7 Manfaat Mengapa Perlu Ada Kegiatan Outdoor Class Selama KBM

edukasi 18 Jun 2023

Sebelumnya, apa yang dimaksud dari outdoor class? Outdoor class merupakan suatu metode pembelajaran di mana kegiatan atau aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas atau luar sekolah. Lokasi yang sering menjadi tujuan outdoor class, antara lain kebun, taman, atau daerah perkampungan yang daerahnya masih asri dan jauh dari perkotaan. Tujuan dari diadakannya outdoor class, yaitu sebagai sebuah pengalaman bagi setiap siswa yang mana diiringi oleh beberapa petualangan yang seru dan menantang, serta sebagai salah satu cara untuk mendekatkan siswa agar lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Jenis-jenis Outdoor Class

1. Education Training Plus

Education training plus merupakan bentuk kegiatan pendidikan yang bertujuan mengintegrasikan kurikulum formal, alam, dan juga karakter. Aktivitas pendidikan ini lebih menekankan siswa untuk bisa mengembangkan kepribadian dan akhlak, mengasah siswa untuk menjadi lebih mandiri dan memiliki mental yang kuat, serta mengajak siswa untuk lebih dekat mengenal alam.

2. Gathering Plus

Gathering plus merupakan suatu kegiatan wisata alam yang telah dirancang dalam suasana rekreasi, santai dan membuat suasana gembira, tetapi tidak melupakan nilai-nilai edukasi yang harus diterapkan nantinya. Biasanya dapat dibuat dengan memanfaatkan proyek sekolah maupun studi wisata sekolah ke tempat terdekat.

3. Taman Bermain dan Wisata Alam

Taman bermain dan wisata alam merupakan kegiatan yang berisikan rangkaian rintangan permainan yang dapat digunakan sebagai sebuah simulasi kegiatan di alam terbuka.

4. Experiental Base Study

Experiental base study adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dirancang dengan baik sehingga bisa diaplikasikan dengan menggunakan alam terbuka sebagai media pembelajarannya. Sesuai namanya, jenis kegiatan pembelajaran ini menekankan pembentukan pengalaman langsung peserta didik di alam terbuka.

5. Knowledge Management

Knowledge management adalah suatu kegiatan yang telah diformulasikan sebagai sumber ilmu pengetahuan bersama serta dapat diimplementasikan dengan makna dapat berguru pada alam. Jenis kegiatan pembelajaran ini menekankan pentingnya manajemen atau pengaturan warga sekolah dalam mengelola sebuah sumber pengetahuan, termasuk yang berada di luar sekolah.

Adapun tujuan dari diadakannya outdoor class, yaitu sebagai berikut.

Tujuan Kegiatan Outdoor Class

1. Menambah Pengalaman

Hal pertama yang didapatkan dari kegiatan outdoor class, yaitu dapat menambah pengalaman siswa secara bertahap. Apalagi jika kegiatan tersebut dilakukan di daerah perkampungan, di mana adat, suasana dan lingkungan yang ada di perkampungan tersebut jauh berbeda dari daerah kota yang biasanya ditemukan oleh seluruh siswa. Kegiatan outdoor class ini menjadi pengalaman berharga yang mungkin sulit untuk didapatkan siswa di kesempatan berikutnya.

2. Meningkatkan Kreativitas Siswa

Selain pengalaman, kegiatan outdoor class juga dapat meningkatkan kreativitas siswa. Misalnya, guru memberikan sebuah proyek yang harus dilakukan setiap siswanya ketika sudah tiba di tempat tujuan, seperti membuat permainan yang menjadi ciri khas dari tempat tersebut. Setelah itu, setiap siswa akan mencari ide kreatif, yang mana mereka juga harus memanfaatkan alat dan bahan yang ada di lingkungan sekitar untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada.

3. Membentuk Sikap atau Karakter Siswa

Hal lain yang didapat, yaitu pembentukan sikap atau karakter siswa. Suasana baru cenderung memaksa kita untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Walaupun sikap tersebut terbentuk karena sebuah paksaan, seiring berjalannya waktu sikap tersebut akan menjadi sebuah tabiat. Sikap yang biasanya terbentuk dari kegiatan outdoor class selama KBM, yaitu sikap peduli, tolong-menolong, disiplin, dan rasa kekeluargaan.

4. Mengembangkan Rasa Solidaritas

Setiap orang pasti memiliki rasa solidaritas, tetapi tidak semua orang memiliki rasa solidaritas yang tinggi. Seperti sikap manusia kebanyakan, cenderung egois dan ingin menang sendiri. Namun, karena adanya outdoor class ini, siswa akan belajar untuk menekan ego yang dimiliki dan mau bersikap terbuka terhadap bentuk apa pun. Dengan begitu, mereka juga akan belajar bahwa mereka harus saling bahu membahu untuk mencapai tujuan bersama.

