Cara Mengajarkan Manajemen Waktu untuk Murid SD

teaching 26 Jul 2022

Penting bagi murid untuk mengetahui bagaimana cara mengatur jadwal belajar di setiap harinya. Seperti yang kita ketahui, di sekolah siswa tidak hanya terfokus pada proses kegiatan belajar di dalam kelas saja. Namun, mereka juga dapat menggunakan waktunya untuk mengerjakan tugas, ikut berkontribusi pada ekstrakulikuler di sekolah, mengikuti kegiatan organisasi di sekolah, menghabiskan waktunya untuk bimbel di luar sekolah, dan menyisihkan waktu luangnya untuk berkumpul bersama keluarga dan bermain bersama teman-temannya. Lantas, bagaimana cara mengajarkan manajemen waktu bagi murid?

Murid menghabiskan waktunya untuk belajar akan terlihat bagus dan bermanfaat untuk masa depannya. Namun, murid juga membutuhkan pengalaman baru untuk meningkatkan kemampuannya dalam berpikir, memecahkan masalah, dan kreativitas di dalam dirinya. Oleh karena itu, ada baiknya murid memiliki kemampuan mengatur waktu yang efektif. Dengan demikian, murid mampu membagi waktunya untuk belajar, berkarya, dan bermain, tanpa harus merasa ketinggalan dengan materi pelajaran di sekolah. Berikut ini adalah pemaparan singkat mengenai manfaat manajemen waktu.

Manfaat Manajemen Waktu

Dengan melakukan manajemen waktu dengan baik, kepercayaan diri seseorang dapat meningkat. Proses kerja mereka juga dapat menjadi lebih efektif. Ketika seseorang telah menyelesaikan jadwal atau daftar kecil yang harus mereka lakukan di setiap harinya dengan baik, seseorang tersebut akan merasa puas dan dapat mengetahui perkembangan tugas yang telah dikerjakannya dan memantapkan proses yang harus mereka lalui. Berikut adalah manfaat dari manajemen waktu yang harus Anda ketahui.

1. Mengurangi Stres

Dengan mengelola waktu secara efektif, seseorang dapat mengurangi tingkat stres yang dimiliki. Ketika murid dapat mengendalikan waktu dengan baik, pekerjaan yang harus mereka lakukan akan menjadi lebih mudah. Hasilnya, seseorang dapat meminimalisisasi munculnya rasa stres.

2. Memiliki Fokus yang Lebih Besar

Menggunakan waktu dengan baik dapat melatih murid untuk bisa lebih fokus terhadap kegiatan yang sedang mereka kerjakan. Salah satu contohnya, pada hari Senin, jadwal seorang siswa adalah mempelajari Matematika dan mengerjakan pekerjaan rumah. Maka, seorang siswa akan terfokus pada kegiatan tersebut tanpa harus memikirkan kegiatan yang harus mereka lakukan di esok hari. Biasanya, murid akan kehilangan fokus dalam mengerjakan pekerjaan rumah karena mereka senang menunda pekerjaan dan lupa dengan tenggat waktu yang PR tersebut.

3. Tingkat Produktivitas Menjadi Lebih Tinggi

Ketika murid dapat memfokuskan waktu dan energi pada hasil, murid akan menjadi lebih produktif. Jika murid memfokuskan waktu pada tugas dan beberapa tugas lainnya yang harus dikerjakan, waktu murid dapat diiisi dengan banyak hal yang bermanfaat.

4. Mengurangi Penundaan Pekerjaan

Jika murid membuang banyak waktu untuk menunda-nunda pekerjaan, misalnya menghabiskan waktunya untuk bermain tanpa mengerjakan tugas sekolah, kemungkinan besar mereka akan merasa kesulitan di hari esok karena waktunya telah terbuang sia-sia. Ketika murid lebih jelas dan fokus dengan tujuan dan prioritasnya, pekerjaan murid akan menjadi lebih mudah.

5. Memiliki Sedikit Gangguan

Ketika murid bisa mengatur waktunya dengan baik, murid tidak akan terlalu rentan terhadap gangguan. Dengan murid dapat menjadwalkan waktu dengan lebih efektif dan bisa menetapkan batasan, murid akan mengetahui dengan tepat apa yang harus dilakukan dan berfokus pada aktivitas yang sudah menjadi prioritas yang dapat memastikan murid untuk tidak merasa terganggu.

6. Memiliki Banyak Energi

Jika seseorang memiliki manajemen waktu yang baik, mereka akan memiliki waktu yang banyak untuk melakukan beragam aktivitas dengan jadwal yang teratur. Murid juga memiliki waktu untuk beristirahat dan menghabiskan waktunya untuk bermain dengan keluarga selain menghabiskan waktunya untuk belajar.

