Berikut 7 Manfaat Penting dari Program P3K Guru

edukasi 22 Apr 2021

Belakangan ini, Anda pasti sering mendengar pemberitaan program P3K guru. Ini adalah program baru yang diusulkan pemerintah untuk kelangsungan masa depan guru honorer. Sebenarnya apa itu P3K? Dan apakah manfaat penting dari program P3K guru ini?

Apa Itu P3K

Anda pasti sudah sering mendengarkan/membaca informasi tentang status guru honorer. Guru honorer adalah guru non PNS yang mengajar di sekolah negeri dan guru swasta dengan sistem gaji per jam pelajaran.

Jika ditinjau dari tingkat kesejahteraan, jelas guru honorer berbeda dengan guru PNS. Itulah mengapa seringkali muncul gejolak yang menuntut adanya kesetaraan antara guru honorer dan PNS.

Hal itu yang kemudian membuat  pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuka kesempatan bagi para guru honorer agar mendapatkan perlakukan sama dengan guru PNS. Hal itu dibuktikan dengan PPPK/P3K honorer.

Terlebih lagi, di tahun 2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan merekrut 1 juta guru honorer menjadi P3K. Lalu, sebenarnya apa itu P3K? Apa perbedaannya dengan PNS?

PPPK merupakan kepanjangan dari pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak. Artinya, P3K merupakan ASN non PNS, sehingga bisa mendapatkan jabatan administratif dan jabatan fungsional di instansi pemerintahan.  Jika dilihat dari besaran gaji dan tunjangan, P3K sama dengan PNS. Hanya saja, tidak akan mendapatkan dana pensiun.

Fakta Seputar P3K

Berikut ini merupakan beberapa fakta mengenai P3K yang bisa Anda ketahui:

1. 1 Juta P3K untuk tahun 2021

Pemerintah berencana mengangkat 1 juta honorer dalam program rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) periode 2021. Tercatat saat ini terdapat 1.516.072 guru honorer di seluruh Indonesia. Sebanyak 847.973 guru honorer berada di sekolah negeri dan 668.099 di sekolah swasta.

Jika benar tahun ini sejuta guru honorer bisa diangkat maka akan terjadi pengurangan besar-besaran terhadap guru yang berstatus honorer dan secara signifikan bakal memenuhi kebutuhan guru secara permanen,

2. Proses pendaftaran tak melalui situs resmi BKN

Tak seperti CPNS, proses seleksi P3K tidak akan melalui situs resmi BKN yakni sscn.bkn.go.id. Ada dua tahap seleksi yang harus dilakukan peserta, yakni seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. P3K dapat mengisi jabatan fungsional (JF) dan jabatan pimpinan tinggi (JPT) tertentu sesuai kompetensi masing-masing.

3. Ada batasan usia

Batas usia minimal peserta P3K adalah 20 tahun. Sedangkan usia maksimalnya adalah satu tahun sebelum batas usia pensiun untuk jabatan tertentu.

4. Fasilitas yang diterima

Beberapa fasilitas yang akan didapat pegawai P3K :

a. gaji dan tunjangan;

b. cuti

c. perlindungan; dan

d. pengembangan kompetensi

5. Masa kerja

Tidak seperti PNS yang memiliki masa kerja tetap sampai pensiun, Masa perjanjian kerja paling singkat satu tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan penilaian kinerja.

6. Gaji yang diterima

Bagi pegawai P3K, pembayaran gaji hampir serupa dengan PNS yang sesuai dengan beban kerja, tanggung jawab jabatan dan resiko pekerjaan.

Syarat Pengangkatan P3K Guru

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK membuka peluang kalangan profesional untuk menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN). Profesional dapat mengisi Jabatan Fungsional (JF) dan Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) tertentu.

Untuk itu, PP ini juga mewajibkan agar setiap istansi pemerintah menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PPPK berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja, untuk jangka waktu 5 tahun yang diperinci per 1 tahun berdasarkan prioritas kebutuhan.

