Contoh Modul Ajar Bahasa Indonesia SMA Kurikulum Merdeka

contoh modul ajar 10 Okt 2023

Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila merupakan tujuan akhir proses kegiatan belajar yang berkaitan erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Dalam penerapannya, Profil Pelajar Pancasila ini bercermin pada konten atau metode pembelajaran. Profil Pelajar Pancasila tidak perlu dicantumkan seluruhnya pada modul ajar. Namun, guru dapat memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kegiatan belajar  dalam modul ajar.

Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi yang saling berkaitan dan terintegrasi, yaitu

  • materi/isi pelajaran;
  • pedagogi;
  • kegiatan proyek; dan
  • asesmen.

Dalam penerapannya, modul ajar akan memuat satu atau beberapa unsur dimensi Profil Pelajar Pancasila.

Target Peserta Didik dalam Modul Ajar

  • Peserta didik reguler meliputi peserta didik yang tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi pembelajaran.
  • Peserta didik dengan kesulitan belajar meliputi peserta didik yang gaya belajarnya terbatas, misalnya hanya memiliki gaya belajar dengan bantuan audio.
  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi meliputi peserta didik yang mampu memahami kegiatan pembelajaran dengan cepat, memiliki keterampilan berpikir tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan dalam memimpin.

Langkah-Langkah Menyusun Modul Ajar

1. Mengkaji Kondisi dan Kebutuhan Peserta Didik serta Satuan Pendidikan

Modul ajar disusun dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan peserta didik, seperti kondisi latar belakang keluarga peserta didik, ekonomi, dan kondisi dari satuan pendidikan, seperti sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Selain itu, dalam menyusun modul ajar, guru juga harus memperhatikan tingkat kompetensi dan kreativitas guru dalam mengajar. Dengan memperhatikan kedua hal tersebut, guru dapat memiminalkan penyusunan modul ajar yang tidak sesuai dengan kemampuan peserta didik, guru, dan satuan pendidikan.

Modul Ajar Guru Penggerak
Program guru penggerak adalah bagian dari rangkaian kebijakan Merdeka Belajar yang didesain untuk mempersiapkan para guru terbaik yang ada di Indonesia guna menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada kegiatan pembelajaran

2. Memperhitungkan Profil Pelajar Pancasila sebagai Dasar Penyusunan Modul Ajar

Dalam menyusun modul ajar, guru harus memperhitungkan Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kondisi dan proses belajar peserta didik. Pada kesempatan ini, guru dapat memilih beberapa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang menjadi dasar dari penyusunan modul ajar.

3. Menentukan Alur Tujuan Pembelajaran

Dalam menyusun modul ajar, penting bagi guru untuk menentukan alur dari tujuan pembelajaran yang akan dikembangkan dalam proses belajar. Pada kesempatan ini, guru dapat menyesuaikan alur tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan satuan pendidikan dengan alur tujuan pembelajaran yang sudah ada.

4. Menyusun Modul Ajar sesuai dengan Unsur Komponen yang Sisediakan

Komponen yang digunakan dalam menyusun modul ajar disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik, guru, dan sekolah yang berperan sebagai satuan pendidikan.

Modul ajar dapat diterapkan setelah modul ajar telah selesai disusun. Setelah itu, guru dapat mengevaluasi modul ajar yang teah dilaksanakan sebagai bentuk perbaikan modul ajar untuk proses kegiatan belajar berikutnya.

Manfaat Modul Ajar

1. Sebagai bahan ajar

Modul ajar dapat dijadikan bahan ajar bagi peserta didik. Dalam hal ini, peserta didik dapat belajar secara mandiri dan fleksibel, yaitu baik di sekolah maupun di rumah. Dengan begitu, peserta didik tidak selalu bergantung dengan guru.

2. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik

Dalam penerapannya, modul ajar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dikarenakan, peserta didik diberikan kesempatan untuk belajar mandiri, sehingga peserta didik dapat men-challenge dirinya sendiri.

3. Sebagai bahan rujukan bagi peserta didik

Modul ajar juga dapat dijadikan bahan rujuan atau referensi belajar bagi peserta didik.

4. Sebagai alat evaluasi

Modul ajar juga dapat dijadikan ala evaluasi bagi peserta didik. Evaluasi ini dapat membantu peserta didik untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka dalam menguasai materi pembelajaran.

