Karakter Sekolah Favorit untuk Referensi Jelang Tahun Ajaran Baru

sekolah 5 Jul 2023

Setelah kelulusan peserta didik maupun menjelang tahun ajaran baru, orang tua akan ikut disibukkan memilih beberapa sekolah yang akan dijadikan referensi untuk melanjutkan pendidikan sang anak. Meskipun secara formal, pemerintah melalui Kemendikbudristek tidak pernah memberikan predikat atau label sekolah favorit kepada satuan pendidikan tertentu. Namun, istilah tersebut tetap saja muncul di kalangan masyarakat dengan berbagai faktor dan alasan untuk kebutuhan pendidikan anak.

Tak heran, saat penyelenggaraan seleksi penerimaan peserta didik berlangsung, orang tua begitu menginginkan anak mereka diterima di sekolah yang dianggap sebagai sekolah favorit tersebut. Pada tahun 2020, hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud menyebutkan bahwa salah satu persepsi masyarakat dalam memandang karakter sekolah favorit, yaitu eks Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI atau SBI) dan Sekolah Unggulan.

Selain itu beberapa karakter atau profil sekolah favorit yang dijadikan referensi masyarakat menjelang tahun ajaran baru juga mencakup hal berikut:

  1. Sekolah mempunyai ciri khas tersendiri seperti berbasis agama, kurikulum internasional, maupun faktor lainnya
  2. Memiliki siswa dari latar belakang keluarga dari kalangan tertentu seperti kemampuan ekonomi menengah ke atas, berpendidikan tinggi, keturunan bangsawan, dan lainnya sebagainya
  3. Memiliki sarana dan prasarana yang baik
  4. Menjalin kerja sama dengan orang tua siswa dengan baik
  5. Mampu mendorong budaya belajar siswa menjadi lebih giat
  6. Menerapkan disiplin tinggi untuk seluruh siswa
  7. Menerapkan pembelajaran bermutu menyesuaikan kurikulum yang berlaku

Masih melansir hasil survei Puslitjakdikbud yang dipublikasikan, masyarakat (orang tua) ternyata lebih mengutamakan label favorit tidaknya suatu sekolah dibanding pembiayaan bahkan jarak tempuh, sebagai pertimbangan utama dalam memilih sekolah untuk anaknya.

Berikut beberapa alasan orang tua (masyarakat) memilih sekolah favorit untuk anaknya:

  1. Motivasi belajar yang tinggi karena persaingan ketat antarsiswa
  2. Banyak lulusan yang diterima PTN, terutama PTN favorit
  3. Memiliki fasilitas yang mendukung pembelajaran dan pengembangan minat maupun bakat siswa dengan lengkap
  4. Prestise dan kebanggaan jika diterima di sekolah
  5. Banyak meraih prestasi akademik maupun nonakademik
  6. Banyak dukungan dari pemerintah setempat
Strategi Mempersiapkan Anak dari Masa Transisi PAUD ke Jenjang SD
Transisi ke jenjang SD tidak hanya melibatkan perubahan fisik dan akademik, tetapi juga perubahan mental dan emosional.

Memilih sekolah yang baik dan berkualitas sebagai referensi jelang tahun ajaran baru menjadi perhatian serius bagi orang tua yang peduli terhadap kebutuhan pendidikan anak-anaknya karena sekolah ibarat rumah kedua bagi anak. Sehingga iklim pendidikan positif dan dukungan lingkungan belajar yang menyenangkan menjadi suatu keharusan yang wajib terpenuhi di satuan pendidikan.

Secara umum, berikut karakter sekolah favorit untuk referensi jelang tahun ajaran baru:

1. Ketersediaan fasilitas pendukung pendidikan

Memiliki fasilitas pendidikan dan iklim belajar yang baik serta didukung lingkungan yang menyenangkan dengan adanya pusat keilmuan, seni dan budaya sebagai fasilitas tambahan untuk siswa mengembangkan potensi mereka. Fasilitas yang dimaksud dapat berupa ketersediaan internet, perpustakaan, kantin sehat, maupun pusat pengembangan minat dan bakat sekolah.

2. Memiliki manajemen yang baik

Karakteristik sekolah favorit lainnya adalah iklim yang positif dan perencanaan yang jelas, terukur baik secara jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, sekolah juga berorientasi pada prestasi akademik maupun nonakademik dan kemajuan siswa, proses pembelajaran yang efektif, dan ikut melibatkan partisipasi orang tua terhadap masalah siswa.

3. Guru yang kompeten

Sebagai pendidik, guru memainkan peranan penting dalam proses belajar. Karakteristik sekolah favorit di antaranya didukung oleh guru yang cakap dalam memberikan pengajaran, motivasi, dan kebutuhan setiap siswa. Peningkatan kompetensi guru dapat dicapai melalui beragam pelatihan berbasis daring maupun luring.

