Contoh Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka
Target Peserta Didik
Peserta didik yang menjadi target ialah sebagai berikut.
- Peserta didik reguler: peserta didik yang tidak memiliki kesulitan dalam mencerna dan memahami materi pembelajaran.
- Peserta didik dengan kesulitan belajar: peserta didik yang memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan visual saja.
- Peserta didik dengan pencapaian tinggi: peserta didik yang mampu mencerna dan memahami materi pembelajaran dengan cepat, memiliki keterampilan berpikir tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.
Tujuan Modul Ajar
Tujuan penyusunan atau pembuatan modul menurut Prastowo (2015:108) antara lain:
- Untuk memfasilitasi siswa agar dapat belajar secara mandiri;
- Tidak menjadikan guru sebagai peran dominan dalam proses kegiatan belajar di kelas;
- Melatih peserta didik untuk bersikap jujur;
- Mengakomodasi kemampuan peserta didik berdasarkan tingkat pemahamannya; dan
- Melatih peserta didik agar mampu mengukur pemahamannya terhadap materi yang sudah dipelajari.
Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila merupakan proyek penguatan nilai-nilai Pancasila yang ditujukan kepada para pelajar di Indonesia. Dengan adanya Profil Pelajar Pancasila ini, pemerintah berharap fokus belajar peserta didik tidak hanya mencapai Standar Kompetensi Lulusan saja, tetapi juga fokus dalam menumbuhkan karakter yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila.
Untuk mencapai kompetensi tersebut, guru dan peserta didik harus memperhatikan beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal, guru akan berfokus pada jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia. Sedangkan pada faktor eksternal, guru berfokus pada konteks kehidupan sehari-hari dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia, khususnya di abad ke-21 yang tengah menghadapi revolisi industri 4.0.
Model Pembelajaran
Kegiatan pembelejaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dan guru, serta sumber belajar yang berlangsung secara edukatif. Pada kegiatan pembelajaran ini, guru tidak hanya berfokus pada akademik peserta didik saja. Guru juga berfokus pada membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Model pembelajaran merupakan rangkaian proses kegiatan belajar yang disusun secara sistematis guna mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang digunakan guru. Pendekatan yang digunakan guru memuat tujuan pembelajaran, tahap-tahap proses kegiatan pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Tujuan digunakannya model pembelajaran ini ialah sebagai strategi dalam membantu peserta didik untuk mengembangkan kompetensi yang dimilikinya, yaitu seperti kemampuan peserta didik dalam berpikir, bersikap, dan terampil dalam bersosialisasi.
Contoh Modul Ajar Ekonomi SMA Kurikulum Merdeka
Mata Pelajaran: Ekonomi
Materi Pembelajaran: Pengangguran
Kelas: XI
Alokasi Waktu: 2 X 45 Menit
Model Pembelajaran: Tatap Muka dan PJJ
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari materi "Pengangguran", peserta didik diharapkan mampu menyajikan hasil pengamatan mengenai fenomena penggangguran dan cara mengatasinya dengan baik.
Pertanyaan Pemantik:
- Apa dampak dari negara yang memiliki tingkat pengangguran yang tinggi?
- Apa yang menyebabkan tingginya tingkat pengangguran di suatu negara?
- Apa upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengatasi pengangguran?
Profil Pelajar Pancasila
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
- Bernalar kritis
- Kreatif
- Bergotong royong
Sarana dan Prasarana
- Laptop
- Ponsel
- Jaringan internet
- Proyektor
- Papan tulis
Target Peserta Didik :
- Peserta didik regular
- Peserta didik cerdas istimewa berbakat istimewa
Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi
- Presentasi
- Eksplorasi
Asesmen
- Asesmen individu
- Asesmen kelompok
Jenis Asesmen
- Presentasi
- Tertulis
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
- Guru mengawali kegiatan belajar dengan doa bersama dan memeriksa kehadiran peserta didik.
- Guru menanyakan beberapa pertanyaan mengenai materi sebelumnya dan mengaitkan materi tersebut dengan materi yang akan disampaikan.
