Jenis-jenis Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika

Sumber Materi 10 Mei 2024

Pada tahun 2020 lalu, digelar deklarasi revolusi industri 4.0 di acara Manifesto Davos. Acara tersebut juga dihadiri oleh delegasi dari Indonesia. Sejak saat itu, era industri 4.0 semakin berkembang massif dan menyebar dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan.

Revolusi industri 4.0 membuat pendidikan di Indonesia bertransformasi menjadi pendidikan 4.0. Pendidikan 4.0 ini ini didefinisikan sebagai proses pendidikan yang mengintegrasikan teknologi, khususnya teknologi cyber dalam proses pelaksanaannya.

Pendidikan 4.0 ini disebut juga pendidikan masa depan. Beberapa ciri yang umumnya terdapat pada pendidikan 4.0 ini adalah kelas daring (dalam jaringan) dan proses kegiatan belajar siswa yang menggunakan berbagai jenis teknologi digital dalam proses kegiatan pembelajarannya.

Secara tidak langsung telah ditegaskan bahwa pendidikan 4.0 ini harus diterapkan dalam setiap kegiatan belajar. Hal ini penting untuk dilaksanakan guna membangun SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada di Indonesia, yang mana saat ini SDM harus sesuai dengan era revolusi industri 4.0 saat ini.

Industrialisasi di era 4.0 ini bergerak ke arah digital. Digitalisasi menyentuh semua bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pendidikan juga harus dilaksanakan dengan batuan teknologi digital. Meski di satu sisi, harus mengejar ketertinggalan perkembangan teknologi digital di Indonesia.

Pelaksanaan pendidikan 4.0 ini direspon secara positif oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, atau yang akrab disapa Mas Menteri. Mas Menteri merespon pendidikan 4.0 ini dengan menerapkan kurikulum merdeka.

Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar sesuai minat dan bakatnya masing-masing. Tak hanya itu, kurikulum memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih metode pembelajarannya masing-masing. Kemerdekaan dalam proses pembelajaran ini sangat penting dalam pendidikan 4.0.

Salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru di era pendidikan 4.0 ini adalah multimedia interaktif. Banyak guru menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif dalam menyampaikan materi pelajaran, termasuk pelajaran Matematika. Tulisan ini selanjutnya akan membahas tentang jenis-jenis multimedia interaktif untuk mata pelajaran Matematika.

Mengenal Multimedia Interaktif

sumber: https://www.pexels.com/

Multimedia interaktif adalah salah satu metode pembelajaran yang banyak digunakan saat ini. Apalagi di era revolusi industri 4.0, di mana perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital semakin massif. Perkembangan multimedia interaktif juga semakin baik.

Sebenarnya apa sih multimedia interaktif itu? Mengapa multimedia interaktif banyak dipilih di era pendidikan 4.0 ini?

Multimedia interaktif adalah sebuah aplikasi komputer yang berisi kombinasi teks, gambar, grafik, suara, video, animasi, simulasi secara terpadu dan sinergis untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dimana siswa dapat mengontrol dan berinteraksi secara dinamis.

Dalam penerapannya, multimedia interaktif ini bisa membuat proses pembelajaran lebih menarik. Siswa bisa dengan mudah memvisualisasikan materi yang dipelajarinya. Selain itu, multimedia interaktif ini sangat sesuai dengan karakter siswa yang notabene adalah generasi alpha. Generasi alpha sangat akrab dengan teknologi.

Model pembelajaran multimedia interaktif ini sangat mudah ditemukan di internet. Multimedia interaktif ini bisa berupa multimedia interaktif berbasis e-learning, media website pendidikan, situs belajar online, multimedia interaktif berbasis software dan media berbasis aplikasi android. Semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing.

Jenis-jenis Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika

sumber: https://www.pexels.com/

Multimedia interaktif ini bisa digunakan untuk semua mata pelajaran, termasuk Matematika. Selama ini Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan. Matematika jadi momok bagi banyak siswa.

