Coba deh! Ini Rekomendasi Templat Presentasi Kece Biar Ngajar Makin Oke!

teaching 14 Feb 2023

Kegiatan mengajar yang dilakukan setiap hari mungkin bisa membuat siswa jenuh jika guru hanya menggunakan metode mengajar yang itu-itu saja. Sehingga, sudah menjadi hal yang diperlukan bagi para guru untuk berani bereksplorasi dengan berbagai macam metode mengajar yang kreatif menyenangkan.

Tujuannya sederhana, agar siswa lebih tertarik dan antusias dengan materi yang disampaikan. Saat siswa sudah tertarik maka materi pelajaran akan lebih mudah dicerna dan dipahami oleh siswa. Selain metode pembelajarannya menggunakan berbagai variasi, jangan lupa untuk mempresentasikannya dengan menarik juga.

Metode-metode Pembelajaran yang Bisa Diimplementasi di Kelas

Seorang guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi ajarnya dengan maksimal, namun juga mampu menyampaikan kembali kepada siswanya dengan cara terbaik sehingga siswa mencapai tujuan akhir untuk memahami materi-materi pelajaran dengan maksimal.

Para ahli pendidikan telah mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga para guru bisa mengaplikasikannya di dalam kelas. Adapun beberapa metode tersebut, sebagai berikut:

1. Metode Pembelajaran Ceramah yang Konvensional dan Ekonomis

Metode pembelajaran ini sudah banyak diaplikasikan untuk berbagai jenjang pendidikan. Metode yang konvensional ini tidak membutuhkan banyak alat bantu dan lebih hemat. Cukup efektif jika jumlah peserta didik banyak karena guru punya kendali secara penuh di dalam kelas.

Sayangnya, metode ini pun memiliki beberapa kekurangan, seperti siswa lebih cepat bosan karena hanya terjadi komunikasi satu arah saja dari guru, sehingga kurang cocok untuk siswa yang memiliki gaya belajar visual. Selain itu, proses pengajaran hanya berfokus pada pengertian saja daripada esensi dari pelajaran tersebut.

2. Metode Pembelajaran Tanya Jawab untuk Menciptakan Suasana yang Interaktif

Metode pembelajaran yang satu ini memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah saat penyampaian materi pelajaran. Adanya komunikasi yang timbal balik dengan cara siswa bertanya kepada guru atau guru yang bertanya kepada siswa, akan membuat suasana kelas lebih interaktif.

Dengan metode ini, siswa dilatih untuk mengembangkan daya pikir dan keberaniannya dalam menyampaikan pertanyaan di dalam kelas. Kekurangan dari metode ini biasanya karena keterbatasan waktu yang ada sehingga guru tidak dapat memberikan pertanyaan atau jawaban kepada siswa.

3. Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Membantu Siswa Mengamati secara Langsung

Materi pelajaran yang berbasis teori ataupun praktik akan lebih efisien saat diajarkan menggunakan metode demontrasi. Metode ini membantu siswa untuk melihat langsung proses terjadinya sesuatu.

Melalui metode ini, proses pengajaran berlangsung lebih menarik sehingga siswa lebih mudah memahami pelajarannya. Adapun kekurangan dari metode ini berkaitan dengan fasilitas yang tersedia, keterampilan guru, dan butuh waktu yang cukup lama dalam proses pembelajaran.

4. Metode Pembelajaran Diskusi yang Menstimulus Daya Analisis

Metode satu ini berkaitan erat dengan belajar memecahkan masalah dan dapat dilakukan dengan cara pembagian kelompok. Metode ini memosisikan siswa untuk bertukar informasi dan menyampaikannya dalam bentuk ide ataupun gagasan sampai akhirnya terbentuk keputusan yang disepakati bersama.

Metode diskusi ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar menghargai pendapat orang lain, memperluas wawasan, dan terbiasa bermusyawarah dalam memecahkan masalah. Namun, kekurangan dari metode ini berkaitan dengan waktu pembelajaran yang lama, dan hanya efektif untuk kelompok dalam skala kecil.

5. Metode Pembelajaran Karyawisata yang Berlokasi di Luar Sekolah

Metode pembelajaran yang satu ini bisa jadi banyak disukai siswa karena tempat belajarnya berada di luar sekolah. Metode karyawisata atau field-trip ini lokasinya tidak terlalu jauh dari sekolah sehingga waktu yang ditempuh tidak begitu lama.

Metode ini memanfaatkan lingkungan nyata sebagai tempat siswa belajar sehingga bisa mengetahui relevansi antara teori yang diajarkan di dalam kelas dengan kebutuhan di dalam masyarakat.

