Berikut 7 Manfaat Penilaian Berbasis Portofolio Bagi Murid

teaching 15 Apr 2021

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan penilaian berbasis portofolio? Penilaian berbasis portofolio adalah suatu kegiatan penilaian yang dilakukan dengan menggunakan bukti-bukti dari hasil belajar siswa yang relevan dengan kompetensi keahlian yang telah dipelajari. Bukti-bukti dari hasil belajar (evidence) bisa berupa karya-karya yang dihasilkan siswa dari proses pembelajaran yang terbaik atau dalam bentuk informasi lain yang terkait dengan kompetensi keahlian tertentu yang telah dilakukan siswa di luar sekolah. Adapun manfaat penilaian berbasis portofolio bagi murid yang harus Anda ketahui. Namun, informasi tersebut akan dijabarkan setelah beberapa penjelasan di bawah ini.

Penilaian berbasis portofolio bukan sekadar kumpulan hasil kerja siswa saja, melainkan kumpulan hasil kerja siswa yang sengaja dibuat untuk menunjukkan bukti tentang kompetensi yang telah diikuti, pemahaman serta pencapaian siswa dalam suatu mata pelajaran tertentu. Portofolio juga dapat diartikan sebagai kumpulan dari beberapa informasi yang perlu diketahui oleh guru sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah dalam perbaikan pembelajaran atau peningkatan proses belajar siswa.

Nah, setelah membahas tentang penilaian berbasis portofolio secara sekilas, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan portofolio? Portofolio merupakan suatu kumpulan hasil karya murid yang digunakan sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang telah ditentukan guru atau oleh peserta didik bersama guru yang mana berperan sebagai bukti dari pencapaian yang telah diraih siswa dalam menuntaskan atau mencapai tujuan belajar di kelas. Adapun kegunaan dari portofolio yaitu sebagai instrumen penilaian atau sebagai salah satu komponen dari instrumen penilaian yang digunakan untuk menilai kompetensi murid atau menilai hasil belajar murid.

Sebagai salah satu instrumen penilaian, portofolio difokuskan pada dokumen tentang hasil kerja siswa yang produktif, yang mana bukti tersebut berisi tentang apa yang dapat dilakukan oleh siswa, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan oleh siswa tersebut. Selain itu, bagi guru portofolio berfungsi sebagai wadah dalam menampung informasi mengenai perkembangan kemampuan dan wawasan siswa dalam proses belajarnya seperti tentang bagaimana cara berpikir siswa, pemahamannya terhadap pelajaran, kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan-gagasannya, sikap siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan, dan lain sebagainya.

Adapun teknik dalam penilaian portofolio yang harus Anda ketahui. Berikut penjelasannya.

Teknik Penilaian Portofolio

Penilaian berbasis portofolio dapat dilaksanakan dengan beberapa langkah seperti di bawah ini. Berikut penjelasannya.

1.      Menjelaskan apa yang dimaksud dengan portofolio kepada siswa.

2.      Menjelaskan sampel-sampel dari portofolio yang dapat digunakan siswa.

3.      Kemudian siswa diharuskan mengumpulkan dan mengarsipkan beberapa atau seluruh portofolio yang mereka miliki dengan aman.

4.      Mencantumkan setiap tanggal pembuatan pada setiap evidence.

5.      Menentukan kriteria penilaian terhadap sampel-sampel portofolio.

6.      Melakukan penilaian diri peserta didik.

7.      Melakukan perbaikan terhadap portofolio yang masih belum sesuai dengan kriteria.

Bentuk Portofolio

Adapun pendapat dari Nitko yaitu secara umum, bentuk dari portofolio dapat dibedakan menjadi lima (5) bentuk, yaitu sebagai berikut.

1.      Portofolio Ideal.

2.      Portofolio Penampilan.

3.      Portofolio Dokumentasi.

4.      Portofolio Evaluasi.

5.      Portofolio Kelas.

Manfaat beserta Tips Menyusun Rencana Pembelajaran bagi Guru
Menyusun rencana pembelajaran sangat penting dilakukan agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar. Berikut tips menyusun rencana pembelajaran bagi guru.

Sedangkan menurut Fosters dan Masters (1998) penilaian portofolio dapat dibedakan menjadi tiga (3) kelompok, yaitu sebagai berikut:

1. Portofolio Kerja

Portofolio kerja merupakan usaha mandiri yang telah dikerjakan atau dilakukan siswa atau bisa berupa usaha bersama dari sekelompok siswa. Beberapa hal yang harus dilakukan siswa dan yang harus dinilai dalam penilaian portofolio yaitu berupa draft, pekerjaan yang belum selesai, atau hasil kerja terbaik yang bisa dilakukan siswa.

Berbagai macam tugas yang setara atau bisa disajikan secara berbeda, di mana siswa memiliki kesempatan untuk memilih tugas yang menurut mereka cocok dan sesuai dengan kemampuannya. Hal ini juga berlaku pada guru, yang mana Anda dapat memutuskan apa yang harus dikerjakan siswa. Selain itu, siswa juga dapat bekerja sama dengan siswa yang lain ketika sedang mengerjakan tugas tertentu.