Pelajaran Matematika yang didominasi hitungan dan angka-angka seringkali dianggap terlalu abstrak. Ini membuat banyak siswa merasa kesulitan dan sering menganggap Matematika menjadi pelajaran yang tidak penting. Padahal, konsep-konsep dalam Matematika itu penting dalam kehidupan sehari-hari. Matematika bisa diapliaksikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak keunggulan bila menggunakan multimedia interakatif untuk mata pelajaran Matematika ini, yaitu :

  • Materi Matematika bisa ditampilkan secara menarik
  • Pembelajaran menjadi lebih interaktif dan juga tidak monoton
  • Siswa lebih mudah memahami konsep-konsep abstrak dalam Matematika
  • Pembelajaran matematika menjadi lebih efektif dan efisien
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa
  • Belajar Matematika menjadi lebih asyik, dan bermakna
  • Sesuai dengan era revolusi industri 4.0
Media Pembelajaran yang Ideal pada Pembelajaran Paradigma Baru
Pembelajaran paradigma baru berorientasi terhadap penguatan kompetensi dan pengembangan karakter nilai-nilai Pancasila dalam diri peserta didik.

Jenis-jenis Multimedia Interaktif dalam Mata Pelajaran Matematika

Adapun beberapa jenis multimedia interaktif yang bisa digunakan dalam mata pelajaran Matematika adalah :

1. Tutorial

Tutorial adalah jenis multimedia interaktif yang terdiri atas penjelasan, rumus, prinsip, bagan, table, definisi istilah, dan latihan soal.

Model tutorial ini bertujuan untuk menyampaikan materi tertentu. Komputer menyampaikan materi tertentu, mengajukan pertanyaan serta memberikan umpan balik sesuai dengan jawaban siswa.

2. Drill and Pratice

Drill and Pratice ini berangapan jika siswa telah memahami materi, maka tahap selanjutnya adalah menerapkan rumus-rumus, bekerja dengan kasus konkret, dan mulai menjelajah daya tangkap siswa terhadap materi yang telah disampaikan.

Drill and Pratice ini terdiri dari tampilan sebuah pertanyaan atau masalah, penerimaan respon dari siswa, pemeriksaan jawaban, dan dilanjutkan dengan pemberian pertanyaan lanjutan berdasarkan kebenaran jawaban yang sudah ada.

Multimedia interaktif dengan model ini tidak manampilkan konten yang bersifat instruksional, melainkan mempraktekkan konsep yang sudah dikuasi. Jadi sifatnya testing.

3. Simulasi

Simulasi juga menjadi salah satu jenis multimedia interaktif yang digunakan dalam mata pelajaran Matematika. Model ini, berusaha memberikan simulasi nyata kepada siswa atas konsep-konsep yang sudah dipelajari. Model ini memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran sekaligus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Instructional Games

Instructional games bisa dikatan sebagai salah satu multimedia interaktif yang disukai oleh siswa. Melalui model ini, siswa bisa belajar sekaligus bermain. Ini membuat pelajaran Matematika menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa.

5. Hybrid

Model hybrid ini adalah jenis multimedia interaktif yang merupakan gabungan dari beberapa model. Misalnya, menggabungkan model tutorial dan instructional games.

Dengan model hybrid ini, siswa bisa melakukan pembelajaran yang lebih komprehensif. Model hybrid memungkinkan siswa untuk mendapatkan separangkat pembelajaran yang lengkap dan mendalam.

6. Socratic

Socratic adalah multimedia interaktif yang memungkinkan siswa melakukan percakapan secara natural dengan komputer. Siswa bisa menjawab secara langsung pertanyaan yang diberikan oleh komputer. Atau bisa juga memberikan respon maupun tanggapan atas materi pelajaran yang disampaikan oleh komputer secara langsung. Socratic ini bisa dibilng perwujudan penggunaan AI (Artificial Intellegence) dalam bidang pendidikan.

7. Inquiry

Inquiry ini adalah jenis multimedia interaktif yang berisi kumpulan data yang bisa dikomunikasikan kepada siswa di mana kumpulan data ini memberikan siswa kemudahan dalam mengakses informasi yang berakitan dengan mata pelajaran.

Tips Merancang Pembelajaran Blended Learning
Blended learning adalah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dalam proses kegiatan belajar.

Multimedia interaktif adalah salah satu metode belajar yang sangat cocok dengan pelaksanaan pendidikan 4.0 ini. Multimedia interaktif bisa membuat siswa belajar sesuai zamannya. Selain itu, multimedia interaktif bisa membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif.

Demikian artikel tentang jenis-jenis multimedia interaktif untuk mata pelajaran matematika. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih jenis-jenis multimedia interaktif untuk mata pelajaran Matematika.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.