Rekomendasi Templat Presentasi Biar Proses Mengajar Lebih Asyik

Fasilitas yang terbatas bukanlah halangan bagi guru untuk memberikan pengajaran semaksimal mungkin. Dalam menghadirkan materi pelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, para guru bisa mulai bereksplorasi dengan menghadirkan materi pelajaran interaktif menggunakan sebuah presentasi.

Bikin presentasi jadi makin ribet, dong? Jawabannya, tentu tidak. Saat ini ada banyak templat presentasi menarik yang bisa diadaptasi dengan materi-materi pelajaran sehingga siswa lebih antusias selama mengikuti pelajaran.

Berikut adalah beberapa templat presentasi keren untuk membantu proses mengajar.

1. Templat Presentasi Brown Neutral Aestethic dari Canva

Canva merupakan alat bantu desain dan publikasi daring yang berdiri sejak tahun 2013. Tidak seperti pelopor perangkat lunak (software) desain yang sudah populer terlebih dahulu seperti Corel Draw, Canva menawarkan kemudahan pada penggunanya untuk menghasilkan desain poster, postingan sosial media, kover e-book, sampai templat presentasi yang menarik.

Canva bisa diakses melalui PC desktop ataupun ponsel. Paling penting nih, ada banyak templat presentasi di Canva yang tersedia secara cuma-cuma dan desainnya bukan kaleng-kaleng, lho. Cocok sangat untuk para guru yang butuh bantuan dalam membuat desain presentasinya agar lebih keren.

Seperti template presentasi di atas bisa diakses melalui Canva secara gratis. Ada sekitar 15 slide dengan desain berbeda yang bisa Anda sunting sesuai kebutuhan presentasi. Pemilihan tone warnanya serba cokelat dengan beberapa detail tumbuhan hijau yang membuat templat ini terlihat lebih estetik.

Cek templatnya di sini.

2. Templat Presentasi Minimalist Aesthetics dari Slidesgo

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Slidesgo untuk melihat berbagai templat presentasi yang tidak kalah kerennya. Slidesgo merupakan platform penyedia latar belakang presentasi yang bisa Anda sunting menggunakan Microsoft Powerpoint atau Google Slides.

Salah satu templat presentasi yang bisa Anda gunakan adalah templat dengan tema minimalist aesthetics. Templat ini bisa Anda gunakan secara gratis dan berisi 50-an slide yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan presentasi.

Cek templatnya di sini.

3. Template Presentasi Lucius dari Powerpointify

Templat yang satu ini sangat cocok jika Anda mengajar untuk tingkatan Sekolah Dasar. Desain yang dihadirkan terdiri dari banyak gambar anak-anak sehingga akan lebih menarik siswa untuk memperhatikan materi yang disampaikan.

Templat ini bisa diunduh secara gratis dan dapat langsung disunting melalui Microsoft Powerpoint. Templatnya terdiri dari 23 slide yang bisa Anda gunakan untuk penyampaian bahan ajar.  

Cek templatenya di sini.

4. Template Presentasi Animated Folded PowerPoint dari Slidemodel

Ingin presentasi yang bisa berpindah dari satu pembahasan ke pembahasan lainnya tanpa perlu repot? Nah, templat presentasi dari Slidemodel ini bisa jadi pilihan yang bagus. Cukup diunduh saja secara gratis, kemudian desain presentasinya bisa Anda sunting di Microsoft Powerpoint mulai dari versi 2007.

Cek templatnya di sini.

5. Templat Presentasi School Bundle dari Slidesmania

Bikin pembahasan materi pelajaran dengan menyenangkan melalui templat presentasi dari Slidesmania. Templat presentasinya terdiri dari 16 slide dengan desain berbeda. Templat jenis ini bisa Anda unduh dan sunting melalui Microsoft Powerpoint, Google Slides, ataupun Canva.

Desain slide-nya cukup variatif karena tidak hanya menyediakan desain untuk tulisan saja, namun juga ada tabel, mind maps, bingo, dan masih banyak lagi. Dengan templat yang lengkap ini, guru tidak hanya bisa menyajikan presentasi materi saja bahkan memberikan permainan di tengah-tengah presentasi pun sangat bisa dilakukan.

Cek templatnya di sini.

Pemilihan Template Presentasi yang Tepat Membuat Siswa Lebih Antusias

Sekalipun Anda harus menggunakan metode pembelajaran dengan cara konvensional, menghadirkan materi-materi yang dikemas dalam presentasi keren dan menarik ini akan membuat para siswa lebih tertarik bahkan antusias saat Anda menyampaikan pelajaran. Yuk, jadi guru kreatif dan senantiasa menyampaikan pengetahuan dengan penuh kesabaran dan semangat.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.