Sementara pengadaan PPPK untuk mengisi JPT utama dan JPT madya tertentu yang lowong dilakukan sesuai dengan ketentuan mengenai tata cara pengisian JPT dalam peraturan perundang-undangan, dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sedangkan pengadaan PPPK untuk mengisi JF dapat dilakukan secara nasional atau tingkat instansi. Pelaksanaannya dapat dilakukan oleh panitia seleksi dengan melibatkan unsur dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang aparatur negara dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, berikut syarat-syarat guru menjadi pegawai P3K, antara lain:

a. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

b. Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih;

c. Tidak pernah diberhentikan secara hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta;

d. Tidak menjadi bagian dari anggota pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis;

e. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

f. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

Manfaat Penting Program P3K Guru

Setelah mengetahui seluk beluk tentang program P3K guru ini, anda tentu bertanya-tanya apakah program ini bermanfaat bagi guru? Pastinya ini program yang sangat bermanfaat. Ada 7 manfaat penting dari program P3K guru ini .

1. Meningkatkan kesejahteraan guru honorer

Manfaat penting pertama dari program P3K guru ini adalah bisa meningkatkan kesejahetaraan guru honorer, sesuai dengan tujuan awalnya. Dengan menjadi pegawai P3K, guru honorer akan punya penghasilan bulanan yang layak. Tak lagi dibayar per jam mengajar.

2. Mengisi kebutuhan guru yang ada

Program P3K ini bisa menjadi solusi kekosongan guru di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Dengan begitu tak ada lagi cerita krisis guru di Indonesia, khususnya di daerah terpencil.

3. Penghasilan yang di dapat setara dengan PNS

Berbeda dengan honorer yang mendapat penghasilan kecil hingga ada yang di bawah UMR, PPPK akan mendapat penghasilan yang sama dengan PNS jika mengisi jabatan yang sama dengan PNS.

4. Multi level entry

Tidak seperti PNS yang harus meniti karier dari jenjang jabatan terendah, PPPK dapat masuk melalui jenjang tertentu bahkan bisa langsung pada jenjang tertinggi pada jabatan yang dibutuhkan oleh organisasi sesuai kriteria jabatan yang ditentukan dalam PP Manajemen PPPK.

7 Tips Supaya Mengajar Lewat Zoom/Meet Lebih Menyenangkan
Memanfaatkan media zoom/meet tentu butuh penyesuaian yang tidak instan. Menjadi wajar ketika masih banyak kendala yang dihadapi para guru dalam proses belajar mengajar

5. Dapat di kontrak hingga usia pensiun

Apabila dalam seleksi CPNS batas usia pelamaran ditentukan paling tinggi adalah 35 tahun dan 40 tahun untuk jabatan-jabatan tertentu, PPPK dapat melamar suatu jabatan ASN dengan batas usia pelamaran hingga 1 tahun sebelum batas usia pensiun jabatan yang dilamar.

6. Mendapatkan tunjangan

Selain besarnya penghasilan yang diterima, PPPK juga akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan PNS, antara lain: tunjangan kematian dan tunjangan kecelakaan kerja. Selain itu, PPPK juga berhak mendapatkan penghargaan apabila dapat menunjukkan kinerja yang baik

7 Tips Guru untuk Membantu Siswa Agar Lebih Fokus Belajar Online
Belajar online ini tidak akan berjalan mulus tanpa kerjasama banyak pihak. Selain orang tua yang harus terus mendampingi anak belajar dari rumah, guru juga turut membantu. Siswa butuh fokus untuk mengikuti materi daring dengan maksimal.

7. Mencetak guru yang profesional

Program P3K ini juga bermanfaat bagi peningkatan profesionalitas guru. Guru akan semakin semangat meningkatkan profesionalitasnya, agar kontrak P3K nya terus diperpanjang.

Itulah beberapa hal mengenai P3K yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat.

Dian Kusumawardani

"Pengajar di BKB Nurul Fikri dan Konselor Menyusui"

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.