Mengenal Faktor Internal yang Menghambat Siswa Dalam Belajar
Kegiatan pembelajaran harus diperhatikan dengan baik, untuk memastikan siswa bisa memahami dan menerima materi pelajaran dengan optimal.

Cara Mengajarkan Manajemen Waktu untuk Murid SD

Dengan mengetahui cara mengatur waktu dengan baik, murid akan mendapat banyak sekali manfaat di dalam dirinya. Oleh karena itu, penting sekali bagi orangtua dan guru untuk mengetahui cara mengajarkan manajemen waktu untuk murid. Beberapa cara tersebut dapat dicermati pada uraian di bawah ini.

1. Membuat Daftar Rencana Belajar

Dengan membuat daftar rencana belajar, rutinitas murid dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain dapat mempermudah murid dalam menjalankan aktivitas dengan baik, daftar rencana belajar juga dapat membantu murid untuk mengingat kegiatan yang harus dilakukan dalam satu hari tersebut.

2. Membuat Target Belajar

Agar murid dapat lebih fokus dalam memahami materi peajaran, ada baiknya murid membuat target belajar. Dengan target belajar yang telah dibuat, motivasi murid akan meningkat karena ada tujuan atau target yang harus dicapai dengan tepat waktu. Terdapat dua cara untuk membuat target belajar, yaitu seperti membuat gambaran umum materi pelajaran yang ingin dikuasai murid dan membuat peta konsep materi yang ingin dipelajari.

3. Menentukan Prioritas

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan menentukan prioritas murid. Dalam hal ini, murid harus belajar menentukan skala prioritas untuk menjadikan aktivitas terpenting berada di peringkat yang harus dilakukan lebih dahulu daripada aktivitas yang lainnya. Pada kesempatan ini, skala prioritas murid adalah belajar. Jadi, murid dapat membuat waktu yang lebih banyak untuk belajar, kemudian melakukan aktivitas yang mereka senangi, seperti mendalami bakat dan meningkatkan kreavitas, kemudian waktu untuk berinteraksi dengan sahabat dan keluarga.

4. Menentukan Gaya Belajar

Dengan menentukan gaya belajar, proses kegiatan belajar murid akan terasa lebih efektif dan menyenangkan. Pada umumnya, setiap murid memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, seperti sebagian murid lebih memahami gaya belajar visual, gaya belajar kinestetik, atau gaya belajar audio. Dengan menggunakan gaya belajar yang tepat, waktu belajar murid akan lebih bermakna.

5. Tidak Menunda Pekerjaan

Kerap kali murid senang menunda pekerjaan yang harus mereka lakukan pada hari itu, seperti menunda mengerjakan pekerjaan rumah. Kebiasaan ini tentunya menjadi masalah yang cukup besar dan akan berakibat fatal di kemudian hari. Ada baiknya murid belajar untuk menggunakan waktunya dengan sebaik mungkin.

6. Menyelesaikan Tugas Sekolah Lebih Awal

Untuk terhindar dari gangguan di sekolah, menyelesaikan PR lebih awal dapat membantu murid untuk mengatur jadwal belajar dengan baik. Di mana ada waktu luang, murid dapat mengerjakan tugas tersebut. Selain dapat menghindari murid dari gangguan, murid akan lebih fokus belajar mempelajari materi pelajaran yang ingin mereka kuasai dengan baik jika tugas sekolah sudah selesai dikerjakan.

Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa, Bagaimana Caranya?
Karakteristik siswa ini tidak hanya sifat bawaan sejak lahir, melainkan juga terbentuk melalui sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat.

7. Bersikap Disiplin dan Konsisten

Cara terakhir yang dapat dilakukan murid, yaitu bisa bersikap disiplin dan konsisten dengan apa yang sudah mereka kerjakan. Jika murid dapat disiplin dan konsisten dalam menggunakan manajemen waktu dengan baik, mereka akan berhasil di masa depan nanti.

Itulah penjelasan mengenai manajemen waktu dan beberapa cara mengajarkan manajemen waktu untuk murid SD yang bisa diterapkan guru di kelas. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik, murid dapat belajar dengan tenang dan rentan mendapat gangguan belajar. Dalam hal ini, murid harus memprioritaskan kegiatan untuk belajar. Dengan pengaturan jadwal dan waktu yang efektif, waktu belajar murid akan lebih efektif dan menyenangkan.

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.