Cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran yang Baik

teaching 12 Jul 2021

Dalam kegiatan belajar mengajar pasti ada tujuan pembelajaran yang harus dipenuhi oleh siswa. Tujuan adanya pembelajaran yaitu agar siswa bisa memiliki pengetahuan baru, mendapatkan perilaku yang baik, dan ada hal yang dikuasai siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran.

Perilaku tersebut harus terukur agar guru bisa mengetahui apakah siswa menguasai materi pembelajaran atau tidak. Perilaku hasil belajar siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran inilah yang disebut sebagai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran juga diartikan sebagai arah yang ingin dituju dari keseluruhan rangkaian aktivitas pembelajaran.

Tujuan pembelajaran juga harus tertulis dalam penyusunan RPP, Hal ini sesuai dengan surat edaran Kemendikbud no 14 tahun 2019, di mana ada tiga komponen wajib yang harus disediakan guru yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan dan penilaian.

Dalam menyusun atau merumuskan tujuan pembelajaran harus sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) nya, menggunakan kata kerja operasional serta satu perilaku yang diukur. Tujuan pembelajaran sangat penting diperhatikan guna mengetahui pencapaian pembelajaran yang didapatkan siswa.

Fungsi adanya tujuan pembelajaran dalam penyusunan RPP yaitu untuk memandu guru dalam mengajarkan berbagai konsep muatan mata pelajaran Melalui aktivitas pembelajaran.

Cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Dalam tujuan pembelajaran memuat proses dan hasil pembelajaran. Tujuan pembelajaran dikembangkan sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Lantas, bagaimanakah cara merumuskan tujuan pembelajaran yang baik dan benar? Berikut penampakannya:

7 Alasan Mengapa Guru Harus Memiliki Banyak Keterampilan
Guru harus memiliki keterampilan yang cukup banyak untuk menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas.Seorang pengajar harus menguasai metode yang digunakan dalam proses pembelajaran nantinya.

Menyusun tujuan pembelajaran yang benar, terstruktur dan lengkap sangat penting sebagai petunjuk bagi guru untuk memilih materi ajar, strategi, model, metode dan media pembelajaran yang digunakan saat KBM berlangsung. Terdapat 4 unsur pokok yang ada pada perumusan tujuan pembelajaran, 4 unsur ini disingkat menjadi ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree).

1. Audience

Secara bahasa, audience memiliki arti pendengar, namun audience disini merupakan subjek sekaligus objek dalam kegiatan pembelajaran. Dalam konteks kegiatan belajar mengajar, audience yang dimaksud yaitu siswa. Dalam perumusan tujuan pembelajaran, audience sangat penting diperhatikan dimana siswa menjadi pusat (subjek sekaligus objek) dalam kegiatan pembelajaran.

Karena tujuan pembelajaran sendiri dicapai oleh siswa itu sendiri, sehingga siswa sebagai audiens yang harus diperhatikan.

2. Behavior

Behavior artinya tingkah laku atau aktivitas dalam suatu proses. Dalam konteks kegiatan belajar mengajar, behavior merujuk pada tingkah laku atau aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pasalnya dalam proses pembelajaran pasti terdapat tingkah laku atau aktivitas yang dilakukan siswa, hal tersebut berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang dicapai.

Dalam perumusan tujuan pembelajaran behavior atau aktivitas siswa ditulis menggunakan kata kerja operasional (KKO), misalnya memahami, menuliskan, membaca, menelaaah, menerapkan, dan lainnya.

Dalam satu tujuan pembelajaran hanya boleh menggunakan 1 kata kerja operasional dan tidak boleh lebih. Artinya, dalam kegiatan pembelajaran tersebut siswa hanya melakukan satu perbuatan saja agar siswa lebih fokus pada perbuatan tersebut dan pembelajaran menjadi efektif dan optimal.

3. Condition

Condition memiliki arti keadaan. Dalam kegiatan belajar mengajar, condition merupakan keadaan siswa di kelas, baik sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran. Condition adalah salah satu hal yang penting diperhatikan dengan harapan tujuan pembelajaran tercapai.

