Panduan Pendekatan dan Penanganan Anak Disabilitas di Kelas

teaching 17 Des 2024

Disabilitas berasal dari bahasa Inggris, yaitu disability, yang terbentuk dari dua bagian utama, yaitu "dis" yang berarti "tidak", "kehilangan", atau "kebalikan". dan "ability" yang berarti "kemampuan" atau "kecakapan" untuk melakukan sesuatu.

Secara harfiah, disability dapat diartikan sebagai "ketidakmampuan" atau "hilangnya kemampuan" dalam melakukan suatu aktivitas tertentu. Namun, istilah ini tidak hanya merujuk pada keterbatasan individu tetapi juga pada bagaimana lingkungan dan masyarakat memberikan atau menghalangi akses terhadap peluang bagi orang dengan keterbatasan.

Pada perkembangannya, istilah disabilitas tidak lagi semata-mata berfokus pada "ketidakmampuan individu", tetapi juga mencakup aspek sosial, lingkungan, dan sistem. Disabilitas dipahami sebagai interaksi antara keterbatasan individu dengan hambatan di lingkungan fisik maupun sosial yang menghalangi partisipasi penuh mereka dalam masyarakat.

Ada beberapa istilah lain yang digunakan sebagai pengganti atau sinonim dari kata disabilitas, baik yang bersifat formal, non-formal, maupun yang berkembang dalam konteks sosial dan budaya tertentu. Berikut adalah beberapa istilah tersebut:

1. Difabel

Difabel berasal dari singkatan "Different Abilities" yang berarti "berbeda kemampuan". Istilah difabel ini lebih populer di Indonesia karena dianggap lebih ramah dan menghindari kesan negatif seperti pada kata "ketidakmampuan". Makna dari kata difabel ini pun sangat mendalam yaitu menghargai bahwa setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda, meskipun dengan keterbatasan tertentu.

2. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Istilah dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) ini digunakan dalam konteks pendidikan inklusif yang merujuk pada anak-anak atau individu yang memerlukan pendekatan khusus dalam belajar atau beraktivitas. Namun, istilah ini tidak sepenuhnya identik dengan disabilitas karena dapat mencakup berbagai kondisi non-disabilitas (misalnya anak berbakat atau gifted).

3. Tunadaksa, Tunanetra, Tunarungu, dll.

Merupakan istilah spesifik yang digunakan di Indonesia untuk menggambarkan jenis-jenis disabilitas, seperti:

  • Tunadaksa: Disabilitas fisik.
  • Tunanetra: Disabilitas penglihatan.
  • Tunarungu: Disabilitas pendengaran.
  • Tunagrahita: Disabilitas intelektual.
  • Tunalaras: Disabilitas psikososial.

Penyebab Disabilitas Anak

sumber: https://www.pexels.com/

Disabilitas pada anak merujuk pada kondisi di mana seorang anak mengalami keterbatasan atau hambatan dalam fungsi fisik, intelektual, atau emosionalnya. Kondisi ini bisa mempengaruhi kemampuan anak untuk berpartisipasi secara penuh dalam aktivitas yang biasa dilakukan oleh anak-anak pada umumnya, termasuk kegiatan di sekolah, bermain, dan berinteraksi sosial.

Disabilitas anak dapat muncul sejak lahir (disabilitas bawaan) atau berkembang seiring waktu (disabilitas yang didapat). Adapun penyebab dari disabilitas ini pun bervariasi, seperti faktor genetik, kecelakaan, infeksi, ataupun dikarenakan masalah pada perkembangan anak.

Penting untuk memahami bahwa disabilitas bukanlah sesuatu yang membatasi potensi anak untuk berkembang. Dengan memberi dukungan yang tepat, anak-anak dengan disabilitas dapat memiliki kualitas hidup yang baik.

Penyebab disabilitas anak sangat bervariasi dan dapat melibatkan berbagai faktor, yaitu seperti:

- Faktor Genetik

Beberapa disabilitas disebabkan oleh kelainan genetik yang diwariskan, seperti sindrom Down atau distrofi otot.

- Komplikasi saat Kehamilan atau Kelahiran

Infeksi pada ibu hamil, kelahiran prematur, atau masalah saat proses kelahiran dapat menyebabkan disabilitas.

Layanan Pendidikan ABK beserta Sistem Dukungannya
Layanan pendidikan ABK adalah sebuah pendidikan yang memberikan wadah untuk semua anak tanpa memandang keadaan fisik, sosial, intelektual, dan kondisi lain-lain

- Cedera atau Kecelakaan

Kecelakaan yang menyebabkan cedera fisik atau otak dapat mengakibatkan disabilitas pada anak.

