Kejarcita.id, Solusi bagi Siswa Belajar Mandiri

kejarcita 23 Apr 2022

Pandemi yang berlangsung hampir lebih dari dua tahun membawa dampak berarti salah satunya di bidang pendidikan. Pembatasan sosial di tempat umum membuat siswa yang biasanya mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah, kemudian diharuskan melaksanakan proses belajar dari rumah. Meskipun kondisi saat ini lebih baik, kegiatan belajar secara mandiri ini diharapkan tetap bisa berjalan dan menjadi kebiasaan baik bagi siswa.

Belajar secara mandiri merupakan salah satu wujud kesadaran diri akan pentingnya ilmu dan pendidikan dalam hidup. Sebagai upaya kepedulian dan kasih sayang demi mempersiapkan diri untuk masa depan. Selayaknya pisau yang harus diasah kembali jika dirasa mulai tumpul dan digunakan terus menerus agar tidak berkarat. Begitupun dengan otak harus diasah dengan mengulang materi pembelajaraan serta dibiasakan belajar hal-hal baru agar potensi dan kemampuan yang dimiliki bisa progresif.

Manfaat Belajar secara Mandiri

Kegiatan belajar secara mandiri membawa berbagai manfaat seperti berikut ini:

1. Menumbuhkan motivasi dan meningkatkan kepercayaan diri

Belajar secara mandiri bisa berhasil dilakukan, apabila siswa memiliki motivasi belajar yang kuat. Pada saat belajar mandiri, siswa perlu mengatur dan mengelola jadwal belajarnya sendiri, ia perlu memahami saat yang tepat bisa berkonsentrasi penuh atau tidak. Selain menentukan perencanaan dalam proses belajar, siswa juga memilih cara belajar yang disukainya. Bila kegiatan belajar mandiri ini bisa dilaksanakan siswa secara konsisten hingga terselesaikan dengan baik, akan memberikan kepuasan tersendiri baginya. Tentunya tanpa ada motivasi, seseorang tidak akan memiliki semangat atau alasan yang kuat untuk bersungguh-sungguh. Begitu juga kepuasan yang diperolah nantinya akan meningkatkan kepercayaan diri.

2. Menciptakan kebiasaan diri yang disiplin dan bertanggung jawab

Dibandingkan proses belajar yang terjadi di sekolah. Pada saat belajar di rumah, siswa memiliki kendali penuh atas dirinya. Tidak ada peraturan baku yang ditetapkan orang lain, namun siswa perlu mengatur dirinya sendiri saat belajar. Dengan mengatur waktu belajarnya secara rutin, siswa dapat menerapkan kebiasaan untuk disiplin dan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab.

3. Meningkatkan prestasi akademis

Kecerdasan dan kemampuan yang dimiliki seseorang tidak hanya bergantung pada tingkat intelegensinya saja, akan tetapi juga kerja keras dan kesungguhan yang mendorongnya. Seperti kata Thomas Alva Edison, “Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras.”

Waktu yang dihabiskan untuk berusaha lebih dari orang lainnya, tentu akan menentukan sejauh mana keberhasilan yang diperoleh. Begitu juga dalam hal belajar. Siswa yang terbiasa belajar secara mandiri, akan memiliki kesempatan lebih untuk meningkatkan prestasi akademisnya dibandingkan siswa yang hanya belajar di sekolah saja.

4. Menjadi lebih aktif dalam mencari sumber belajar

Saat kegiatan pembelajaran di kelas, umumnya guru akan menggunakan beberapa sumber belajar tertentu seperti satu buku paket saja bukan? Referensi yang dibatasi mungkin memudahkan penyampaian materi yang cenderung singkat di kelas. Sedangkan saat belajar mandiri, siswa memiliki keleluasaan waktu dan kesempatan mempelajari materi dari berbagai sumber lainnya.

Berbeda dari belajar di sekolah, saat belajar di rumah siswa memiliki banyak pilihan bahan rujukan. Misalnya belajar dari internet dengan membaca artikel, jurnal ilmiah, menonon video materi di youtube, hingga platform pembelajaran digital. Cara siswa yang dilakukan untuk memperoleh informasi dan materi yang relevan, juga akan mendorongnya agar lebih kreatif.

