Mendesain Ruang Kelas yang Kreatif dan Interaktif

edukasi 10 Mei 2022

Agar kegiatan pembelajaran semakin menyenangkan dan tidak membosankan, maka diperlukan dukungan yang optimal salah satunya dengan mendesain kelas yang kreatif dan interaktif. Ruang kelas merupakan tempat belajar mengajar siswa dan guru di sekolah, sehingga ruangan ini berpengaruh besar terhadap semangat dan motivasi siswa dalam menuntut ilmu. Dengan desain atau tampilan ruang kelas yang interaktif dan menyenangkan, maka siswa akan betah belajar di dalamnya.

Pasalnya ruang kelas yang kaku dan membosankan bisa menghilangkan kreativitas di dalamnya. Seperti yang dikutip dalam buku berjudul "Strategi Belajar Mengajar" oleh Djamarah (2006), tertulis bahwa ruang kelas menjadi upaya yang dilakukan guru untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, misalnya dengan aktivitas mengatur siswa lebih tertib, barang, maupun fasilitas pembelajaran.

Dalam mendesain ruang kelas yang kreatif dan interaktif juga bisa dilakukan bersama siswa. Guru bisa menetapkan jadwal untuk kerja bakti membersihkan dan mendesain kelas bersama-sama. Hal ini bertujuan agar desain kelas bisa disesuaikan dengan keinginan siswa.

Tujuan mendesain kelas bersama-sama bukan hanya membuat kelas jadi tampak lebih indah dan menarik, tetapi juga bisa membangun semangat gotong-royong siswa, membuat pekerjaan jadi lebih ringan, meningkatkan kreativitas siswa, hingga menumbuhkan rasa solidaritas dan kekeluargaan. Kegiatan ini juga sangat menyenangkan, agar siswa tidak bosan karena terus terus-menerus belajar.

7 Desain Ruang Kelas yang Kreatif dan Interaktif

Jika Anda tertarik untuk mengajak siswa melakukan desain kelas, namun bingung memilih konsep apa yang akan digunakan, berikut ini merupakan beberapa inspirasi atau referensi dekorasi ruang kelas yang menarik dan tidak membosankan:

Praktik Kurikulum yang Memerdekakan di Kelas
Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan untuk memudahkan siswa dan satuan pendidikan agar para peserta didik dapat mendalami bakat dan minatnya.

1. Menghias Kelas Menggunakan Hasil Karya Siswa

Agar kelas tampak lebih menarik, Anda bisa meminta siswa untuk membuat suatu karya, lalu karya tersebut dipajang atau ditempelkan di kelas. Cara ini bisa mendorong dan meningkatkan kreativitas siswa sekaligus menjadi bentuk apresiasi karya yang sudah dibuat mereka. Kelas bukan hanya jadi menarik, tetapi siswa pun akan senang melihat hasil karyanya dipajang dalam kelas.

2. Menghias Kelas Menggunakan Hiasan Gantung

Salah satu dekorasi yang mudah ditemukan dan membuat tampilan menjadi lebih menarik yaitu menggunakan hiasan gantung. Jenis karya hiasan gantung ini juga cukup mudah dibuat.

Cara menghias kelas menggunakan hiasan gantung misalnya dengan kertas berwarna atau karton, manik-manik, tali sebagai pengait. Anda bisa meminta siswa untuk membuat karya dari kertas karton misalnya bentuk kupu-kupu, bangau, bunga, lalu diberikan manik-manik. Setelah itu, hasil bentukannya digantung menggunakan tali dan tempelkan di dinding atau plafon menggunakan selotip khusus.

3. Menempelkan Poster Kata-kata Positif

Cara menghias kelas yang kreatif dan interaktif selanjutnya yaitu dengan menempelkan poster kata-kata positif dan motivasi di dinding kelas. Poster ini juga tentunya harus di desain dengan baik menggunakan desain menarik.

Tujuan memasang poster di kelas bukan hanya mempercantik kelas, tetapi juga dapat menambah motivasi belajar siswa dan siswa juga akan terus mengingat pesan positif yang disampaikan dalam poster tersebut.