Perumusan condition yaitu dengan menjawab pertanyaan seperti "aktivitas apa yang akan dilakukan siswa agar hasil yang diharapkan bisa diperoleh?" Dalam tujuan pembelajaran, condition ditulis dalam bentuk kata kerja.

4. Degree

Degree memiliki arti suatu perbandingan. Dalam konteks kegiatan belajar mengajar, degree berarti membandingkan kondisi siswa antara sebelum kegiatan dan setelah kegiatan pembelajaran. Tingkatan degree berbeda-beda sesuai dengan materi pelajaran yang dibawakan oleh guru, sejauh mana siswa dapat memahami dan menguasai materi yang disampaikan, wawasan baru yang didapatkan siswa, atau perubahan tingkah laku dalam diri siswa.

Jika hasilnya terjadi perubahan baik antara sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran berlangsung, bisa dikatakan tujuan pembelajaran berhasil dicapai siswa. Namun jika tidak ada perubahan tersebut, maka tujuan pembelajaran belum tercapai.

Contoh Tujuan Pembelajaran

Setelah mengetahui 4 unsur pokok yang ada dalam perumusan tujuan pembelajaran, maka guru bisa menyusunnya dengan baik dan benar. Untuk tahu lebih jelasnya, berikut ini merupakan contoh tujuan pembelajaran yang baik dan benar, yaitu

1. "Dengan mengamati gambar, siswa bisa membedakan antara gambar komik dan yang bukan gambar komik dengan benar."

Dalam 1 tujuan pembelajaran tersebut memuat unsur:

  • "Dengan mengamati gambar," termasuk ke dalam unsur Condition
  • "Siswa" termasuk ke dalam unsur Audience
  • "Dapat membedakan gambar komik dan bukan gambar komik," termasuk ke dalam unsur Behavior
  • "Dengan benar" termasuk ke dalam unsur Degree

2. "Dengan mengamati video, siswa bisa menentukan pengaruh interaksi manusia dan lingkungan terhadap pembangunan sosial dengan benar"

Dalam 1 tujuan pembelajaran tersebut memuat unsur:

  • "Dengan mengamati video," termasuk ke dalam unsur Condition
  • "siswa" termasuk ke dalam unsur Audience
  • "Bisa menentukan pengaruh interaksi manusia dan lingkungan terhadap pembangunan sosial" termasuk ke dalam unsur Behavior
  • "Dengan benar" termasuk ke dalam unsur Degree

3. "Siswa bisa menyampaikan argumentasi dengan baik mengenai persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat tinggal menggunakan bahasa yang komunikatif melalui presentasi dari hasil diskusi kelompok"

Dalam 1 tujuan pembelajaran tersebut memuat unsur:

  • "Siswa" termasuk ke dalam unsur Audience
  • "Bisa menyampaikan argumentasi dengan baik mengenai persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat tinggal" termasuk ke dalam unsur Behavior
  • "Dengan bahasa yang komunikatif" termasuk ke dalam unsur Degree
  • "melalui presentasi dari hasil diskusi kelompok" termasuk ke dalam unsur Condition

Contoh tujuan pembelajaran ini bisa digunakan dalam membuat RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Anda bisa menyesuaikannya dengan pembahasan materi yang akan diajarkan dan kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah melaksanakan pembelajaran.

Pembelajaran Discovery Learning dan RPP Discovery Learning
Discovery learning adalah model pembelajaran yang fokus terhadap pemahaman konsep, arti dan hubungan, melalui proses intuitif untuk mengambil suatu kesimpulan dari materi pembelajaran.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai cara perumusan tujuan pembelajaran yang baik dan tepat beserta contohnya. Dengan membuat perumusan tujuan pembelajaran yang baik, maka Anda akan paham hal apa saja yang harus dicapai siswa dan bagaimana caranya. Dengan begitu, siswa pun bisa memahami ekspektasi yangv harus dipenuhi selama proses pembelajaran serta menyadari alasan mereka mempelajari topik-topik tersebut.






Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.