2. Portofolio Dokumentasi

Portofolio dokumentasi merupakan suatu koleksi dari hasil kerja siswa yang secara khusus digunakan untuk penilaian. Tidak seperti portofolio kerja yang mana dikumpulkan atau dikoleksi dari hari ke hari, portofolio dokumentasi merupakan seleksi dari hasil kerja terbaik siswa yang mana akan diajukan dalam penilaian.

Dengan demikian portofolio dokumentasi bisa diartikan sebagai suatu koleksi dari kumpulan hasil kerja siswa yang dilakukan selama kurun waktu tertentu. Selain itu, isi dari penilaian portofolio juga diharuskan melampirkan bukti yang berkaitan dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian hasil belajar yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Portofolio Penampilan

Portofolio penampilan digunakan untuk memilih dan memilah hal-hal yang terbaik yang dapat menunjukkan bahan atau suatu pekerjaan terbaik yang berhasil diberikan siswa. Pada kesempatan ini, dokumen portofolio memiliki tujuan yaitu untuk menyeleksi pekerjaan terbaik yang dilakukan siswa. Tidak seperti portofolio dokumentasi, portofolio penampilan tidak mencakup proses pekerjaan, perbaikan dan penyempurnaan dari hasil pekerjaan siswa. Selain itu, portofolio penampilan juga digunakan ketika sedang seleksi, sertifikasi maupun ketika sedang ada penilaian kelas.

7 Manfaat Penilaian Berbasis Portofolio Bagi Murid

Adapun manfaat dari penilaian berbasis portofolio yang harus kamu ketahui. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

1. Bukti dari Kinerja Siswa Menjadi Lebih Jelas dan Lengkap

Penilaian berbasis portofolio bisa dijadikan sebagai bukti dari kinerja siswa yang selama ini mereka capai. Pada tahap ini, portofolio berperan sebagai bukti nyata dari pencapaian yang dimiliki siswa, di mana bukti tersebut bisa ditunjukkan secara jelas dan bisa disimpan dengan aman. Bukti atau portofolio siswa akan sangat berguna saat siswa menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi.

2. Bisa Digunakan sebagai Catatan Jangka Panjang

Selain itu, penilaian berbasis portofolio bisa digunakan sebagai catatan jangka panjang. Arti dari catatan jangka panjang yaitu di mana portofolio tersebut bisa digunakan dan bermanfaat kapan saja.

3. Dipergunakan dalam Memberi Gambaran atau Pandangan tentang Kemampuan Siswa

Hal lain yang dapat dimanfaatkan dari penilaian berbasis portofolio yaitu bisa digunakan dalam memberi gambaran atau pandangan tentang kemampuan siswa. Bisa dikatakan penilaian berbasis portofolio ini bermanfaat sebagai peninjau masa depan siswa.

4. Sebagai Nilai Tambahan untuk Siswa dalam Menunjukkan Keunggulannya

Beberapa sekolah, universitas dan ruang lingkup pekerjaan lebih mengutamakan seseorang atau lulusan yang memiliki prestasi atau skill lebih di dalam dirinya. Dengan memuat penilaian berbasis portofolio siswa sudah melengkapi salah satu syarat alasan mereka bisa diterima di sekolah, universitas atau ruang lingkup pekerjaan.

5. Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Proses Belajar

Karena penilaian berbasis portofolio sangat bermanfaat bagi masa depan seorang siswa, maka tidak bisa dipungkiri bahwa semangat mereka untuk mendapatkan hasil terbaik semakin meningkat. Salah satu ciri-cirinya yaitu semakin aktifnya siswa dalam proses belajar di kelas.

6. Sebagai Bentuk Pengakuan atas Prestasi Siswa

Penilaian berbasis portofolio juga bisa dijadikan sebagai bentuk dari pengakuan atas prestasi yang telah siswa raih. Dengan begitu motivasi mereka dalam meraih prestasi akan semakin meningkat.

10 Keterampilan Jadul yang Patut Dikuasai Anak Zaman Now
Keterampilan atau skill adalah kemampuan setiap orang dalam mengatasi masalah. Ada banyak macam-macam skill jadul yang wajib dimiliki anak zaman sekarang

7. Sebagai Media atau Bahan yang Relatif dalam Memantau Perkembangan Kemampuan dan Potensi Siswa di Sekolah

Hal terakhir yang bisa dirasakan oleh guru dan orang tua karena adanya penilaian berbasis portofolio yaitu Anda sekaligus orang tua bisa memantau perkembangan kemampuan dan potensi yang dimiliki siswa di sekolah. Misalnya dalam hal prestasi, nilai akademik, atau keterampilannya.

Sekian dari penjelasan mengenai pengertian, teknik penilaian, berbagai macam bentuk, serta 7 manfaat penilaian berbasis portofolio bagi murid yang dapat membantu Anda dalam melaksanakan proses belajar di kelas.

Agnes Meilina

Gemar membaca buku dan menulis di malam hari.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.