- Faktor Lingkungan

Paparan terhadap zat berbahaya, malnutrisi, atau kurangnya perawatan medis dapat menyebabkan gangguan perkembangan atau disabilitas.

Cara Menangani Anak Disabilitas di Kelas Berdasarkan Jenisnya

Menangani anak disabilitas di kelas memerlukan pendekatan yang berbeda-beda, tergantung pada jenis disabilitas yang dimiliki oleh anak tersebut. Setiap jenis disabilitas memiliki tantangan dan kebutuhan yang unik, sehingga penting bagi guru untuk memahami dan menyesuaikan cara mengajar dan mendukung anak-anak tersebut. Berikut adalah beberapa cara menangani anak disabilitas di kelas berdasarkan jenisnya:

1. Anak dengan Disabilitas Fisik

Anak-anak dengan disabilitas fisik mungkin mengalami keterbatasan dalam bergerak atau berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Kemungkinan besar mereka akan menggunakan alat bantu seperti kursi roda atau alat penyangga untuk bergerak selama kegiatan pembelajaran.

Cara Menangani di Kelas:

  • Aksesibilitas Ruangan: Memastikan kelas memiliki aksesibilitas yang memadai, seperti ramp, pintu yang lebar, dan meja atau kursi yang dapat disesuaikan. Semua area kelas harus mudah dijangkau oleh anak dengan disabilitas fisik.
  • Gunakan Teknologi Assistive: Menggunakan alat bantu teknologi, seperti komputer, perangkat berbasis suara, atau perangkat lainnya yang dapat membantu anak dalam belajar dan berinteraksi dengan materi pelajaran.
  • Berikan Waktu Lebih untuk Aktivitas: Anak dengan disabilitas fisik mungkin membutuhkan waktu ekstra untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Berikan mereka kesempatan untuk bekerja dengan kecepatan mereka sendiri tanpa merasa terburu-buru.
  • Pendekatan Inklusif: Melibatkan mereka dalam aktivitas kelas sebanyak mungkin dan berikan dukungan agar mereka merasa diterima dalam lingkungan sosial kelas.

2. Anak dengan Disabilitas Intelektual

Anak dengan disabilitas intelektual mengalami keterlambatan dalam kemampuan berpikir, belajar, dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Mereka mungkin memiliki kemampuan intelektual yang lebih rendah dibandingkan teman sebayanya.

Cara Menangani di Kelas:

  • Pembelajaran yang Disesuaikan: Menyesuaikan materi pelajaran dengan kemampuan anak. Gunakanlah bahasa yang sederhana, visual, dan konkret. Pembelajaran berbasis pengalaman dan demonstrasi langsung dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran .
  • Pengulangan dan Penjelasan: Memberikan penjelasan berulang kali dan berikan kesempatan bagi anak untuk mengulang materi yang telah diajarkan. Penguatan positif dan penghargaan atas setiap pencapaian anak dapat meningkatkan motivasi mereka untuk belajar.
  • Bantuan Pendamping: Anak dengan disabilitas intelektual mungkin membutuhkan pendampingan lebih intensif. Menyediakan asisten atau mentor yang dapat membantu mereka dalam memahami pelajaran dan mengerjakan tugas sangat bermanfaat.
  • Pembelajaran Kelompok Kecil: Mengadakan sesi belajar dalam kelompok kecil memungkinkan mereka mendapatkan perhatian lebih dan kesempatan untuk berinteraksi lebih aktif.

3. Anak dengan Gangguan Penglihatan

Anak dengan gangguan penglihatan mengalami kesulitan dalam melihat, baik itu penglihatan total atau sebagian.

Cara Menangani di Kelas:

  • Penggunaan Alat Bantu Penglihatan: Menggunakan alat bantu seperti pembesar, layar pembaca komputer, atau aplikasi pembaca layar untuk membantu anak mengakses materi pelajaran.
  • Materi Ajar dalam Format Tertentu: Menggunakan materi ajar dalam format yang sesuai dengan kebutuhan anak, seperti buku Braille, teks besar, atau materi audio.
  • Lingkungan yang Aksesibel: Pastikan meja dan peralatan kelas tidak menghalangi pergerakan anak. Arahkan anak pada meja atau area yang memungkinkan mereka merasa aman dan nyaman.
  • Bimbingan Visual: Selalu beri petunjuk verbal yang jelas saat memberi instruksi atau menjelaskan materi. Berikan informasi secara rinci dan jelas.

