Contoh Modul Ajar Sosiologi SMA Kurikulum Merdeka
Tujuan Modul Ajar
- Melatih kemandirian siswa dalam belajar agar siswa mampu belajar mandiri dengan atau tanpa bimbingan guru.
- Meminimalkan peranan guru agar tidak terlalu dominan dan otoriter dalam proses kegiatan belajar.
- Melatih kejujuran siswa.
- Mengakomodasi berbagai tingkat belajar siswa.
- Siswa mampu mengukur kemampuannya dalam menguasai materi yang sudah dipelajari.
Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila adalah usaha memperkuat nilai-nilai Pancasila bagi pelajar Indonesia yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar memiliki kompetensi untuk melengkapi standar kompetensi lulusan dan memperkaya karakter sesuai nilai-nilai Pancasila.
Kompetensi tersebut memperhatikan faktor internal dan eksternal seperti jati diri, ideologi, cita-cita bangsa, konteks kehidupan, dan tantangan era 4.0. Para pelajar diharapkan menjadi manusia unggul dan berpartisipasi dalam pembangunan global, dan ide tersebut akan diterapkan di sekolah melalui muatan pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.
Target Peserta Didik
Peserta didik yang menjadi target adalah sebagai berikut.
- Peserta didik reguler: Siswa yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
- Peserta didik dengan kesulitan belajar: Siswa yang memiliki gaya belajar terbatas seperti hanya memiliki satu gaya belajar saja, misalnya dengan audio. Ini juga berlaku pada kesulitan belajar lainnya, seperti memiliki kesulitan dengan penggunaan bahasa dalam memahami materi ajar, merasa kurang percaya diri, mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi jangka panjang, dan lain sebagainya.
- Peserta didik dengan pencapaian tinggi: Siswa yang memiliki kemampuan untuk memahami materi dengan cepat, memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan dalam memimpin.
Contoh Modul Ajar Sosiologi SMA Kurikulum Merdeka
Mata Pelajaran : Sosiologi
Materi Pembelajaran : Pengaruh Globalisasi terhadap Perubahan Sosial
Kelas : XII
Alokasi Waktu : 4 JP
Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu menganalisis pengaruh globalisasi terhadap perubahan sosial di masyarakat dan secara individual atau berkelompok melakukan studi kritis terhadap akibat yang ditimbulkan serta secara kreatif dapat memberikan solusinya.
Profil Pelajar Pancasila :
- Berkebhinekaan global
- Berakhlak kemanusiaan
- Gotong royong
- Bernalar kritis
Sarana dan Prasarana :
- Proyektor
- Kertas kosong
- Gambar
- Spidol
- Papan tulis
- Internet
- Worksheet
Target Peserta Didik
- Siswa regular
- Siswa dengan hambatan belajar
- Siswa cerdas istimewa berbakat istimewa (CIBI)
Model Pembelajaran : Tatap muka dan PJJ
Metode Pembelajaran :
- Diskusi
- Demonstrasi
- Eksperimen
- Games
- Studi lapangan
- Presentasi
- Project
- Eksplorasi
- Ceramah
- Simulasi
Asesmen
- Asesmen individu
- Asesmen kelompok
Jenis Asesmen :
- Tertulis (dibuat ke dalam bentuk laporan tugas mandiri dan soal tes uraian)
- Presentasi
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Awal
- Guru memberikan salam pembuka kemudian mengajak siswa untuk berdoa bersama sebelum kegiatan belajar dimulai.
- Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat belajar.
- Guru memberikan beberapa pertanyaan pemantik untuk memancing kesiapan siswa dalam belajar.
- Guru mengaitkan pengalaman siswa dengan materi yang akan dibahas.
- Guru menanyakan siswa, “Bagaimana menurut pendapat kamu tentang berbagai bentuk perubahan seperti TikTok, perdagangan bebas, dan pertukaran budaya?”.
- Guru menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan diberikan dua artikel tentang perubahan. Pada kesempatan ini, siswa diminta untuk memberi tanggapan tentang alasan terjadinya perubahan.
Kegiatan Inti
- Guru menyampaikan peta konsep tentang globalisasi. Sedangkan siswa akan menyimak, memahami dan menanggapi penjelasan tersebut secara kritis.
- Guru memberikan stimulus berupa cuplikan video tentang globalisasi dengan judul “An inconvenient truth”.
- Siswa secara mandiri melakukan pendalaman dan identifikasi terkait dengan konteks materi yang terdapat dalam video tersebut (menyimpulkan dengan menarik kata kunci dari globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan).
- Siswa menyalin jawabannya pada kertas/post it dan menempelkan pada media papan tulis atau mengisi pada LMS pembelajaran.
- Siswa menyampaikan argumentasinya secara lisan dengan baik secara langsung maupun online secara bergantian.
- Guru membuat catatan kritis terhadap kerja mandiri siswa, argumentasi siswa dan memberikan umpan balik dalam pelaksanaan kerja mandiri.
