kejarcita.id Alternatif Belajar di Rumah Untuk Anak

edukasi Apr 27, 2020

Apa saja yang bisa menjadi alternatif belajar di rumah untuk anak?

Banyak. Karena konteks belajar itu tidak terbatas pada materi pelajaran sekolah. Membuat kantong kertas, hiasan meja, daur ulang koran, mencuci baju sendiri juga bisa masuk kategori belajar.

Namun bagaimana agar kegiatan sehari-hari itu bisa ditautkan ke materi pelajaran sekolah anak-anak?

Atau cara lain sehingga, dalam selingan kegiatan sehari-hari itu, anak masih bisa mengakses pelajaran sekolah sehingga dia tidak ketinggalan ketika harus tinggal di rumah dengan kondisi apapun.

Belajar online adalah salah satu alternatif kegiatan belajar di rumah untuk anak.

Belajar secara online akan terus relevan sepanjang era digital ini. Keuntungan akan majunya teknologi informasi dan perkembangan gawai (gadget) yang bisa mengakses internet, membuat hal ini menjadi semakin mudah dilakukan.

Beruntung sekali ada platform penyedia konten belajar online yang berkualitas seperti kejarcita.id.

“Saya sangat terbantu dengan fitur kuis, karena soalnya sering keluar di pelajaran. Pembahasannya lengkap dan mudah dipahami”

Ini adalah pengalaman Salma Khairunnisa di SD Tomang Jakarta Barat ketika belajar online menggunakan konten darikejarcita.id.

Salma menunjukkan bahwa belajar di rumah juga bisa dilakukan oleh anak-anak. Generasi Z yang sudah terpapar gawai dan layar sejak dari janin ini, sebenarnya punya keterampilan belajar mandiri yang sangat besar. Terbukti dari mudahnya mereka mengoperasikan gawai tanpa diajari dulu oleh orang tuanya atau orang dewasa lainnya.

Kegiatan Belajar Dialihkan ke Rumah, Apa Saja Manfaatnya?
Belajar bisa dilakukan di mana saja, tidak hanya di sekolah atau lembaga pendidikan formal. Konsep belajar non formal dan bahkan belajar di rumah juga besar sekali manfaatnya.

kejarcita.id adalah platform sumber materi belajar online untuk siswa, orang tua dan guru.

Tersedia bank soal SD, soal HOTS SD, ujian sekolah, video, printable worksheet, dan lain-lain, untuk jenjang SD hingga SMA.

Belajar di rumah jadi mudah dan asyik. Karena di kejarcita.id tersedia tiga fitur utama. Yaitu latihan soal, lihat video dan tanya tutor. Tersedia banyak bank soal untuk semua materi pelajaran di semua jenjang pendidikan dari SD sampai SMA.

Soal latihan diberikan satu per satu dengan adanya tenggat waktu. Jadi anak tidak hanya terlatih menjawab soal dengan benar. Tapi juga terlatih untuk menyelesaikan soal tepat waktu. Terlatih tidak hanya kemampuan berpikirnya melainkan juga kecepatan berpikirnya.

Hal ini penting karena di masa depan, soal ujian akan diberikan secara online baik itu untuk ujian akhir sekolah atau ujian masuk jenjang sekolah lebih tinggi. Ujian secara online pasti dibatasi oleh waktu. Jika anak tidak terbiasa dengan hal itu, dia tidak akan bisa mengelola waktu dan juga emosinya. Anak bisa saja terlalu terburu-buru karena takut tidak bisa selesai atau terlalu pelan karena ragu dengan jawaban dan tidak terbiasa membaca soal dan menjawabnya melalui layar gawai.

Latihan soal SD dan juga jenjang sekolah tingkat lanjutan di kejarcita.id juga dilengkapi dengan pembahasan. Hal ini penting untuk proses belajar online secara mandiri. Jadi anak membangun juga keterampilan untuk mengevaluasi dirinya sendiri. Jika dia menjawab soal latihan salah, maka harus mau sukarela melihat pembahasan soalnya dan mengetahui jawaban yang benar. Untuk selanjutnya dia tahu bagaimana cara menjawab soal yang tepat jika mendapat soal serupa di sekolah.

Bagaimana jika dari pembahasan soal tersebut, anak masih kesulitan untuk memahami dan tidak ada yang bisa dimintai bantuan di rumahnya? Anggap saja keluarganya juga tidak memahami materi tersebut. Apakah anak akan berhenti belajar?

