Konten-Konten Bagus dan Bermanfaat di Tiktok untuk Murid

edukasi 14 Mar 2023

TikTok adalah salah satu media sosial yang saat ini sedang booming dan banyak disukai oleh berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan TikTok dapat memungkinkan setiap penggunanya untuk dapat membuat video pendek dengan suara dan menyisipkan lagu yang dapat dipilih secara bebas.

Selain itu, ada beberapa fitur menarik yang dapat meningkatkan kreativitas pengguna dalam membuat video pendeknya, sehingga pengguna tidak mudah merasa bosan ketika bermain media sosial. Adapun saat ini banyak sekali konten-konten bagus, menarik, dan bermanfaat untuk para pelajar. Pada kesempatan ini, Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi konten bagus dan bermanfaat di TikTok untuk murid.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat dan tingkat kreativitas seseorang dalam mengembangkan aplikasi, TikTok sudah menjadi media sosial yang paling digemari pengguna di Indonesia. Tanggapan yang diberikan pengguna saat ini jauh berbeda dengan beberapa tahun silam, di mana masyarakat menganggap aplikasi TikTok adalah aplikasi konyol dan tidak terlalu bagus untuk digunakan karena menganut budaya ketimuran.

Padahal kenyataannya, aplikasi ini akan bernilai bagus dan menarik jika para pengguna TikTok ini dapat menggunakannya secara bijak. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dijadikan media pembelajaran kreatif oleh para pendidik yang efektif dan menyenangkan untuk murid.

Variasi konten yang bisa ditemukan pada TikTok tentu saja beragam. Salah satu konten yang cocok untuk ditonton oleh murid adalah konten edukasi. Dalam hal ini, konten edukasi harus menjadi prioritas yang harus ditonton oleh para generasi muda, terutama generasi Z maupun generasi Alfa agar mereka bisa menambah wawasan dan mengembangkan kreativitas serta cara berpikir murid yang kritis dan logis.

Kriteria Konten Edukasi yang Baik untuk Murid

Ketika memilih konten yang bagus untuk murid, para orang tua dan guru harus memastikan bahwa konten-konten yang akan mereka tonton tersebut sudah memenuhi beberapa kriteria seperti di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

1. Memuat Informasi yang Sesuai dengan Usia Anak

Ada banyak sekali konten-konten dengan berbagai macam variasi yang terdapat pada TikTok, sehingga tidak jarang murid akan menemukan beberapa konten yang tidak sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua maupun guru untuk menyesuaikan konten-konten yang dapat dilihat dan dinikmati anak pada aplikasi TikTok.

Sangat penting bagi anak untuk menyerap informasi yang sesuai dengan tingkat usianya, agar perkembangan pola pikir anak tetap sesuai dan tidak terkontaminasi dengan beberapa unsur yang dapat mengganggu pendidikan dan karakter anak di usia yang masih sangat muda.

2. Mengutamakan Konten yang Berasal dari Sumber Terpercaya

Penting bagi murid untuk terbiasa mendapatkan informasi yang berasal dari sumber yang terpercaya. Hal ini akan membantu murid untuk bisa menyaring informasi dengan baik dan tidak mudah termakan hoax. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengajarkan murid tentang bagaimana memilah informasi yang berasal dari sumber percaya dan mana yang tidak.

3. Mengandung Informasi yang Netral dan Tidak Mengandung SARA

Baiknya murid menikmati konten yang mengandung informasi yang netral dan tidak mengandung SARA. Hal ini dikarenakan pembelajaran mengenai SARA harus disampaikan dengan baik, bukan berasal dari konten hiburan yang berasal dari TikTok yang mana memiliki potensi besar untuk menyinggung beberapa pihak tertentu. Hal ini tentunya dapat mengancam stabilitas keamanan di suatu wilayah akibat konten berbau SARA.

4. Meningkatkan Minat Anak dalam Belajar dan Berkarya

Selain itu, konten yang bagus untuk ditonton murid adalah konten yang dapat meningkatkan minat anak dalam belajar dan berkarya. Contoh konten yang dapat memberikan motivasi murid ,yaitu seperti konten yang memuat aksi nyata berupa kreasi seni yang menerapkan Do it Yourself (DIY) maupun melakukan eksperimen sains menggunakan bahan daur ulang di sekitar.

7 Tips Mencari Sumber Belajar Efektif Menggunakan Google Search
Referensi atau sumber belajar sangat beragam seperti membaca dari buku, website dan platform online lainnya.

