Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris SMA Kurikulum Merdeka

contoh modul ajar 10 Okt 2023

Tujuan Modul Ajar

Modul pembelajaran merupakan satuan program belajar mengajar yang dipelajari oleh siswa secara perseorangan atau diajarkan oleh siswa kepada dirinya sendiri (self instructional). Modul ajar disusun secara sistematis dan menarik. Modul ajar mencakup isi materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Modul pembelajaran merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri. Modul ajar yang baik adalah modul ajar yang disusun secara sistematis, menarik, dan jelas. Modul ajar dapat digunakan kapanpun dan di manapun oleh guru sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan modul ajar menurut Andi Prastowo (2015) ialah:

  • Membantu peserta didik untuk belajar secara mandiri tanpa bimbingan guru;
  • Meminimalkan peran guru dalam kegiatan pembelajar agar tidak terlalu dominan dan otoriter;
  • Melatih peserta didik untuk bersikap jujur;
  • Memberi peluang bagi peserta didik sesuai dengan tingkat pemamahan dan kecepatan belajar peserta didik. Peserta didik yang cepat tanggap dalam kegiatan belajar akan lebih cepat dalam menyelesaikan modul, dan sebaliknya jika peserta didik kesulitan dan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam kegiatan belajar diberi kesempatan untuk mengulangi pembelajaran kembali; dan
  • Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengukur sendiri kemampuannya dalam menguasai materi pembelajaran.

Langkah-Langkah Menyusun Modul Ajar

  • Menganalisis kebutuhan guru dan siswa berdasarkan pada latar belakang, sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, serta menganalisis kemampuan dan kreativitas yang dimiliki guru.
  • Mengidentifikasi dimensi Profil Pelajar Pancasila. Pada tahap ini, guru berkesempatan untuk memilih beberapa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan karakteristik dan kegiatan pembelajaran peserta didik.
  • Menetapkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang akan dikembangkan menjadi modul ajar.
  • Merencanakan modul ajar berdasar pada komponen yang tersedia. Pada tahap ini, guru dapat menambahkan komponen lain yang sesuai dengan kebutuhan proses kegiatan belajar peserta didik.
  • Guru dapat menggunakan modul ajar setelah selesai dibuat.
  • Guru melakukan evaluasi mengenai efektivitas modul ajar dalam proses kegiatan pembelajaran, serta menentukan tindak lanjut untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan media yang dibuat guru untuk memudahkan siswa dalam proses kegiatan belajar. Media yang dibuat guru dapat berupa media audio, visual, maupun audio visual. Media pembelajaran berfungsi sebagai pembawa informasi dari guru (sumber) menuju siswa (penerima).

Contoh Modul Ajar Sejarah SMA Kurikulum Merdeka
Modul pembelajaran bertujuan untuk Melatih kemampuan peserta didik dalam belajar mandiri, walaupun tanpa bimbingan guru, Melatih bersikap jujur

Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris SMA Kurikulum Merdeka

Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

Materi Pembelajaran: Teks Fungsional Khusus Iklan, Undangan, dan Pengumuman

Kelas: X

Alokasi Pertemuan: 4 JP x 45 Menit

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi "Teks Fungsional Khusus Iklan, Undangan, dan Pengumuman", peserta didik diharapkan mampu untuk:

  1. Menganalisis, menerima, dan mengevaluasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tertulis yang dimuat ke dalam bentuk iklan (advertisement), undangan (invitation), dan pengumuman (announcement) secara kritis, kreatif, dan jujur terkait topik fenomena alam dan sosial dengan tingkat kelancaran dan ketepatan yang optimal; serta
  2. Merancang dan mempresentasikan teks lisan dan tertulis yang dimuat ke dalam bentuk iklan, undangan, dan pengumuman terkait topik fenomena alam dan sosial dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan agar sesuai konteks secara kritis, santun, dan kreatif.

Pertanyaan Inti:

  • What makes good advertisement?
  • What makes good announcement?
  • What makes good invitation?

Prasyarat Pengetahuan/Keterampilan:

  • Siswa mampu membaca dan merespons berbagai macam jenis teks secara mandiri.
  • Siswa mampu merespons teks yang semakin kompleks.
  • Siswa mampu menuliskan aktivitas yang dipandu dan menyampaikan ide-ide yang kompleks dengan menggunakan berbagai kosakata dan akta kerja dalam tulisannya.