Ada Tutor Kompeten di kejarcita.id

Tentu saja tidak. Kejarcita.id menyediakan juga TUTOR yang kompeten untuk menjawab pertanyaan dari peserta belajar. Mereka akan mendapatkan pendampingan belajar sehingga bisa memahami materi dengan baik. Dan kelak bisa menyelesaikan soal ujian di sekolah.

Memberikan alternatif belajar di rumah ini tidak hanya tersedia untuk peserta belajar. Guru juga pasti sangat terbantu dengan platform kejarcita.id. Karena di sini ada fitur “kejar kuis” yang menyediakan kelas online sesuai dengan kurikulum K13. Sehingga ketika guru memerlukan konten untuk kuis, tidak perlu menulis ulang lagi. Semuanya sudah disediakan di fitur kejar kuis.

Kejarcita.id menyediakan bank soal latihan SD dan jenjang kelas lainnya yang bisa dipilih oleh guru dan dikirimkan kepada muridnya. Bahkan guru bisa memberikan soal tersebut sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Murid bisa mengerjakannya sesuai dengan jam yang ditentukan. Nilai atau hasil dari kerjaan murid tersebut langsung tersimpan di dalam sistem.

Adanya soal terjadwal ini bisa memudahkan guru untuk mengatur ritme belajar murid-muridnya di rumah.

Dengan cara ini, belajar di rumah tidak serta merta membuat pola hidup anak menjadi tidak teratur dan terbalik-balik. Mereka tetap akan terbiasa bangun pagi. Setelah membersihkan diri dan sarapan, mereka langsung membuka kejarcita.id dan mengerjakan soal latihan dari guru yang sudah dijadwalkan harus dikerjakan pukul 8 pagi, misalnya.

Setelah jadwal kelas online selesai, anak bisa mengerjakan hal lain di rumah. Anak bisa belajar hal baru secara online. Atau lanjut mengerjakan hobi mereka. Bisa saja mereka melukis dan belajar menggambar.

Belajar di rumah, dalam kondisi tertentu, di mana semua anggota keluarga harus berada di rumah, bisa memberikan dampak baik untuk ketahanan keluarga. Antara orang tua dan anak menjadi semakin erat hubungannya dengan intensitas pertemuan yang lebih banyak. Dibandingkan dengan setiap hari biasa dengan kesibukan masing-masing.

Anak Terbiasa Belajar Dengan Teknologi

Adanya teknologi informasi digital yang semakin berkembang dan akses internet yang semakin merata dan mudah didapatkan, sangat membantu proses belajar di rumah untuk anak dan juga guru.

Jika anak semakin terbiasa mengalami belajar di kelas online, mereka akan memahami bahwa teknologi dan gawai itu tidak hanya bisa dipakai untuk bermain game atau menonton video di You Tube dan media sosial. Melainkan bisa dipakai untuk mencari ilmu, menambah wawasan dan memudahkan kelanjutannya belajar. Baik itu belajar langsung bersama guru, dengan dibimbing melalui kejar kuis dan platform kejarcita.id. Juga belajar dengan siapa saja yang mudah diakses dengan teknologi secara online.

Dengan kelas online dan akses bank soal SD dan jenjang kelas lainnya di berbagai jenjang yang disediakan kejarcita.id, anak dan guru juga bisa mengetahui soal dari kelas lain. Jauh berbeda dengan belajar di sekolah. Anak kelas 3 SD akan tidak terlalu leluasa jika ingin masuk ke kelas 3 SMP karena ingin tahu materi apa yang dipelajari.

Dengan kejarcita.id, anak di rumah bahkan bisa langsung masuk kelas mana saja. Tanpa ada batasannya. Anak kelas 5 SD bisa mencoba-coba mengetahui soal latihan materi pelajaran kelas 1 SMP. Jadi mereka bisa tahu nanti setelah lulus SD, mereka akan belajar apa saja.

Dengan ini mereka akan lebih siap dan menghargai waktu. Mereka tahu ketika di kelas 5 SD ini harus memahami materi apa saja, sehingga ketika sudah SMP tidak terlalu kesulitan. Anak juga bisa langsung bertanya kepada tutor untuk materi yang masih asing baginya.

Heni Prasetyorini

"A geek mom who loves to write and teach kids how to code >.<"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.