungan orang tua dan anak juga akan semakin hangat dan erat. Di samping itu, Anda juga dapat mengontrol proses belajar anak agar tetap disiplin dengan waktu.

Latihan Soal SD dengan Salah Satu Platform KBM Online Terbaik
Latihan soal SD maupun jenjang lainnya saat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara dan medium. Salah satu cara yang paling mudah dan menyenangkan adalah dengan memanfaatkan layanan pembelajaran daring.

Terlepas dari semua itu, bagaimana pun orang tua tentu menginginkan agar anak dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari mereka. Hanya saja, anak-anak tidak bisa menjadi baik tanpa pengawasan dan pendidikan dari orang tua. Oleh karena itu, sesibuk apapun Anda, tak ada salahnya untuk berusaha menyisihkan waktu demi menemani anak belajar, bukan? Semoga dengan usaha-usaha itu anak bisa menjadi lebih cerdas dan berprestasi di sekolah, baik dalam hal kurikuler maupun ekstra kurikuler.

Fadli Hafizulhaq

Narablog yang memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan dan menetap di kota Padang.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.