Menggunakan Situs KenKen Puzzle dalam Pembelajaran Matematika

edukasi 31 Mei 2024

Matematika seringkali dianggap momok bagi sebagian besar siswa. Banyak siswa yang merasa kesulitan memahami pelajaran matematika ini. Matematika menjadi pelajaran yang sangat sulit ditaklukkan.

Akibatnya, banyak siswa menghindari pelajaran ini. Padahal matematika termasuk pelajaran yang sangat penting. Matematika tidak hanya bisa membantu siswa mengerjakan pelajaran-pelajaran lain yang terkait, seperti akutansi, ekonomi, fisika dan kimia saja. Tetapi juga membantu siswa memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Di masa yang akan datang, matematika juga berperan penting dalam pilihan profesi para siswa. Tidak ada satupun profesi atau pekerjaan yang tidak membutuhkan operasi matematika.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi para siswa untuk bisa memahami matematika. Apalagi saat ini matematika yang menjadi salah satu bagian kemampuan numerasi menjadi salah satu hal yang diujikan dalam asesmen nasional yang menggantikan posisi Ujian Nasional (UN).

Salah satu cara agar belajar matematika menjadi lebih menarik dan mudah dipahami adalah dengan cara gamifikasi. Belajar matematika melalui beragam permainan, akan membuat siswa lebih semangat belajar. Bukankah adalah hal yang menyenangkan jika bisa belajar sambil bermain?

Banyak sekali permainan yang bisa dijadikan metode belajar matematika. Salah satunya adalah situs KenKen Puzzle.

Artikel ini selanjutnya akan membahas tentang pelajaran matematika dan bagaimana menggunakan situs KenKen Puzzle dalam pembelajaran matematika.

Pelajaran Matematika

sumber: https://www.pexels.com

Pelajaran matematika menjadi pelajaran yang sudah dikenalkan sejak masih di taman kanak-kanak. Matematika akan terus ada pada setiap jenjang pendidikan. Termasuk saat di jenjang pendidikan tinggi. Tak hanya jurusan kuliah eksak saja yang ada matematikanya, tetapi kuliah jurusan sosial pun juga ada matematikanya.

Ini menjadi bukti bahwa matematika itu sangat penting. Sehingga terus diajarkan selama menempuh jenjang pendidikan.

Pelajaran matematika ini tak sekadar tentang angka-angka dan operasi hitung saja. Matematika memiliki banyak komponen lengkap yang membuatnya menjadi lebih praktis dalam kehidupan sehari-hati.

Dalam NCTM (National Council of Theacher of Mathematics,AS) 2000 (Nadar, 2016:266), disebutkan bahwa terdapat lima kemampuan dasar matematika yang merupakan standar yakni pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan bukti (reasoning andproof), komunikasi (communication), koneksi (connection), representasi (representation).

Sedangkan menurut Kline  (E.T.Ruseffendi,  2006:28) dalam  bukunya mengatakan, bahwa matematika itu bukanlah pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan sosial, ekonomi, dan alam.

Menurut De Walle (2008: 47), prinsip belajar matematika menurut NCTM (National Council of Theacher of Mathematics, AS) adalah siswa harus belajar dengan pemahaman, secara aktif membangun pengetahuan baru dari pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya.

Pentingnya Belajar Matematika

sumber: https://www.pexels.com

Kemampuan matematika tak kalah pentingnya dengan kemampuan membaca. Bila kemampuan membaca bisa membuat siswa memiliki pengetahuan yang luas, maka kemampuan matematika memberikan banyak manfaat seperti :

  1. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap alam semesta dan hukum yang berlaku di dalamnya.
  2. Agar siswa bisa melakukan perencanaan dan evaluasi dengan baik di masa depannya nanti.
  3. Agar siswa bisa membuat rancangan dan konstruksi dengan benar.
  4. Agar siswa memiliki kemampuan bernalar yang baik.
  5. Membantu siswa memiliki kemampuan bepikir logis.
  6. Mengasah kemampuan berpikir analitik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memahami pelajaran matematika ini, antara lain :

- Matematika Itu Bukanlah Sekadar Berhitung Menggunakan Angka-angka

Berhitung (aritmatika) hanyalah salah satu cabang dari matematika. Banyak hal yang dipelajari dari matematika selain berhitung, yaitu geometri, bangun datar, bangun ruang, pengukuran, pola dan urutan, logika hingga pemecahan masalah.

