Capaian Pembelajaran IPA Fase D

capaian pembelajaran 2 Okt 2023

Capaian Pembelajaran IPA Fase D

A.  Rasional Mata Pelajaran IPA

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pengetahuan sistematis yang diperoleh dari kegiatan observasi, penelitian, dan uji coba yang mengarah pada penentuan sifat dasar atau suatu prinsip yang sedang diselidiki dan dipelajari. Dengan mempelajari IPA, peserta didik akan dilatih untuk menyelesaikan permasalahan Sains yang berkaitan dengan sosial, ekonomi, dan kemanusiaan. Hasil karya peserta didik yang dibuat juga akan memberi dampak positif di lingkungannya.

Dalam penerapannya, IPA berperan penting dalam kehidupan peserta didik. Dengan pembelajaran IPA, peserta didik dapat menjaga keselamatan dirinya sendiri, orang lain, dan alam sekitarnya. Peserta didik juga dapat mempelajari cara untuk mencari potensi-potensi terpendam yang ada di alam, baik yang terbarukan maupun yang tidak terbarukan. Pada akhirnya, dengan kemampuan ini peserta didik juga dapat membantu manusia dalam mengambil suatu keputusan.

Pembelajaran IPA terdiri dari beberapa prinsip dasar metodologi ilmiah yang dapat melatih kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, analitis, terbuka, jujur, bertanggung jawab, pantang menyerah, tekun, objektif, solutif, sistematis, dan mampu mengambil keputusan yang tepat. Pencapaian peserta didik dalam pembelajaran IPA dapat diukur dari pemahaman Sains peserta didik, seperti mengamati, mengajukan pertanyaan dan hipotesis, memilih dan mengelola informasi, merencanakan dan melaksanakan kegiatan aksi. Kemudian, pengukuran juga dilihat dari sikap dan perilaku yang mau berkontribusi positif dalam mengembangkan dan melestarikan lingkungan alam sekitarnya.

B. Tujuan Mata Pelajaran IPA

Pembelajaran IPA dapat membantu peserta didik dalam:

  1. Meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik untuk mengkaji suatu fenomena yang ada di lingkungan sekitarnya, serta mampu memahami bagaimana sistem alam semesta bekerja dan memberi hubungan timbal balik bagi kehidupan manusia;
  2. Bersikap aktif dalam memelihara, menjaga, melestarikan alam sekitarnya, serta mampu mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan bijak;
  3. Meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi, merumuskan, hingga menyelesaikan suatu masalah melalui aksi nyata;
  4. Memahami arti menjadi anggota masyarakat sehingga peserta didik dapat berkontribusi dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya; dan
  5. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep dalam pembelajaran IPA serta mampu menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari.
Capaian Pembelajaran IPAS Fase A
IPAS mengkaji kehidupan manusia sebagai individu yang merupakan makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya

C. Karakteristik Mata Pelajaran IPA

Pembelajaran IPA berfokus pada kompetensi menerapkan kaidah penelitian ilmiah dalam proses kegiatan belajar peserta didik. Dengan pembelajaran IPA ini, peserta didik akan dilatih untuk memiliki landasan dalam berpikir dan bertindak yang berdasarkan pada pemahaman kaidah penelitian ilmiah. Dua elemen utama dalam pembelajaran IPA, yaitu pemahaman IPA dan keterampilan proses untuk menerapkan Sains ke dalam kehidupan sehari-hari. Setiap elemen ini berlaku untuk empat cakupan konten, yaitu makhluk hidup, zat dan sifatnya, energi dan perubahannya, serta bumi dan antariksa.

Elemen

Deskripsi

Keterampilan proses

Keterampilan proses adalah sebuah proses intensional dalam melakukan diagnosa terhadap situasi, memformulasikan permasalahan, mengkritisi suatu eksperimen dan menemukan perbedaan dari alternatif-alternatif yang ada, mencari opini yang dibangun berdasarkan informasi yang kurang lengkap, merancang investigasi, menemukan informasi, menciptakan model, mendebat rekan sejawat menggunakan fakta, serta membentuk argumen yang koheren (Linn, Davis, & Bell 2004). Inkuiri sangat direkomendasikan sebagai bentuk pendekatan dalam pengajaran karena hal ini terbukti membuat peserta didik lebih terlibat dalam pembelajaran (Anderson, 2002).

Dalam pembelajaran IPA, terdapat dua pendekatan pedagogis: pendekatan deduktif dan induktif (Constantinou et.al, 2018). Peran guru dalam pendekatan deduktif adalah menyajikan suatu konsep berikut logika terkait dan memberikan contoh penerapan.

Dalam pendekatan ini, peserta didik diposisikan sebagai pembelajar yang pasif (hanya menerima materi). Sebaliknya, dalam pendekatan induktif, peserta didik diberikan kesempatan yang lebih leluasa untuk melakukan observasi, melakukan eksperimen dan dibimbing oleh guru untuk membangun konsep berdasarkan pengetahuan yang dimiliki (Rocard, et.al., 2007).

Keterampilan proses tidak selalu merupakan urutan langkah, melainkan suatu siklus yang dinamis yang dapat disesuaikan berdasarkan perkembangan dan kemampuan peserta didik. 

