Manfaat Membuat River of Life

edukasi 17 Jan 2024

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa sih manfaat dari membuat river of life, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang apa itu river of life. River of life, dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai sungai kehidupan, yaitu suatu model yang digunakan untuk membantu seseorang memahami dan mengelola kehidupannya. Dalam penerapannya, model river of life ini dapat membantu seseorang dalam menemukan arah hidupnya agar lebih jelas dan terencana dengan baik.

River of life pertama kali dikenalkan oleh Dr, Thomas Leonard, seorang psikolog Amerika, tahun 1990-an. Setelahnya, model river of life ini disempurnakan oleh Stephen Covey, di dalam bukunya yang berjudul The Seven Habits of Highly Effective People. Saat ini, model river of life telah menjadi salah satu model atau metode yang banyak digunakan oleh seseorang dalam menciptakan rencana hidup yang lebih baik dan terorganisasi.

Kelebihan Contoh River of Life

Metode river of life ini memiliki banyak kelebihan sebagai berikut:

  1. Membantu peserta didik dalam memahami dan mengelola kehidupannya;
  2. Mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki peserta didik;
  3. Memberikan arah hidup yang lebih jelas;
  4. Memotivasi dan meningkatkan kualitas hidup peserta didik; dan
  5. Metode yang mudah digunakan dan dipahami dengan baik.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa contoh river of life dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih terorganisir, fokus, dan produktif.

Kekurangan Contoh River of Life

Meskipun memiliki banyak kelebihan, contoh river of life juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  1. Tidak dapat menentukan kesuksesan hidup seseorang dengan pasti;
  2. Tidak mampu mengatasi semua masalah hidup;
  3. Tidak dapat menggantikan terapi psikologis; dan
  4. Memerlukan waktu dan usaha untuk menerapkannya secara konsisten.

Beberapa kekurangan metode river of life ini dapat diatasi dengan berfokus pada tujuan yang ingin dicapai, meningkatkan skill, dan menerapkan beberapa metode pendukung lainnya.

Cara Menggunakan Contoh River of Life

sumber: https://www.pexels.com/

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan contoh river of life.

  1. Buatlah garis besar rencana kehidupan (sungai kehidupan) yang ingin dicapai dengan teliti dan detail. Bagan di ujung kanan menjelaskan tentang tujuan akhir, sedangkan di ujung kiri menjelaskan tentang awal kehidupan.
  2. Kemudian, bagilah garis sungai kehidupan tersebut menjadi beberapa bagian yang dapat mewakili aspek-aspek kehidupan, seperti keluarga, keuangan, kesehatan, karier, dan lain sebagainya.
  3. Beri nilai 1—10 untuk setiap aspek.
  4. Selanjutnya, gambar sebuah garis untuk mewakili penilaian setiap aspek.
  5. Tinjau hasil visual dan memikirkan cara untuk meningkatkan setiap aspek.
  6. Buatlah rencana tindakan selanjutnya untuk meningkatkan aspek-aspek yang masih memiliki penilaian rendah.
  7. Terus pantau dan perbaharui garis jika diperlukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menciptakan gambaran visual tentang kehidupanmu dan menemukan cara untuk meningkatkan kualitas hidup secara perlahan namun pasti.

Contoh River of Life dalam Kehidupan Nyata

Berikut ini adalah salah satu contoh dari menerapkan metode river of life di kehidupan nyata:.

Sarah merupakan ibu dari dua anak yang sedang aktif dalam kegiatan belajarnya. Sarah merasa terlalu sibuk dengan mengurus keluarga dan pekerjaannya sehingga Sarah kerap merasa kehilangan arah hidupnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, Sarah menggunakan metode river of life untuk mengetahui rencana apa yang harus dibuat agar tujuan hidupnya lebih terarah dan terencana dengan baik.

7 Tips Mengembangkan Konten Microblog untuk Pembelajaran
Microblog merupakan suatu pembuatan pesan atau post yang ditulis secara singkat dan ditampilkan di web atau platform media sosial. Konten yang dibuat bertujuan untuk memberikan informasi singkat dan padat kepada orang lain

Setelah menerapkan metode river of life ini, Sarah menyadari bahwa dia memiliki masalah pada aspek kesehatan dan kehidupan sosialnya. Oleh karena itu, Sarah mulai berolahraga dengan teratur dan meluangkan waktunya untuk melakukan hobi dan menyalurkan minatnya. Tidak hanya itu saja, Sarah juga mulai menyediakan waktu luangnya untuk berkumpul dengan teman-temannya. Saat ini, hidup Sarah menjadi lebih bahagia, berenergi, dan semangat dalam menjalani hidupnya.