Platform bagi Siswa untuk Belajar Mandiri

Aktivitas belajar secara mandiri memang membutuhkan kesadaran dan motivasi yang kuat untuk mendorong siswa terbiasa melakukannya. Siswa yang berhasil dalam proses belajarnya mampu mengendalikan diri dengan baik dan menggunakan berbagai sumber belajar yang tersedia.

Fitur untuk Mendukung Belajar Mandiri di Kejarcita.id

Salah satu solusi belajar mandiri yang dapat dimanfaatkan oleh siswa ialah menggunakan platform pembelajaran digital. Ada cukup banyak platform pembelajaran yang tersedia di internet. Kejarcita.id hadir sebagai salah satu solusi yang mudah diakses dan dapat membantu siswa untuk melakukan proses belajar secara mandiri. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai platform pembelajaran digital ini. Yuk simak penjelasan fitur-fitur yang tersedia di Kejarcita.id berikut ini!

1. Bank Soal

Kejarcita.id merupakan platform pembelajaran digital dalam bentuk web base, yang menyediakan berbagai fitur lengkap untuk mendukung proses belajar. Agar lebih paham mengenai materi yang dipelajari saat belajar mandiri, siswa dapat membiasakan diri untuk mengerjakan latihan soal.

Oleh karena itu, Kejarcita.id membuat fitur Bank Soal. Siswa bisa latihan secara mandiri dengan mengakses soal-soal yang tersedia. Ada lebih dari 80.000 soal yang dapat digunakan, dan akan selalu di-update sehingga sesuai dengan kebutuhan terkini dalam pendidikan. Soal-soal yang terdapat di Bank Soal Kejarcita.id ada berbagai macam. Terdiri dari soal pilihan ganda, esai singkat, soal AKM, dan soal HOTS. Siswa dapat memilih mengerjakan latihan soal sesuai rekomendasi sistem, memilih acak, atau mengerjakan soal AKM.

Latihan Mandiri Kejarcita.id

2. Materi Pembelajaran

Di menu utama 'Belajar', tersedia berbagai macam bahan rujukan pembelajaran. Ada video belajar yang dibuat menarik dengan gambar-gambar animatif, penjelasan yang jelas dan rinci, disertai narasi materi lengkap.

Video Materi Pelajaran

Lalu ada fitur Rangkuman, di mana menyediakan berbagai ringkasan singkat materi pelajaran. Fitur ini dibuat untuk membantu siswa mengulang kembali materi yang dipelajari agar lebih paham, berdasarkan poin-poin pentingnya. 'Rangkuman Kece' tersedia dalam berbagai mata pelajaran sesuai kebutuhan belajar siswa.

'Rangkuman Kece' Materi Pelajaran

Selanjutnya, ada pula fitur Lembar Kerja berisi soal-soal singkat setiap materi. Fitur ini dibuat untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Dengan begitu, siswa mengetahui apakah proses belajar mandirinya telah berhasil atau belum?

Lembar Kerja

3. Tanya Jawab

Pada saat proses belajar mandiri, terkadang siswa menemui kesulitan untuk mempelajari suatu materi. Untuk membantu siswa dalam memahami dan menemukan jawaban yang tepat dari soal yang dikerjakan. Di Kejarcita.id juga terdapat fitur Tanya Jawab. Di sini siswa dapat menanyakan soal atau kesulitan yang ditemui terkait materi yang dipelajarinya. Akan ada tutor yang membantu siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

Tanya Jawab Siswa

Belajar secara mandiri bisa lebih mudah, praktis dan menyenangkan dengan fitur-fitur yang disediakan di Kejarcita. Dengan platform pembelajaran digital ini, siswa mendapatkan solusi terbaik agar belajar mandiri bisa dilakukan secara efektif dan efisien. Pastinya sumber materi dan bahan pembelajaran yang tersedia kredibel serta relevan dengan kebutuhan belajar siswa saat ini. Karena semua materi dan soal-soal yang tersedia, disusun oleh ahli profesional seperti guru, tenaga kependidikan dan pakar yang bersangkutan.

Jadi, tunggu apalagi? Sudah coba akses belajar mandiri di Kejarcita.id. Yuk, segera daftar dan manfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk membantumu dalam belajar.

Insani Miftahul Janah

Trying. Learning. Then Doing.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.