5. Membantu Anak dalam Kegiatan Sekolah

Konten yang bagus untuk murid adalah konten yang dapat membantu anak dalam kegiatan sekolah. Misalnya seperti konten yang membahas tentang mata pelajaran beserta pembahasan beberapa contoh soal yang dapat membantu murid dalam memahami pelajaran yang mereka dapatkan dari sekolah. Seperti yang kita ketahui, bahwa murid akan lebih mudah menerima dan memahami pembelajaran yang memanfaatkan media audio visual, yang mana metode tersebut dapat membuat murid lebih paham dan tertarik untuk belajar.

Adapun beberapa rekomendasi konten bagus di TikTok untuk murid yang dapat mereka tonton di waktu senggang. Berikut penjelasannya.

Rekomendasi Konten – Konten Bagus di TikTok yang Cocok untuk Murid

1. Mbak Grammar (@eranitri)

Kak Era ini sering membahas tentang bahasa Inggris di kontennya. Tidak hanya memiliki TikTok saja, Kak Era ini juga memiliki kanal YouTube yang dapat kamu tonton! Pada kesempatan ini, Kak Era akan memberikan konten-konten yang mempelajari dan memperluas vocabulary, mempelajari grammar, serta membahas tentang beberapa tips dan rekomendasi seputar pembelajaran bahasa Inggris.

Selain itu, dalam memberikan penjelasannya, Kak Era ini menjelaskannya dengan menggunakan metode menulis. Ia akan menuliskannya di buku kertas putih yang isinya akan terlihat menarik ketika ia mulai menjelaskan. Selain menggunakan metode menulis, Kak Era juga tidak lupa untuk mendengarkan suaranya ketika menjelaskan materinya.

Hal ini tentunya akan sangat membantu murid yang ingin mendalami pelajaran bahasa inggris. Jika kamu ingin belajar bahasa inggris dengan baik, kamu bisa mengikuti akun ini, ya!

2. Aqila Sheila (@aqilasheila)

Aqila Sheila adalah seorang lulusan mahasiswa asal Bengkulu. Pada akun ini, Aqila akan membahas tentang study and productivity tips maupun tentang journaling. Adapun konten – konten yang dibahas Aqila yaitu seperti bagaimana membuat presentasi yang menarik, cara memakai aplikasi mendeley yang biasa untuk membuat jurnal, edit dokumen, dan membahas tentang beberapa tips belajar yang bisa digunakan murid.

Selain pembahasannya yang selalu menarik dan informatif, penjelasan Aqila pada konten yang dibuat juga begitu semangat dan ceria, sehingga pengguna yang menonton konten tersebut akan termotivasi dengan semangat yang diberikan Aqila. Tidak hanya ceria dan semangat dalam membawa konten saja, penjelasannya pun mudah dipahami oleh murid karena cara Aqila dalam berkomunikasi juga sangat aktif, sehingga murid tidak akan merasa bosan.

Tips Mengarahkan Minat Bakat Remaja
Untuk mengarahkan minat dan bakat yang dimiliki remaja, mereka juga harus mengutamakan niat dan komitmen.

3. Zull Ensa (@zullensa)

Untuk murid yang ingin gemar membaca buku dan ingin mendapatkan banyak informasi mengenai pendidikan, kamu wajib untuk mengikuti akun ini! Konten – konten yang dimuat pada akun ini sangat edukasi dan bermanfaat untuk para pelajar.

Beberapa konten yang dibahas oleh Zull Ensa ini. yaitu seperti membahas tentang pengembangan diri, tips memilih jurusan perguruan tinggi untuk anak kelas XII, mengenai study hacks, maupun memberikan berbagai macam informasi yang dapat membantu murid dalam pendidikan misalnya seperti apa yang harus murid lakukan ketika UTBK sebentar lagi diadakan? Selain itu, pembawaan Zull Ensa dalam membuat konten begitu menarik, seru dan santai, sehingga pengguna akan merasa nyaman dan tertarik.

Itulah beberapa rekomendasi konten bagus di TikTok untuk murid yang dapat mereka tonton di rumah maupun dijadikan media pembelajaran oleh guru di sekolah. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sangat penting untuk guru maupun orang tua di rumah untuk menyeleksi konten-konten yang bagus ditonton oleh anak. Pastikan bahwa konten yang ditonton informatif dan mengandung nilai edukasi untuk mereka.

Dalam pemilihan konten, Anda dapat memilih dari rekomendasi di atas. Apabila Anda ingin mencari sendiri, selain pastikan konten yang dibahas akan bermanfaat untuk murid, pastikan bahwa cara pembawaan konten dalam menjelaskan dan membahas sesuatu harus menarik, simpel, dan menyenangkan, supaya murid tidak mudah bosan dalam belajar suatu hal.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.