Makanan-makanan Ini Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak, Loh!

kesehatan 10 Feb 2024

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh cerdas. Banyak cara yang diakukan oleh orang tua agar anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Misalnya dengan memberikan stimulasi yang bisa mengasah otak anak. Atau memberikan anak fasilitas untuk mengikuti berbagai jenis kursus untuk bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Meningkatkan kecerdasan anak ternyata tidak hanya dengan memberikan stimulasi untuk mengasah otak saja, lho. Mendukung kecerdasan anak juga bisa dilakukan dengan memberikan nutrisi yang terbaik. Nutrisi yang baik tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh anak saja, tetapi juga memengaruhi kecerdasan otak anak. Ada juga beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meragsang kecerdasan anak.

Makanan-makanan tertentu bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Misalnya, makanan-makanan yang mengandung protein, asam lemak omega 3, flavonoid serta beberapa vitamin dan mineral tertentu seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, selenium dan zink. Kandungan-kandungan tersebut bisa menjaga dan mendukung fungsi otak. Jadi baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Artikel ini selanjutnya akan membahas makanan-makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Berikut adalah daftar makanan-makananan yang bisa meningkatkan kecerdasan anak.

1. Buah Alpukat

sumber: https://www.pexels.com/

Makanan pertama yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak adalah buah alpukat. Buah alpukat tidak hanya mengandung lemak baik yang bagus untuk  kesehatan fisik anak.

Buah alpukat memiliki banyak serat dan vitamin E yang sangat dibutuhkan dalam merangsang pertumbuhan otak anak. Mengonsumsi buah alpukat secara rutin bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

2. Buah Berry

Buah berry tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, tetapi juga sangat baik untuk otak anak. Buah berry seperti rasberry, strawberry dan blueberry memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan sel otak.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa buah blueberry dan strawberry baik untuk meningkatkan daya ingat otak.

Tak hanya itu, buah berry ini memiliki kandungan asam omega 3, nutrisi yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan otak anak.

Vitamin C yang ada pada buah berry tak hanya baik untuk menjaga daya tahan tubuh saja, tapi juga bisa meredakan stres.

3. Sayuran Hijau

Mengosumsi sayuran hijau secara rutin tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan serat harian saja, tetapi juga bisa untuk meningkatkan otak anak. Sayuran hijau baik dikonsumsi karena mengandung asam folat tinggi, antioksidan dan beragam vitamin. Di mana semuanya itu sangat baik untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru. Dengan rutin mengosumsi sayuran hijau, maka perkembangan dan pertumbuhan otak anak akan meningkat. Anak pun bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas.

4. Sayuran Berwarna Cerah

sumber: https://www.pexels.com/

Tak hanya sayuran hijau yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, sayuran berwarna cerah juga baik untuk dikonsumi. Sayuran-sayuran berwarna cerah seperti tomat ataupun wortel juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Sayuran berwarna cerah ini mengandung antioksidan. Semakin cerah warna sayurannya, semakin tinggi pula antioksidannya.

Antioksidan ini adalah zat yang dibutuhkan agar sel otak bisa tumbuh dengan baik. Antioksidan mampu membuat sel-sel otak tumbuh cepat dan kuat. Tentunya ini baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menghadirkan sayuran berwarna cerah dalam konsumis harian anak, ya!

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Banyak sekali kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi, misalnya kacang merah, kacang tanah ataupun kacang almond.

Kacang-kacangan ini mengandung vitamin E dan antioksidan tinggi yang tidak hanya bisa melindungi dari paparan radikal bebas saja, tetapi juga baik untuk tumbuh kembang otak.

Nutrisi yang ada pada kacang-kacangan ini baik untuk mendukung kemampuan bepikir pada otak. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang merah memiliki kandungan asam omega 3, nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kecerdasan otak anak.

Berikan anak camilan kacang-kacangan setiap harinya. Agar kecerdasan otaknya meningkat.

6. Telur

Telur, bahan makanan favorit banyak orang ini ternyata juga bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Telur adalah bahan makanan dengan kandungan protein tinggi yang mudah didapat. Cara mengolah telur juga mudah. Anak-anak pun banyak yang suka makan telur.

Kuning telur memiliki kandungan kolin yang baik untuk perkembangan otak. Kolin adalah zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat otak.

Kolin ini bisa meningkatkan perkembangan sel induk memori yang ada pada otak. Dengan rutin mengosumsi telur, maka daya ingat otak akan semakin baik.

7. Keju

Keju juga baik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Keju memiliki kandungan asam lemak linoleat yang baik untuk perkembangan sel otak. Berdasarkan hasil penelitian, kandungan asam linoleat yang ada pada keju bisa membantu perkembangan serabut sel-sel otak. Bila sel-sel otak bisa berkembang dengan baik, maka otak anak menjadi cerdas.

Berikan anak keju sebagai kudapan, pasti anak akan suka.

8. Gandum

Gandum utuh juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Gandum utuh sudah terbukti mengandung vitamin B dan glukosa yang bisa memelihara sistem saraf sehigga bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

Tips Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Berpikir kritis adalah kemampuan menganalisis sebuah topik atau permasalahan secara objektif. Kemampuan ini wajib diajarkan guru pada siswa.

Tak hanya itu, gandum utuh juga memiliki kandungan vitamin E, zinc, dan potasium yang bisa mendukung otak anak untuk bisa bekerja secara optiimal.

Sajikan gandum utuh sebagai sarapan pagi anak. Maka anak akan berenergi menjalani aktivitas hariannya sekaligus tumbuh menjadi anak yang cerdas.

9. Yoghurt

Selain keju, yoghurt adalah produk olahan susu yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Yoghurt memiliki kandungan lemak dengan protein, vitamin dan mineral yang tinggi.

Yoghurt tak hanya baik untuk melancarkan saluran pencernaan anak saja, tetapi juga bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Saat ini banyak yoghurt dengan beragam varian rasa. Tentu anak-anak akan suka bila mengosumsi yoghurt. Berikan anak yoghurt agar anak tumbuh menjadi anak yang cerdas.

10. Ikan

Ikan adalah makanan dengan kandungan protein tinggi yang baik untuk kecerdasan otak. Ikan khusunya ikan salmon dianggap sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak. Ikan salmon memiliki kandungan DHA dan EPA yang merupakan asam lemak omega yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.

5 Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Secara Logis
Setiap individu harus berpikir logis untuk membangun, mengatasi permasalahan hidup, dan menyikapi setiap kejadian.

Mengosumsi ikan secara rutin bisa membantu meningkatkan daya ingat dan daya nalar anak.

11.  Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak juga sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak. Daging sapi tanpa lemak memiliki kandungan zat besi tinggi yang sangat mempengaruhi kinerja otak.

Zat besi bisa membantu anak untuk lebih mudah berkonsentrasi. Otak juga bisa tumbuh dengan baik. Tak hanya itu, daging sapi tanpa lemak juga kaya protein yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang otak.

Demikian artikel tentang makanan-makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan anak. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menyiapkan makanan-makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.