Apa Manfaat Menggambar River of Life?

sumber: https://www.pexels.com/

Dengan menggambarkan river of life, secara sadar seseorang telah memetakan kehidupannya secara singkat. Dengan pemetaan tersebut, seseorang dapat menyadari di mana posisinya saat ini, apa saja pencapaian yang telah mereka dapat, apa masalah hidup yang sedang dihadapi, dan bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Nantinya, river of life ini akan bermanfaat dalam membuat dream plan atau rencana masa depan. Bisa dikatakan bahwa metode river of life ini berguna untuk:

1.  Perkenalan diri secara personal;

2. Untuk merefleksi diri;

3. Mengetahui kekuatan diri;

4. Menggambarkan masalah dan mencari solusinya; dan

5. Merencanakan masa depan.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Peserta Didik?

Peserta didik cukup menyediakan selembar kertas dan alat tulis seperti pulpen, spidol, dan cat warna.

Bagaimana Caranya?

Dalam membuat river of life, seseorang dapat menggambarkan perjalanan hidupnya seperti aliran sungai. Di sungai tersebut, Anda akan diibaratkan sebagai kayu, kapal, ikan, dan lain sebagainya. Melalui penggambaran tersebut, Anda akan digambarkan sebagai seseorang yang akan mengarungi sungai.

Di sepanjang aliran sungai yang dibuat akan ada tiga fase yang harus dilalui, yaitu masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Berikut ini adalah beberapa tahap yang harus Anda lakukan dalam mengerjakan river of life.

Gambarlah:

  1. Perjalanan hidupmu yang menyangkut tentang keluarga, teman, cinta, dan pendidikan.
  2. Masalah terberat yang pernah dialami atau masalah yang sedang dihadapi.
  3. Solusi dari permasalahan itu.
  4. Hobi, passion, dan prestasi.
  5. Rencana mimpi (spiritual, karier, pendidikan, sosial, dan penghasilan).

River of Life dalam P5

River of Life adalah salah satu tugas dalam P5 yang sangat menarik untuk dilaksanakan. Seperti yang telah kita ketahui, P5 atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu elemen yang terdapat dalam Kurikulum Merdeka. Melalui kegiatan P5 ini, para peserta didik dilatih untuk berkolaborasi, berpikir kreatif, berpikir kritis dan memecahkan permasalahan pada topik tertentu.

Apa Itu River of Life P5

Dalam proses kegiatan belajar, river of life ini merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang akan menggambarkan tentang alur kegiatan belajar seperti aliran sungai. Seperti aliran sungai, para peserta didik akan dilatih untuk berkembang seiring berjalannya waktu.

Metode river of life ini akan digunakan peserta didik dalam mengenalkan dirinya, sejak mereka lahir hingga saat ini, atau bagaimana dirinya di masa yang akan datang. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa metode ini bisa dijadikan sebagai bahan refleksi diri dan solusi untuk merencanakan masa depan.

Dalam menerapkan metode river of life pada P5, peserta didik akan diminta untuk membuat ilustrasi visual yang dapat menjelaskan alur hidupnya sejak mereka lahir, hingga saat ini, dan sampai proyeksi dirinya di masa yang akan datang. Alur yang akan dibuat peserta didik tersebut akan menceritakan bagaimana pengalaman hidup mereka, prestasi yang telah mereka dapatkan, hobi yang dimiliki, pendidikan bahkan kisah pertemanan yang mereka miliki.

Perlunya Guru Menguasai Diri dalam Pendidikan Budi Pekerti
Budi pekerti didefinisikan sebagai bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan, yang menimbulkan tenaga. Bisa dikatakan bahwa budi pekerti adalah sifat jiwa manusia

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan peserta didik dari membuat river of life ini. Salah satunya, yaitu membuat rencana untuk masa depan. Oleh karena itu, peserta didik akan semakin termotivasi dalam menjalani kehidupannya, terutama dalam menjalankan proses kegiatan belajar di sekolah.

Dalam membuat river of life ini, peserta didik akan membawa selembar kertas dan alat tulis untuk menggambar, seperti pensil, pulpen, hingga cat warna. Setelah itu, peserta didik dapat menggambarkan perjalanan hidupnya, seperti aliran sungai. Peserta didik akan melewati aliran sungai yang terus berubah-ubah dan memiliki hilir yang disebut sebagai masa depan.

Demikianlah penjelasan mengenai river of life. Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.