Profil Pelajar Pancasila:

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
  • Mandiri
  • Berpikir kritis
  • Kreatif

Target Siswa: Siswa Regular

Model Pembelajaran: Blended Learning

Asesmen: Individu, Berpasangan Kelompok

Jenis Asesmen: Tertulis, Unjuk Kerja

Media Pembelajaran:

  • Laptop/Komputer
  • LCD
  • Rekaman untuk Listening
  • Loud Speaker
  • Film/Gambar
  • Power Point Presentation

Metode Pembelajaran :

  • Menyimak
  • Diskusi Kelompok
  • Studi Pustaka
  • Role Play
  • Tugas Individu dan Kelompok

Sumber Belajar :

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Kegiatan Awal:

  • Guru menyiapkan peserta didik untuk memulai proses kegiatan belajar.
  • Guru memotivasi peserta didik secara kontekstual, misalnya dengan mengenalkan teks berbentuk iklan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam kegiatan belajar.
  • Guru menyiapkan peserta didik agar siap mengikuti kegiatan pembelajaran dengan memberikan beberapa contoh teks iklan yang menarik.
  • Guru memberikan beberapa pertanyaan pemantik yang berkaitan dengan kegemaran peserta didik dalam memilih suatu barang berdasarkan merk-nya.

Kegiatan Inti

  • Guru memberi kesempatan bagi siswa untuk menganalisis iklan yang ada di dalam tabel. Berikut adalah tabelnya.

Before you read, complete the following K-W-L chart .

a. Write two things you already know about advertisement in the K colomn of the chart!

b. Think of what you want  to know about the topic write two question in the W colomn of the chart!

K

What I Know

W

What I Want to Know

L

What I learned

 

 

 

  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membaca dan berdiskusi tentang perbedaan dari berbagai jenis teks iklan, seperti event, service, atau product.
  • Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
  • Guru memberi beberapa pertanyaan mengenai tempat di mana peserta didik menemukan berbagai jenis teks iklan.
  • Guru memberi pertanyaan mengenai struktur kebahasaan yang terdapat pada iklan barang, jasa, dan kegiatan di media massa untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
  • Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membaca sebuah teks iklan dan menjawab soal mengenai iklan tersebut.
  • Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membaca beberapa brosur mengenai penyampaian iklan barang, jasa, dan kegiatan di media massa.
  • Guru meminta peserta didik untuk menganalisis tata kebahasaan yang terdapat pada brosur tersebut dengan menggunakan tabel analisis.
  • Guru meminta peserta didik untuk membandingkan isi brosur-brosur yang digunakan.

Kegiatan Akhir:

  • Guru memberi feed back terhadap proses kegiatan belajar.
  • Guru menyimpulkan apa yang telah dipelajari peserta didik hari ini.

Refleksi untuk Guru:

  • Apa tujuan pembelajaran yang telah dicapai pada proses kegiatan belajar hari ini?
  • Apa yang menjadi perhatian khusus dalam proses kegiatan belajar hari ini? Apakah cara mengajarnya salah?
  • Apa yang harus diperbaiki jika ada peserta didik yang belum paham penjelasan saya?
  • Peserta didik mana yang membutuhkan perhatian khusus?

Refleksi untuk Siswa:

  • Apakah materi yang disampaikan guru sudah cukup jelas dan mudah dipahami?
  • Apakah kendala yang dialami selama proses kegiatan berlangsung?

Pertemuan 2

Kegiatan Awal:

  • Guru membuka kegiatan belajar dengan memberikan beberapa pertanyaan pemantik mengenai teks iklan yang telah dipelajari di pertemuan sebelumnya.
  • Guru menerangkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Kegiatan Inti:

  • Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk melengkapi paragraf yang rumpang dengan menggunakan tata bahasa yang tepat.
  • Guru meminta peserta didik untuk berlatih menulis iklan sesuai dengan contoh yang telah diberikan guru.
  • Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk membagikan komentar atau masukan atas iklan yang telah dibuat.
  • Guru meminta peserta didik untuk merevisi beberapa bagian yang masih kurang.

Kegiatan Akhir:

  • Guru menyimpulkan hasil kegiatan belajar.
  • Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat yang didapatkan selama proses kegiatan belajar berlangsung.
  • Guru memberikan tugas tentang membuat iklan secara iklan dengan bantuan kamera HP atau video recorder.
  • Guru membagian rencana kegiatan belajar yang akan diberikan di pertemuan selanjutnya.

Refleksi:

  • Apa yang telah dipelajari hari ini?
  • Apakah peserta didik memahami kegiatan pembelajaran dengan baik?
Contoh Modul Ajar Bahasa Indonesia SMA Kurikulum Merdeka
Cara membuat modul ajar kurikulum merdeka tidak jauh berbeda dengan cara menyusun RPP pada kurikulum k13. Letak perbedaannya hanya pada penyebutan perangkat pembelajaran saja.

Remedial:

Kegiatan remedial akan diberikan kepada peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai atau melewati nilai KKM.

Pengayaan:

Kegiatan pengayaan akan diberikan kepada peserta didik yang hasil belajarnya melewati nilai KKM. Adapun kegiatan pengayaan yang dapat diberikan, seperti membuat teks iklan dan mempublikasikannya di mading sekolah.

Itulah contoh Modul Ajar Bahasa Inggris SMA Kurikulum Merdeka yang dapat Anda jadikan referensi! Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.