- Matematika adalah Bagian dalam Kehidupan Sehari-hari, Matematika Bukan Hal yang Abstrak

Matematika adalah pelajaran yang bersifat praktis. Konsep-konsep matematika bisa digunakan dalam memecahkan beragam masalah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, matematika juga sebagai ilmu pendukung saat memperlajari ilmu-ilmu lainnya.

- Agar Siswa Menyukai Matematika, Orangtua Juga Harus Suka dengan Matematika

Agar siswa tidak kesulitan dengan pelajaran matematika, maka siswa harus suka terlebih dahulu dengan matematika. Agar siswa menyukai matematika, orangtua juga harus suka dengan matematika. Keteladanan dari orangtua menjadi kunci sukses dalam proses pembelajaran, termasuk belajar matematika.

- Belajar Matematika Bisa Dilakukan Sambil Bermain

Belajar matematika bisa dilakukan sambil bermain, ini akan membuat pelajaran matematika menjadi lebih menarik. Banyak sekali permainan yang bisa digunakan sebagai media belajar matematika.

Belajar Matematika Menggunakan Situs KenKen Puzzle

Salah satu permainan yang bisa digunakan sebagai proses belajar matematika adalah KenKen Puzzle. KenKen Puzzle adalah salah satu jenis permainanan yang sangat digemari di seluruh dunia. Bermain KenKen Puzzle ini sangat menyenangkan, menantang, sangat adiktif, dan edukatif. KenKen Puzzle ini bisa melatih otak sekaligus penantang kejeniusan.

7 Tugas Eksperimen Sains Untuk Siswa
Tugas eksperimen siswa SD. Metode eksperimen, membuat pembelajaran sains akan lebih menyenangkan dan tidak memusingkan siswa.

Pencipta KenKen Puzzle adalah Tetsuya Miyamoto dari Jepang pada tahun 2004 dan langsung populer di seluruh dunia. Apakah arti ‘’KenKen”? KEN dalam bahasa Jepang artinya kebijaksanaan, jadi KEN-KEN artinya ‘kebijaksanaan kuadrat’. Jadi dengan belajar KenKen maka kebijaksanaan Anda akan berlipat ganda.

Bagaimana cara bermain KenKen Puzzle ini? KenKen Puzzle sebenarnya hampir sama dengan sudoku di mana pemain harus menempatkan angka dalam baris/kolom dan setiap angka hanya satu kali muncul untuk menghasilkan suatu jumlah, kali, kurang dan bagi tertentu.

Tetapi tentu saja KenKen Puzzle berbeda dengan sudoko yang bersisi 81 kotak dari kotak, KenKen berisi kotak yang jauh bervariasi. Ada satu lagi yang berbeda dengan sudoku, jika dalam sudoku persoalan diberikan dengan meletakan angka-angka lain, pada KenKen soal muncul dengan memberikan bilangan hasil pengoperasian dan operasinya.

Saat ini KenKen Puzzle bisa diakes secara digital. Situs Kenkenpuzzle.com adalah website yang juga menyediakan soal permainan ini. Untuk memainkan KenKen Puzzle ini Anda harus melakukannya secara daring.

Bermain KenKen Puzzle menjadi salah satu cara belajar matematika yang menyenangkan bagi para siswa. KenKen Puzzle bisa membuat siswa mengasah otak memecahkan beragam operasi hitung dalam matematika.

Saat bermain KenKen Puzzle siswa belajar menghasilkan suatu jumlah, kali, kurang dan bagi tertentu. Tak hanya itu, permainan KenKen Puzzle juga bisa mengembangkan beragam kemampuan yang sangat penting dalam pelajaran matematika. Seperti berpikir cepat, rasional, dan analisis.

Alasan Siswa Harus Berpikir Kritis dan Cara Guru Meningkatkannya
Kemampuan berpikir kritis ini sangat diperlukan dalam menghadapi era globalisasi yang dipenuhi oleh berbagai macam kompetisi yang sangat ketat.

Guru perlu meminta siswanya untuk bermain KenKen Puzzle saat pelajaran matematika. Ini akan membuat siswa lebih tertarik belajar matematika. Dengan bermain, matematika menjadi lebih menyenangkan.

Kesimpulannya, bermain KenKen Puzzle bisa menjadi metode belajar matematika dengan cara yang menyenangkan. Situs kenkenpuzzle.com bisa digunakan dalam pembalajaran matematika.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.