- Guru memberikan motivasi kepada peserta didik.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru menyampaikan acuan pembelajaran yang digunakan.
- Guru menyampaikan arahan mengenai langkah-langkah pembelajaran dengan teknik Creative Problem Solving.
Kegiatan Inti
- Peserta didik mengamati gambar/video tentang kondisi pengangguran di suatu negara. Guru dapat menggunakan beberapa video di bawah ini sebagai bahan media pembelajaran.
Beberapa pertanyaan pemantik yang dapat ditanyakan guru misalnya sebagai berikut.
- Apa yang menyebabkan pengangguran di suatu daerah atau negara?
- Apakah pengangguran bisa diatasi?
- Guru dan peserta didik dapat melakukan pertukaran pendapat terkait dengan pertanyaan yang diajukan tersebut.
- Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5—6 orang.
- Guru membagikan lembar kerja kepada masing-masing kelompok dan meminta peserta didik untuk mulai mengerjakannya.
- Peserta didik mendiskusikan suatu permasalahan yang diajukan guru dan mem-brain stroming sejumlah tujuan atau sasaran yang bisa digunakan untuk kerja kreatif. Pada kesempatan ini guru akan meminta peserta didik untuk mencari artikel atau video lain yang membahas tentang pengangguran.
- Peserta didik mem- brain stroming tentang semua fakta yang mungkin berkaitan dengan sasaran tersebut.
- Peserta didik menemukan masalah inti atau menguraikan poin-poin penting.
- Peserta didik menganalisis kemungkinan yang akan menjadi solusi dari suatu permasalahan.
- Peserta didik mengevaluasi gagasan secara bersama-sama.
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Kegiatan Penutup
- Guru meminta peserta didik untuk duduk di tempatnya masing-masing.
- Guru memberi materi penguatan.
- Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
- Guru memberi refleksi.
- Guru memberi tugas untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari.
- Guru menutup kelas dengan mengucapkan salam.
Refleksi Guru
- Apakah penjelasan yang diberikan guru dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik?
- Apakah ada rencana kegiatan belajar yang harus diperbaiki?
- Apa tanggapan peserta didik terhadap proses kegiatan belajar?
- Apakah proses kegiatan belajar berjalan sesuai dengan rencana yang dibuat?
- Apa kesulitan yang dihadapi peserta didik selama proses kegiatan belajar berlangsung?
- Apakah tujuan pembelajaran tercapai dengan sempurna?
- Apakah materi penguatan yang disampaikan guru dapat dipahami peserta dengan baik?
- Apakah peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam proses kegiatan belajar?
Refleksi Peserta Didik
- Apakah seluruh peserta didik dapat mengikuti proses kegiatan belajar dengan baik?
- Apakah peserta didik dapat memahami instruksi yang disampaikan guru dengan baik?
- Apakah media pembelajaran dan alat yang digunakan guru dalam kegiatan belajar dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran?
- Apakah ada materi yang belum dipahami peserta didik?
- Apa kesulitan dan hambatan yang dimiliki peserta didik dalam proses kegiatan belajar?
- Apakah ada sifat positif yang diterima peserta didik dalam proses kegiatan belajar ini?
- Apa yang akan dilakukan peserta didik untuk memperbaiki hasil belajar?
Remedial
Peserta didik yang hasil belajarnya masih belum memenuhi standar minimal, maka guru berhak untuk melaksanakan remedial. Remedial ini diawali dengan remedial teaching, yaitu guru akan mengulang kembali materi-materi yang belum dicapai atau dipahami peserta didik.
Pengayaan
Bagi peserta didik yang berpencapaian tinggi diberikan pengayaan atau peserta didik yang berpencapaian tinggi juga dapat dijadikan sebagai mentor bagi peserta didik lain yang memiliki kesulitan belajar.
Demikianlah penjelasan mengenai modul ajar beserta contoh modul ajar ekonomi SMA Kurikulum Merdeka. Semoga artikel ini bermanfaat.