Manfaat Membuat Habit Tracker

edukasi 27 Mei 2024

Saat ini, istilah habit tracker telah dikenal oleh banyak orang, terutama untuk para pengguna media sosial. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan habit tracker ini? Apakah sangat penting untuk keberlangsungan hidup seseorang?

Apa Itu Habit Tracker?

sumber: https://www.pexels.com

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, habit tracker bisa diartikan sebagai melacak kebiasaan. Menurut Malpaper, habit tracker merupakan suatu alat yang digunakan sebagai daftar kebiasaan dalam harian ataupun dalam rentang waktu tertentu yang telah ditentukan.

Adapun tujuan dari dibuatnya habit tracker ini yaitu untuk membantu seseorang untuk melihat apakah kegiatan yang dilakukannya sudah berlangsung secara konsisten dan apakah tujuan yang dibuatnya sudah tercapai atau belum. Dalam penerapannya, habit tracker digunakan seseorang untuk membangun kebiasaan baik, seperti kebiasaan untuk minum air putih, olahraga, membaca buku, dan lain sebagainya.

Dengan adanya habit tracker ini, seseorang dapat memantau dirinya sendiri, apakah kebiasaan buruk yang mereka miliki dapat perlahan berubah atau masih ada di dalam dirinya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk membuat habit tracker ini, yaitu seperti menulis di sebuah buku atau dengan menggunakan aplikasi digital. Hal ini dapat dipilih sesuai dengan kenyamanan diri seseorang.

Manfaat Membuat Habit Tracker

1. Memotivasi Seseorang untuk Melakukan Kegiatan

Dengan membuat habit tracker, kamu dapat melihat to do list yang akan kamu lakukan dalam hari itu atau dalam waktu dekat. List kegiatan tersebut tentunya dapat membantumu untuk mengatur pola hidup dan kegiatan harian yang akan kamu jalani, sehingga dirimu akan jauh lebih produktif.

To do list harian dapat membantu seseorang untuk mengatur rutinitas hariannya, misalnya pekerjaan yang harus mereka kerjakan pada hari itu, janji temu yang harus dilakukan, PR yang harus dikerjakan siswa, dan lain sebagainya. Bisa dikatakan bahwa habit tracker ini sudah seperti alat pelacak kegiatan harian yang harus kamu lewati pada hari tersebut.

Pentingnya Mengajarkan Mitigasi Bencana Alam kepada Murid
mitigasi bencana alam adalah upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengurangi dampak dan risiko yang ditimbulkan karena adanya bencana alam

2. Memotivasi Seseorang untuk Terus Berusaha

Dalam penerapannya, habit tracker ini dapat membantumu untuk membangun kebiasaan baik. Kebiasaan yang baik tentunya harus dilakukan secara konsisten. Konsistensi tersebut sebagai bentuk usaha yang kamu lakukan di setiap harinya. Dengan adanya habit tracker ini, kamu akan merasa termotivasi karena telah mengerjakan list pekerjaan yang telah kamu buat.

3. Memberikan Kepuasan Setelah Berusaha

Terakhir, kamu juga akan merasa puas sesudah mencapai target atau konsisten membiasakan diri dengan sebuah kegiatan. Selain itu, membuat habit tracker belajar fokus pada proses untuk mencapai target. Target memang penting, tapi kamu juga harus melihat seberapa jauh usaha yang dikeluarkan dan langkah-langkah yang ditempuh.

Fungsi Habit Tracker

sumber: https://www.pexels.com

1. Sebagai Pengingat untuk Bertindak

Habit tracker adalah salah satu cara sederhana untuk merekam jalan kesuksesan seseorang dalam menjalani hidupnya. Bisa dikatakan bahwa habit tracker dapat memicu keinginan seseorang untuk mengubah pola hidupnya agar lebih disiplin dalam waktu. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat untuk setiap siswa, seperti dalam mengatur waktunya untuk belajar, mengerjakan tugas, mengembangkan potensi, dan tidak lupa untuk bermain dan juga beristirahat yang cukup.

