Bukan Sekadar Nilai, Ini Tujuan Pembelajaran Sebenarnya

edukasi 20 Jan 2022

Banyak orang yang salah kaprah dalam mengartikan tujuan pembelajaran, di mana mereka hanya berharap mendapatkan nilai yang bagus dan prestasi akademik yang memuaskan. Itu memang tidak sepenuhnya salah, hanya saja kurang tepat jika fokusnya hanya pada nilai. Mengingat, kegiatan pembelajaran di kelas memiliki tujuan yang lebih luas.

Ada hal yang tak kalah penting dari pencapaian akademis, yaitu terbangunnya sikap mental yang baik dan siap menghadapi masa depan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih luas, maka siswa harus mempunyai mindset bahwa proses lebih berharga daripada hasil. Pasalnya proses akan membentuk diri mereka jadi lebih baik, sedangkan jika berfokus pada hasil, mereka akan melakukan berbagai cara (bahkan cara yang buruk) demi mendapatkan hasil tersebut.

Sebagai guru, Anda juga harus bisa memotivasi siswa untuk tetap belajar guna mendapatkan pengetahuan baru. Tanamkan pada siswa bahwa belajar merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan. Beritahu pada mereka belajar bukan hanya di sekolah, tapi bisa dilakukan di rumah secara mandiri.

Siswa juga bisa belajar mandiri di sebuah lembaga atau bimbingan belajar sebagai kegiatan tambahan untuk meningkatkan kemampuan akademik. Apalagi saat ini banyak platform pendidikan berbasis teknologi yang membantu kegiatan belajar siswa, salah satunya kejarcita.id, dimana para siswa bisa mengerjakan soal dan mengetahui pembahasan soal di kejarcita.

Seringkali siswa melakukan kegiatan pembelajaran ketika menghadapi ujian atau tes saja, seperti tes harian, ujian tengah semester hingga ujian kenaikan kelas. Yang lebih parahnya lagi, tak sedikit siswa melakukan belajar kebut semalam atau belajar dadakan. Mungkin siswa bisa mendapatkan pengetahuan baru, namun hal tersebut membuat pengetahuan tersebut sulit diingat atau dipahami.

Manfaat beserta Tips Menyusun Rencana Pembelajaran bagi Guru
Menyusun rencana pembelajaran sangat penting dilakukan agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar. Berikut tips menyusun rencana pembelajaran bagi guru.

Tujuan Pembelajaran yang Lebih Luas

Dengan mengetahui tujuan pembelajaran yang luas maka dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kecerdasan, melatih kemampuan berpikir, serta meningkatkan kemampuan dalam mengolah informasi. Tak cukup sampai di situ, tujuan pembelajaran juga memberikan kebebasan bagi seseorang untuk mengetahui banyak hal dan wawasan baru untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Makanya ada pepatah yang mengatakan bahwa manusia tak pernah berhenti belajar. Lantas apa saja tujuan belajar dalam lingkup yang lebih luas selain hanya mengejar nilai atau prestasi akademik? Berikut uraiannya.

1. Mengembangkan Kecerdasan

Tujuan mempelajari berbagai macam ilmu dan pengetahuan yaitu untuk mengembangkan kecerdasan manusia. Pasalnya ada banyak pengetahuan atau wawasan yang tersimpan di dunia ini, yang kita miliki hanyalah sebagian kecil, sehingga setiap individu harus belajar bahkan untuk selamanya. Bagi siswa, belajar bukan terfokus pada materi pelajaran yang ada di buku, tetapi siswa bisa mengembangkan materi tersebut dengan mempelajarinya di internet atau observasi di lingkungan sekitar.

Semakin sering belajar, maka kemampuan memahami pengetahuan semakin meningkat, seseorang bisa berpikir logis dan dapat membuat keputusan yang tepat dalam hidupnya. Oleh sebab itu, tanamkan mindset pada siswa Anda bahwa belajar adalah kewajiban untuk mengasah kecerdasan dan bisa memberikan berbagai manfaat untuk kehidupan.

2. Melatih Kemampuan Berpikir

Selanjutnya, belajar juga memiliki tujuan untuk melakukan kemampuan berpikir kritis dan logis. Pasalnya, semakin sering seseorang belajar maka otak akan terbiasa untuk berpikir dan memecahkan masalah, sehingga terus mengasah dan melatih kemampuan berpikir.