5. Sebagai Tempat untuk Mempraktikkan Wawasan yang Dimiliki Siswa

Setiap orang cenderung mahir dalam teori, tetapi tidak untuk praktik secara langsung. Oleh karena itu, dengan diadakannya outdoor class siswa akan mempraktikkan wawasan yang mereka miliki secara langsung. Dengan begitu wawasan mereka tidak akan terbuang sia-sia.

Program Sekolah Penggerak Kemendikbud, Apakah Solusi yang Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan?
Sekolah Penggerak adalah salah satu kebijakan baru yang dikeluarkan oleh Mendikbud. Apa itu Sekolah Penggerak? Bagaimana pelaksanaan dari program tersebut? Apakah bisa menjadi solusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia?

7 Manfaat Kegiatan Outdoor Class

1. Memotivasi Siswa

Siswa cenderung akan merasa bosan ketika dihadapkan dengan kegiatan belajar yang monoton. Rasa bosan yang dialami siswa sudah menjadi sebuah masalah yang biasa dan pasti akan dialami oleh setiap guru di setiap tahunnya. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan outdoor class siswa akan menjadi lebih termotivasi lagi dalam belajar.

Bisa dikatakan outdoor class yang diadakan oleh pihak guru atau sekolah adalah sebuah hadiah berharga yang mana siswa dapat menghilangkan rasa penat dan stres yang mereka dapatkan selama belajar.

2. Kegiatan Belajar Menjadi Lebih Menarik

Dengan adanya outdoor class, kegiatan belajar menjadi lebih menarik, tidak monoton lagi. Dengan begitu, semangat siswa dalam belajar bisa naik drastis dan mereka akan selalu menunggu kegiatan outdoor class yang akan diadakan di beberapa waktu mendatang.

3. Kegiatan Belajar Menjadi Lebih Bermakna

Selain itu, kegiatan outdoor class akan menjadi lebih bermakna jika diterapkan secara berkala. Beberapa hal bermakna yang akan didapatkan siswa, seperti rasa bersyukur dengan keadaan yang dimilikinya saat ini, rasa kekeluargaan karena bertemu dengan banyak orang, dan rasa tenang karena bisa lebih dekat dan akrab dengan lingkungan yang lebih asri.

4. Bisa Mengetahui dan Mendapatkan Fakta yang Sebenarnya

Teori yang selalu dipelajari siswa memang benar faktanya. Namun, siswa akan lebih percaya dengan fakta yang mereka dapatkan dari buku kemudian menemukan fakta yang sebenarnya berdasarkan penelitian yang mereka lakukan. Selain merasa puas, siswa akan menjadi lebih tertantang untuk menemukan fakta-fakta baru lainnya. Ke depannya, siswa akan membuat penemuan baru yang dapat bermanfaat di lingkungan sekitarnya.

5. Siswa Akan Menjadi Lebih Aktif dalam Kegiatan Pembelajaran

Selain itu, outdoor class dapat memancing siswa untuk menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar. Hal ini kerap kali terjadi pada semua orang, yang mana ketika seseorang tersebut terjun ke dalam suasana dan kegiatan baru, mereka akan cenderung penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak tentang hal-hal baru tersebut.

6. Sumber Belajar Menjadi Lebih Banyak dan Beragam

Apabila biasanya siswa hanya belajar lewat buku dan internet, kini siswa juga akan belajar lewat alam. Alam yang kita tempati ini terdiri dari beraneka ragam jenis, sehingga sumber belajar yang akan diterima siswa pun menjadi lebih banyak dan beragam.

7 Kebiasaan yang Sebaiknya Dihindari oleh Guru Modern
Guru modern harus memiliki keterampilan mengajar yang lebih banyak, khususnya sesuai perkembangan teknologi dan bidang sosial yang telah berubah serta mempelajari keahlian baru yang belum dialami oleh guru sebelumnya.

7. Wawasan Siswa Menjadi Lebih Kaya dan Luas

Manfaat terakhir yang akan didapat dari kegiatan outdoor class, yaitu wawasan siswa akan lebih kaya dan luas dibandingkan sebelumnya. Bukan hanya pengetahuan dasar saja, tetapi wawasan yang akan didapat siswa juga bisa berupa cara untuk bersosialisasi, mengenal kepribadian orang lain, dan sikap atau cara untuk membangun kerja sama. Hal ini tentunya dapat mengasah kemampuan siswa mendapatkan sudut pandang atau perspektif baru dalam melihat suatu permasalah di lingkungannya.

Berdasarkan penjelasan mengenai manfaat dari diadakannya kegiatan outdoor class selama KBM, apakah Anda sudah memiliki ide yang dapat Anda terapkan dalam proses kegiatan pembelajaran nanti?

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.