Pemahaman IPA

Peserta didik memiliki kompetensi berpikir ilmiah jika peserta didik memiliki pemahaman sains yang utuh. Kemampuan berpikir akan berdampak progresif bagi pengembangan ilmu pengetahuan jika seseorang memiliki pemahaman bidang keilmuan tertentu. Bernalar kritis dalam pemahaman cakupan konten merupakan hal yang diharapkan dari peserta didik. Pemahaman IPA selalu dapat dikaitkan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

Dalam mencapai kompetensi itu, peserta didik diharapkan memiliki pemahaman konsep sains yang sesuai dengan cakupan setiap konten dan perkembangan jenjang belajar. Pemahaman atas cakupan konten yang dibangun dalam diri peserta didik haruslah menunjukkan keterkaitan antara biologi, fisika dan kimia. Akibatnya, peserta didik memahami sains secara menyeluruh untuk cakupan konten tertentu. Pemahaman ini meliputi kemampuan berpikir sistemik, memahami konsep, hubungan antar konsep, hubungan kausalitas (sebab-akibat) serta tingkat hierarkis suatu konsep. 

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Fase D (Umumnya untuk kelas VII sampai IX SMP/MTs/Program Paket B)

Pada Fase D, peserta didik telah mampu mendeskripsikan bagaimana hukum alam terjadi pada skala mikro hingga makro, dan membentuk sistem yang saling bergantung satu sama lain. Selain itu, peserta didik juga dapat mengimplementasikan pemahaman konsep-konsep pembelajaran yang telah dipelajari untuk membuat suatu keputusan serta menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Capaian Pembelajaran IPAS Fase B
IPAS merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati yang terdapat di alam semesta, serta membahas tentang bagaimana interaksinya

Elemen

Capaian Pembelajaran

Keterampilan proses

1. Mengamati

Menggunakan berbagai alat bantu dalam melakukan pengukuran dan pengamatan. Memperhatikan detail yang relevan dari objek yang diamati.

2. Mempertanyakan dan memprediksi

Secara mandiri, peserta didik dapat mengajukan pertanyaan lebih lanjut untuk memperjelas hasil pengamatan dan membuat prediksi tentang penyelidikan ilmiah.

3. Merencanakan dan melakukan penyelidikan

Peserta didik merencanakan dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Dalam penyelidikan, peserta didik menggunakan berbagai jenis variabel untuk membuktikan prediksi.

4. Memproses, menganalisis data dan informasi 

Menyajikan data dalam bentuk tabel, grafik, dan model serta menjelaskan hasil pengamatan dan pola atau hubungan pada data secara digital atau non digital. Mengumpulkan data dari penyelidikan yang dilakukannya, menggunakan data sekunder, serta menggunakan pemahaman sains untuk mengidentifikasi hubungan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti ilmiah.

5. Mengevaluasi dan refleksi

Mengevaluasi kesimpulan melalui perbandingan dengan teori yang ada. Menunjukkan kelebihan dan kekurangan proses penyelidikan dan efeknya pada data. Menunjukkan permasalahan pada metodologi.

6. Mengomunikasikan hasil

Mengomunikasikan hasil penyelidikan secara utuh yang ditunjang dengan argumen, bahasa serta konvensi sains yang sesuai konteks penyelidikan. Menunjukkan pola berpikir sistematis sesuai format yang ditentukan.  

Pemahaman IPA

Pada akhir fase D, peserta didik mampu melakukan klasifikasi makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati, mengidentifikasi sifat dan karakteristik zat, membedakan perubahan fisik dan kimia serta memisahkan campuran sederhana.

Peserta didik dapat mendeskripsikan atom dan senyawa sebagai unit terkecil penyusun materi serta sel sebagai unit terkecil penyusun makhluk hidup, mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan serta melakukan analisis untuk menemukan keterkaitan sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tertentu (sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernafasan dan sistem reproduksi). Peserta didik mengidentifikasi interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya, serta dapat merancang upaya-upaya mencegah dan mengatasi pencemaran dan perubahan iklim. Peserta didik  mengidentifikasi pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta mampu melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya (force), memahami hubungan konsep usaha dan energi, mengukur besaran suhu yang diakibatkan oleh energi kalor yang diberikan, sekaligus dapat membedakan isolator dan konduktor kalor.

Peserta didik memahami gerak, gaya dan tekanan, termasuk pesawat sederhana. Peserta didik memahami getaran dan gelombang, pemantulan dan pembiasan cahaya termasuk alat- alat optik sederhana yang sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari Peserta didik dapat membuat rangkaian listrik sederhana, memahami gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan atau masalah yang dihadapi dalam kehidupan seharihari.

Peserta didik mengelaborasikan pemahamannya tentang posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam sistem tata surya dan memahami struktur lapisan bumi untuk menjelaskan fenomena alam yang terjadi dalam rangka mitigasi bencana.

Peserta didik mengenal pH sebagai ukuran sifat keasaman suatu zat serta menggunakannya untuk mengelompokkan materi (asam-basa berdasarkan pH nya). Dengan pemahaman ini peserta didik mengenali sifat fisika dan kimia tanah serta hubungannya dengan organisme serta pelestarian lingkungan.

Peserta didik memiliki keteguhan dalam mengambil keputusan yang benar untuk menghindari zat aditif dan adiktif yang membahayakan dirinya dan lingkungan. 

Itulah contoh dari Capaian Pembelajaran IPA Fase D. Semoga bermanfaat!

Agnes Meilina

content writer - content creator - reviewer books

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.