4. Sistem evaluasi yang adil

Penggunaan sistem evaluasi sangat penting untuk mengukur kemampuan dan motivasi siswa. Sistem evaluasi yang dimiliki sekolah harus didasarkan pada keadilan dari kinerja setiap siswa. Sekolah favorit memiliki memiliki sistem evaluasi yang baik untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan serta selalu mengomunikasikan kepada orang tua tentang prosedur dan kinerja dari sistem evaluasi yang akan dilakukan.

5. Kegiatan ekstrakurikuler beragam

Di sekolah favorit, siswa diberikan motivasi untuk mengikuti beragam kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa tanpa menggangu kegiatan belajar.

6. Keterampilan sosial siswa

Sekolah favorit memiliki karakter yang tidak hanya berfokus pada pengajaran keterampilan akademik, tetapi juga keterampilan sosial para siswa yang biasanya dimasukkan dalam program sekolah. Keterampilan sosial ini akan bermanfaat bagi siswa dalam membantu menyelesaikan berbagai permasalahan sosial yang ada di lingkungannya.

Upaya Pemerintah Mengatasi Persepsi Berlebihan tentang Sekolah Favorit

Sebenarnya pemerintah telah melakukan tindakan pengendalian pelabelan sekolah favorit yang diberikan oleh masyarakat, salah satunya dengan menerapkan kebijakan sistem zonasi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru. Tujuannya, selain untuk menghilangkan eksklusivitas terhadap satuan pendidikan dan diskriminasi sekolah lainnya, juga untuk menjamin pemerataan akses pendidikan semua siswa yang berasal dari latar belakang yang heterogen. Dengan penerapan kebijakan ini pula, pemerintah berharap semua sekolah memiliki standar mutu pendidikan yang sama.

Tujuan Sekolah dan Hubungannya dengan Perkembangan Teknologi

Ketika perkembangan teknologi yang terus melaju pesat, karakter sekolah favorit yang dibutuhkan mungkin saja akan mengalami perubahan dari persepsi yang sebelumnya. Pertimbangan untuk memilih sekolah favorit jelang tahun ajaran baru juga perlu mempertimbangkan karakteristik berupa kreativitas dan keterampilan literasi digital.

Memilih dan menentukan sekolah menjelang tahun ajaran baru tak cukup hanya dengan memandang status sekolah favorit atau bukan, namun juga mempertimbangkan hal lain sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman seperti akses terhadap teknologi digital. Bagaimana pembelajaran di suatu sekolah berjalan dan apa saja yang akan dipelajari siswa perlu ditinjau dan diteliti sebelum menentukan pilihan terbaik untuk anak mereka.

Sekolah yang baik memiliki karakter pembelajaran yang inovatif dan modern mengikuti perkembangan zaman. Namun, di era sekarang di mana akses informasi begitu mudah, pemilihan sekolah juga harus mempertimbangkan relevansi tujuan yang ingin dicapai dan dibutuhkan oleh masyarakat global dan pembelajaran yang ditawarkan oleh sekolah.

Siswa saat ini tidak hanya dituntut untuk bisa membaca, menulis, berhitung, dan berargumen berdasarkan pengetahuan yang mereka peroleh dari proses belajar. Namun, mereka dituntut juga untuk memiliki kreativitas dan mampu berpikir secara global serta toleran terhadap pemikiran yang berbeda (perspektif). Siswa juga diharapkan mampu mengenali jati diri mereka, apalagi di tengah masifnya perkembangan media sosial yang bisa menyebabkan kesenjangan antara pencitraan dan jati diri individu makin melebar.

Apakah sekolah yang menjadi referensi untuk tahun ajaran baru telah memenuhi karakter tersebut?

Pertanyaan ini juga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan penting bagi masyarakat karena karena bagaimana mungkin suatu sekolah dikatakan baik, apabila siswanya saja tidak mengenal identitas dan jati diri mereka sendiri? Inilah salah satu karakter sekolah favorit baru di era perubahan dan perkembangan teknologi saat ini yang layak menjadi pertimbangan masyarakat dalam menentukan tempat peserta didik untuk memperoleh pendidikan menjelang tahun ajaran baru.

7 Metode Pendidikan Usia Dini yang Mudah Diterapkan di Rumah
manfaat yang diperoleh dari PAUD bagi anak seperti membentuk struktur otak, mendukung prestasi akademisnya, mengembangkan kemampuan sosial dan emosional, serta menumbuhkan rasa percaya diri

Ciri-ciri Sekolah yang Baik

Dalam menentukan pilihan sekolah, berikut ini beberapa ciri-ciri sekolah yang baik:

  1. Mampu beradaptasi terhadap perubahan sosial dengan cepat
  2. Memastikan siswa merasa diterima dan menumbuhkan sikap saling mendukung dalam mencapai tujuan dan siswa paham dengan tujuan yang akan capai
  3. Memiliki ukuran keberhasilan yang beragam
  4. Terus mendukung pengembangan dan peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru
  5. Menciptakan siswa yang mampu mengenali identitas diri serta siap menghadapi segala perubahan dan tantangan global

Demikian referensi mengenai karakter sekolah favorit jelang tahun ajaran baru. Semoga dapat menjadi referensi Anda dalam memilih sekolah yang berkualitas bagi pendidikan anak Anda.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.