2. Sebagai Bentuk Motivasi untuk Diri Sendiri

Habit tracker juga dapat menjadi motivasi untuk diri sendiri. Dengan menggunakan habit tracker, kamu akan melihat adanya proses kemajuan di setiap harinya. Ketika progress yang telah kamu rancang berjalan dengan baik, maka kamu akan semakin termotivasi untuk terus maju dan mengembangkan potensi diri.

3. Memberi Kepuasan Atas Perjuangan yang Telah Dilakukan

Ketika goals yang kamu rancang telah berjalan sukses, maka kamu akan merasa puas dengan perjuangan yang kamu lakukan. Untuk menjadi seseorang yang konsisten itu sangatlah sulit. Oleh karena itu, dengan adanya habit tracker ini kamu bisa mengevaluasi rutinitas yang kamu lakukan. Apakah progresnya tepat? Dan apa yang harus kamu ubah agar progresmu bisa lebih konsisten?

Cara Membuat Habit Tracker

Habit tracker dapat kamu buat secara tertulis maupun melalui aplikasi digital. Saat ini, sudah banyak aplikasi yang dapat membantu kamu untuk melacak rutinitas yang harus kamu lalui. Walaupun begitu kamu tetap bisa membuat habit tracker sendiri dengan menggunakan notebook.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat habit tracker, yaitu:

1. Buat Kebiasaan yang Terukur

Dalam membuat habit tracker yang baik, kamu harus membuat rencana yang dapat diukur. Dengan begitu, kamu bisa melacaknya dengan efektif. Maksudnya, kamu harus tahu kegiatan apa yang harus kamu lakukan dan berapa kali kamu harus melakukannnya.

Sebagai contoh, misalnya kamu ingin membuat kebisaan minum air putih lebih banyak. Daripada menulis target kebiasaan “minum air putih lebih banyak” saja, kamu bisa berikan ukuran seperti “minum air putih 2 liter” agar lebih jelas.

2. Memulainya dari Hal Kecil

Untuk membangun kebiasaan baru, baiknya kamu memulainya dari hal-hal yang kecil. Dengan melakukan hal-hal kecil kamu akan lebih fokus dan termotivasi untuk mencapainya. Hal-hal kecil yang dapat kamu rencanakan bisa seperti minum air putih sebanyak 2 liter di setiap harinya, membaca 10 halaman per hari, atau berolahraga minimal 30 menit di setiap harinya.

Dengan melakukan hal-hal kecil di setiap harinya, kamu akan mulai terbiasa, lalu kamu dapat menaikkan intensitasnya secara berkala.

3. Tentukan Kurun Waktu

Selain menentukan ukuran jumlah yang ingin dicapai, kamu juga dapat menentukan rentang waktu yang akan kamu lakukan agar kegiatan tersebut dapat menjadi suatu kebiasaan. Namun, kamu harus memahami bahwa rentang waktu setiap orang tentunya berbeda-beda. Jadi kamu dapat menentukan rentang waktu yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu sendiri.

4. Tuliskan Target yang Dicapai

Hal terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu menuliskan target yang ingin dicapai. Dengan adanya target tersebut, kamu akan lebih termotivasi untuk membangun kebiasaan yang baik tersebut. Untuk meningkatkan motivasi, kamu dapat membuat habit tracker yang penuh warna dan tanda-tanda yang menarik untuk dipandang, seperti dengan menggunakan stiker yang lucu, stabilo warna-warni, dan lain sebagainya.

7 Tips Mengatasi Siswa yang Pemalu di Dalam Kelas
Pengalaman buruk yang dialami anak-anak dapat mempengaruhi pola pikir dan sikap anak, seperti tumbuhnya sikap pemalu yang berlebihan

Untuk mencari referensi habit tracker lucu atau yang gayanya minimalis, kamu dapat mencari dari Pinterest. Aplikasi tersebut memiliki banyak sekali referensi habit tracker.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa habit tracker adalah alat yang bisa kamu gunakan untuk melacak kegiatan-kegiatan yang ingin dijadikan kebiasaan. Kegiatan-kegiatan positif tersebut dapat dilakukan secara konsisten. Dengan begitu, hidupmu akan jauh lebih teratur dan produktif. Tidak ada lagi waktu untuk bermalas-malasan dan merasa kebingungan dengan waktu yang dimiliki.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.