4. Anak dengan Gangguan Pendengaran

Anak dengan gangguan pendengaran mungkin memiliki masalah dalam mendengar suara dengan jelas, yang dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk berkomunikasi.

Cara Menangani di Kelas:

  • Gunakan Alat Bantu Dengar: Pastikan anak memiliki akses ke alat bantu dengar yang tepat jika diperlukan. Penggunaan alat bantu dengar atau implan koklea dapat membantu mereka mendengar dengan lebih jelas.
  • Bahasa Isyarat atau Komunikasi Non-Verbal: Jika anak menggunakan bahasa isyarat, pastikan untuk menyediakan penerjemah bahasa isyarat atau melibatkan teman sekelas untuk membantu berkomunikasi.
  • Tingkatkan Penggunaan Visual: Gunakan papan tulis, grafik, gambar, dan video untuk menyampaikan materi pelajaran. Visualisasi yang bagus dapat membantu anak untuk memahami pelajaran dengan baik.
  • Beri Instruksi yang Jelas dan Terlihat: Saat berbicara, pastikan anak dapat melihat wajah atau ekspresi wajah Anda, serta usahakan untuk berbicara secara jelas dan dengan volume yang cukup.

5. Anak dengan Gangguan Perilaku atau Emosional (Misalnya ADHD)

sumber: kejarcita.id

Anak dengan gangguan perilaku atau emosional seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) mungkin mengalami kesulitan dalam fokus, mengatur emosi, dan mengikuti instruksi.

Cara Menangani di Kelas:

  • Lingkungan Kelas yang Terstruktur: Anak dengan ADHD membutuhkan lingkungan yang terstruktur dan terorganisir dengan baik. Gunakan jadwal yang jelas dan rutinitas yang konsisten.
  • Memberi Instruksi yang Jelas : Menyampaikan instruksi dengan singkat dan jelas. Gunakanlah visual atau alat bantu yang dapat membantu anak untuk memahami tugas dengan baik.
  • Manajemen Perilaku Positif: Gunakan teknik manajemen perilaku yang positif, seperti pemberian reward atau pujian untuk perilaku yang baik, dan konsekuensi yang jelas untuk perilaku yang tidak diinginkan.
  • Fleksibilitas dalam Tugas: Berikan kesempatan bagi anak untuk beristirahat jika diperlukan, dan bagi tugas besar menjadi bagian yang lebih kecil agar lebih mudah dikelola.

6. Anak dengan Autisme (Spektrum Autisme)

Anak dengan autisme mungkin mengalami kesulitan dalam komunikasi sosial, pengaturan emosi, dan pola perilaku yang repetitif.

Cara Menangani di Kelas:

  • Pendekatan Terstruktur dan Konsisten: Anak dengan autisme merasa lebih nyaman dengan rutinitas yang jelas dan lingkungan yang terstruktur. Pastikan jadwal dan aturan kelas dipatuhi dengan konsisten.
  • Pemberian Instruksi Visual: Gunakan gambar, diagram, atau alat bantu visual lainnya untuk membantu mereka memahami instruksi dan materi pelajaran.
  • Latihan Keterampilan Sosial: Ajak anak untuk berlatih keterampilan sosial dalam kelompok kecil dan bantu mereka untuk memahami norma-norma sosial yang berlaku di kelas.
Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif dengan Penerapan UDL (Universal Design for Learning)
Universal Design for Learning atau biasa disingkat UDL adalah kerangka pembelajaran dalam upaya mengurangi hambatan pembelajaran siswa
  • Sensitivitas terhadap Rangsangan Sensori: Beberapa anak dengan autisme mungkin sensitif terhadap suara atau cahaya. Pastikan kelas memiliki suasana yang tenang dan nyaman, serta memberikan ruang bagi anak untuk mengatur diri mereka sendiri jika diperlukan.

Setiap anak dengan disabilitas membutuhkan pendekatan yang berbeda-beda di kelas. Sebagai guru, penting untuk mengenali jenis disabilitas yang dimiliki anak dan menyesuaikan metode pengajaran serta strategi dukungan untuk membantu mereka berkembang. Dengan pemberian perhatian yang tepat dan pengajaran yang inklusif, anak-anak disabilitas dapat mencapai potensi mereka di kelas dan meraih kesuksesan dalam pembelajaran.

Disabilitas anak bukanlah hal yang menghalangi potensi mereka untuk berkembang. Dengan pemahaman yang baik dan dukungan yang tepat, anak-anak dengan disabilitas bisa berkembang dengan baik dan mencapai tujuan mereka. Demikianlah pembahasan tentang disabilitas anak beserta jenis dan cara penanganannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.