Selain kata-kata positif, poster juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran visual yang menarik misalnya dengan memasang peta-peta dunia, bacaan surat, rumus-rumus, dan lainnya.

Tips Menjadi Guru Kreatif Untuk Meningkatkan Pembelajaran
Guru dituntut memiliki wawasan yang luas agar dapat memberikan pengalaman belajar yang positif & berkesan bagi siswa.

4. Palet Warna yang Menyegarkan

Desain kelas yang menarik dan kreatif tidak harus selalu ramai, tapi juga bisa terlihat simpel, elegan, dan tetap tidak membosankan, misalnya dengan pemilihan warna yang menyegarkan. Memilih warna menjadi salah satu hal yang paling mendasar untuk mengubah suasana ruang kelas jadi lebih menarik.

Dibandingkan hanya menggunakan satu warna dengan warna yang membosankan, tak ada salahnya jika Anda menghadirkan dekorasi kelas dengan warna-warni yang menyegarkan dan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan semangat belajar siswa di kelas. Pilihlah warna yang bisa dipadukan dan cerah.

5. Penataan Ruang Kelas yang Lebih Eksploratif

Selain pemilihan warna, penataan ruang kelas juga perlu diperhatikan. Ini menjadi salah satu faktor utama untuk mengubah suasana dalam ruangan kelas. Anda bisa memberikan kebebasan pada siswa untuk berimajinasi dan berkreasi untuk menata kursi tempat duduk dalam kelas sesuai keinginan mereka.

Anda dapat mengarahkan siswa untuk menciptakan denah yang dapat mengakomodasi interaksi antar guru dan siswa, serta antar siswa dan siswa. Hal ini bisa mengubah suasana ruang kelas yang dingin dan jauh menjadi lebih dekat, akrab, dan hangat.

6. Dekorasi Sederhana pada Pintu Masuk Kelas

Jika tidak mau repot-repot desain dalam ruang kelas, cukup desain di bagian pintu masuk kelas saja, sehingga bisa meningkatkan semangat belajar. Menghias pintu kelas menjadi salah satu cara menarik agar siswa ingin masuk ke dalam kelas dan mengikuti kegiatan pembelajaran.

Terkadang beberapa siswa masih enggan atau takut mengikuti pembelajaran dan bergabung bersama teman-temannya, apalagi jika mereka siswa baru. Adapun beberapa dekorasi pintu kelas yang bisa dibuat seperti tema hewan, animasi/kartun maupun abstrak.

7. Dekorasi pada Bagian Kaca Kelas

Selain melalui dinding, atap, atau pintu kelas, tema dekorasi juga bisa dilakukan di kaca kelas. Pasalnya, cara menghias kelas yang kreatif memang tidak pernah ada habisnya, apalagi jika Anda dan siswa Anda mempunyai kemauan dan jiwa kreativitas yang tinggi.

Anda bisa mengajak siswa Anda untuk menghias jendela kelas jadi lebih menarik agar tidak terlihat kosong dan membosankan. Anda bisa menambahkan stiker kaca atau hiasan gantung yang terbuat dari kertas warna-warni atau material lainnya. Dengan membuat jendela yang cantik dan menarik, maka akan enak dipandang dan siswa jadi betah dalam kelas.

Itulah beberapa inspirasi atau rekomendasi desain ruang kelas yang kreatif dan interaktif yang bisa Anda terapkan di kelas bersama siswa. Dengan suasana dan tampilan baru, diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa di kelas.

Meskipun sejak awal dekorasi atau desain ruangan kelas ditujukan sebagai tempat eksplorasi dan untuk menuangkan kreativitas siswa, namun perhatikanlah batas-batas kewajaran dari pengaplikasian desain di kelas. Jangan sampai pengaplikasian ide atau gagasan desain yang berlebihan, sehingga kelas kehilangan esensi sebagai tempat belajar, bahkan bisa mengganggu fokus aktivitas belajar mengajar di dalamnya.

Selain memperhatikan dekorasi, Anda juga harus memperhatikan proses berjalannya kegiatan pembelajaran agar tetap interaktif dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kelas agar pembelajaran lebih nyaman dan aman.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.