Misalnya, ketika seseorang sedang melakukan penelitian ilmiah, maka ia didorong untuk melakukan tahapan pembelajaran mulai dari merancang strategi, mengumpulkan data, melakukan analisis dan menarik kesimpulan dari apa yang sudah diteliti. Setiap tahapan tersebut memiliki manfaat untuk melatih pemikiran logis, sistematis, generalisasi serta mencari pembuktian. Dari hal tersebut, bisa dikatakan jika sains mengajarkan seseorang untuk berpikir dengan baik terhadap fenomena yang berbeda menggunakan temuan yang logis, benar dan bisa dibuktikan.

3. Agar Bisa Beradaptasi dengan Baik

Sebagai tenaga pendidik, Anda harus bisa meningkatkan kemampuan akademik siswa dan membentuk karakter menjadi pribadi yang baik dan berguna di masa depan. Pasalnya, setelah lulus dari pendidikan, siswa akan terjun ke kehidupan bermasyarakat secara langsung, dimana mereka harus memiliki mental yang kuat untuk bisa beradaptasi.

Ini berkaitan dengan tujuan belajar sebagai cara untuk mengembangkan kemampuan adaptasi lebih baik. Dalam hal ini, kegiatan pembelajaran di kelas harus dilakukan dengan optimal dan efektif untuk membuka wawasan seseorang serta memberikan pandangan yang lebih luas. Hal ini membantu siswa untuk siap menghadapi berbagai macam perubahan yang mungkin akan datang di masa depan.

Semakin sering dan banyak belajar, maka semakin banyak pula bekal yang dimiliki mereka untuk menghadapi perubahan. Karena pada dasarnya, kehidupan akan selalu berkembang secara dinamis sehingga mendorong manusia untuk memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Seseorang yang rajin belajar memiliki wawasan luas dan pikiran terbuka, sehingga siap menerima dan mengatasi perubahan.

4. Kreatif

Seseorang yang rajin belajar memiliki sudut pandang yang luas, ini juga dapat mengembangkan kreativitas mereka. Dengan menjadi individu yang kreatif maka seseorang bisa menjalani hidup dengan damai dan mudah, karena setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan cara kreatif dari sudut pandang berbeda. Makanya, tak heran jika ada yang berkata bahwa tujuan pendidikan yaitu mencapai kehidupan yang bahagia.

Artinya, kehidupan yang bahagia bisa dilihat dari bagaimana cara kita menilai kehidupan itu sendiri. Seseorang yang terus belajar akan menyadari betapa luasnya dunia ini, dan permasalahan dalam hidup mereka hanyalah sebagian kecil yang bisa diselesaikan dengan cara kreatif. Itulah sudut pandang yang berbeda.

Pentingnya Guru Menguasai Materi Pembelajaran
Guru harus menguasai materi pelajaran dengan baik, agar siswa juga dapat memahami materi dengan jelas dan mudah mengerti.

5. Meningkatkan Kemandirian

Tujuan belajar selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sikap kemandirian seseorang. Dengan memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman, mereka lebih berani melakukan sendiri dan jadi lebih disiplin. Tentunya untuk melakukan kegiatan belajar secara rutin, seseorang harus bisa mengatur waktu dengan baik dan meluangkan waktu untuk mempelajari suatu bidang yang disukainya.

Manajemen waktu yang baik dengan mengesampingkan kegiatan lain dan memilih untuk mengerjakan hal yang penting dulu dan fokus pada kegiatan belajar membantu seseorang jadi lebih disiplin. Jika kegiatan ini terus diterapkan dan ditingkatkan, maka seseorang akan jadi lebih mandiri dalam mengorganisasi diri sendiri.

Itulah 5 tujuan pembelajaran yang lebih dari sekedar nilai di atas kertas dan rangking di kelas. Tujuan pembelajaran ini harus dikomunikasikan pada siswa Anda agar mereka menyadari pentingnya belajar bersungguh-sungguh dan terus berusaha.

Untuk mencapai tujuan pembelajaran ini, diperlukan dukungan dari guru, di mana Anda juga jangan hanya fokus pada nilai siswa, tapi lebih memperhatikan proses belajar mereka. Ciptakan pula kegiatan belajar yang seru dan menyenangkan agar siswa merasa kecanduan belajar.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.