Contoh Modul Ajar Bahasa Indonesia SMA Kurikulum Merdeka

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Materi Pembelajaran: Teks Deskripsi

Kelas: XII

Alokasi Waktu: 2 JP X 45 Menit

Model Pembelajaran: Tatap Muka

Profil Pelajar Pancasila:

  • Bernalar Kritis
  • Mandiri
  • Kreatif

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari teks deskripsi, peserta didik diharapkan mampu untuk menulis teks deskripsi yang berkaitan dengan topik baru, topik yang kompleks, dan topik yang abstrak dengan baik.

Sarana dan Prasarana:

  • Laptop
  • LKPD
  • Infokus

Persiapan Pembelajaran:

  • Mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi
  • Merencanakan penulisan teks deskripsi
  • Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan
  • Menyunting teks deskripsi dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan

Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

Kegiatan Awal

  1. Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan memberi salam dan mengajak doa bersama.
  2. Guru mengecek kehadian peserta didik.
  3. Guru memulai kegiatan belajar dengan memberi beberapa pertanyaan pemantik, seperti :
  • Ada berapakah jenis karangan? Bisakah kalian menyebutkan jenis-jenis karangan tersebut?
  • Apakah kalian pernah mendengar karangan yang ditulis dengan sifat menggambarkan dan memaparkan?

Kegiatan Inti

  1. Guru membagikan contoh teks deskripsi yang berupa laporan hasil observasi yang judulnya, "Beruang Madu". Contoh teks deskripsi ini dapat diambil dari website wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Beruang_madu.
  2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa hal penting yang terdapat dalam teks deskripsi tersebut.
  3. Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan apa yang mereka temukan pada teks deskripsi tersebut.
  4. Guru menjelaskan struktur, kaidah kebahasaan, dan ciri-ciri yang terdapat di dalam teks deskripsi tersebut.
  5. Guru memberikan contoh teks deskripsi lain.
  6. Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan contoh teks deskripsi yang diberikan.
  7. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memberi tanggapan terhadap contoh teks deskripsi yang diberikan.
  8. Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan belajar hari ini.

Kegiatan Penutup

  • Guru bertanya beberapa hal yang berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari.
  • Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memberikan tanggapan terhadap materi yang sudah dipelajari.

Refleksi

  • Peserta didik menjawab pertanyaan dengan jujur.
  • Peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan belajar hari ini dengan kelompok belajarnya.

Pertemuan II

Kegiatan Awal:

  1. Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan mengecek kehadiran peserta didik dan berdoa bersama.
  2. Guru memberikan beberapa pertanyaan pemantik mengenai pelajaran yang telah dipelajari di pertemuan sebelumnya dan mengenai pelajaran yang akan dipelajari hari ini.

Kegiatan Inti:

  1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.
  2. Guru menjelaskan kembali materi mengenai struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi untuk membantu peserta didik mengingat kembali materi yang sudah dipelajari.
  3. Guru memberi teks deskripsi yang berjudul, "Pantai Watu Lumbung Yogyakarta Terlihat Unik Batu Karangnya Berbentuk Cekung" kepada setiap kelompok belajar. Teks deskripsi ini dapat diambil dari website https://www.inews.id/travel/destinasi/pantai-watu-lumbung-yogyakarta-terlihat-unik-batu-karangnya-berbentuk-cekung.
  4. Peserta didik akan mengamati teks deskripsi dengan seksama. Adapun yang perlu diamati peserta didik yaitu seperti penggunaan kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca.
  5. Guru akan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan tanya jawab mengenai prinsip penggunaan kata, kalimat, paragraf, dan ejaan.
  6. Guru memberi kesempatan bagi peserta didik untuk mencari sumber belajar lain yang relevan dengan prinsip penggunaan kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca pada teks deskripsi.
  7. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
  8. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk saling menanggapi dan menilai hasil pekerjaan kelompok lain dengan jujur.
  9. Peserta didik memajang hasil kerjanya di depan kelas.
Contoh Modul Ajar Bahasa Inggris SMA Kurikulum Merdeka
Modul pembelajaran merupakan satuan program belajar mengajar yang dipelajari oleh siswa sendiri secara perseorangan atau diajarkan oleh siswa kepada dirinya sendiri (self instructional)

Kegiatan Penutup

  1. Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari kepada peserta didik.
  2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memberi tanggapan terhadap materi yang dibahas.
  3. Guru memberi penghargaa pada kelompok belajar yang hasil pekerjaan dan memiliki kerjasama yang baik.

Refleksi

Peserta didik diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan refleksi ini dengan jujur.

Itulah Contoh Modul Ajar Bahasa Indonesia SMA Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.