Kegiatan Penutup
- Siswa diberi kesempatan untuk memberi kesimpulan terhadap materi yang dipelajari.
- Siswa membuat pertanyaan lanjutan tentang materi pembelajaran yang sedang dipelajari.
- Guru bersama siswa akan menarik sebuah kesimpulan mengenai apa saja poin-poin penting yang terdapat di dalam kegiatan pembelajaran.
Refleksi Guru
- Guru mengevaluasi terkait proses pelaksanaan pembelajaran.
- Guru mengecek kembali partisipasi siswa dalam pembelajaran.
- Guru menanyakan kepada siswa tentang hambatan dan langkah perbaikan yang perlu dilakukan dalam pembelajaran.
Refleksi Siswa
- Siswa mengidentifikasi tantangan dan hambatan apa saja yang ditemukan di dalam kegiatan pembelajaran.
- Materi apa yang paling sulit untuk dipelajari?
- Apa yang kamu lakukan agar hasil belajarmu bisa lebih baik?
Pertemuan ke-2
Kegiatan Awal
- Guru memberi salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran. Kemudian, guru memeriksa kehadiran sebagai sikap disiplin serta menanyakan kondisi emosi dan kesejahteraan psikologi siswa.
- Guru mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman siswa terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya “Apa yang kamu ketahui tentang makna globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan masyakarat?”.
- Guru membuat enam kelompok belajar dan mengarahkan mereka untuk melakukan dinamika kelompok.
- Guru menjelaskan bahwa siswa akan melakukan kegiatan kerja kelompok untuk memecahkan ragam permasalahan sosial akibat dari perubahan yang disebabkan globalisasi.
- Guru memberikan berbagai gambar yang menunjukan ragam permasalahan sosial dan siswa menyelesaikannya dalam bentuk pembuatan concept mapping.
Kegiatan Inti
- Guru memberikan deskripsi singkat tentang materi berbagai masalah sosial dampak dari globalisasi, siswa menyimak dan memberi ulasan secara kritis.
- Guru memberikan stimulus bahan kerja dan diskusi berupa beberapa gambar tentang permasalahan sosial sebagai dampak dari globalisasi serta perwakilan kelompok secara acak mengambil gambar sesuai tema permasalahan.
- Siswa bersama kelompoknya melakukan identifikasi dan pemahaman dari permasalahan yang terkait.
- Siswa bekerjasama dalam kelompok membuat catatan tentang temuan-temuan terkait permasalahan dan membuat pemetaan penyelesaian permasalahan yang disajikan berdasarkan data informasi yang diperoleh dari berbagai sumber.
- Siswa melakukan curah pendapat terkait identifikasi berbagai permasalahan dan perumusan solusi pemecahannya.
- Siswa bekerja sama dalam kelompok membuat concept mapping pemecahan masalah.
- Guru memeriksa dan memberikan umpan balik dalam proses kerja/diskusi kelompok.
- Siswa mengirimkan hasil kerja kelompok ke mode LMS Google Classroom/Aplikasi Gredu/pengumpulan secara langsung/supaya bisa dibaca anggota kelompok lain dan dijadikan bahan presentasi.
Kegiatan Penutup
- Siswa diarahkan untuk menggeneralisasikan hasil berupa kesimpulan pada permasalahan materi yang sedang dikaji.
- Guru dan Siswa menarik sebuah kesimpulan tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran serta memberikan dorongan kepada siswa untuk memperdalam materi pembelajaran serta mempersiapkan kegiatan presentasi.
Refleksi Guru
- Guru meminta siswa memberikan gambar emotikon sebagai indikasi tingkat keberhasilan kegiatan pembelajaran.
- Guru menanyakan pengalaman menarik yang ditemukan siswa selama proses kegiatan belajar berlangsung.
- Guru menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam proses kegiatan belajar.
- Guru meminta siswa untuk lebih dapat mengoptimalkan partisipasinya dalam belajar.
- Guru melakukan penilaian diri dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran.
Refleksi Siswa
- Siswa mengidentifikasi tantangan dan hambatan yang mereka alami selama proses kegiatan berlangsung.
- Materi apa yang paling sulit untuk dipahami?
- Apa yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil kegiatan kerja kelompok?
Remedial
Siswa yang hasil belajarnya belum memenuhi nilai KKM perlu melakukan remidial. Pada kesempatan ini, guru dapat memberikan pengulangan untuk materi-materi yang CP-nya belum tercapai.
Pengayaan
Siswa yang hasil belajarnya tinggi akan diberikan tugas pengayaan atau mendapat kesempatan untuk menjadi mentor bagi siswa lain yang memiliki kesulitan dalam belajar.
Demikianlah penjelasan mengenai modul ajar beserta contoh modul ajar sosiologi SMA Kurikulum Merdeka. Semoga artikel ini bermanfaat.